Blender Film Creator Editor
Blender adalah perangkat penciptaan 3D gratis dan open source. Ini mendukung keseluruhan pemodelan pipa 3D, rigging, animasi, simulasi, rendering, compositing dan motion tracking, bahkan editing video dan pembuatan game.
Blender adalah proyek publik, dibuat oleh ratusan orang dari seluruh dunia; oleh studio dan seniman perorangan, profesional dan penggemar, ilmuwan, pelajar, pakar VFX, animator, seniman game, modders, dan daftarnya terus berlanjut.
Siklus Render Engine
Siklus adalah mesin pelacak jalur pelengkap yang tidak terkonsentrasi di Blender yang menawarkan rendering ultra-realistis yang menakjubkan.
Pratinjau viewport real-time
Rendering CPU & GPU
Shader PBR & dukungan pencahayaan HDR
Dukungan rendering VR
Pemodelan, Sculpt, UV
Kumpulan alat pemodelan komprehensif dari Blender membuat, mengubah dan mengedit model Anda menjadi mudah.
Dukungan Full N-Gon
Tepi slide, inset, grid dan bridge terisi, dan banyak lagi
Alat pahat dan sikat canggih
Multi-resolution dan Dynamic subdivisi
Lukisan 3D dengan sikat bertekstur dan masking
Python scripting untuk custom tools dan add-on
VFX
Profesional VFX mengatakan: "Mungkin pelacak terbaik di pasar". Blender termasuk kamera siap produksi dan pelacakan objek. Memungkinkan Anda untuk mengimpor rekaman mentah, melacak rekaman, area topeng dan melihat gerakan kamera tinggal di scene 3d Anda. Menghilangkan kebutuhan untuk beralih antar program.
Pelacakan otomatis dan manual
Rekonstruksi kamera yang kuat
Pratinjau real-time dari cuplikan trek dan adegan 3D Anda
Dukungan untuk pelacak Planar dan pemecah Tripod
Animasi & Rigging
Berkat perangkat rigging dan animasi berkualitas tinggi, Blender digunakan untuk berbagai film pendek, iklan, serial TV dan film layar lebar sekarang.
Amplop, kerangka dan skinning otomatis
B-spline diinterpolasi tulang
Kurva editor dan lembar obat bius
Bentuk tulang khusus untuk input cepat
Sinkronisasi suara
Story Art, menggambar 2d di 3d
Sangat! Menggambar langsung di area pandang 3D sangat masuk akal. Ini membuka kebebasan alur kerja yang tak tertandingi untuk para pengrajin cerita dan seniman 2D.
Gabungkan 2D dengan hak 3D di area pandang
Dukungan Animasi Penuh dengan Onion Skinning
Lapisan & Warna untuk Stroke dan Isi
Sculpt brush strokes & Induk ke objek 3D
Buat itu milikmu
Blender memiliki antarmuka terkontrol Python yang fleksibel. Tata letak, warna, ukuran dan bahkan font bisa disesuaikan. Gunakan ratusan add-on oleh komunitas atau buat sendiri menggunakan API Python yang dapat diakses oleh Blender.
Sesuaikan tata letak dan warna antarmuka
Dukungan layar Hi-res / Retina
Buat alat dan add-on Anda sendiri
Gambarlah di area pandang OpenGL
Terhubung dengan Blender's Render API
https://www.blender.org/
Blender (perangkat lunak)
Blender adalah perangkat lunak grafis komputer grafis profesional, gratis dan open source yang digunakan untuk membuat film animasi , efek visual , seni, model cetak 3D , aplikasi 3D interaktif dan permainan video . Fitur Blender meliputi pemodelan 3D , pembungkus , pengarsipan grafis , pengeditan grafis raster , rigging dan skinning , simulasi cairan dan asap , simulasi partikel , simulasi tubuh lembut , pemotretan , animasi , pemindahan benda , pelacakan kamera , rendering , grafis gerak, pengeditan video dan pengomposisian . Ini juga dilengkapi dengan mesin permainan terpadu.
Pengembang Blender Foundation
Peluncuran pertama Januari 1995 ; 23 tahun yang lalu
Pelepasan stabil 2.79 (11 September 2017 ; 5 bulan yang lalu) [±]
Gudang
git: //git.blender.org/blender.git
Edit ini di Wikidata
Status perkembangan Aktif
Ditulis di C , C ++ , dan Python
Sistem operasi Windows , macos , Linux
Ukuran 76,7 - 137,5 MiB (bervariasi tergantung sistem operasi)
Mengetik Perangkat lunak grafis komputer 3D
Lisensi Lisensi Publik Umum GNU v2 atau yang lebih baru
Situs web blender .org
Sejarah
Studio animasi Belanda NeoGeo mengembangkan Blender sebagai aplikasi in-house pada bulan Januari 1995, dengan penulis utama adalah pengembang perangkat lunak Ton Roosendaal . Nama Blender terinspirasi oleh sebuah lagu oleh Yello , dari album Baby .
Ketika NeoGeo diakuisisi oleh perusahaan lain, Ton Roosendaal dan Frank van Beek mendirikan Not a Number Technologies (NaN) pada bulan Juni 1998 untuk mengembangkan Blender, yang awalnya mendistribusikannya sebagai shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002.
Pada tanggal 18 Juli 2002, Roosendaal memulai kampanye "Free Blender" , sebuah prekursor crowdfunding . Kampanye yang ditujukan untuk open-source Blender untuk pembayaran satu kali sebesar 100.000 euro (US $ 100.670 pada saat itu) dikumpulkan dari masyarakat.Pada tanggal 7 September 2002, diumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan cukup dana dan akan merilis kode sumber Blender. Saat ini, Blender adalah perangkat lunak open source yang sebagian besar dikembangkan oleh komunitasnya, bersama dua karyawan penuh waktu dan dua karyawan paruh waktu yang dipekerjakan oleh Blender Institute.
Yayasan Blender pada awalnya mencadangkan hak untuk menggunakan lisensi ganda , sehingga, selain GPLv2 , Blender juga tersedia di bawah Lisensi Blender yang tidak memerlukan pengungkapan kode sumber namun memerlukan pembayaran ke Yayasan Blender. Namun, mereka tidak pernah menggunakan opsi ini dan menangguhkannya tanpa batas waktu di tahun 2005. Blender hanya tersedia di bawah "GNU GPLv2 atau yang lebih baru" dan tidak diperbarui ke GPLv3 , karena "tidak ada manfaat nyata" yang terlihat.
Suzanne
Blender adalah proyek publik, dibuat oleh ratusan orang dari seluruh dunia; oleh studio dan seniman perorangan, profesional dan penggemar, ilmuwan, pelajar, pakar VFX, animator, seniman game, modders, dan daftarnya terus berlanjut.
Siklus Render Engine
Siklus adalah mesin pelacak jalur pelengkap yang tidak terkonsentrasi di Blender yang menawarkan rendering ultra-realistis yang menakjubkan.
Pratinjau viewport real-time
Rendering CPU & GPU
Shader PBR & dukungan pencahayaan HDR
Dukungan rendering VR
Pemodelan, Sculpt, UV
Kumpulan alat pemodelan komprehensif dari Blender membuat, mengubah dan mengedit model Anda menjadi mudah.
Dukungan Full N-Gon
Tepi slide, inset, grid dan bridge terisi, dan banyak lagi
Alat pahat dan sikat canggih
Multi-resolution dan Dynamic subdivisi
Lukisan 3D dengan sikat bertekstur dan masking
Python scripting untuk custom tools dan add-on
VFX
Profesional VFX mengatakan: "Mungkin pelacak terbaik di pasar". Blender termasuk kamera siap produksi dan pelacakan objek. Memungkinkan Anda untuk mengimpor rekaman mentah, melacak rekaman, area topeng dan melihat gerakan kamera tinggal di scene 3d Anda. Menghilangkan kebutuhan untuk beralih antar program.
Pelacakan otomatis dan manual
Rekonstruksi kamera yang kuat
Pratinjau real-time dari cuplikan trek dan adegan 3D Anda
Dukungan untuk pelacak Planar dan pemecah Tripod
Animasi & Rigging
Berkat perangkat rigging dan animasi berkualitas tinggi, Blender digunakan untuk berbagai film pendek, iklan, serial TV dan film layar lebar sekarang.
Amplop, kerangka dan skinning otomatis
B-spline diinterpolasi tulang
Kurva editor dan lembar obat bius
Bentuk tulang khusus untuk input cepat
Sinkronisasi suara
Story Art, menggambar 2d di 3d
Sangat! Menggambar langsung di area pandang 3D sangat masuk akal. Ini membuka kebebasan alur kerja yang tak tertandingi untuk para pengrajin cerita dan seniman 2D.
Gabungkan 2D dengan hak 3D di area pandang
Dukungan Animasi Penuh dengan Onion Skinning
Lapisan & Warna untuk Stroke dan Isi
Sculpt brush strokes & Induk ke objek 3D
Buat itu milikmu
Blender memiliki antarmuka terkontrol Python yang fleksibel. Tata letak, warna, ukuran dan bahkan font bisa disesuaikan. Gunakan ratusan add-on oleh komunitas atau buat sendiri menggunakan API Python yang dapat diakses oleh Blender.
Sesuaikan tata letak dan warna antarmuka
Dukungan layar Hi-res / Retina
Buat alat dan add-on Anda sendiri
Gambarlah di area pandang OpenGL
Terhubung dengan Blender's Render API
https://www.blender.org/
Blender (perangkat lunak)
Blender adalah perangkat lunak grafis komputer grafis profesional, gratis dan open source yang digunakan untuk membuat film animasi , efek visual , seni, model cetak 3D , aplikasi 3D interaktif dan permainan video . Fitur Blender meliputi pemodelan 3D , pembungkus , pengarsipan grafis , pengeditan grafis raster , rigging dan skinning , simulasi cairan dan asap , simulasi partikel , simulasi tubuh lembut , pemotretan , animasi , pemindahan benda , pelacakan kamera , rendering , grafis gerak, pengeditan video dan pengomposisian . Ini juga dilengkapi dengan mesin permainan terpadu.
Pengembang Blender Foundation
Peluncuran pertama Januari 1995 ; 23 tahun yang lalu
Pelepasan stabil 2.79 (11 September 2017 ; 5 bulan yang lalu) [±]
Gudang
git: //git.blender.org/blender.git
Edit ini di Wikidata
Status perkembangan Aktif
Ditulis di C , C ++ , dan Python
Sistem operasi Windows , macos , Linux
Ukuran 76,7 - 137,5 MiB (bervariasi tergantung sistem operasi)
Mengetik Perangkat lunak grafis komputer 3D
Lisensi Lisensi Publik Umum GNU v2 atau yang lebih baru
Situs web blender .org
Sejarah
Studio animasi Belanda NeoGeo mengembangkan Blender sebagai aplikasi in-house pada bulan Januari 1995, dengan penulis utama adalah pengembang perangkat lunak Ton Roosendaal . Nama Blender terinspirasi oleh sebuah lagu oleh Yello , dari album Baby .
Ketika NeoGeo diakuisisi oleh perusahaan lain, Ton Roosendaal dan Frank van Beek mendirikan Not a Number Technologies (NaN) pada bulan Juni 1998 untuk mengembangkan Blender, yang awalnya mendistribusikannya sebagai shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002.
Pada tanggal 18 Juli 2002, Roosendaal memulai kampanye "Free Blender" , sebuah prekursor crowdfunding . Kampanye yang ditujukan untuk open-source Blender untuk pembayaran satu kali sebesar 100.000 euro (US $ 100.670 pada saat itu) dikumpulkan dari masyarakat.Pada tanggal 7 September 2002, diumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan cukup dana dan akan merilis kode sumber Blender. Saat ini, Blender adalah perangkat lunak open source yang sebagian besar dikembangkan oleh komunitasnya, bersama dua karyawan penuh waktu dan dua karyawan paruh waktu yang dipekerjakan oleh Blender Institute.
Yayasan Blender pada awalnya mencadangkan hak untuk menggunakan lisensi ganda , sehingga, selain GPLv2 , Blender juga tersedia di bawah Lisensi Blender yang tidak memerlukan pengungkapan kode sumber namun memerlukan pembayaran ke Yayasan Blender. Namun, mereka tidak pernah menggunakan opsi ini dan menangguhkannya tanpa batas waktu di tahun 2005. Blender hanya tersedia di bawah "GNU GPLv2 atau yang lebih baru" dan tidak diperbarui ke GPLv3 , karena "tidak ada manfaat nyata" yang terlihat.
Program berikut dikembangkan di setiap versi:
Versi | Rilis | Catatan dan perubahan kunci | |
---|---|---|---|
2.03 | sekitar tahun 2002 | Buku Pegangan Panduan resmi Blender 2.0 . | |
2.26 | 20 Agustus 2003 | Versi pertama yang pernah ada | |
2.30 | 22 November 2003 | GUI baru; pengeditan sekarang dapat dilakukan kembali. | |
2.32 | 3 Februari 2004 | Ray menelusuri penyaji internal; dukungan untuk YafaRay | |
2.34 | 5 Agustus 2004 | LSCM-UV-Unwrapping, interaksi objek-partikel. | |
2.37 | 31 Mei 2005 | Simulasi permukaan elastis; permukaan subdivisi yang lebih baik. | |
2.40 | 22 Desember 2005 | Animasi sistem dan karakter yang sangat baik (dengan alat pengeditan non linier), dan menambahkan simulator cairan dan rambut. Fungsi baru didasarkan pada Google Summer of Code 2005. | |
2.41 | 25 Januari 2006 | Perbaikan mesin game (vertem yang diprogram dan pixel shader, dengan menggunakan material Blender, mode split-screen, perbaikan pada mesin fisika), peningkatan pemetaan UV, pencatatan skrip Python untuk patung atau patung bekerja dengan bantuan grid atau mesh ( mesh sculpting) dan model set-chaining. | |
2.42 | 14 Juli 2006 | Film Elephants Dream menghasilkan perkembangan yang tinggi sebagai sebuah kebutuhan. Secara khusus, Node-System (Material- and Compositor) telah diimplementasikan. | |
2.43 | 16 Februari 2007 | Sculpt-Modeling sebagai hasil dari Google Summer of Code 2006 . | |
2.46 | 19 Mei 2008 | Dengan produksi Big Buck Bunny , Blender memperoleh kemampuan menghasilkan rumput dengan cepat dan efisien. | |
2.48 | 14 Oktober 2008 | Karena perkembangan Yo Frankie! , mesin permainan ditingkatkan secara substansial. | |
2.49 | 13 Juni 2009 | Peluncuran stabil resmi pertama 2.5. Jendela baru dan manajer berkas, antarmuka baru, API Python baru, dan sistem animasi baru. | |
2.57 | 13 April 2011 | Peluncuran resmi pertama dari cabang 2.5er: antarmuka baru, window manager baru dan acara penulisan ulang - dan sistem pemrosesan file alat, sistem animasi baru (setiap setting dapat menjadi animasi sekarang), dan API Python baru. | |
2.58 | 22 Juni 2011 | Fitur baru, seperti penambahan pengubah warp dan membuat baking. Perbaikan dalam memahat. | |
2.58a | 4 Juli 2011 | Beberapa perbaikan bug, bersama dengan ekstensi kecil di antarmuka GUI dan Python . | |
2.59 | 13 Agustus 2011 | Dukungan mouse 3D | |
2.60 | 19 Oktober 2011 | Cabang pengembang terintegrasi ke dalam cabang pengembang utama: antara lain, B-mesh, sistem rendering / shading baru, NURBS , untuk beberapa nama, langsung dari Google Summer of Code . | |
2.61 | 14 Desember 2011 | Render-Engine Cycles, Motion Tracking , Dynamic Paint, Ocean Simulator. | |
2.62 | 16 Februari 2012 | Perbaikan pelacakan gerak, perluasan alat UV lebih lanjut, dan pengubah remesh. Versi pertama menyertakan mesin render Cycles. | |
2.63 | 27 April 2012 | Perbaikan bug, proyek B-mesh: sistem jala yang benar-benar baru dengan n-corner, ditambah alat baru: melarutkan, inset, bridge, vertex slide, vertex connect, dan bevel. | |
2.64 | 3 Oktober 2012 | Layar hijau mengetik, komposit berbasis node. | |
2.65 | 10 Desember 2012 | Lebih dari 200 perbaikan bug, dukungan untuk Open Shading Language , dan simulasi api. | |
2.66 | 21 Februari 2013 | Simulasi bodi yang ketat tersedia di luar mesin permainan, pemodelan topologi dinamis, rendering rambut yang sekarang didukung dalam Siklus. | |
2.67 | 7-30 Mei 2013 | Mode rendering gaya bebas untuk rendering non-fotografi, dukungan hamburan bawah permukaan ditambahkan, pemecah pelacak gerak dibuat lebih akurat dan lebih cepat, dan add-on untuk pencetakan 3D sekarang digabungkan. | |
2.68 | 18 Juli 2013 | Performa rendering ditingkatkan untuk CPU dan GPU, mendukung NVIDIA Tesla K20, GTX Titan dan GTX 780 GPU. Perenderan asap membaik untuk mengurangi sumbatan. | |
2.69 | 31 Oktober 2013 | Pelacakan gerak sekarang mendukung pelacakan pesawat, dan rendering rambut membaik. | |
2.70 | 19 Maret 2014 | Dukungan awal untuk rendering volume dan perbaikan kecil pada antarmuka pengguna. | |
2.71 | 26 Juni 2014 | Dukungan untuk memanggang dalam Siklus dan rendering jalur tembikar cabang bercabang sekarang membuat lebih cepat. | |
2.72 | 4 Oktober 2014 | Rendering volume untuk GPU, lebih banyak fitur untuk pemahat dan pengecatan. | |
2.73 | 8 Januari 2015 | Mode fullscreen baru, enhanced Pie Menus, 3D View sekarang bisa menampilkan latar belakang dunia. | |
2.74 | 31 Maret 2015 | Siklus mendapat beberapa presisi, noise, kecepatan, perbaikan memori, atribut Pointiness baru. | |
2.75a | 1 Juli 2015 | Blender sekarang mendukung pipa Multi-View dan Stereo 3D terintegrasi, Siklus telah banyak ditunggu dukungan awal untuk GPU AMD, dan fitur Light Portal yang baru. | |
2.76b | 3 November 2015 | Siklus kepadatan siklus render, perpustakaan subdivisi Pixar OpenSubdiv mesh, penyisipan simpul, alat pengeditan video. | |
2.77a | 6 April 2016 | Perbaikan Siklus, fitur baru untuk Grease Pencil, lebih banyak dukungan untuk OpenVDB, perpustakaan Python yang telah diperbarui dan dukungan untuk Windows XP dihapus. | |
2.78c | 28 Februari 2017 | Rendering stereo spherical untuk VR , Grease Pencil untuk animasi 2D, Lengan tangan bebas yang menarik permukaan, Bendy Bones, perpindahan Micropolygon, Adaptive Subdivision. Siklus peningkatan kinerja. | |
2.79 | 11 September 2017 | Siklus denoiser, Peningkatan dukungan rendering OpenCL, Shadow Catcher, Principled BSDF Shader, manajemen warna Filmic, peningkatan fungsionalitas UI dan Grease Pencil, peningkatan impor dan ekspor Alembic, pengubah bentuk cacat permukaan, animasi keyframing yang lebih baik, pengkodean video yang disederhanakan, penambahan Python dan penambahan baru -ons. | |
2.80 | 14 Februari 2018 | UI baru dengan OpenGL 3.3+ dan masih banyak lagi | |
Legenda:
Versi lama
Versi lama, masih didukung
Versi terbaru
Versi pratinjau terbaru
Rilis masa depan
|
Pada Januari-Februari 2002 jelas bahwa NaN tidak dapat bertahan dan akan menutup pintu pada bulan Maret. Meski demikian, mereka mengeluarkan satu lagi pelepasan, 2,25. Sebagai semacam telur Paskah , tag pribadi terakhir, para seniman dan pengembang memutuskan untuk menambahkan model 3D dari kepala simpanse . Ini diciptakan oleh Willem-Paul van Overbruggen (SLiD3), yang menamainya Suzanne setelah orangutan di film Kevin Smith Jay and Silent Bob Strike Back .
Suzanne adalah alternatif Blender untuk model uji yang lebih umum seperti Utah Teapot dan Stanford Bunny . Model poligon rendah dengan hanya 500 wajah, Suzanne sering digunakan sebagai cara cepat dan mudah untuk menguji bahan, animasi, rig, tekstur, dan pengaturan pencahayaan dan juga sering digunakan dalam gambar lelucon. [ rujukan? ] Suzanne masih termasuk dalam Blender. Kontes Blender terbesar memberikan sebuah penghargaan yang disebut Suzanne Award .
Klon
Karena sifat open source Blender, program lain telah mencoba memanfaatkan kesuksesannya dengan mengemas ulang dan menjual versi modifikasi kosmetiknya. Contohnya termasuk IllusionMage, 3DMofun, 3DMagix, dan Fluid Designer, [30] yang terakhir dikenali sebagai berbasis Blender.
Fitur
Rilis resmi dari Blender untuk Microsoft Windows , MacOS dan Linux , serta port untuk FreeBSD , tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit . Meskipun sering didistribusikan tanpa contoh adegan yang luas yang ditemukan di beberapa program lain, perangkat lunak berisi fitur yang merupakan karakteristik perangkat lunak 3D kelas atas. Di antara kemampuannya adalah:
X. Dukungan untuk berbagai primitif geometris, termasuk jerat poligon , pemodelan permukaan subdivisi cepat, kurva Bezier , permukaan NURBS , metaballs , icospheres , pemahat digital multi-res (termasuk topologi dinamis, pemetaan peta, pemulihan, resimetrize, penipisan), garis besar font , dan sistem pemodelan n-gon baru yang disebut B-mesh.
X. Mesin render internal dengan rendering scanline , pencahayaan tidak langsung, dan oklusi ambien yang dapat diekspor dalam berbagai format.
X. Sebuah mesin pengarah pathtracer yang disebut Siklus, yang dapat memanfaatkan GPU untuk rendering. Siklus mendukung Open Shading Language sejak Blender 2.65. [34]
X. Integrasi dengan sejumlah mesin render eksternal melalui plugin.
X. Alat animasi berbingkai termasuk invers kinematics , armature (skeletal) , hook, curve dan deformasi berbasis kisi , animasi bentuk , animasi non linier, batasan, dan bobot verteks .
X. Alat simulasi untuk dinamika badan lunak termasuk deteksi tabrakan mesh, dinamika fluida LBM , simulasi asap, dinamika tubuh Bullet yang kaku , generator laut dengan gelombang.
X. Sistem partikel yang mencakup dukungan untuk rambut berbasis partikel.
X. Pengubah untuk menerapkan efek yang tidak merusak.
X. Skrip Python untuk pembuatan alat dan prototip, logika permainan, impor / ekspor dari format lain, otomatisasi tugas dan alat khusus.
X. Pengeditan video / audio non-linier dasar.
X. The Blender Game Engine , sebuah subproyek, menawarkan fitur interaktivitas seperti deteksi tabrakan , mesin dinamika, dan logika programmable. Hal ini juga memungkinkan terciptanya aplikasi real-time yang berdiri sendiri mulai dari visualisasi arsitektur hingga permainan video .
X. Komposit berbasis simpul terintegrasi di dalam pipa rendering dipercepat dengan OpenCL .
X. Tekstur berbasis prosedural dan simpul, serta tekstur lukisan , lukisan proyektif, lukisan sudut , lukisan berat dan lukisan dinamis.
X. Kontrol real-time selama simulasi dan rendering fisika.
X. Pelacakan kamera dan objek .
Menggunakan editor simpul untuk membuat bahan logam anisotropika
Perenderan 3D dengan ray tracing dan oklusi ambien menggunakan Blender dan YafaRay
Rendering sebuah rumah
Karakter utama dari film terbuka Blender Sintel
Putar media
Simulasi cairan sederhana dilakukan dengan Blender
Antarmuka pengguna
Antarmuka pengguna Blender menggabungkan konsep berikut:
Mengedit mode
Dua mode utama kerja adalah Object Mode dan Edit Mode , yang toggled dengan tombol Tab . Mode objek digunakan untuk memanipulasi objek individual sebagai unit, sedangkan mode Edit digunakan untuk memanipulasi data objek yang sebenarnya. Misalnya, Object Mode dapat digunakan untuk memindahkan, skala, dan memutar seluruh poligon , dan Mode Edit dapat digunakan untuk memanipulasi simpul individu satu mesh tunggal. Ada juga beberapa mode lainnya, seperti Vertex Paint, Weight Paint, dan Sculpt Mode.
Penggunaan hotkey
Sebagian besar perintah dapat diakses melalui hotkeys . Ada juga menu GUI yang lengkap.
Masukan numerik
Tombol numerik bisa "diseret" untuk mengubah nilainya secara langsung tanpa perlu mengarahkan ke widget tertentu, begitu juga dengan menggunakan keyboard. Kedua slider dan tombol angka dapat dibatasi ke berbagai ukuran langkah dengan pengubah seperti tombol Ctrl dan Shift . Ungkapan Python juga bisa diketik langsung ke kolom entri nomor, yang memungkinkan ekspresi matematis untuk menentukan nilai.
Pengelolaan ruang kerja
GUI Blender membangun sistem windowing ubinnya sendiri di atas satu atau beberapa jendela yang disediakan oleh platform yang mendasarinya. Satu jendela platform (sering berukuran untuk mengisi layar) dibagi menjadi beberapa bagian dan subbagian yang dapat berupa jenis tampilan dan jenis jendela Blender. Pengguna dapat menentukan beberapa tata letak jendela Blender seperti itu, yang disebut layar , dan beralih dengan cepat di antara keduanya dengan memilih dari menu atau dengan cara pintas keyboard. Setiap elemen GUI dari jenis jendela dapat dikontrol dengan alat yang sama yang memanipulasi tampilan 3D. Sebagai contoh, seseorang dapat memperbesar dan memperkecil tampilan tombol GUI dengan menggunakan kontrol serupa satu pembesaran masuk dan keluar di area pandang 3D. Tata letak tampilan dan tata letak GUI sepenuhnya dapat disesuaikan pengguna. Hal ini dimungkinkan untuk membuat antarmuka untuk tugas-tugas tertentu seperti pengeditan video atau pemetaan UV atau tekstur dengan menyembunyikan fitur yang tidak digunakan untuk tugas tersebut.
Persyaratan perangkat keras
Perangkat keras | Minimum | Direkomendasikan | Standar produksi |
---|---|---|---|
Prosesor | CPU dual core 2 GHz 32 bit dengan dukungan SSE2 | CPU quad core 64-bit | CPU inti 64-bit delapan |
Ingatan | RAM 2 GB | RAM 8 GB | RAM 16 GB |
Kartu grafik | OpenGL 2.1 kartu yang kompatibel dengan RAM video 512 MB | OpenGL 3.2 kartu yang kompatibel dengan RAM video 2 GB (CUDA atau OpenCL untuk rendering GPU) | Dual OpenGL 3.2 kartu yang kompatibel dengan RAM video 4 GB |
Tampilan | 1280 × 768 piksel, warna 24-bit | 1920 × 1080 piksel, warna 24-bit | Dual 1920 × 1080 piksel, warna 24-bit |
Memasukkan | Mouse atau trackpad | Tiga tombol mouse | Tiga tombol mouse dan tablet grafis |
Persyaratan Cuda: Hitung Level 2.0+, NVIDIA Fermi, Kepler lebih baik atau yang lebih baru
Persyaratan OpenCL: OpenCL 1.2, lebih baik OpenCL 2.0, AMD GCN 2nd Gen atau yang lebih baru dengan OpenCL 2.0 yang direkomendasikan sejak 2.79 (GCN 1 on Blacklist) atau NVidia Kepler atau Later (Cuda with Performance).
Sebenarnya yang direkomendasikan untuk kinerja terbaik: Intel Xeon atau AMD Ryzen sebenarnya (8 sampai 32 Proz.), RAM 64 GB, NVIDIA GTX 1080 atau lebih baik, AMD Radeon RX 580 atau lebih baik, SSD cepat, Display: Dual 3840x2160 30-bit Color.
Di Versi 2.80 OpenGL 3.3 minimum dan lebih tinggi dianjurkan untuk Fitur tambahan.
Platform yang didukung
Blender tersedia untuk Windows Vista dan yang lebih baru, Mac OS X 10.6 dan yang lebih baru, Linux dan FreeBSD. Blender 2.76b adalah rilis yang didukung terakhir untuk Windows XP.
Format file
Blender memiliki sistem file internal yang dapat mengemas beberapa adegan ke dalam satu file (disebut file " .blend ").
Semua file "blend" milik Blender digabungkan, mundur, dan kompatibel dengan versi lain dari Blender, dengan pengecualian berikut:
Memuat animasi yang tersimpan dalam file pasca-2.5 di Blender pre-2.5. Hal ini disebabkan subsistem animasi ulang yang diperkenalkan di Blender 2.5 yang secara inheren tidak sesuai dengan versi lama.
Memuat jala yang tersimpan di pos 2.63. Hal ini disebabkan oleh pengenalan BMesh, format mesh yang lebih serbaguna.
Semua adegan, objek, materi, tekstur, suara, gambar, efek pasca produksi untuk keseluruhan animasi dapat disimpan dalam file ".blend" tunggal. Data yang diambil dari sumber eksternal, seperti gambar dan suara, juga dapat disimpan secara eksternal dan dirujuk melalui pathname absolut atau relatif. Demikian juga, ".blend" file itu sendiri juga bisa dijadikan perpustakaan milik Blender.
Konfigurasi antarmuka disimpan dalam file ".blend".
Berbagai macam skrip impor / ekspor yang memperluas kemampuan Blender (mengakses data objek melalui API internal) memungkinkan untuk melakukan interoperasional dengan alat 3D lainnya.
Blender mengatur data sebagai berbagai jenis "blok data", seperti Objects, Meshes, Lamps, Scenes, Material, Images dan sebagainya. Objek pada Blender terdiri dari beberapa blok data - misalnya, apa yang akan dideskripsikan pengguna sebagai poligon terdiri dari sekurang-kurangnya blok data Objek dan Mesh, dan biasanya juga Material dan banyak lagi, dihubungkan bersama. Hal ini memungkinkan berbagai blok data saling merujuk satu sama lain. Mungkin ada, misalnya, beberapa Objek yang mengacu pada Mesh yang sama, dan membuat pengeditan selanjutnya dari hasil jala bersama dalam bentuk berubah dalam semua Objek yang menggunakan Mesh ini. Objek, jala, material, tekstur dll juga dapat dihubungkan dari file .blend lainnya, yang memungkinkan penggunaan file .blend sebagai perpustakaan sumber daya yang dapat digunakan kembali.
Impor dan Ekspor
Perangkat lunak ini mendukung berbagai format file 3D untuk impor dan ekspor, diantaranya 3D Studio (3DS), Filmbox (FBX), Autodesk ( DXF ), SVG , STL (untuk pencetakan 3D), VRML dan X3D .
Video editing
Blender memiliki editor video Non-Linear siap produksi fungsional penuh yang disebut Video Sequence Editor atau VSE untuk jangka pendek. Blender's VSE memiliki banyak fitur termasuk efek seperti Gaussian Blur , color grading , Fade and Wipe transition, dan transformasi video lainnya. Namun, tidak ada dukungan multi-core untuk video rendering dengan VSE.
Authoring WebGL
Blend4Web , kerangka kerja open source WebGL , dapat digunakan untuk mengubah keseluruhan adegan Blender dengan grafis, animasi, suara dan fisika untuk bekerja di peramban web standar. Ekspor bisa dilakukan dengan sekali klik, bahkan sebagai halaman web mandiri.
Verge3D , perender real-time dan toolkit untuk menciptakan pengalaman web interaktif 3D, bekerja di atas Blender dan 3ds Max.
Rendering dan ray tracing
Siklus adalah mesin render path-tracing yang dirancang agar interaktif dan mudah digunakan, sambil tetap mendukung banyak fitur produksi. [39] Ia hadir sebagai add-on yang tersedia secara default dan dapat diaktifkan di header atas.
Rendering GPU
Siklus mendukung rendering GPU yang digunakan untuk membantu mempercepat waktu perenderan. Ada dua mode rendering GPU: CUDA , yang merupakan metode pilihan untuk kartu grafis NVIDIA ; dan OpenCL , yang mendukung rendering pada kartu grafis AMD . Beberapa GPU juga didukung, yang dapat digunakan untuk membuat peternakan render - walaupun beberapa GPU tidak meningkatkan memori yang tersedia karena setiap GPU hanya dapat mengakses memori sendiri.
Fitur | CPU | CUDA | OpenCL |
---|---|---|---|
Dasar Shading | iya nih | iya nih | iya nih |
Bayangan Transparan | iya nih | iya nih | iya nih |
Motion blur | iya nih | iya nih | iya nih |
Rambut | iya nih | iya nih | iya nih |
Volume | iya nih | iya nih | iya nih |
Asap / api | iya nih | iya nih | iya nih |
Permukaan Bawah Permukaan | iya nih | iya nih | iya nih |
Buka Shading Language | iya nih | Tidak | Tidak |
Sampling Multi-Jitter yang berkorelasi | iya nih | iya nih | iya nih |
Integrator jalan bercabang | iya nih | iya nih | iya nih |
Pemindahan / Subdivisi | Eksperimental | Eksperimental | Eksperimental |
Integrator
Integrator adalah algoritma rendering yang digunakan untuk perhitungan pencahayaan. Siklus saat ini mendukung path tracing integrator dengan direct light sampling. Ini bekerja dengan baik untuk berbagai pengaturan pencahayaan, namun tidak sesuai untuk kaustik dan beberapa situasi pencahayaan kompleks lainnya. Sinar ditelusuri dari kamera ke tempat kejadian, terpental sampai mereka menemukan sumber cahaya seperti lampu, benda yang memancarkan cahaya, atau latar belakang dunia. Untuk menemukan lampu dan permukaan yang memancarkan cahaya, baik pengambilan sampel cahaya tidak langsung (membiarkan sinar mengikuti permukaan BSDF ) dan pengambilan sampel cahaya langsung (memilih sumber cahaya dan menelusuri sinar ke arahnya ) digunakan.
Ada dua tipe integrator:
Jalur default yang melacak integrator adalah pelacak jalur murni. Pada setiap pukulan itu memantulkan cahaya ke satu arah dan mengambil satu cahaya untuk menerima penerangan. Hal ini membuat masing-masing sampel lebih cepat menghitung, namun biasanya memerlukan lebih banyak sampel untuk membersihkan kebisingan.
Alternatifnya adalah jalur yang berjejer yang melacak integrator yang pada tingkat pertama membelah jalur untuk komponen permukaan yang berbeda dan membawa semua lampu ke dalam bayangan hanya pada satu bayangan. Hal ini membuat setiap sampel lebih lambat, namun mengurangi kebisingan, terutama pada pemandangan yang didominasi oleh penerangan langsung atau satu lampu.
Open Shading Language
Pengguna blender dapat membuat simpul mereka sendiri dengan menggunakan Open Shading Language walaupun penting untuk dicatat bahwa tidak ada dukungan untuk itu pada GPU.
Bahan
Bahan menentukan tampilan jerat , kurva NURBS dan benda geometris lainnya. Mereka terdiri dari tiga shader , yang menentukan tampilan jala permukaan, volume di dalam, dan perpindahan permukaan.
Permukaan shader
Shader permukaan mendefinisikan interaksi ringan pada permukaan jala. Satu atau lebih BSDF dapat menentukan apakah cahaya masuk dipantulkan kembali, dibiaskan ke jala, atau diserap.
Volume shader
Bila permukaan shader tidak bercermin atau menyerap cahaya, ia akan memasuki volume. Jika tidak ada shader volume yang ditentukan, maka akan melewati lurus ke sisi lain jala.
Jika seseorang didefinisikan, shader volume menggambarkan interaksi ringan saat melewati volume jala. Cahaya bisa tersebar, diserap, atau dipancarkan pada titik manapun dalam volume.
Displacement shader
Bentuk permukaan bisa diubah oleh shader pemindahan. Dengan cara ini, tekstur bisa digunakan untuk membuat permukaan jala lebih rinci.
Bergantung pada pengaturannya, perpindahannya mungkin bersifat maya, hanya memodifikasi normal permukaan untuk memberi kesan perpindahan (juga dikenal sebagai pemetaan benjolan ) atau kombinasi perpindahan nyata dan virtual.
Gulungan demo
Situs Blender berisi beberapa gulungan demo yang menampilkan berbagai fitur Blender.
Fisika
Blender bisa digunakan untuk mensimulasikan asap, hujan, debu, kain, air, rambut dan badan yang kaku.
Simulasi kain
Kain adalah bagian dari jaring yang telah ditetapkan sebagai 'kain' di tab fisika.
Simulasi fluida
Simulasi Fluida Fisika
Simulator cairan dapat digunakan untuk mensimulasikan cairan, seperti air yang memukul cangkir. Ini menggunakan metode Boltzmann Lattice untuk mensimulasikan cairan dan memungkinkan banyak penyesuaian jumlah partikel dan resolusi.
Simulasi cairan partikel
Simulasi cairan fisika partikel menciptakan partikel yang mengikuti metode hidrodinamika partikel merapikan .
Pengembangan
Sejak pembukaan sumber, Blender telah mengalami refactoring signifikan dari basis kode awal dan penambahan utama pada rangkaian fiturnya.
Perbaikan meliputi refresh sistem animasi; [48] sistem pengubah berbasis stack; [49] sistem partikel yang diperbarui [50] (yang juga dapat digunakan untuk mensimulasikan rambut dan bulu); dinamika fluida; dinamika tubuh lunak; GLSL shader mendukung [51] di mesin permainan; Pembukaan UV yang canggih; [52] pipa render yang direkodekan sepenuhnya, memungkinkan pelepasan render yang terpisah dan "membuat tekstur"; pengeditan dan pengomposisian berbasis node; dan lukisan proyeksi. [53]
Bagian dari perkembangan ini dipupuk oleh program Summer of Code Google , di mana Yayasan Blender telah berpartisipasi sejak tahun 2005.
Blender 2.8 Project
Perencanaan resmi untuk revisi utama berikutnya dari Blender setelah seri 2.7 dimulai pada paruh kedua tahun 2015, dengan target potensial termasuk UI yang lebih dapat dikonfigurasi (dijuluki "Blender 101"), mendukung rendering Berbasis Fisik (PBR) (dijuluki EEVEE untuk " Extra Easy Virtual Environment Engine ") yang akan membawa grafik realtime 3d yang lebih baik ke area pandang dan dengan demikian juga meningkatkan mesin rendering mesin permainan juga, memungkinkan penggunaan C ++ 11 dan C99 di basis kode, beralih ke versi OpenGL yang lebih baru dan menjatuhkan dukungan untuk versi sebelum 3.2, dan kemungkinan perbaikan sistem partikel dan kendala. [54] [55]
Dukungan
Blender didokumentasikan secara ekstensif di situsnya, [56] dengan dukungan lainnya yang diberikan melalui tutorial komunitas dan forum diskusi di Internet. The Blender Network menyediakan layanan dukungan dan sosial untuk Profesional Blender. Selain itu, YouTube dikenal memiliki banyak tutorial video yang tersedia bagi para amatir atau profesional Blender tanpa biaya apapun.
Gunakan di industri media
Blender memulai sebagai alat in-house untuk NeoGeo, perusahaan animasi komersial Belanda. Blender telah digunakan untuk iklan televisi di beberapa bagian dunia termasuk Australia, Islandia, Brasil, Rusia dan Swedia.
Blender digunakan oleh NASA untuk model 3D yang tersedia untuk umum. Banyak model 3D di halaman sumber daya 3D milik NASA ada dalam format asli .blend.
NASA juga menggunakan Blender dan Blend4Web untuk mengembangkan aplikasi web interaktif untuk merayakan ulang tahun ke-3 pendaratan curiosity di Mars . Aplikasi ini memungkinkan untuk mengoperasikan rover, mengendalikan kamera dan lengan robotnya dan mereproduksi beberapa peristiwa penting dari misi Laboratorium Ilmu Mars . Aplikasi ini dipresentasikan pada bagian awal WebGL pada SIGGRAPH 2015.
Proyek profesional besar pertama yang menggunakan Blender adalah Spider-Man 2 , di mana ia terutama digunakan untuk menciptakan animisme dan pra-visualisasi untuk departemen storyboard .
Sebagai seniman animasi yang bekerja di departemen storyboard Spider-Man 2, saya menggunakan pemodelan 3D 3D dan alat animasi karakter untuk meningkatkan storyboard, menciptakan kembali perangkat dan alat peraga, dan melakukan gerakan aksi dan gerakan kamera di ruang 3D ke membantu membuat visi Sam Raimi jelas bagi departemen lain. - Anthony Zierhut, Artis Animatik, Los Angeles.
Film berbahasa Prancis Friday or Another Day ( Vendredi ou un autre jour ) adalah film 35 mm pertama yang menggunakan Blender untuk semua efek khusus yang dibuat di workstation Linux. Ia memenangkan hadiah di Locarno International Film Festival . Efek spesialnya adalah Digital Graphics dari Belgia.
Blender juga telah digunakan untuk pertunjukan di History Channel , bersama dengan banyak program grafis 3D profesional lainnya.
Tomm Moore 's Secret of Kells , yang sebagian diproduksi di Blender oleh studio Digital Graphics Belgia, telah dinominasikan untuk Oscar dalam kategori " Best Animated Feature Film ".
Plumíferos , sebuah film animasi komersial yang seluruhnya diciptakan di Blender, dipentaskan pada bulan Februari 2010 di Argentina. Tokoh utamanya adalah binatang yang antropomorfis .
Efek khusus untuk episode 6 dari Red Dwarf season X, yang diputar pada tahun 2012, dibuat dengan menggunakan Blender seperti yang dikonfirmasi oleh Ben Simonds dari Gecko Animation.
Blender digunakan untuk CGI dan compositing untuk film Hardcore Henry .
Efek khusus untuk serial TV The Man in the High Castle dilakukan di Blender, dengan beberapa simulasi partikel diturunkan ke Houdini .
Blender digunakan untuk efek pra-visual di Captain America: The Winter Soldier dan banyak efek visual pada film feature Sabogal dilakukan di Blender. [84] . Sutradara David F. Sandberg menggunakan Blender untuk beberapa gambar di Lights Out (2016) , dan Annabelle: Creation . Blender digunakan untuk bagian urutan kredit di Wonder Woman (2017) dan untuk melakukan animasi di film Cinderella the Cat (2017) .
Proyek terbuka
Setiap 1-2 tahun Blender Foundation mengumumkan sebuah proyek kreatif baru untuk membantu mendorong inovasi di Blender.
Gajah Impian (Open Movie Project: Orange)
Artikel utama: Gajah Mimpi
Pada bulan September 2005, beberapa seniman dan pengembang Blender yang paling terkenal mulai mengerjakan sebuah film pendek dengan menggunakan perangkat lunak bebas , dalam sebuah inisiatif yang dikenal sebagai Orange Movie Project yang diselenggarakan oleh Netherlands Media Art Institute (NIMk) . Film yang dihasilkan, Elephants Dream , ditayangkan perdana pada tanggal 24 Maret 2006. Sebagai tanggapan atas keberhasilan Elephants Dream , Blender Foundation mendirikan Blender Institute untuk mengerjakan proyek tambahan dengan dua proyek yang diumumkan: Big Buck Bunny , yang juga dikenal sebagai "Project Peach" (sebuah proyek film animasi terbuka 'berbulu dan lucu') dan Yo Frankie , yang juga dikenal sebagai Project Apricot (sebuah game terbuka yang bekerja sama dengan CrystalSpace yang menggunakan kembali beberapa aset yang dibuat selama Project Peach). Ini kemudian membuat jalan ke Nintendo 3DS 's Nintendo Video antara tahun 2012 dan 2013.
Big Buck Bunny (Proyek Film Terbuka: Peach)
Artikel utama: Big Buck Bunny
Pada tanggal 1 Oktober 2007, sebuah tim baru mulai mengerjakan proyek terbuka kedua, "Peach", untuk produksi film pendek Big Buck Bunny . Kali ini, bagaimanapun, konsep kreatifnya sangat berbeda. Alih-alih gaya mistik Gajah yang dalam dan mistik, benda-benda lebih "lucu dan berbulu" menurut situs resminya. [90] Film ini diputar perdana pada tanggal 10 April 2008.
Yo Frankie (Open Game Project: Apricot)
Artikel utama: Yo Frankie!
"Apricot" adalah proyek untuk produksi game berdasarkan alam semesta dan karakter film Peach ( Big Buck Bunny ) dengan menggunakan perangkat lunak bebas . Game ini berjudul Yo Frankie . Proyek ini dimulai pada 1 Februari 2008, dan pembangunannya selesai pada akhir Juli 2008. Produk akhir diperkirakan akan selesai pada akhir Agustus; Namun, pembebasannya tertunda. Game ini dirilis pada tanggal 9 Desember 2008, di bawah GNU GPL atau LGPL , dengan semua konten dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 3.0.
Sintel (Proyek Film Terbuka: Durian)
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sintel
The Blender Foundation's Project Durian (sesuai dengan tradisi buah sebagai nama kode) kali ini memilih membuat epik aksi fantasi sekitar dua belas menit,membintangi seorang gadis remaja dan naga muda sebagai karakter utama. Film ini ditayangkan secara online pada tanggal 30 September 2010. Sebuah game yang berbasis di Sintel diumumkan secara resmi di Blenderartists.org pada tanggal 12 Mei 2010.
Banyak fitur baru yang terintegrasi ke dalam Blender 2.5 dan seterusnya merupakan akibat langsung dari Proyek Durian.
Tears of Steel (Proyek Film Terbuka: Mango)
Artikel utama: Air mata Baja
Pada tanggal 2 Oktober 2011, proyek film terbuka keempat, dengan kode nama "Mango", diumumkan oleh Blender Foundation . Sebuah tim seniman berkumpul dengan menggunakan panggilan terbuka untuk partisipasi masyarakat. Ini adalah film pembuka Blender pertama yang menggunakan live action dan juga CG.
Pembuatan film untuk Mango dimulai pada tanggal 7 Mei 2012, dan film ini dirilis pada tanggal 26 September 2012. Seperti film-film sebelumnya, semua cuplikan, adegan dan model tersedia berdasarkan lisensi Creative Commons yang sesuai.
Menurut siaran pers film tersebut, "Premis film ini adalah tentang sekelompok pejuang dan ilmuwan, yang berkumpul di ' Oude Kerk ' di Amsterdam untuk melakukan sebuah peristiwa penting dari masa lalu, dalam usaha putus asa untuk menyelamatkan dunia dari robot yang merusak . "
Cosmos Laundromat (Open Movie Project: Gooseberry)
Artikel utama: Cosmos Laundromat
Pada tanggal 10 Januari 2011, Ton Roosendaal mengumumkan bahwa proyek film kelima akan diberi kode nama "Gooseberry" dan tujuannya adalah menghasilkan film animasi berdurasi panjang. Dia berspekulasi bahwa produksi akan dimulai sekitar tahun 2012 dan 2014. Film ini akan ditulis dan diproduksi oleh sebuah koalisi studio animasi internasional. Formasi studio diumumkan pada tanggal 28 Januari 2014, dan produksi dimulai segera setelahnya. Pada bulan Maret 2014, sebuah moodboard telah dibangun dan tujuan pembangunan telah ditetapkan. Pilot sepuluh menit pertama diluncurkan di YouTube pada tanggal 10 Agustus 2015. Ia memenangkan penghargaan SIGGRAPH 2016 Computer Animation Festival Jury's Choice.
Layanan online
Blender Cloud
Platform Cloud Blender , diluncurkan pada bulan Maret 2014 dan dioperasikan oleh Blender Institute, adalah platform komputasi awan berbasis langganan dan add-on klien Blender yang menyediakan hosting dan sinkronisasi untuk file proyek animasi cadangan. diluncurkan untuk mempromosikan dan menggalang dana untuk Proyek: Gooseberry , dan dimaksudkan untuk menggantikan penjualan DVD oleh Blender Foundation dengan model berbasis langganan untuk file hosting, pembagian aset dan kolaborasi. Fitur dari Blender Cloud adalah Blender Sync , yang menyediakan sinkronisasi antara klien Blender untuk perubahan file, preferensi pengguna dan fitur lainnya.
ID blender
ID Blender adalah login terpadu untuk perangkat lunak dan pengguna layanan Blender, memberikan info masuk untuk Blender Cloud, Blender Store, Blender Conference, Blender Network, Blender Development Fund dan Blender Foundation Certified Trainer Programme.
https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi_Blender
Komentar
Posting Komentar