Bisnis Wayang Karton Makin Menjanjikan

Bisnis Wayang Karton Makin Menjanjikan


foto : wiwid arif/magelang ekspres

MAGELANG TENGAH - Dibanding dengan wayang kulit, kerajinan wayang karton memang kalah jauh. Namun, soal pangsa pasar, rupanya wayang karton sudah punya segmen sendiri. Terutama kalangan anak-anak dan pelajar yang hendak belajar tentang cerita budaya masyarakat Jawa tersebut.
Salah satu perajin wayang karton asal Tidar Sari, Kelurahan Tidar Selatan, Magelang Selatan, Sugeng Prayitno mengaku, wayang karton sudah punya pasar tersendiri. Peminatnya pun beragam, dari kalangan anak-anak hingga dewasa.
”Kebanyakan konsumen yang memilih wayang karton karena harganya sangat ekonomis dibanding berbahan kulit. Kalau kulit biasanya dibeli oleh profesional,” kata Sugeng, saat ditemui di stand pameran Magelang Fair, Alun-alun Kota Magelang, Jumat (4/5/2018).
Sugeng kesehariannya tidak hanya sebagai seorang perajin wayang, karena dia juga memiliki profesi sebagai guru. Namun di waktu senggangnya ia bisa memproduksi wayang-wayang karton. Saat ini dia memiliki ratusan karakter tokoh perwayangan.
”Ada sekitar 145 karakter dalam perwayangan, baik itu Ramayana maupun Mahabarata. Semua karakter, lekukan, cat warna, dan ukirannya saya hafal. Jadi tidak perlu buka buku untuk buat satu wayang,” ujar Sugeng.
Dia sendiri mengaku sudah memproduksi wayang karton sejak usianya masih remaja. Hal itu tidak lepas dari rasa kagumnya terhadap cerita maupun tokoh-tokoh perwayangan.
”Untuk harga wayang karton mulai dari Rp50 ribu sampai dengan Rp250 ribu. Yang paling laris itu yang ukurannya kecil Rp50 ribu,” ucapnya.
Menurut Sugeng, konsumen tidak terpaku terhadap tokoh perwayangan, berkarakter baik atau tidak. Konsumen, katanya, cenderung memilih warna dan kerapian dalam wayang-wayang yang dijualnya.
”Yang paling laris malah bukan seperti Gatotkaca, Arjuna, Kresna, dan lainnya, tetapi malah Sabrang, Rahwana, dan tokoh-tokoh Kurawa. Memang dari segi bentuk dan catnya, tokoh-tokoh buto (raksasa) lebih bagus, ketimbang tokoh kesatria,” ucapnya.
Ia menyebutkan, sejauh ini pemasarannya bisa sampai ke luar daerah. Paling banyak hingga ke Borobudur Kabupaten Magelang. Di sana dia mampu menjual belasan hingga puluhan wayang karton setiap harinya.
”Tapi karena keterbatasan tenaga saya, ya terpaksa jual sedikit-sedikit saja. Ini juga jadi hobi kok, ketika senggang setiap hari saya bisa membuat ukiran sampai ngecat, 5 wayang karton,” ungkapnya.
Kendati basisnya adalah wayang karton, bukan menjadi penggemar wayang jika Sugeng tak bisa membuat wayang kulit asli. Menurutnya, membuat karakter wayang dengan bahan kulit lembu lebih rumit dan prosesnya pun sangat lama. Tak heran jika satu buah wayang kulit asli dijual hingga Rp500 ribu.

”Harga segitu untuk ukuran tanggung, karena selain dari kulit lembu asli, catnya juga harus yang khusus. Kemudian cempuritnya, saya buat dari tanduk kerbau atau kambing. Wajar kalau harganya mahal, karena prosesnya panjang, terutama buat cempuritnya,” sebutnya.
http://www.kebumenekspres.com/bisnis-wayang-karton-makin-menjanjikan.html

Sugeng Mengajar Nilai Hidup Melalui Wayang Kardus

Magelang, Gatra.com – Sugeng Prayitno (54 tahun) tampak telaten membuat sketsa wayang kulit Bima. Diperhatikannya betul detail wiru (lipatan kain) hingga irah-irahan (mahkota).

Sudah lebih dari 15 tahun, Sugeng Prayitno menekuni kerajinan wayang karton. Bahan karton dipilih karena  murah, sehingga wayang lebih gampang laku.

“Dalam pemasarannya, saya lebih beruntung karena ini lebih terjangkau masyarakat. Jauh lebih murah. Kalau dibuat hiasan sudah mendekati yang kulit. Sudah bisa menyamai,” kata Sugeng saat ditemui Gatra.com di lokasi pameran Magelang Fair 2019, Kamis (2/5).

Wayang kulit ukuran 30 centimeter pada umumnya dibanderol Rp400 ribu. Wayang kulit ukuran normal seperti yang biasa digunakan dalam pertunjukan wayang, paling murah  Rp800 ribu hingga Rp1 juta.

Sugeng mengaku pernah membuat wayang karton setinggi tubuhnya yang dijual hanya Rp500 ribu. Wayang itu pesanan khusus seorang guru SMA di Bandung, Jawa Barat.

Wayang karton buatan Sugeng dihargai Rp35 ribu hingga Rp 250 ribu. Dalam pameran, wayang-wayang ukuran kecil yang bisanya banyak laku. Orang masih sering eman-eman, berkeberatan, merogoh kantong untuk membeli wayang seharga ratusan ribu.

Proses pembuatan wayang karton dengan wayang kulit hampir sama. Wayang karton juga ditatah (dipahat) persis seperti cara membuat wayang kulit. Bedanya, motif tatah wayang karton tidak bisa sehalus wayang kulit.

“Kalau karton saya buat sehalus kulit, remuk. Saya fokuskan tatah wayang di bagian dada ke atas. Sungging (pewarnaan) juga dibuat rapi. Orang yang tidak tahu, wayang karton dikira wayang kulit,” kata Sugeng.

Perajin wayang karton bagi Sugeng hanya sebagai pekerjaan sampingan. Sehari-hari dia mengajar mata pelajaran seni, budaya, dan keterampilan (SBK) di SD Kristen 2 Kota Magelang.

Di sekolah, Sugeng jarang sekali mengajarkan teknik menggambar wayang. Menurutnya, anak-anak sekolah dasar belum mampu menerima pelajaran melukis wayang yang rumit.

“Anak-anak enggak nyambung kalau menggambar wayang. Hanya sedikit-sedikit sering saya campuri membuat gambar wayang setengah badan,” katanya.

Meski tidak mengajar melukis wayang, Sugeng berharap, melalui kurikulum sekolah anak-anak diajari budi pekerti yang terkandung dalam kisah pewayangan. Menurut dia, kisah pewayangan kaya falsafah hidup yang bermanfaat dalam membangun karakter anak.

“Cerita wayang itu mengajarkan sopan santun. Wayang itu juga sebagai tuntunan, bukan hanya tontonan. Supaya generasi kita tahu unggah-ungguh. Kita ini orang Jawa, kenapa lupa dengan budaya Jawa?”

Sugeng prihatin dengan Kementerian Pendidikan Nasional yang tidak memperhatikan materi budaya nasional sebagai kurikulum pendidikan. Kesenian daerah, sedikit sekali disiarkan melalui televisi nasional.

“Anak-anak cenderung melihat sinetron, kartun. Kenapa tidak dikenalkan tokoh Abimanyu. Bagaimana lahirnya Wisanggeni. Itu kan Jawa ya. Bukan karena ambisi saya  sebagai pecinta wayang, tapi sangat baik kalau anak mengenal karakter wayang,” ujar Sugeng.

Hal itu juga yang memotivasi Sugeng membuat wayang berbahan karton. Dia berharap, orang tua mampu membelikan wayang untuk anak, sehingga nilai-nilai positif dalam cerita wayang dapat tersebar luas.

“Walaupun hanya guru SD,  saya punya pengharapan supaya orang-orang mengenal wayang dan tahu siapa diri kita ini.”

https://www.gatra.com/sugeng-mengajar-nilai-hidup-melalui-wayang-kardus#

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer