Modem USB

Pengertian Dan Fungsi Modem USB

Modem merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengakses internet. Anda pasti sudah sering mendengar tentang modem. Apalagi di era modern sekarang ini, perangkat keras (hardware) yang satu ini telah digunakan oleh jutaan orang bahkan lebih di seluruh pelosok Indonesia. Dalam mencapai suatu tujuan tertentu maka di era yang semakin maju ini kita membutuhkan sebuah alat untuk mengakses informasi untuk memenuhi kebutuhan kita. Modem yang relative kecil ini akan menjadi solusi segala kebutuhan informasi yang ingin kita peroleh sehingga semua pekerjaan dapat lebih mudah dikerjakan. 
Pengertian Modem USB
Modem ialah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Modem adalah penggabungan dari 2 alat tersebut yang artinya modem merupakan suatu alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh 2 arah pada umumnya memakai bagian yang disebut “modem”, seperti Microwave Radio dan sebagainya, namun pada umumnya istilah modem dikenal sebagai sebuah Perangkat keras yang digunakan untuk keperluan komunikasi pada komputer. 
Data yang berasal dari komputer yang berbentuk sinyal digital yang diberikan kepada modem guna diubah menjadi sebuah sinyal analog, ketika modem menerima data luar berupa suatu sinyal analog, modem akan mengubahnya menjadi sinyal digital agar dapat diproses untuk lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan dengan menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti radio, telepon.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analognya tadi tersebut akan diubah menjadi sinyal digital kembali serta dikirimkan kepada komputer. Terdapat 2 jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal serta modem internal.
STRUKTUR MODEM USB
Fungsi Modem
Pada intinya fungsi modem merupakan suatu perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi untuk komunikasi 2 arah yang dapat mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya guna mengirimkan pesan atau data ke alamat yang dituju. Atau dengan kata lain, sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita dengan jaringan internet
Komputer mengirimkan informasi dari bentuk sinyal digital. Tapi informasi yang melalui saluran telepon harus ditransmisikan ke dalam bentuk sinyal analog. Guna mengatasi permasalahan tersebut, modem dapat berfungsi untuk mengubah sinyal digital ke sinyal analog. Sinyal analog yang dibawa yang melalui saluran telepon. Ketika sinyal mencapai kepada komputer lain, sinyal analog diubah lagi ke bentuk digital oleh modem.
~ Secara mendetail, fungsi modem adalah sebagai berikut:
1. Mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya
2. Menghubungkan perangkat dalam suatu jaringan
3. Melakukan modulasi serta demodulasi
4. Melakukan komunikasi serta pemeriksaan paket data
5. Mengkompresi data dikirim yang melalui sinyal
https://blogmodemku.wordpress.com/

Tips cara memilih modem usb yang baik
1, Speed Modem
Ini merupakan hal utama yang harus kalian ketahui, pilihlah speed modem sesuai dengan kebutuhan kalian,makin besar speed modem akan lebih baik karena akses internet akan begitu cepat, untuk speed modem yang saya sarankan ialah 21 Mbps atau lebih.
2. Merk Modem
Merk juga harus kalian pertimbangkan, untuk saat ini merk modem yang sudah terbukti bagus ialah Huawei,ZTE,Sierra Tiga merk modem tersebut merupakan produk yang sangat populer di kalangan masyarkat karena spesifikasi hardware yang digunakan oleh ke tiga merk tersebut sangat baik,sehingga kecepatan internetnya pun lancar dan cepat *Internet cepat juga bukan hanya di pengaruhi oleh perangkat modem ya sob, kondisi cuaca atau gangguan teknis pada operator yang kalian pakai juga bisa jadi penyebabnya, jadi tidak 100% pengaruh speed tidak pada perangkat modem
3. Dukungan Lainnya
a. Pilihlah modem yang memiliki slot micro sd atau slot antena eksternal, mengapa harus ada ke duanya ? yang pertama slot micro sd ini bisa kalian jadikan modem anda menjadi pengganti card reader sehingga modem kalian menjadi multi fungsi, dan yang kedua ialah slot antena eksternal, ini sangat di anjurkan jika sinyal di daerah kalian tidak stabil, agar stabil kalian bisa membeli antena khusus modem dan colokan antena modem kalian ke dalam slot antena modem.
b. Dukungan 4G, jaringan ini kini sudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia,jadi kalian bisa menikmati akses internet super cepat, dan pilihlah modem yang sudah mendukung 4G di Indonesia (all operator)
c.  Slot Sim Card, banyak yang kecewa dengan yang satu ini, karena untuk slot sim card yang saya ketahui ada 2 varian yang pertama ada yang kuningan slot sim card bulat-bulat dan ada juga yang gepeng ini sebutan saya lo yaa . untuk kasus yang slotnya gepeng setelah beberapa tahun di pake kebanyakan pada patah, dikarenakan bongkar pasang kartu sim atau sering ganti-ganti kartu hal ini pernah saya alami dulu, untuk yang slot sim card bulat-bulat sudah saya buktikan sering ganti-ganti kartu aman-aman saja. Bisa lihat gambar di bawah ini.Perhatikan lingkaran merah dan kuning disitu terlihat perbedaannya, apalagi sekarang banyak kartu sim yang menjadi satu antara kartu sim normal,micro sim dan nano sim, jika kalian pasang di slot yang gepeng maka jika sering bongkar pasang akan cepat patah karena permukaan kartu sim yang tidak rata akan terkena kuningan yang gepeng, kalau kalian memasang di kuningan yang bulat menggunakan kartu sim triple maka tidak akan cepat patah karena kuningan tersebut menempel dengan kuat. Jadi saran saya carilah yang kuningannya bulat.
https://www.barisan.info/

6 Tips Memilih Modem USB Sesuai Kebutuhan

modem-usb130723b.jpg
Berikut ini adalah enam (6) tips memilih modem USB dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Tentukan operator penyedia jasa internet sesuai dengan lokasi Anda
Hampir seluruh operator seluler di Indonesia telah menyediakan jasa layanan internet dengan media modem USB. Namun, untuk menentukan mana yang akan Anda pilih, ada baiknya Anda memilih operator yang memiliki kualitas sinyak bagus di daerah tempat Anda biasa menggunakan modem USB tersebut. Jikas sampai salah pilih, Anda akan dirugikan karena koneksi internet akan barjalan lambat dan tidak stabil.

2. Pilih merek ternama jauh lebih aman
Mungkin ini merupakan hal yang sangat relatif, karena masing-masing orang memiliki pilihan tersendiri. Namun, di pasaran saat ini telah terdapat sejumlah vendor yang memang dikenal sebagai penghasil produk modem USB berkualitas. Saran kami, daripada harus 'berjudi' dengan memilih produk dengan merek belum terkenal, lebih baik pilih yang sudah dikenal. Selain itu, umumnya sebuah brand besar memiliki layanan konsumen yang jauh lebih baik.

3. Pilih modem USB seusai dengan operator pilihan Anda
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, modem USB terbagi menjadi dua jenis yakni GSM dan CDMA. Jika Anda sebelumnya memilih operator dari GSM maka sudah pasti Anda harus membeli modem GSM. Jika memilih operator CDMA, pastikan Anda juga membeli modem khususnya CDMA. Saat ini keduanya telah banyak tersedia di pasaran.

4. Pilih modem USB yang telah mendukung jaringan sinyal terkuat
Banyak operator penyedia layanan internet kini berlomba-lomba untuk menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi. Salah satu usaha yang merelakukan adalah dengan meningkatkan jaringan sinyal koneksi mulai dari GPRS, 3G, 3.5G, atau bahkan 4G. Sayangnya tidak semua modem support dengan kecepatan tersebut. Jadi pastikan Anda memilih modem keluaran terbaru yang telah support dengan koneksi tercepat.

5. Carilah modem USB dengan proses instalasi mudah
Saat ini rata-rata modem USB dihadirkan dengan proses instalasi mudah, tanpa driver yang harus di-instal-kan melalui disc terpisah lebih dulu.

6. Sesuaikan modem USB dengan sistem operasi
Pada setiap produk modem USB pastinya diberikan keterangan tentang kompabilitas sistem operasi. Beruntung bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows XP ataupun Windows 7 karena hampir seluruh produk modem USB yang beredar di pasaran kompatibel dengan OS besutan Microsoft tersebut. Namun bagi Anda pengguna sistem operasi di luar Windows seperti Mac OS X, Linux maupun Unix harus lebih diperhatikan lagi dalam memilih modem. (By Adhi Maulana) 
https://www.liputan6.com

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer