ISP

Penyelenggara jasa Internet

Penyelenggara jasa Internet (PJI) (bahasa InggrisInternet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modemsewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.
https://id.wikipedia.org/wiki/Penyelenggara_jasa_Internet
Sejarah
Internet dikembangkan sebagai jaringan antara laboratorium penelitian pemerintah dan departemen yang berpartisipasi dari universitas. Pada akhir 1980-an, proses didirikan di tempat terhadap publik, penggunaan komersial dari Internet. Pembatasan yang tersisa dihapus oleh 1995, 4 tahun setelah pengenalan dari World Wide Web.
Pada tahun 1989, ISP pertama didirikan di Australia dan Amerika Serikat. Di Brookline, Massachusetts, Dunia menjadi ISP komersial pertama di Amerika Serikat. pelanggan pertama disajikan pada bulan November 1989.
Pada tanggal 23 April 2014, Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) dilaporkan akan mempertimbangkan aturan baru yang akan memungkinkan ISP untuk menawarkan penyedia konten jalur cepat untuk mengirim konten, sehingga membalikkan posisi netralitas bersih sebelumnya mereka. Sebuah solusi untuk masalah netralitas bersih mungkin kota broadband, menurut Profesor Susan Crawford, seorang ahli hukum dan teknologi di Harvard Law School. Pada 15 Mei 2014, FCC memutuskan untuk mempertimbangkan dua pilihan tentang layanan Internet: pertama, mengizinkan jalur broadband cepat dan lambat, sehingga mengorbankan netralitas bersih; dan kedua, reklasifikasi broadband sebagai layanan telekomunikasi, sehingga menjaga netralitas bersih. Pada 10 November 2014, Presiden Barack Obama direkomendasikan bahwa FCC mereklasifikasi layanan internet broadband sebagai layanan telekomunikasi dalam rangka melestarikan netralitas bersih. Pada tanggal 16 Januari 2015, Partai Republik disajikan undang-undang, dalam bentuk Kongres AS H.R. diskusi RUU, yang membuat konsesi untuk netralitas bersih tapi melarang FCC dari mencapai tujuan atau memberlakukan regulasi lebih lanjut yang mempengaruhi penyedia layanan Internet. Pada tanggal 31 Januari 2015, AP News melaporkan bahwa FCC akan menyajikan gagasan menerapkan ( "dengan beberapa peringatan") Judul II (pengangkut umum) dari Undang-Undang Komunikasi tahun 1934 ke internet dalam pemungutan suara diperkirakan pada 26 Februari 2015. Adopsi gagasan ini akan mereklasifikasi layanan internet dari salah satu informasi ke salah satu telekomunikasi dan, menurut Tom Wheeler, ketua FCC, memastikan netralitas bersih. FCC diharapkan untuk menegakkan netralitas bersih di suaranya, menurut New York Times.
Pada 26 Februari 2015, FCC memutuskan mendukung netralitas bersih dengan mengadopsi Judul II (pengangkut umum) dari Undang-Undang Komunikasi tahun 1934 dan Bagian 706 dalam UU Telekomunikasi tahun 1996 ke Internet. FCC Ketua, Tom Wheeler, berkomentar, "Ini tidak lebih sebuah rencana untuk mengatur Internet daripada Amandemen Pertama adalah rencana untuk mengatur kebebasan berbicara. Mereka berdua berdiri untuk konsep yang sama."
Pada tanggal 12 Maret 2015, FCC merilis rincian spesifik dari aturan netralitas bersih. Pada tanggal 13 April 2015, FCC menerbitkan aturan final baru "Netralitas Bersih" peraturan.
klasifikasi
a. penyedia akses ISP
ISP menyediakan akses internet, menggunakan berbagai teknologi untuk menghubungkan pengguna ke jaringan mereka. teknologi yang tersedia berkisar dari modem komputer dengan skrup akustik untuk telepon garis, untuk televisi kabel (CATV), Ethernet nirkabel (wi-fi), dan serat optik.
Untuk pengguna dan usaha kecil, pilihan tradisional termasuk kabel tembaga untuk memberikan dial-up, DSL, biasanya asymmetric digital subscriber line (ADSL), modem kabel atau Integrated Services Digital Network (ISDN) (biasanya tingkat dasar antarmuka). Menggunakan serat-optik untuk pengguna akhir yang disebut Fiber To The Home atau nama yang mirip.
Untuk pelanggan dengan persyaratan yang lebih menuntut (seperti media-untuk-usaha besar, atau ISP lainnya) dapat menggunakan lebih tinggi kecepatan DSL (seperti single-pair berkecepatan tinggi digital subscriber line), Ethernet, Ethernet metropolitan, gigabit Ethernet, Frame Relay , ISDN Primary Rate interface, ATM (Asynchronous transfer mode) dan jaringan optik sinkronis (SONET).
akses nirkabel adalah pilihan lain, termasuk akses internet selular dan satelit.
b. penyedia kotak surat
Sebuah penyedia kotak adalah sebuah organisasi yang menyediakan layanan untuk hosting domain surat elektronik dengan akses ke penyimpanan untuk kotak surat. Ini menyediakan server email untuk mengirim, menerima, menerima, dan menyimpan email bagi pengguna akhir atau organisasi lain.
Banyak penyedia kotak surat juga penyedia akses, sementara yang lain tidak (misalnya, Yahoo! Mail, Outlook.com, Gmail, AOL Mail, kotak Po). Definisi yang diberikan dalam RFC 6650 meliputi email hosting, serta departemen terkait perusahaan, universitas, organisasi, kelompok, dan individu yang mengelola mail server mereka sendiri. Tugas ini biasanya dilakukan dengan menerapkan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) dan mungkin menyediakan akses ke pesan melalui Internet Message Access Protocol (IMAP), Post Office Protocol, Webmail, atau protokol khusus.
c. Hosting ISP
Internet layanan hosting menyediakan email, web-hosting, atau layanan penyimpanan online. Layanan lain termasuk server virtual, layanan cloud, atau operasi server fisik.
d. Transit ISP
Sama seperti mereka membayar pelanggan mereka untuk akses Internet, ISP sendiri membayar hulu ISP untuk akses Internet. Hulu ISP biasanya memiliki jaringan yang lebih besar daripada kontrak ISP atau mampu menyediakan ISP kontrak dengan akses ke bagian Internet kontrak ISP dengan sendirinya tidak memiliki akses ke.
Dalam kasus yang paling sederhana, satu sambungan dibuat ke hulu ISP dan digunakan untuk mengirimkan data ke atau dari bidang Internet di luar jaringan rumah; mode ini seringkali interkoneksi mengalir beberapa kali sampai mencapai pembawa lapis 1. Pada kenyataannya, situasi ini sering lebih kompleks. ISP dengan lebih dari satu titik dari keberadaan (PoP) mungkin memiliki koneksi terpisah ke hulu ISP di beberapa PoP, atau mereka mungkin pelanggan dari hulu beberapa ISP dan mungkin memiliki sambungan ke masing-masing dari mereka di satu atau lebih titik keberadaan. ISP Transit memberikan jumlah besar bandwidth untuk menghubungkan ISP hosting dan ISP akses.
e. ISP virtual
Sebuah ISP Virtual (Visp) adalah sebuah operasi yang pembelian layanan dari ISP lain, kadang-kadang disebut ISP grosir dalam konteks ini, yang memungkinkan pelanggan Visp untuk mengakses Internet menggunakan layanan dan infrastruktur yang dimiliki dan dioperasikan oleh grosir ISP. VISPs menyerupai operator jaringan mobile virtual dan operator pertukaran lokal yang kompetitif untuk komunikasi suara.
f. ISP gratis
ISP gratis penyedia layanan internet yang menyediakan layanan gratis. Banyak ISP bebas menampilkan iklan sementara pengguna terhubung; seperti televisi komersial, dalam arti mereka menjual perhatian pengguna untuk pengiklan. ISP gratis lainnya, kadang-kadang disebut freenets, dijalankan atas dasar nirlaba, biasanya dengan staf sukarelawan.
g. wireless ISP
Sebuah penyedia layanan Internet nirkabel (WISP) adalah penyedia layanan Internet dengan jaringan berdasarkan jaringan nirkabel. Teknologi mungkin termasuk lumrah jaringan Wi-Fi nirkabel mesh, atau peralatan milik dirancang untuk beroperasi lebih terbuka 900 MHz, 2,4 GHz, 4,9, 5,2, 5,4, 5,7, dan 5,8 GHz band atau frekuensi berlisensi seperti 2,5 GHz (EBS / BRS), 3.65 GHz (NN) dan pada pita UHF (termasuk band MMDS frekuensi) dan LMDS.
mengintip data 
ISP dapat terlibat dalam peering, di mana beberapa ISP interkoneksi di peering poin atau Internet pertukaran poin (IXs), yang memungkinkan routing data antara jaringan masing-masing, tanpa pengisian satu sama lain untuk data yang dikirimkan-data yang akan dinyatakan telah lulus melalui ISP hulu ketiga, menimbulkan biaya dari hulu ISP.
ISP tidak memerlukan hulu dan hanya memiliki pelanggan (akhir pelanggan dan / atau ISP peer) disebut Tier 1 ISP.
Jaringan perangkat keras, perangkat lunak dan spesifikasi, serta keahlian dari jaringan manajemen personil adalah penting dalam memastikan data yang mengikuti rute yang paling efisien, dan koneksi hulu bekerja andal. Sebuah tradeoff antara biaya dan efisiensi dimungkinkan.
Penegakan hukum dan bantuan intelijen ISP
penyedia layanan internet di banyak negara secara hukum diperlukan (misalnya, melalui Bantuan Komunikasi untuk Penegakan Undang-Undang Hukum (CALEA) di AS) untuk memungkinkan lembaga penegak hukum untuk memantau beberapa atau semua informasi yang dikirimkan oleh ISP. Selain itu, di beberapa negara ISP tunduk pemantauan oleh badan intelijen. Di AS, program National Security Agency kontroversial dikenal sebagai PRISM menyediakan untuk pemantauan luas dari pengguna internet lalu lintas dan telah menimbulkan kekhawatiran tentang potensi pelanggaran terhadap perlindungan privasi di Amandemen Keempat Konstitusi Amerika Serikat. ISP modern mengintegrasikan beragam pengawasan dan packet sniffing peralatan ke jaringan mereka, yang kemudian feed data ke penegak hukum / jaringan intelijen (seperti DCSNet di Amerika Serikat, atau SORM di Rusia) yang memungkinkan pemantauan lalu lintas Internet secara real time .
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_service_provider
Hasil gambar untuk logo internet service provider

Pengertian ISP

ISP merupakan kependekan dari Internet Service Provider yaitu sebuah perusahaan atau badan usaha yang menyediakan layanan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP memiliki infrastruktur telekomunikasi yang terkoneksi ke internet dimana ISP nantinya akan membagi kapasitas koneksi internet yang dimilikinya kepada para pelanggan yang membutuhkan jasa koneksi internet. Itulah pengertian ISP yang paling benar. Biasanya sistem langganan yang diterapkan oleh ISP adalah sistem langganan tiap bulan meskipun saat ini banyak sekali provider telekomunikasi yang menerapkan sistem berlangganan dengan sistem berbasis quota.
ISP Pengertian ISP dan Contohnya
Berdasarkan pengertian ISP diatas maka keberadaan sebuah ISP memang sangat dibutuhkan saat ini, tentunya kehandalan sebuah ISP nantinya akan mempengaruhi kecepatan koneksi internetyang kita miliki. Oleh karena itu sebelum anda memilih berlangganan dengan ISP tertentu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu :
1. Kecepatan transfer data
Sesuai dengan pengertian ISP diatas, jika anda akan berlangganan layanan ISP maka anda harus mengetahui berapa kecepatan transfer data maksimal yang ditawarkan oleh ISP tersebut. Semakin cepat transfer data yang ditawarkan menunjukkan ISP tersebut semakin handal
2. Jenis modem yang digunakan
Jenis modem yang digunakan oleh pihak ISP untuk sambungan internet pelanggannya juga menunjukkan kehandalan dari ISP tersebut, pilihlah ISP yang menawarkan modem digital untuk sambungan internet dengan menggunakan kabel serta modem yang sudah support teknologi 3G untuk sambungan internet menggunakan wireless.
3. Rasio jumlah sambungan internet ke pelanggan
Perhatikan pula rasio jumlah sambungan dibagi jumlah pelanggannya, untuk shared connection idealnya 1 sambungan maksimal untuk 10 pelanggan untuk menghindari koneksi internet yang lambat.
4. Fitur tambahan
ISP biasanya tidak hanya menawarkan layanan jasa sambuangan internet saja, tetapi juga menawarkan fitur-fitur tambahan sebagai nilai plus dari ISP tersebut. Anda harus jeli mnemperhatikan fitur yang ditawarkan semakin banyak fitur yang ditawarkan menunjukkan ISP tersebut semakin handal
Pengertian ISP diatas semoga saja bisa menambah wawasan anda tentang ISP yang merupakan penyedia jasa layanan sambungan internet, berikut ini adalah contoh-contoh ISP yang ada di Indonesia.

Contoh ISP

1. Telkom Speedy
Telkom speedy merupakan ISP produk dari PT Telkom Indonesia, dengan harga yang cocok di kantong orang berpenghasilan menengah kebawah Telkom Speedy menawarkan koneksi internet yang stabil, info lebih lanjut bisa diakses di http://telkomspeedy.com
2. Astinet
Astinet juga merupakan produk dari PT Telkom Indonesia yang menawarkan jasa sambungan internet untuk penggunaan skala besar. Astinet sendiri merupakan kependekan dari Access Service Dedicated To Internet Info lebih lanjut tentang Astinet bisa anda akses di http://telkomspeedy.com/telkomnet-astinet
3. IM2
IM2 merupakan layanan sambungan internet milik PT Indosat, selain itu IM2 juga melayani jasa hosting dan sewa domain, untuk lebih lengkapnya anda bisa mengakases http://www.indosatm2.com/
4. Centrin
Centrin merupakan ISP milik PT Centrin Online, menawarkan layanan jasa koneksi internet dengan infrastruktur yang sangat canggih, anda bisa membaca lebih lengkap di http://www.centrin.net.id
5. Provider Seluler lainnya
Saat ini hamper semua provider seluler ternama sudah menawarkan jasa layanan internet atau ISP, biasanya berbasis quota dan bisa diaktifkan dengan paket-paket tertentu, ISP jenis ini merupakan pilihan cocok bagi anda yang hanya membutuhkan koneksi internet secara isidental saja.
http://www.fachrysrizal.com/pengertian-isp-dan-contohnya.html
Pengertian ISP, contoh dan fungsi ISP (Internet Service Provider) – ISP adalah singkatan dari “Internet Service Provider”. Supaya kita bisa mengakses, tersambung atau terhubung ke internet, kita harus mempunyai akses yaitu dengan cara berlangganan ke penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider).
ISP adalah perusahaan yang menawarkan sebuah jasa layanan kepada kita supaya bisa tersambung atau terhubung  dengan internet. Untuk bisa terhubung dengan internet, kita cukup menghubungi ISP melalui modem dan komputer/pc lalu ISP yang akan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk terhubung dengan internet, termasuk biaya-biaya koneksi tersebut. Jadi, misalnya kita sedang mengakses beranda/homepage mancanegara, maka ISP-lah yang menanggung biaya hubungan ke mancanegara. Sedangkan kita cukup membayar pulsa lokal yang digunakan untuk menghubungi ISP tadi.
PIJI adalah singkatan dari “Penyelenggara Jasa Internet”, atau “Internet Service Provider (ISP) (dalam bahasa Inggris)” adalah perusahaan atau sebuah badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berkaitan atau berhubungan. Kebanyakan perusahaan-perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa berupa hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, hosting dan sebagainya.
ISP (Internet Service Provider) ini memiliki jaringan baik secara domestik maupun secara internasional sehingga pelanggan atau konsumen dari sambungan yang disediakan ISP dapat terhubung atau tersambung  ke jaringan Internet global. Jaringan disini merupakan media transmisi yang dapat mengalirkan data-data yang dapat berupa seperti kabel (sewa kabel, modem &  jalur lebar), radio maupun VSAT. Biasanya, ISP (Internet Service Provider) yaitu biaya bulanan kepada konsumen/pengguna. Hubungan tersebut biasanya dibagi menjadi ke dalam 2 (dua) kategori, yaitu modem (Dial up) dan juga jalur lebar.
Hubungan dial-up saat ini banyak yang ditawarkan gratis atau dengan harga yang  murah serta membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa. Hubungan jalur lebar yang dapat berupa non-kabel, ISDN , kabel modem, DSL, atau juga satelit. Broadband dibandingkan modem memiliki kecepatan yang lebih cepat & selalu “on”, namunbiayanya lebih mahal.
Berikut ini contoh dari ISP
Inilah beberapa Contoh ISP (Internet Service Provider) yang ada di Indonesia, bisa dibaca di bawah ini:
  • PT. Indosat / INDOSATnet.
  • Asia Pasific Internet Company.
  • PT. EXCELCOMINDO PRATAMA.
Dan inilah fungsi ISP
Peran atau Fungsi ISP  (Internet Service Provider) dalam pengaksesan jaringan internet adalah :
  • Menghubungkan pengguna/kunsumen ke gateway internet yang terdekat.
  • Sebagai sebuah media yang memberikan pelayanan jasa untuk terhubung ke internet.
  • Sebagai yang Menyediakan modem untuk dial-up.
  • Sebagai yang menghubungkan user kepada layanan informasi WWW (World Wide Web).
  • Memungkinkan user untuk memakai layanan surat elektronik, yang sering disebut dengan E-mail.
  • Memungkinkan para user untuk melakukan percakapan suara melalui jaringan internet.
  • Memberikan tempat untuk homepage.
  • Internet Service Provider (ISP) melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk penggunanya.
  • Fungsi ISP (Internet Service Provider) sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan jaringan internet. Untuk mengaksesnya, kita cukup menghubungi saja Internet Service Provider/ISP melalui komputer dan modem. Setelah itu ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.
  • Dan Lain-lain.
Di atas tadi adalah pengertian ISP, contoh dan fungsi ISP. Terimakasih sudah membaca artikel di atas dan semoga dapat bermanfaat.
http://www.pengertianku.net/pengertian-contoh-dan-fungsi-isp-internet-service-provider.html

Fungsi ISP

  1. Menyediakan layanan jaringan internet bagi para penggunanya sehingga bisa terhubung ke dalam jaringan internet.
  2. Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet.
  3. Menghubungkan komputer client ke dalam gateway internet terdekat.
  4. Menyediakan perangkat modem sebagai sambungan dial-up.
  5. Menghubungkan pengguna ke dalam layanan informasi World Wide Web (WWW).
  6. Memungkinkan para pengguna untuk menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  7. Memungkinkan para pengguna untuk melakukan percakapan suara melalui internet.
  8. Bisa juga melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem anti virus kepada pelanggannya.

Jenis ISP

1. Dial-up Connection
Dial-up Connection ini adalah koneksi ke jaringan internet yang memiliki sifat sementara di mana pengguna tidak terkoneksi secara terus-menerus ke dalam sebuah jaringan internet. Pengguna hanya akan dikenakan biaya berdasar berapa lama waktu untuk mereka terhubung ke dalam jaringan internet.

Dan untuk melakukan Dial-up Connection (mendial) yang harus Anda butuhkan adalah Perangkat Keras Elektronik (PC/Laptop), Modem, Saluran Telepon dan Software yang sudah disediakan oleh ISP, biasanya Software sudah sepaket dengan Modem.

Jenis koneksi ini umum digunakan oleh pengguna yang mengakses internet melalui rumah dan umumnya komputer yang digunakan adalah komputer tunggal maupun komputer milik pribadi.

2. Dedicated Communication
Dedicated Communication memiliki sifat yang menetap, berarti bahwa terhubung ke dalam jaringan internet selama 24 jam dan selama 7 hari. Jenis dari koneksi ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan yang memiliki jumlah komputer dan karyawan yang banyak.

Untuk menekan biaya internet yang begitu mahal, maka perusahaan membuat sebuah jaringan bernama LAN (Local Area Network) dan menghubungkan LAN tersebut ke dalam internet dengan melalui suatu ISP dan hanya dengan menggunakan 1 buah modem dan saluran telepon sewa yang online selama 24 jam.

Karena sistem ini termasuk ke dalam jangkauan yang mahal, maka biasanya ISP akan memberikan beberapa metode untuk menekan harga, misal dengan memberikan batasan jumlah yang boleh untuk diupload (diunggah) atau didownload (diunduh) oleh pelanggan selama 1 bulan.
http://www.habibullahurl.com/pengertian-dan-fungsi-isp.html

Pengertian ISP

Pengertian ISP pada Buku Seri Panduan Lengkap Microsoft Windows 7
Definisi ISP adalah sebuah perusahaan yang memberikan penawaran jasa berupa pelayanan untuk bisa terhubung ke internet.
Pengertian ISP pada Buku Bermain-Main dengan Internet
Definisi ISP adalah perusahaan yang menyediakan akses ke internet, adapun media yang dijadikan penghubung ke internet tersebut bisa berupa sistem dial-up atau sistem direct.
Pengertian ISP pada Buku Cyber Law
Definisi ISP adalah pemilik ruang elektronik disebut Website/Keybase yang terdiri dari site yang satu dan lainnya dapat dibedakan. Guna mengembangkan saluran elektronik ini, ISP dipasarkan ke pelanggannya untuk akses ke internet. Mereka yang betugas sebagai pengembang disebut intelligent agent dari ISP.
Ada badan khusus yang mengatur perkembangan dan pertumbuhan internet dan ISP di Indonesia. Badan ini bernama APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. APJII dibentuk berdasarkan Musyawarah Nasional yaitu pada tanggal 15 Mei 1996. APJII bertugas untuk membuat program strategis dalam pengembangan jaringan internet di Indonesia. Program-programnya mencakup pengaturan tarif internet, membentuk Indonesia-Network Information Center (ID-NIC), membentuk Indonesia Internet Exchange (IIX), melakukan negosiasi tarif infrastruktur jasa telekomunikasi, dan juga beperan sebagai pengusul jumlah dan jenis provider.

Contoh ISP di Indonesia

  1. Telkom Speedy
  2. FirstMedia atau FastNet
  3. Innovate by Moratelindo
  4. Biznet Networks
  5. HSPNET
  6. CBN Internet
  7. Indosat M2
  8. AngkasaWave
Masih banyak ISP terkemuka yang tumbuh di Indonesia, di atas adalah sebagian kecil contohnya.

Pengertian ISP dan Contoh ISP di Indonesia

Demikianlah yang bisa kami sampaikan untuk pengertian ISP dan contoh ISP di Indonesia. Semoga dengan adanya informasi ini kita semakin kaya akan pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan komputer dan internet.
http://www.mandalamaya.com/pengertian-isp-dan-contoh-isp-di-indonesia/

Fungsi Isp

Adapun fungsinya ialah sebagai berikut:
  1. Sebagai sarana atau alat yang dapat memberikan kemudahan bagi user dalam mengakses internet
  2. ISP dapat dihubungkan dari pelanggan atau user melalui gateway terdekat
  3. Menyediakan layanan yang berupa jaringan internet sehingga dapat tersambung dan dapat membuka atau mengakses internet
  4. ISP sebagai salah satu perantara dalam menyambungkan internet
  5. Menyediakan perangkat modem yang yang dapat melakukan sambungan dial-up
  6. Dapat menghubungkan pengguna pada layanan www (World Wide Web)
  7. Memberikan tempat homepage.
Contoh ISP diantaranya: Telkomnet, 3GNet, Speedy, Asia Pasific Internet Company, Astinet dan lain-lain.

Jenis Layanan ISP

Jenis layanan ISP diantaranya:

Dial-Up Connection

Yakni melalui modem atau kabel telpon yang pada umumnya digunakan untuk akses internet di rumah. Dial-Up merupakan koneksi yang bersifat sementara. Adapun penggunaan akses dial-up ini seperti: personal diap-up; corporate dial-up; night server acces; LAN dial-up ISDN.

Dedicated Connection

Yakni jenis koneksi yang menetap 24 jam dan biasanya banyak digunakan di perusahaan-perusahaan atau tempat-tempat yang banyak menggunakan kebutuhan koneksi internet dan digunakan oleh banyak komputer.

Hotspot

Yakni merupakan jenis layanan internet tanpa menggunakan kabel seperti dial-up. Hotspot biasanya digunakan di tempat-tempat tertentu seperti cafe, kantin, bandara, tempat-tempat nongkrong, dan tempat-tempat lainnya.

Wireless

Wireless juga merupakan jenis layanan internet tanpa kabel. Layanan akses internet ini tidak dipungut biaya telepon, tapi hanya dikenakan tarif atau biaya pemakaian internetnya saja.

Mobile Access

Sebuah layanan untuk mengakses internet yang dapat dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui Handphone atau telepon seluler. Layanan ini sangat bermanfaat bagi pengguna telepon seluler yang mendukung kecanggihan teknologi ini, baik GSM maupun CDMA.
http://www.seputarpengetahuan.com/pengertian-isp-dan-fungsinya-serta-jenis-layanan-isp.html

PENGERTIAN ISP dan PERUSAHAAN ISP di INDONESIA

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh.
pengertian lain...................................................................................................................
ISP ( Internet service provider ) adalah perusahaan yang menjual koneksi internet kepada pelanggan. ISP identik dengan jaringan telepon , karena dulu ISP menjual koneksi internet melalui jaringan telepon . Salah satunya ialah Telkomnet instant . Sekarang ISP berkembang tidak hanya menggunakan jaringan telepon tapi menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.
Teknologi ini termasuk murah , karena tidak perlu mambangun jaringan kabel , mudah dipindahkan dll . Sebagian basar ISP mampunyai jaringan server ( mail , berita , Web ) , router , modem yang dihubungkan dengan koneksi “backbone” Internet yang permanen dan berkecepatan tinggi .
Pelanggan ISP dapat mendapatkan koneksi internet dengan modem dan telepon . untuk mengakses internet pelanggan ISP harus melakukan dial kejaringan dengan menekan nomor telepon tertentu milik ISP .
Contoh dari ISP yang ada dan sering digunakan untuk warnet diantaranya telkom Speedy, BigNet, fastNet dan lain-lain.
Sedikit penjelasan; ISP = Internet Service Provider, penyedia layanan akses Internet kita.
DNS = Domain Name System, yaitu layanan dari ISP yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai website – seperti google.com, yahoo.com, dll.
Sekilas cara kerja DNS : ketika kita mengetikkan (misalnya) google.com di browser, maka browser akan menghubungi DNS milis ISP. DNS server kemudian akan memberikan alamat (IP address) yang sebenarnya dari google.com. Yah, seperti alamat rumah nya lah. :)
Nah, bermodalkan dengan alamat (IP address) tersebut, maka kemudian browser akan menghubunginya. Jika alamatnya benar, maka akan tersambunglah koneksi dengan server Google. Dan dengan cepat kita segera bisa menikmati berbagai layanan dari situs Google.com di browser kita.
Penyelenggara Jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet Service Provider (ISP)) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.
berikut adalah beberapa contoh perusahaan ISP di Indonesia:
* 3GNet → Situs web
* ATS-COM NET → Situs web
* AudiaNet → Situs web
* BENINGNET → Situs web
* BiGnet → Situs web
* BITNET → Situs web
* BIZNET → Situs web
* BUMINET → Situs web
* CABINET → Situs web
* CBN → Situs web
* CENTRIN → Situs web
* CENTROTECH → Situs web
* Central Online (CLINE) → Situs web
* Channel-11.Net → Situs web
* CROSS NETWORK INDONESIA → Situs web
* CYBERNET → Situs web
* CyberAkses → Situs web
* DigiNet → Situs web
* DNET → Situs web
* ELGANET → Situs web
* ELNUSNET → Situs web
* ERESHA.NET.ID → Situs web
* FIRST MEDIA → Situs web
* GIGA.NET.ID → Situs web
* GLOBALPORT → Situs web
* IPTK - EZ.Net → Situs web
* IDOLA → Situs web
* HYPERNET → Situs web
* IndikaNet → Situs web
* INDONET → Situs web
* INDOSAT → Situs web
* INDOTRANSDATA → Situs web
* JALAWAVE → Situs Web
* JAPnet → Situs web
* JASATEL → Situs web
* JETCOMS → Situs web
* LINKNET → Situs web
* MAXINDO → Situs Web
* MEGANET → Situs web
* MELSA → Situs web
* MITRANET → Situs web
* MNET → Situs web
* ORION / Orion Cyber Internet → Situs web
* PRIM@NET → Situs web
* NetPlus Technology → Situs web
* Pes@tNet → Situs web
* PACIFICNET → Situs web
* POWERNET → Situs web
* QUASAR → Situs web
* RADNET → Situs web
* RAJASA → Situs web
* SIMAYA → Situs web
* Sistelindo → Situs web
* Speedy → Situs web]
* TELKOMNET → Situs web
* UBNET → Situs web
* UIINET → Situs web
* UNINET → Situs web
* VIPNET → Situs web
* VISIONNET → Situs web
* WASANTARA → Situs web
* LINTASWAVE → Situs web
* SMARTLINK GLOBAL MEDIA → Situs web
* FIRSTMEDIA → Situs web
* TELEMEDIA NUSANTARA → Situs web
* TABINA NETWORK → Situs Web
* KOETARADJA NET → Situs Web
* TE NET → Situs Web
* BLUELINE → Situs Web
* M-WIFO → Situs Web.
http://diaryqamhazziengs.blogspot.co.id/pengertian-isp-dan-perusahaan-isp-di.html
ISP (Internet Service Provider) : Perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan akses Internet ke kalangan umum dengan mengenakan biaya. Contohnya : Telkomnet, Indosatnet, Centrin, Cbn, Wasantara, dll "Kamus Komputer Online"
http://komputer.yn.lt/adalah/?arti=ISP

ISP dalam TIK 

ISP (Internet Service Provider) : perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau akses internet melalui jaringan telepon.
ISP : organisasi komersial yang menyediakan akses internet bagi pelanggannya
ISP (Internet Service Provider) : Perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan akses internet ke kalangan umum dengan mengenakan biaya. |
ISP (Internet Service Provider) : Perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan akses Internet ke kalangan umum dengan mengenakan biaya. Contohnya : Telkomnet, Indosatnet, Centrin, Cbn, Wasantara, dll |
ISP : singkatan dari istilah Internet Service Provider, atau lebih dikenal provider internet adalah perusahaan atau badan usaha yang menydiakan layanan jasa internet kepada pelanggan baik pelanggan yang sifatnya individu maupun ke pelanggan Korporat. Istilah Internet Service Provider (ISP), pada mulanya diidetikkan dengan perusahaan jasa telekomunikasi, karena dulu Internet Service Provider (ISP) menawarkan produknya melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi Internet Service Provider (ISP) itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi radio atau wireless.
https://glosar.id/index.php/term/Komputer-Internet,isp-adalah.xhtml


Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer