Server

Pengertian Komputer Server, Fungsi, Kegunaan Dan Jenis Server

Pengertian Komputer Server

Pengertian Komputer Server, Fungsi, Kegunaan dan Jenis Server
Seperti di sebutkan di atas, komputer server merupakan komputer yang melayani permintaan komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya seperti memori yang lebih besar, hardisk dengan kapasitas tinggi, printer yang bisa digunakan bersama dan lain-lainnya.

Fungsi Dan Kegunaan Komputer Server

Dari penjelasan pengertian komputer server di atas, mungkin sudah bisa anda pahami apa fungsi dari komputer server. Berikut beberapa fungsi dari komputer server:
1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client.
2. Menyediakan resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras ataupun berupa aplikasi agar dapat di gunakan di semua komputer client di dalam jaringan.
3. Bertanggungjawab mengatur lalu lintas data.
4. Dapat menyimpan file, data untuk di akes bersama menggunakan file sharing.
5. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.
6.  menyediakan database atau aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer.
7. Melindungi komputer client dengan memasang firewall atau anti malware di komputer server. 

Manfaat Pennggunaan Komputer Server

Dari segi manfaat, jelas komputer server sangat di butuhkan dan mampu menghemat biaya menjadi lebih ekonomis.
Misalnya menggunakan komputer server, jika anda memiliki 1 printer katakanlah di sebuah perusahaan maka printer tersebut akan bisa di sharing ke semua pengguna lainnya sehingga dengan 1 komputer akan dapat di gunakan oleh semua client di dalam jaringan.
Jelas lebih hemat bukan di banding anda harus membeli banyak printer dalam satu jaringan? Bukan saja hanya printer, resource lainnya seperti memori, hardisk, scanner pun bisa anda gunakan bersama. 

Jenis Komputer Server

Komputer server ada  berbagai jenis, seperti lokal server yang di gunakan khusus di jaringan lokal atau hosting server yang biasanya kita gunakan di internet.
Fungsinya pada dasarnya tetaplah sama, hanya mungkin penempatan dan tujuannya di buat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti webserver, database server, file server, game server, proxy server, printer server dan masih banyak lagi.
http://www.perangkatkeras.net/pengertian-komputer-server-fungsi-kegunaan-dan-jenis-server/

Spesifikasi Komputer Server Lengkap Dengan Harganya

Server sendiri bertugas sebagai komputer yang melayani serta menyediakan berbagai resource. Selain itu server juga bertanggung jawab untuk merespon segala permintaan client dan mengatur lalu lintas data, maka pada umumnya komputer server mempunyai spesifikasi yang berbeda dari komputer biasa.
Beratnya tugas yang di emban server membuat pemilik juga harus mempersiapkan dan memastikan komputer server bisa melayani seluruh komputer client dengan cepat, akurat serta memiliki performa tinggi selama 24 jam online.
Membuat sebuah komputer memliki performa tinggi, super cepat tentu saja harus di dukung kemampuan perangkat keras serta aplikasi yang di gunakan.
Katakanlah seperti penggunaan memori RAM, teknologi dan kapasitas hardisk, processor, grafik card dan lain-lainnya harus memiliki spesifikasi lebih tinggi dari komputer biasa pada umumnya.
Jika komputer kamu biasanya memiliki spesifikasi seperti katakanlah 2GB RAM, processor core i3 di tambah 512MB grafik card sudah cukup baik untuk menjalankan aplikasi yang anda gunakan, maka untuk komputer server spesifikasi tersebut tidak akan cukup apalagi server tersebut harus melayani banyak komputer client dan menjalankan banyak aplikasi yang memberatkan kinerja processor dan memori.
Maka untuk memastikan server memiliki perporma cepat, akurat ada beberapa hal yang harus kita persiapkan seperti membeli spesifikasi processor yang lebih tinggi, memori RAM lebih besar, ukuran hardisk, grafik card dan  lainnya.
Sebagai contoh berikut spesifikasi komputer server yang di pasang di jaringan LAN untuk melayani lebih dari 80 komputer client, dan menjalankan beberapa aplikasi serta database yang selalu running 24 jam.
Pocessor: AMD FX(tm)-8120 Eight-Core Processor
RAM: 16.0 GB
Grafik Card: AMD Radeon HD645. 702 MB Memory
OS: Windows server 2008 R2 Enterprise
System type: 64-Bit Operating System
Motherbaord: Gigabyte Technology
Jika kita perhatikan spesifikasi perangkat keras dan os dari komputer server tersebut tentu jauh lebih tinggi dari komputer pc umumnya. Spesifikasi sebuah komputer server tentu saja harus sesuai dengan fungsinya, berhubung spesifikasi di atas bukan di gunakan untuk server game maka penggunaan grafik card tidak terlalu tinggi.
Contoh spesifikasi komputer server diatas hanya untuk menjalankan beberapa aplikasi yang selalu online 24 jam guna melayani komputer client di jaringan LAN. Nah kalau untuk server web hosting atau game online pasti berbeda lagi spesifikasi komputer yang di gunakan.
Dari segi harga, komputer server jauh lebih mahal dari komputer dengan spesifikasi biasa. Berikut contoh spesifikasi kompuer server lengkap dengan harganya yang kami ambil dari http://www.bhinneka.com/
http://www.perangkatkeras.net/spesifikasi-komputer-server-lengkap-dengan-harganya/
Pengertian Server
Server adalah Sebuah system komputer yang menyediakan berbagai jenis layanan yang dapat diakses oleh komputer client yang sedang terhubung pada sebuah jaringan. Server harus didukung dengan baik oleh prosesor dan juga Memori/RAM yang lumayan besar.  Server juga harus memiliki System Operasi Kusus atau biasa juga disebut sebagai System Operasi Jaringan.
Server mengatur lalu lintas data di dalam jaringan dan menyediakan resource yang dapat digunakan oleh komputer lain yang sedang terhubung pada jaringannya. Server bagian paling penting dalam jaringan komputer yg menjadi tempat untuk nodes di dalam jaringan agar mampu melakukan yang namanya Resource Ssharing.
Server terdiri dari beberapa macam diantaranya file server, printer server, disk server serta database server. Server juga bisa bersifat dedicated , artinya server tidak mungkin bisa digunakan sbagai, selain dedicated, non-dedicated juga ada, fungsinya tetap sebagai server, tapi bisa juga digunakan sebagai titik masuk untuk komunikasi jaringan.

Pengertian Komputer Server
Nah setelah mengetahui pengertian server, sekarang saatnya untuk membahas Pengertian Komputer Server. Ok lanjut, Komputer server adalah komputer yang ditugaskan oleh sipemilik komputer untuk menjadi server dan mengatur computer-kompuer client. Seperti halnya di dalam perusahaan, dimana komputer server tersebut diberi tugas untuk menyimpan hal-hal yang dibutuhkan komputer client.
Jadi dengan komputer server, apapun yang dibutuhkan oleh komputer client maka Komputer Server akan langsung memenuhinya, tidak dibatasi oleh, dan tidak dapat diakses oleh orang lain, hanya orang tertentu yang bisa mengaksesnya, missal pemilik computer server itu sendiri, maka dengan begitu data-data penting atau semacamnya tidak bakalan bocor ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.
Namun jika kita lihat dari segi fungsinya yang begitu besar, maka untuk merubah komputer menjadi Komputer Server, Komputer tersebut harus memiliki Spec yang mumpuni. Bukan Cuma prosesor dan RAM yang  besar, Hard Disk dan yg lain harus mendukung. Mengapa demikian? Karena Komputer Server harus selalu aktif karena Komputer server menjadi pintu utama manajemen jaringan yg Anda miliki. Seperti halnya komputer server web site, maka server tersebut harus selalu dan selalu aktif supaya pengunjung Web Anda tetap bisa mengaksesnya setiap saat. Sebaliknya Jika server web tadi dimatikan maka Web Anda tidak bisa diakses sama sekali oleh pengunjung.
Jadi intinya Komputer Server itu harus selalu menyala dalam waktu yang lama, maka Perangkat Keras komputer server harus memiliki daya tahan serta keandalan yang tinggi. Komputer server juga harus manpu bertahan pada suhu panas tinggi dan harus memiliki pembuang panas, karena pembuang panas ini salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan pada hardware komputer server, kenapa saya katakana penting? Karena akan membantu supaya Komputer Server tdk mengalami over-heating, hal ini juga bisa menurunkan prforma pada komputer server, ini di sebabkan karena terlalu lama menyala dan panas yang lumayan tinggi.
Akan tetapi jikan Anda ingin membuat Komputer Server dengan skala kecil juga bisa, seperti halnya Warnet, warnet kan juga punya Komputer Server, Komputer server itulah yang sering digunakan oleh operator warnet dan itu sudah mampu menghubungkan beberapa komputer, dan satu lagi Komputer yang ada di rumah Anda juga bisa dijadikan komputer server.

Jenis – Jenis Komputer Server
  • Web Server
  • Virtual Server
  • Aplikasi Server
  • Database Server 
  • FTP Server
  • File Server
  • Game Server
  • Jaringan Server
  • Nama Sever
  • Mail Server
  • Chat Server
  • Proxy Server
  • Print Server 
Sedikit olahraga jari mengenai komputer server, semoga bermanfaat
http://ahaykomputer.blogspot.co.id/pengertian-komputer-server.html

Spesifikasi Hardware & Software untuk Komputer Server

Komputer  Server adalah komputer yang berfungsi sebagai pusat pengelola  lalulintas dan aplikasi jaringan komputer. Karena berfungsi sebagai pusat, minimal sebuah server harus mempunyai beberapa karakter yang lebih dibandingkan dengan komputer yang terhubung kedalam suatu jaringan. Keseluruhan komputer yang terhubung ke server dalam jaringan disebut sebagai Workstation. Hampir semua jenis computer dapat digunakan sebagai computer workstation.

A. Kebutuhan Hardware (Perangkat Keras) jaringan komputer

Hardware adalah perangkat keras yang dimilki oleh sebuah sistem komputer, sedangkan hardware jaringan komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya dalam sebuah jaringanyang bertujuan untuk berbagi data, informasi dan peralatan lainnya perangkat ini bersifat fisik atau terlihat wujudnya.
Harware yang dibutuhkan untuk jaringan komputer adalah sebagai berikut:

1.Modem

Modem digunakan oleh jaringan agar jaringan bisa terhubung dengan internet

2. NIC (Network Internet Card) atau kartu jaringan

NIC adalah sebuah hardware untuk mendukung jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya, bentuk NIC berupa kepingan komponen yang bisa di bongkar pasang pada slot PCI atau slot PCIE yang terdapat di main board komputer.
Pada NIC terdapat sebuah port khusus biasanya berupa port RJ 45 yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya menggunakan Konektor RJ 45 dan kabel UTP, untuk beberapa NIC juga dilengkapi dengan Komponen Wireless.

3. HUB

Hub merupakan perangkat keras jaringan yang dapat digunakan sebagai terminal port untuk menghubungkan komputer dalam jaringan, HUB biasanya memiliki banyak port RJ45, jumlah port dalam sebuah Hub minimal 4 port. setiap komputer agar saling terhubung satu sama lain dalam jaringan biasanya menggunakan HUB.

4. Kabel UTP

Kabel UTP adalah kabel jaringan dengan 8 kabel warna-warni didalamnya, untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya dalam jaringan biasanya menggunakan kabel UTP yang sudah dihubungkan dengan konektor RJ 45,

5. Konektor RJ 45

adalah konektor yang digunakan untuk menghubungkan kabel RJ 45, konektor RJ 45 semacam ject yang memiliki 4 pin didalamnya.

6. Bridge

Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda.
Contoh:
menghubungkan jaringan yang menggunakan fiber optik dengan jaringan yang menggunakan coacial.
Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil.

7. Swich

Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.

Cluster Control Unit

Cluster Control Unit membangun hubungan antara terminal yang dikendalikannya dengan perlatan-peralatan dan jaringan. Alat ini memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa komputer melalui jaringan yang bebeda. Cluster Control Unit dapat pula mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode.

8. Front - end Processor

Front-end Processor menangani lalulintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun, tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host.
Front-end Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpuklkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front-end Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal.
Walau kecepatan transmisi antara saluran dan front end Processor relatif lambat ( dalam banyak kasus bit-bit ditransmisikan secara serial ) kecepatan tarnsmisi front-end processor dengan host dapat berlangsung secara cepat ( beberapa bit ditransmisikan secara paralel).
Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari suatu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. Jika karena suatu hal terminal penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedangan digunakan atau rusak) front-end processor dapat menyimpan pesan tersebut dalam penyimpanan sekunder dan mengirimkannya nanti. Kemampuan ini disebut simpan dan teruskan (store and forward).

B. Kebutuhan Software (Perangkat Lunak) Jaringan Komputer

Software jaringan komputer adalah perangkat lunak atau program baik itu sistem operasi maupun program aplikasi yang berfungsi untuk mendukung jaringan komputer.
Berikut adalah beberapa Software yang dibutuhkan untuk jaringan komputer:

a. Sistem operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak level bawah yang digunakan untuk mengeloala dan mengintegrasikan hardware dalam sebuah sistem komputer.
Contoh sistem operasi: linux, window, mac os dll. 

1.NMap

NMap adalah sebuah software security scanner yang dikembangkan oleh Gordon Lyon alias Fyodor Vaskovich yang compatible dengan OS Windows, Linux, Mac OS X, Solaris, BSD dan Amigos OS. N Map tersedia dengan dua versi yaitu versi GUI dan Command line, lalu apa fungsi software ini??
Mari kita ulas lebih lanjut.NMap memiliki fungsi-fungsi standar layaknya sebuahsecurity scanner: mendeteksi port-port yang terbuka, mengidentifikasi versi OS dan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan service, dan lain-lain.

2.WireShark

Software wireshark memilki beberapa fungsi, yaitu :
Mampu menganalisa transmisi paket data pada jaringan,
Memonitoring proses koneksi dan transmisi data antar komputer.
Mampu mengetahui isi paket data yang sedang berlalu lintas dalam jaringan komputer tersebut.

3.Look@LAN

Software ini bisa digunakan pada OS apapun, pengoperasiannya pun cukup mudah, software ini akan menampilakan laporan yang menyatakan keadaan jaringan pada saat itu, dalam bentuk tabel. Beberapa fitur yang dimiliki software ini adalah :
Mengetahui IP Address, pada komputer jaringan
Mengetahui status konektivitas dengan jaringan
distance
Serta mengetahui sistem operasi yang digunakan oleh komputer pada jaringan  tersebut
Mengetahui hostname, netBIOS name, netBIOS user, SNMP status dan Trap.
Menginformasikan pada komputer server, host yang sedang online/offline

4.Angry IP Scanner

IP angry Scanner berfungsi untuk membantu dalam pengelolaan, invostorisasi serta menjaga jaringan agar tetap mampu berjalan dengan baik, melalui alamat IP Address dari setiap komputer yang ada pada jaringan. Selain itu, software ini jugadapat membantu seorang admin jaringan dalam mengawasi error atau trobubleshooting ajringan karena permasalahan pada IP address, bisa juga karena IP address yang conflik. Selain itu, software ini juga mengantisipasi adanya pihak yang tidak bertanggung jawab yang berusaha menyusup pada jaringan seseorang dengan menggunakan IP address yang telah tersedia pada range nya.

5.Dude

Sotfware ini memudahkan seorang admin jaringan memonitoring jaringannya, serta mendukung berbagai protokol jaringan, seperti SNMP, ICMP, DNS dan TCP.
Berikit ini adalah cara kerja Dude :
Secara otomatis Dude akan melakukan scan keseluruhan pada jaringannya, termasuk perangkat yang tergabung dalam jaringan berbasis dengan subnet.
Software ini akan secara otomatis mampu memetakan jaringan komputer.
Apabila terjadi troubleshooting pada jaringan, maka software ini akan secara otomatis memberikan pesan peringatan.

C.Kebutuhan Minimal Server

Komputer  Server, suatu komputer yang menjadi pengelola dan pusat bagi komputer lainnya. Karena berfungsi sebagai pusat, minimal sebuah server harus mempunyai beberapa karakter yang lebih dibandingkan dengan komputer yang terhubung kedalam suatu jaringan. Keseluruhan komputer yang terhubung ke server dalam jaringan disebut sebagai Workstation. Hampir semua jenis computer dapat digunakan sebagai computer workstation.

1. Kebutuhan minimal Komputer Server

Untuk menjalankan aplikasi ini sebagai server membutuhkan komputer dengan spesifikasi minimum baik hardware maupun software sebagai berikut:
Hardware:
a.Processor 600 Mhz
b.Memory dengan RAM 192 MB
c.VGA on Board
d.Monitor Super VGA (800x600) dengan minimum 256 warna
e.CD-ROM atau DVD-ROM
f.Keyboard + mouse
Software:
2.Kebutuhan Minimum Server
Adapun perangkat lunak yang dibutuhkan dan telah diujicobakan pada komputer server yaitu:
a.Operating System : Windows XP Service Pack 2
b.Web Server : Apache 2.4.3
c.Programming Language : PHP 5.4.7
d.Database : MySQL 5.5.27

2. Kebutuhan Minimal Client

Untuk menjalankan aplikasi ini sebagai client membutuhkan komputer client dengan spesifikasi minimum sebagai berikut:
Hardware:
a.Processor 233 Mhz
b.Memory dengan RAM 64 MB
c.VGA on Board
d.Monitor Super VGA (800x600) dengan minimum 256 warna
e.Keyboard + mouse
2.Kebutuhan Minimum Server
Software:
Adapun perangkat lunak yang dibutuhkan dan telah diujicobakan pada komputer client yaitu:
a.Operating System : Windows XP Service Pack 2
b.Browser: Mozilla Firefox versi 12.0
http://referensisiswa.blogspot.co.id/spesifikasi-hardware-software-untuk-komputer-server.html

Sistem Operasi Server

Untuk menunjang kinerja dari sebuah Komputer Server maka dibutuhkan sebuah sistem operasi khusus yang memang didesign untuk server, dibawah ini adalah beberapa contoh dari sistem operasi server yang biasanya digunakan dalam sebuah jaringan.

1. Windows

Perusahaan Microsoft mempunyai beberapa produk yang memang dikususkan untuk sistem operasi server. beberapa contoh produknya adalah Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, WIndows 2008 server dan Windows Server 2013

2. Novel Netware

Sistem operasi server Novel Netware merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Novel.Inc beberapa produknya adalah NetWare 286 2.xNetWare 3.x, NetWare 4.x, NetWare 5.x, NetWare 6.0, NetWare 6.5 dan Open Enterprise Server

3. Mac OS

Mac Os merupakan sebuah produk unggulan dari Apple.Inc. Apple sendiri juga mempunyai produk sistem operasi server, beberpa contoh dari produk dari Apple adalah Mac OS X Server 1.0 (Rhapsody), Mac OS X Server 10.0 (Cheetah Server), Mac OS X Server 10.1 (Puma Server), Mac OS X Server 10.2 (Jaguar Server), Mac OS X Server 10.3 (Panther Server), Mac OS X Server 10.4 (Tiger Server), Mac OS X Server 10.5 (Leopard Server), Mac OS X Server 10.6 (Snow Leopard Server)Mac OS X 10.7 (Lion Server)OS X 10.8 (Mountain Lion Server)OS X 10.9 (Mavericks Server) dan OS X 10.10 (Yosemite Server 4.0)

4. Linux

Produk Linux server sangat beragam, karena setiap pengembang menyediakan produk yang dikususkan untuk server, jadi disini hanya disebutkan pengembang dari sistem operasi berbasis Linux saja. beberapa contoh dari Distro Linux yang bisa sobat gunakan untuk server adalah Debian, Arch Linux, Fedora, OpenSUSE, Slackware, dan masih banyak lagi yang lain.
Itulah beberapa macam sistem operasi yang bisa sobat gunakan untuk membangun sebuah server.

Macam - Macam Jenis Server

Komputer server sendiri sebenarnya ada beberapa jenis dan dibedakan berdasarkan fungsi dari server itu sendiri, dibawah ini merupakan beberapa macam jenis server yang banyak digunakan dalam sebuah jaringan komputer.

1. SSH Server ( Secure Shen )

SSH Server merupakan komputer server yang dipasang sebuah aplikasi khusus sehingga kita bisa mengendalikan atau mengirimkan perintah eksekusi kepada server tersebut dari jarak jauh ( remot ). aplikasi SSH ini biasanya menggunakan port standart 21.

2. DNS ( Domain Name System )

DNS Server merupakan sebuah server yang dipasang sebuah aplikasi agar supaya dapat berfungsi untuk menterjemahkan sebuah nama domain ke IP address, jadi sobat tidak perlu mengingat nomer ip sebuah komputer, cukup mengingat nama domain dari komputer tersebut. Biasanya DNS Server menggunakan port 53 dalam pengaplikasiannya.

3. WEB Server

Web Server merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi dengan aplikasi khusus agar bisa digunakan untuk melayani permintaan HTTP/HTTPS dari komputer client dan mengirimkan kembali data yang diminta dalam bentuk dokument html (web), Web Server juga bisa didefinisikan sebagai komputer yang berfungsi untuk menyimpan file - file halaman website. Biasanya Web Server menggunakan port 80 untuk akses menggunakan protokol http dan port 443 untuk akses menggunakan protokol https.

4. DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol)

Sebuah komputer server dengan aplikasi khusus dan berfungsi untuk memanagement pengalokasian alamat IP dalam sebuah jaringan. Dengan adanya server ini sobat tidak usah melakukan pengisian alamat IP pada masing - masing komputer client, karena akan diberikan secara otomatis oleh server ini. Port yang digunakan untuk DHCP adalah port 67 atau 68.

5. Mail Server

Merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi aplikasi yang berfungsi untuk mendistribusikan file - file atau data informasi sebagai respons atau permintaan yang nantinya dapat dikirim via email, juga pada bitnet untuk layanan seperti FTP (File Transfer Protocol). Port yang digunakan untuk Mail Server adalah 110 ( IMAP ) , 143 ( POP ) , 25, 2525 ( SMTP )untuk akses dengan protokol http, 993 ( IMAP ) , 995 ( POP ), 465 ( SMTP ) untuk akses dengan protokol https.

6. Proxy Server

Proxy server merupakan sebuah komputer atau aplikasi komputer yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan sebuah komputer dalam jaringan LAN dengan jaringan internet. Proxy server juga bisa disebut dengan istilah Gateway Server atau sebuah gerbang yang menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan luar. Tidak hanya itu, server ini juga mempunyai kemampuan untuk securty dan penyimpana riwayat halaman website yang telah sobat kunjungi sebelumnya, jadi akan menghemat penggunaan bandwith nantinya. biasanya port yang digunakan untuk proxy server adalah port 8080.

7. Samba Server

Merupakan sebuah komputer server yang dilengkapi dengan sebuah aplikasi dan berfungsi untuk melayani permintaan sharing atau tukar menukar data antara dua komputer client yang berbeda sistem operasinya misalnya Linux dan Ms. WIndows. Port yang digunakan untuk Samba Server adalah 137 dan 139.

8. FTP Server

Sebuah komputer server yang digunakan untuk sharing file atau tukar menukar data pada jaringan server atau client yang support TCP/IP. port yang digunakan untuk mentranfer data menggunakan protokol FTP adalah port 21.

9. Database Server

Database server merupakan sebuah komputer dan dilengkapi dengan aplikasi yang berfungsi untuk menyediakan layanan penyimpanan Database. port yang digunakan untuk Database Server biasanya 3306 ( Mysql ) dan 5432 ( PgSQL ).

Tips Merawat Komputer Server

Karena komputer server mempunyai tugas yang cukup berat dan biasanya bekerja selama 24 jam nonstop. Apabila sobat menjadi seorang administrator server, perawatan Komputer Server merupakan suatu hal yang tidak boleh disepelahkan, berikut ini adalah tips yang bisa sobat terapkan untuk merawat Komputer Server agar kinerjanya tetap optimal.
1. Membersihkan secara rutin dari debu dan kotoran.
2. Memperhatikan fungsi software - software dari server itu sendiri, terutama software yang berhubungan dengan keamanan.
3. Melakukan backup data dan defragmentasi file secara rutin minimal sobat lakukan seminggu sekali.
Itulah ulasan mengenai pengertian, macam - macam jenis dan fungsi komputer server serta tips merawat server yang utopicomputers bagikan, semoga ulasan tadi bisa bermanfaat bagi sobat komputer sekalian.
https://www.utopicomputers.com/pengertian-fungsi-macam-macam-jenis-komputer-server-dan-sistem-operasi/

PENGERTIAN KOMPUTER CLIENT SERVER, MACAM , FUNGSI DAN PERBEDAANNYA TERLENGKAP

Secara umum komputer client server dapat di artikan sebagai arsitektur jaringan komputer yang memisahkan client dengan server, jaringan tipe ini merupakan jaringan yang termasuk sering ditemui di jaringan komputer.
Tiap client atau server yang terhubung ke jaringan bisa disebut simpul/ node. Tipe paling dasar dari arsitektur client-server menggunakan 2 tipe simpul, yaitu satu sebagai client dan satu sebagai server. Arsitektur tipe ini sering juga disebut sebagai two-tier. Tipe arsitektur seperti ini memungkinkan komputer dan peranti jaringan untuk saling membagi file dan resource.
Dalam suatu jaringan komputer terdapat tiga peran, yaitu:
  1. Client, peran client yaitu hanya sebatas pengguna dan tidak menyediakan sumber daya.
  2. Server, Server menyediakan sumber daya secara maksimal yang digunakan oleh komputer client, namun tidak menggunakan sumber daya dari komputer lain.
  3. Peer, peer merupakan client yang menyediakan sumber daya untuk dibagi kepada client lainnya, dengan menggunakan sumberdaya yang tersedia pada client lain (peer to peer).

PENGERTIAN KOMPUTER CLIENT SERVER

KOMPUTER SERVER

Komputer server adalah unit komputer yang berfungsi sebagai penyimapn informasi, dan untuk mengelola suatu perintah ke jaringan komputer. Komputer server akan melayani seluruh perintah dari komputer client atau workstation yang terhubung ke jaringannya. Karena fungsinya tersebut, komputer server disebut juga dengan komputer induk.
Macam Komputer Server
  • Server Web
    Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser Web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) sever .
  • Server Applikasi
    Server Applikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language )
  • Server Database
    Server Database adalah peangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server applikasi. Untuk membuat applikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms Access, SQL Server, Oracle atau MySQL.

KOMPUTER CLIENT

Komputer client adalah komputer yang memeinta satu layanan tertentu kepada komputer client. Komputer client harus dilengkapai dengan aplikasi client khusus untuk menjalankannya, sehingga dapat menggunakan dan menerima layanan dari komputer server. Contoh fungsi komputer client antara lain mengambil file dari file server dan program pada komputer client harus memformat sebuah request lalu mengirimkannya kepada program yang sedang berjalan dserver. Selanjutnya, server akan mengirimkan file yang diminta sesuai dengan permintaan program client.

PERBEDAAN KOMPUTER CLIENT DAN SERVER

Perbedaan komputer client (client computer) dan komputer server (server computer) antaralain.
  • Informasi dan layanan yang dapat di akses di internet disediakan oleh komputer server.
  • Komputer client tidak menyadiakan informasi atau layanan apapun yang dapat diakses oleh komputer lain di internet. Mengakses internet diwarung internet, di sekolah, ataupun di rumah, komputer yang di gunakan merupakan komputer client.
  • Komputer server di internet menyediakan beragam informasi seperti ensiklopedi pengetahuan, pendidikan, berita, dan hiburan, dapat di sajikan dalam bentuk teks maupun multimedia (gambar, suara, animasi, video).
  • Dalam penggunaan komputer client, kita dapat mengakses informasi-informasi tersebut dengan mengakses alamat server yang menyediakannya menggunakan perangkat lunak tertentu. Internet memungkinkan pertukaran data atau informasi antar pengguna internet dengan memanfaatkan layanan server email.
Demikian informasi yang diberikan, semoga bermanfaat.
http://www.pro.co.id/pengertian-komputer-client-server-macam-fungsi-dan-perbedaannya-terlengkap/
Fungsi Komputer Server
Beberapa fungsi komputer server adalah sebagai berikut ini : 

  • Aplication Server, .server ini berfungsi sebagai media penyimpanan aplikasi-aplikasi yang nantinya akan di akses dari komputer client. Misalnya aplikasi transaksi jual beli dan aplikasi lainnya yang jalan di intranet atau internet.
  • Proxy Server, biasanya digunakan untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
  • Database Server, berfungsi untuk menyimpan data-data. Ada beberapa orang meletakkan data terpisah dari server aplikasinya, biasanya terinstal semacam Database management system, seperti oracle, MS SQL Server, MySQL dan sebagainya.
  • Game Server, server yang berfungsi menyediakan game online, sehingga kita bisa bermain di jaringan
  • Printer Server, berfungsi mengatur printer yang berjalan pada sebuah jaringan.
  • Web Server, menyediakan konten statis ke web browser dengan memuat file dari disk dan mentransfer melalui jaringan ke web browser pengguna. Dan lain sebagainya.
http://www.gubuginformasi.com/fungsi-dari-komputer-server.html


Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer