Tumblr

 Mengenal Fitur-Fitur Jejaring Sosial Tumblr
1. Pertama, keunggulan Tumblr adalah terletak pada kesederhanaannya. Ya, pihak anggota diperbolehkan untuk memposting melalui panel control yang tersedia tombol untuk melakukan postingan baik itu teks, video, foto, audio, link, quote maupun chat. Jadi sangat ringkas dan tidak terletak terpisah-pisah pada Dashboard.
2. Seperti halnya Twitter yang memiliki fitur Follow dan Re-Tweet, ternyata pengguna Tumbr juga bisa melakukan apa yang disebut follow serta re-blog. Dalam fitur re-blog sendiri sesama anggota Tumblr bisa juga mendiskusikan postingan dari blog orang lain. Fitur reblog inilah yang menjadi andalan utama Tumblr dan dianggap sangat digemari para pengguna. Bahkan terkadang mayoritas postingan yang terdapat dalam sebuah blog Tumblr merupakan hasil dari reblog.
3. Buka jejaring sosial bila tidak bisa untuk mengupdate status. Dalam Tumblr pengguna tentunya dapat melakukan updates status yang akan dibaca dengan akun yang terintegrasi dengan milik kita.
4. Fitur share Tumblr sering kita jumpai pada postingan sebuah website. Disinilah ketika pengguna melihat sesuatu yang dianggapnya menarik, maka pengguna bisa mengklik untuk membagikan secara cepat dengan opsi “Share on Tumblr”. Nantinya akan muncul hasil rentetan bervariasi mengenai media link maupun text yang menunjukkan gambar serta video yang terposting pada media Tumblr milik kita.
5. Adanya fitur direktori berdasarkan tag serta wilayah geografis para member membuat Anda bisa menjelajahi account Tumblr milik orang lain yang berbeda daerah maupun juga berbeda negara. Mirip dengan fitur pencarian lokasi pada media sosial lainnya.
6. Tersedia fitur recommended blog, dimana pada halaman dashboard akun Tumblr Anda sewaktu-waktu bakal mememunculkan rekomendasi blog dari orang yang Anda follow.
Pada intinya Tumblr menjadi jejaring sosial dan mikroblog yang memungkinkan pengguna lebih mudah memposting sebuah blog, artikel maupun file multimedia. Jika malas memposting sendiri, pengguna dapat melakukan reblog seperti yang sudah dijelaskan diatas.  Sayangnya dengan berbagai kelebihan dan fitur diatas, Tumblr masih memiliki beberapa masalah, diantaranya adalah:
1. Foto maupun postingan yang telah terposting ternyata tidak bisa diberi komentar langsung oleh pengguna serta para pengguna tumblr lainnya. Inilah yang merepotkan sehingga pengguna harus membuka diskusi untuk sebuah postingan.
2. Tumblr tidak memiliki fitur pengorganisasian link untuk link yang sudah diposting pengguna, padahal pada wordpress atau blogspot fitur tersebut sudah tersedia.
3. Tumblr memiliki opsi template bawaan yang sangat sedikit, itulah yang membuat blog Tumblr memiliki tampilan sama kebanyakan.
4. Tumblr tidak dapat memungkinkan Anda untuk membuat sub-category untuk postingan.
5. Konten bebas Tumblr ternyata justru banyak dimanfaatkan para pecinta p0rn0grafi. Memang dari dahulu Tumblr menjadi satu-satunya media sosial besar yang tetap bersikukuh menolak pembatasan konten p0rn0. Bahkan ketika Yahoo! mengakuisisi Tumblr, Yahoo!  tetap enggan untuk melakukan pemblokiran terhadap setiap konten p0rn0.
http://tulisbaca.com/

A. Fitur-fitur Tumblr
Tumblr mempunyai sejumlah fitur-fitur utama, mayoritas ditujukan untuk aktivitas blogging, sementara sisanya bertujuan mempermudah pengguna untuk berinteraksi dan berteman.
Blog
Fitur utama yang menjadi primadona dan memang jadi kekuatan Tumblr adalah blog. Jadi, sebagaimana WordPress dan Blogger, setelah mempunyai akun di Tumblr pengguna nantinya mempunyai keleluasaan untuk membuat blog dengan nama yang diinginkan. Ada dua jenis blog yang ada di Tumblr, pertama blog primary atau utama yang dibuat ketika pertama kali mendaftarkan diri. Kedua, blog secondary atau blog tambahan yang dibuat ketika sudah menjadi anggota dan berfungsi sebagai koleksi blog.
Tumblr juga punya fitur yang namanya Group Blog, merupakan jenis blog yang terdiri dari banyak pengguna. Tetapi fitur ini hanya bisa digunakan di grup secondary.
Dashboard
Dashboard merupakan panel admin yang gunanya untuk mempermudah pengguna mengelola konten, desain, logo dan deskripsi blog. Dari panel ini pengguna juga dapat mengakses menu-menu lainnya yang tidak ditemukan oleh pengunjung biasa.
Post
Seperti yang sudah disinggung di atas, di Tumblr pengguna dapat mempublikasikan berbagai konten. Yang pertama konten berjenis teks atau tulisan, di dalamnya sobat juga bisa menyisipkan gambar. Langkah pembuatan konten jenis teks kurang lebih sama dengan layanan blog lainnya, akan ada jendela editor yang dilengkapi sejumlah tool.

apa itu Tumblr_1

Selain postingan berbentuk teks, pengguna juga bisa menerbitkan konten video, audio, tautan dan kutipan.
Explore
Inilah yang membedakan Tumblr dengan platform blogging lainnya. Di Tumblr ada namanya fitur Explore, fitur yang memudahkan pengguna untuk menemukan konten blog lain yang sedang jadi hits. Masing-masing konten nantinya dipisahkan berdasarkan jenis postingan, dan dari sana pengguna langsung bisa reblog, mengikuti (follow) atau menyukai (like) blog–blog tersebut.
Reblog
Fitur ini memudahkan pengguna untuk menerbitkan ulang sebuah postingan blog lain yang disukai ke blog yang ia kelola.
Follow dan Like
Fitur inilah yang memberikan warna berbeda pada Tumblr, di mana dengannya pengguna dapat saling terhubung. Follower akan memperoleh pembaruan konten dari pengguna yang diikuti.
Pesan dan Chat
Tumblr juga mempunyai fitur pesan dan obrolan yang membuatnya menjadi platformblogging yang paling lengkap. Sobat DS tidak akan menjumpai fitur seperti ini di sebagian besar layanan serupa, bahkan di layanan sekelas WordPress dan Blogger.
Activity
Terakhir, Tumblr juga menyiapkan panel di mana pengguna dapat memantau segala aktivitas yang terjadi di blognya. Mulai dari reblog yang dilakukan pengguna lain, like, dan juga apabila ada pengikut baru. Semua informasi tersebut disajikan di fitur yang namanya Activity.
B. Cara Membuat Blog Tumblr
Membuat blog di Tumblr tidaklah sulit, syarat pertama Anda harus mempunyai akun. Step-stepnya sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya.  
C. Akuisisi oleh Yahoo
Keberhasilan Tumblr merangkul generasi muda ternyata terdeteksi oleh radar Yahoo yang dinahkoadi oleh Marissa Mayer. Sehingga pada tahun 2013, Yahoo mengajukan penawaran untuk meminang Tumblr. Gayung bersambut, tepat di 20 Mei 2013 (selesai di 20 Juni) Tumblr setuju untuk berganti kepemilikian dengan mahar $1,1 miliar, tunai!
https://dailysocial.id

Fitur yang jarang diketahui
1. Pintasan & Tips
a. Lab
Aktifkan Lab Tumblr untuk menikmati fitur-fitur percobaan, seperti yang dimuat di posting blog kami.
b. Posting via ponsel
Ya, kamu dapat memposting audio ke Tumblr lewat panggilan telepon. Baca di sini.
c. Posting via bookmarklet
Untuk memposting temuan online-mu tanpa perlu meninggalkan laman tersebut. Klik bookmarklet untuk membuka formulir posting pada laman baru. Formulir itu akan memuat hal-hal dari laman yang sedang kamu lihat, termasuk sumbernya (agar kamu tak perlu pusing-pusing lagi). Tambahkan apa pun yang kamu mau, lalu segera terbitkan, masukkan ke dalam antrean, atau simpan sebagai draf.
Untuk menginstalnya, klik di sini dan seret tombol "Posting ke Tumblr" ke bilah bookmark-mu.
d. @sebutan
Dapatkan perhatian seseorang dengan meneriakkan namanya. Ketik @nama-penggunanya pada sebuah posting atau balasan. Ketika kamu menerbitkannya, ia akan mendengar panggilanmu dalam notifikasi.
e. Menambahkan gambar sederet dari web
Tempelkan URL gambar ke formulir posting dan simsalabim, gambarnya akan muncul di situ.
f. Mengubah editor teks default
Jika menggunakan Markdown atau HTML untuk semua postingmu, kamu dapat memilih untuk menjadikan salah satunya sebagai editor teks defaultmu dari pengaturan dasbor. Kamu dapat selalu mengubahnya ketika membuat posting. Hemat satu klik.
g. Pintasan keyboard
Singkirkan mouse yang menyebalkan itu. Tekan shift + ? saat di dasbor untuk melihat semua pintasan keyboard kami, dan ketik "j" untuk mengaktifkannya.
Ajaibnya, pintasan keyboard juga bekerja di aplikasi seluler kami jika kamu memiliki keyboard bluetooth yang terhubung—tapi kamu harus mengingat segala pintasan itu.
h. Langganan Tumblr
Kamu dapat berlangganan blog yang kamu ikuti untuk mendapatkan notifikasi setiap blog itu memiliki posting baru.
Ketuk ikon orang di pojok kanan atas blog yang kamu ikuti (atau di web, arahkan kursor ke avatar blog dan klik ikon berbentuk orang). Lalu, ketuk atau klik “Dapatkan notifikasi”. Kamu juga dapat berlangganan dengan mengunjungi URL-nya dan mengeklik tombol "Dapatkan Notifikasi" yang ada di pojok kanan atas layar. Jika kamu telah berlangganan blog, kamu akan melihat ikon petir di sisi ikon orang ketika kamu melihat blog itu. 
Untuk menghentikan notifikasi, ketuk atau klik ikon orang lagi dan ketuk “Hentikan notifikasi”. Jika kamu berhenti mengikuti suatu blog, kamu tak akan berlangganan lagi dan notifikasi akan berhenti.
i. Segitiga lipatan
Klik segitiga lipatan untuk mengunjungi langsung tautan permanen posting. Arahkan kursor ke segitiga itu untuk melihat timestamp posting. Arahkan kursor, jauhkan, arahkan, jauhkan, arahkan, jauhkan, arahkan lagi untuk melihat segitiga itu terlipat dan terbuka. Begitulah.
j. Editor posting massal
Hadapi saja: Kamu tidak memberi tagar pada postingmu dengan rajin. Perbaiki kelalaian berbulan-bulan hanya dalam beberapa menit saja dengan Editor Teks Massal, yang merupakan tampilan arsip blogmu. Di situ kamu dapat memilih beberapa atau semua postingmu, lalu memberinya tagar atau menghapusnya.
Pilih blogmu dari menu turun-bawah akun pada tajuk. Editor posting massal berada pada bagian bawah bilah sisi.
2. Trik URL
a. Arsip: cheezbag.tumblr.com/archive
Sekilas tampilan semua isi suatu blog. Ini berguna ketika kamu mencari posting tertentu, atau jika kamu sekadar suka kotak. Kamu dapat menyaring berdasarkan bulan dan tahun, atau dengan jenis posting untuk membantu mempersempit pencarianmu.
b. Bertagar: cheezbag.tumblr.com/tagged/<tagar>
Menampilkan semua posting di suatu blog yang memiliki tagar itu. Ini dapat bekerja di segala blog. Yah, segala blog yang menggunakan tagar.
c. Kronologis: cheezbag.tumblr.com/tagged/<tag>/chrono
d. Variasi tema: menyusun tema bertagar tertentu dengan urutan kronologis.
e. Tanggal: cheezbag.tumblr.com/day/YYYY/MM/DD
Melihat hanya posting yang dibuat pada tanggal tertentu. Mungkin kamu memposting banyak hal pada Malam Tahun Baru, tapi kamu punya sistem penagaran khusus yang tak dapat dikacaukan.
f. Random: cheezbag.tumblr.com/random
Memuat posting random dari blog itu. Lakukan lagi. Ada lagi. Lakukan lagi. Yak kamu sudah mengerti.
Melihat daftar kesukaan dan orang yang diikuti pengguna lain, serta menyebarkan daftar kesukaan saya dan orang yang saya ikuti
Ini menyenangkan jika kamu banyak menyukai atau me-reblog posting orang lain. Kamu dapat melihat kesukaan mereka di tumblr.com/liked/by/namapengguna, dan melihat siapa yang mereka ikuti di tumblr.com/followed/by/nama pengguna. Untuk menyebarkan hal yang kamu sukai dan Tumblr yang kamu ikuti ke orang lain, ubah pengaturan blogmu pada web, atau ketuk ikon palet ketika melihat blogmu dengan aplikasi untuk menyesuaikan pengaturannya.
g. Otentikasi Dua Faktor
Lindungi blogmu dari segala hal buruk. Kami akan mengirimkanmu kode sandi sekunder via SMS setiap kali kamu masuk agar jika kata sandimu dicuri oleh peretas, ia masih tak akan bisa masuk ke akunmu. Kecuali ia juga mencuri ponselmu. Pesan moral: jangan bergaul dengan peretas.
Kami juga mendukung aplikasi otentikasi, jika kamu lebih menyukainya.
https://tumblr.zendesk.com

Cara Menggunakan Tumblr fitur Editor 
fitur tumbkr
1. Text. Postingan berisi teks biasa, namun kamu juga bisa menambahkan hyperlink, gambar, gif, video, kode html serta widget berbasis html ke dalam postingan ini.
2. Photo. Kamu dapat membuat postingan foto dengan menambahkan keterangan atau caption teks pada postingan ini. Foto bisa kamu unggah atau upload lewat pc atau gadget milikmu atau bisa juga menggunakan url foto dari web lain.
3. Quote. Hampir mirip dengan postingan text, namun quote atau kutipan yang ditulis akan berada di bagian atas dan di bawahnya kamu bisa menuliskan sumber kutipan tersebut. Saat menuliskan sumber kutipan tersebut, kamu bukan hanya bisa mengetikkan teks saja namun juga bisa menyisipkan gambar, video atau gif.
4. Link. Untuk mengunggah link dari sebuah web yang nantinya akan ditampilkan judul serta keterangan dari link yang diunggah. Di bawahnya kamu bisa menambahkan keterangan serta taggar mengenai informasi link yang diunggah.
5. Chat. Kamu bisa membagikan cuplikan percakapanmu dengan postingan ini.
6. Audio. Kamu bisa mengunggah file audio berformat mp3 (track music, podcast, dll) atau melalui url. Lagu yang diposting bisa dimainkan / diputar menggunakan flash music player. Setiap harinya kamu hanya bisa mengunggah satu postingan audio saja.
7. Video. Kamu bisa memposting video yang diunggah dari pc milikmu atau juga dari situs youtube atau vimeo.
Sekarang kita akan membahas fitur yang ada dalam kiriman posting. Ada beberapa tombol dengan kegunaan tertentu yang menyertai postinganmu, berikut ini adalah keterangannya.
1. Yang pertama adalah tombol pesan. Kamu bisa langsung mengirim postingan kepada seseorang secara langsung.
2. Reblog. Tombol ini seperti tombol share / bagikan di facebook. Berfungsi untuk memposting ulang kiriman orang lain.
3. Like. Tentu kamu tau arti tombol ini. Yup, untuk menandai bahwa kamu menyukai postingan tersebut, kamu bisa memberikan like dengan menekan tombol berbentuk hati ini.
http://alltutorial.net/cara-menggunakan-tumblr/

fitur Queuing and drafts.
Bila anda ingin mempublish tulisan atau post anda ketika sedang offline taruh lah postingan anda kedalam daftar publish di queue, dan pilih waktu kapan post anda akan terbit. contoh, setiap 1 jam atau pada tanggal dan jam tertentu. Fitur ini sangat berguna ketika anda sedang offline tapi ingin menerbitkan postingan blog anda atau ketika sedang bepergian dan tidak ada koneksi internet untuk mengurus blog tumblr anda.
fitur Like and Reblog
Jika ada seseorang yang menyukai tulisan yang anda buat,  dan mereka ingin membagikannya di blog tumblr mereka, mereka dapat me-reblog nya. Kalau salah satu postingan anda di reblog oleh seseorang maka follower mereka juga akan melihat post anda. Kalau tidak ingin mereblog mereka dapat me-like your post seperti di facebook.
https://www.tutorialpedia.net

Memanfaatkan Fitur Tumblr 
1. Dashboard/ Tempat Pengolahan
Berisi simbol-simbol Aa (text) buat posting catatan, tulisan, cerita, dan dapat dihiasi dengan foto. Foto (simbol kamera) buat posting foto, kegiatan fotografi, gambar hasil rekayasa komputer.
Uniknya Tumblr memperbolehkan memposting foto lebih dari satu, dalam satu kali posting dapat delapan foto nan diupload dan layout foto juga dapat diatur sinkron keinginan kita.
Quote buat memposting quote favorit baik fitnah sendiri maupun quote dari orang-orang terkenal dapat berupa sajak, puisi, atau kalimat inspiratif. Link buat memposting link favorit kita tentang informasi nan menarik atau hal krusial atau link nan merupakan hasil posting kita di blog lain.
Chat buat memposting hasil chating, misalnya chating di YM atau G talk. Audio ialah fasilitas buat mengupload suara atau lagu. Fitur ini juga memungkinkan buat mengetahui berapa banyak orang nan tertarik buat memutar lagu tersebut.
Video ialah fasilitas buat mengunggah video, tidak hanya dari youtube kita juga mengupload video dari bentuk flash site atau nan telah kita simpan di dalam memori PC.
2. Explore Tumblr dan Find Blogs/ Penjelajah 
Belum ada citra ingin memfollow akun Tumblr milik siapa? Explore Tumblr dan Find Blogs ialah fitur Tumblr buat kita jelajah. Fotografi, Politik, Cooking, Fashion, Assesories, Pendidikan ialah contoh-contoh jenis Tumblr blog nan dikategorikan berdasarkan minat.
3. Blog settings/ Perbaikan 
Adakala kita ingin mengatur bahasa, zona waktu, autotweet, submition time (waktu posting secara otomatis), Q & A, maka Blog setting ialah fitur nan mempermudah keinginan kita tersebut.
4. Customize theme/ Tema 
Ingin mengubah tata letak (layout) dan background Tumblr blog? Manfaatkan customize theme buat menentukan bagaimana tampilan Tumblr blog nan kita inginkan.
Layaknya rumah, blog ialah rumah maya kita dan kita dapat mempercantik, mendandaninya sedemikian rupa agar menarik dan sedap dipandang mata. Template gratisan bisa kita peroleh dari kolom Theme di kiri atas.
Namun, jika berkeinginan membuat theme sendiri Tumblr telah menyiapkan fitur menu Edit HTML. Tampilan atau Appearance Tumblr blog biasanya akan mengikuti pola theme nan kita terapkan, baik itu tentang judul blog (yang akan tampil di dashboard paling atas), jumlah post per halaman, pelukisan blog, dan lain-lainnya.
5. Reblog Post/ Posting Ulang Blog 
Fitur ini memungkinkan kita buat memforward, memposting ulang sebuah posting nan kita anggap menarik, sehingga follower tumblr kita turut menikmatinya. Adanya Fitur edit pada Post nan telah di reblog memungkinkan bagi kita buat menambahkan opini kita terhadap postingan tersebut.
6. Like/ Suka 
Fitur ini buat menandai posting nan kita anggap menarik, sehingga dapat dilihat kembali sewaktu-waktu pada kolom “Like Post”.
https://www.binasyifa.com

Tumblr Luncurkan Fitur Baru untuk Sembunyikan Konten Sensitif
Terdapat banyak konten porno di platform mikroblog dan situs jejaring sosial, Tumblr. Menurut Similar Web, lebih dari seperlima konten dari situs tersebut ditujukan untuk orang dewasa. Hal ini tentu menjadi masalah bagi para pengguna di bawah umur. Lantas, apa upaya Tumblr untuk menghindari masalah sensitif ini?
Baru-baru ini, Tumblr meluncurkan fitur Safe Mode yang bertujuan untuk menyembunyikan konten sensitif. Melansir dari laman TechCrunch, Dashboard pengguna berisi konten dari blog-blog yang Anda ikuti. Ia merupakan salah satu cara utama pengguna saling berinteraksi.
Ketika Safe Mode aktif, konten yang dianggap sensitif tidak akan langsung ditampilkan. Sebagai gantinya, akan muncul pesan yang menyebutkan bahwa konten tersebut bersifat sensitif. Fitur ini tidak secara otomatis aktif. Anda bisa memilih untuk mengaktikannya atau tidak.
Seperti yang disebutkan Engadget, jika Anda berusia 18 tahun ke atas, maka Anda bisa meng-klik konten yang disembunyikan untuk melihatnya. Namun, dengan mode ini, konten yang dianggap sensitif tidak akan langsung terlihat.
Konten yang masuk dalam kategori sensitif oleh Tumblr tidak melulu konten porno, tapi juga gambar orang telanjang, bahkan jika gambar tersebut merupakan seni atau berfungsi untuk edukasi.
Selain menyediakan Safe Mode, Tumblr kini juga menyembunyikan blog eksplisit yang menampilkan konten grafik seksual pada hasil pencarian orang-orang yang tidak masuk ke akun atau di bawah umur 18 tahun. Anda masih bisa mengakses konten melalui tautan langsung, tapi Anda tidak akan secara tidak sengaja melihat konten dewasa.
Meskipun begitu, pengguna Tumblr bisa saja memutuskan untuk tidak menggunakan fitur baru ini. Pengguna di atas 18 tahun bisa memutuskan untuk menonaktifkannya.
Tumblr diminta ungkap penyebar konten porno
Masih perihal konten porno, Tumblr diperintahkan untuk mengungkapkan nama individu yang bertindak melakukan berbagi video porno di situs tersebut. Perintah tersebut dilaksanakan setelah 500 pengguna internet berbagi satu klip video korban yang saat itu masih di bawah umur.
David Cohen, Hakim Mahkamah Agung Manhattan, sudah memberikan lima hari ke Tumblr untuk menyerahkan rincian tersebut untuk memungkinkan korban menuntut individu tersebut. Melansir dari laman New York Post, Cohen mengatakan bahwa pihaknya sudah menginstruksikan Tumblr untuk melakukan informasi pendaftaran akun pihak yang berbagi gambar serta video terbabit.
Dalam klip itu, korban yang berasal dari Bronx, sudah melakukan seks ketika berusia 17 tahun dan perbuatan itu direkam tanpa pengetahuannya. Korban juga tidak menyadari rekaman video tersebut tersebar di situs media sosial berkenaan, sehingga ia menerima satu pesan di Facebook.
Video tersebut diduga sudah dipublikasikan pada Desember lalu, termasuk link profil korban di Facebook. Namun, klip video itu sudah ‘dibuang’, setelah satu artikel diterbitkan oleh New York Post dan korban membawa hal itu ke pengadilan pada Maret lalu. Kendati demikian, tidak ada wakil Tumblr yang hadir selama persidangan.
Kominfo blokir Tumblr pada 2016
Pada 2016 lalu, Kominfo memutuskan untuk memblokir jejaring sosial, Tumblr. Ini dilakukan karena situs tersebut menanyangkan sejumlah konten pornografi dan bisa diakses oleh publik.
“Kalau isi kontennya tidak dibersihkan (dari pornografi), ia tidak mau, ya diblok,” kata Azhar Hasyim, Direktur e-Business, Kementerian Kominfo, sebagaimana dikutip dari laman Viva News.
Azhar tidak menampik, nasib Tumblr akan sama dengan jejaring berbagi video, Vimeo yang sudah diblokir dan hingga kini tidak bisa dibuka lagi aksesnya oleh Kemenkominfo sejak 2014 lalu.
Azhar menyampaikan, terkait konten pornografi, Kominfo sudah memblokir 477 situs, di mana salah media sosial Tumblr turut ditutup aksesnya. Pemblokiran tersebut sesuai dengan keputusan dari tim panel Forum Penanggulangan Situs Internet Bermuatan Negatif.
https://www.labana.id

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer