Anglingdarma berbagai sumber

SERAT ANGLING DARMA

Pupuh Asmaradana
1.
Asmareng tyas nawung kingkin
nurat serat anglingdarma
kagungan dalem sang katong
kang jumeneng ping sadasa
ing nagri surakarta
kapareng karsa kaklumpuk
serat baabd miwah wulang
2.
Sadaya rinuwat mungging
jro kamar sana pustaka
duk miwarni panitrane
ri soma kaping sadasa
ing wulan dulkangidah
jumakir sangkaleng taun
luhur tata ngesthi nata.
3.
Sanadyan crita puniki
carita ing jaman buda
pulo jawa pituture
nadyan budha kang utama
linuri kang carita
duk jenengira sang prabu
anglingdarma ing malawa
4.
Tan ana kang nyenyiringi
jenegira sang pamasa
tribuwana kekes kabeh
ratu winong ing jawata
kinatujon sakarsa
tuhu kalamun pinunjul
sinebut sri bathara
16.
Sang retna angandikaris
sarwi kumembeng kang waspa
biyang inya karsaninong
saupama nora prapta
sang nata sore mangkya
patren ngong pasthi cumandhuk
biyang ing jaja manira
https://kyaimbeling.wordpress.com/serat-angling-darma/ 

Serat Anglingdarma


Sampul buku Drewes
Serat Anglingdarma iku salah sijining sastra kang nyritakaké Prabu Anglingdarma. Crita kawiwitan nalika Anglingdarma sing dadi raja ing Malawati iki nggarwa Dewi Setyawati, putri Bagawan Maniksutra saka Gunung Rasamala. Crita kapungkasi nalika Anglingdarma ambegawan.
G.W.J. Drewes naté nlusuri naskah-naskah Serat Anglingdarma lan nemokaké kurang luwih 26 teks Serat Anglingdarma. Ing Museum Sonobudoyo, Jogjakarta, ana uga Serat Anglingdarma kababar kanthi gambar kaya déné wayang beber. Saka naskah puluhan mau, Drewes nganggep ana 9 gagrag (vèrsi) Serat Anglingdarma.
Ing taun 1981, pamaréntah naté mbabar Serat Anglingdarma sing wis dialih basa kanthi adhedhasar kolèksi ing Kraton Surakarta. Naskah iki padha karo sing kasinaoni déningCarl Frederik Winter, Sr. Gagrag Winter iki kaduga ditulis beberangan karo Yasadipura II. 
INTISARI: Cerita Anglingdarma merupakan salah satu cerita legenda yang terkenal di kalangan masyarakat Jawa, terutama bagi masyarakat di Desa Wotan Ngare, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Masyarakat Kalitidu meyakini keberadaan legenda Anglingdarma yang terdapat di kawasan tersebut. Legenda di masyarakat Kalitidu direproduksi oleh pemerintah melalui sebuah penelitian dan diterbitkan dalam bentuk buku dengan judul Penelusuran Jejak Petilasan Anglingdarma di Bojonegoro. Pada penelitian ini, hasil penelitian tersebut dibandingkan dengan sebuah karya sastra karangan seorang pujangga berjudul Sĕrat Anglingdarma Koleksi Sasana Pustaka Keraton Surakarta yang telah ditransliterasi Penelitian ini membandingkan nama tokoh, alur, dan latar pada kedua versi. Perbandingan antara kedua versi cerita Anglingdarma dilakukan dengan tujuan agar tokoh, alur, dan latar yang sama maupun berbeda bisa dimengerti oleh para pembaca. Cerita Anglingdarma tersebut juga akan dibandingkan secara kilas dengan karya sastra lain seperti Sĕrat Purusangkara, Sĕrat Pustakaraja, dll. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kajian mengenai cerita Anglingdarma dengan karya sastra selain kedua versi yang dijadikan acuan penelitian. Dapat dikatakan bahwa antara karya sastra satu dengan yang lainnya juga memiliki perbedaan selain memiliki persamaan. Seperti pada versi masyarakat Kalitidu yang menceritakan keseluruhan riwayat Anglingdarma yang tidak terdapat pada versi Sĕrat Anglingdarma. Meskipun demikian kedua versi tersebut hampir memiliki alur cerita yang sama. Hal tersebut sama halnya jika dibandingkan dengan karya sastra lain yang ternyata juga memiliki persamaan dan perbedaan.
http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=63968 
NILAI BUDAYA ING SERAT ANGLINGDARMA ANGGITANE DURAHKEMAT (TINTINGAN FILOLOGI)
Kasusastran Jawa minangka asil karya para pangripta sing medharake sakabehe kadadeyan ing masyarakat. Salah sawijine asil karya kasebut yaiku Serat Anglingdarma. Serat iki mujudake salah sawijine sastra Jawa lawas sing nduweni wujud naskah. Adhedhasar pangrembakane sastra Jawa, Serat iki kalebu asil karya saka sastra Jawa klasik. Serat iki minangka wakil karya sastra sing nggambarake nilai-nilai budaya Jawa. Mula saka iku, panliti milih serat iki kanggo panliten kanthi irah-irahan Nilai Budaya ing Serat Anglingdarma anggitane Durahkemat.
Adhedhasar andharan ing ndhuwur, underan panliten iki yaiku: (1) Kepriye deskripsine Serat Anglingdarma?, (2)Kepriye suntingan teks sajrone Serat Anglingdarma?, (3) Apa wae nilai-nilai kebudayaan sajrone Serat Anglingdarma sing bisa dadi tutunan ing urip bebrayan?. Dene tujuan panliten iki yaiku: (1) Ngandharake deskripsine Serat Anglingdarma, (2) Ngandharake suntingan teks sajrone Serat Anglingdarma, (3) Ngandharake nilai-nilai kebudayaan sajrone Serat Anglingdarma sing bisa dadi tutunan ing urip bebrayan?. Paedah saka panliten iki yaiku: (1) Kanggo panliti, muga bisa ngecakake kawruh sing wis disinaoni mligine ngenani filologi, (2) Kanggo para pamaos, panliten iki muga bisa didadekake dalan kanggo mangerteni kasusastran Jawa, (3) Kanggo para mahasiswa, muga panliten iki bisa dadi acuan pasinaonan ngenani kasusastran Jawa, (4) Kanggo pelajar sastra, panliten iki muga bisa didadekake sumber informasi kasusastran Jawa.
Panliten iki nggunakake teori filologi minangka salah Anggone nganalisi uga mbutuhake tapsiran yaiku teori hermeneutika. Kasusastran perlu ditapsirake jalaran nggunakake basa, amarga sajrone basa mau akeh banget makna sing sumimpen utawa sengaja disimpen. Panliti nggunakake metode deskriptif kualitatif. Nalikane nyunting teks nggunakake metode naskah tunggal kanthi nggunakake edisi diplomatik Konsep nilai-nilai budaya Jawa nggunakake pawase Djamaris. Sumber dhata sing digunakake ing panliten iki yaiku naskah lawas sing nduwe irah-irahan Serat Anglingdarma. Dhata ing panliten iki yaiku sakabehe tembung-tembung sing nduweni sesambungan karo nilai budaya Jawa.
Asil saka panliten iki ngandharake ngenani deskripsi naskah, suntingan teks, lan nilai-nilai budaya sing ana ing Serat Anglingdarma. Panyeratan serat iki bis dimangerteni kanthi gamblang, yaiku ing dinan Slasa pahing, tanggal 24, wayah nyerat jam 3 wengi. Dina iku lan wektu iku panulis sing nduwe asma Durahkemat miwiti nulis serat Anglingdarma Naskah iki ditulis nggunakake aksara Jawa, lan awujud tembang sing kawangun saka 21 pupuh, 604 pada lan 4866 gatra. Kahanan tulisan naskah ing Serat Anglingdarma isih cetha lan bisa kawaca kanthi gamblang tanpa ana tulisan sing mblobor. Seratan sing kurang bisa diwaca yaiku ing kaca 188. Nanging, basa lan tulisane isih bisa diwaca kanthi cetha. Kanggo ganti pupuh ana loro nganti papat tanda pangajapa, yen ganti pada ana sak tanda pangajapa.
Suntingan teks ditindakake kanthi mbenerake kaluputan nalika nyerat utawa njarwa teks. Suntingan teks ing panliten iki mung nggunakake 2 pada saka 21 pada lan jumlah tembung sing disunting ana 87 tembung. Tembung-tembung sing dianggep luput, banjur dibenerake ing aparat kritik. Sawise dibenerake, banjur diwenehi komentar. Sawise nindakake suntingan teks, panliti ngandharake lan nganalisis nilai-nilai budaya sing ana ing Serat Anglingdarma iki. Nilai-nilai budaya kaperang dadi lima yaiku: (1) nilai budaya sing nduweni sesambungan antara manungsa karo Gusti, (2) nilai budaya sing nduweni sesambungan antara maungsa karo alam, (3) nilai budaya sing nduweni sesambungan antara manungsa karo liyan, (4) nilai budaya sing nduweni sesambungan antara manungsa karo masyarakat, (5) nilai budaya sing nduweni sesambungan antara karo kaca benggala panguripane manungsa dhewe.
Tembung Wigati: Serat Anglingdarma, Nilai Budaya Jawa.
http://ejournal.unesa.ac.id/jurnal/baradha/abstrak/11612/nilai-budaya-ing-serat-anglingdarma-anggitane-durahkemat-tintingan-filologi 

Kisah Prabu Angling Dharma 

Kelahiran Prabu Angling Dharma
Sebelum Angling Dharma lahir, terdapat sebuah kerajaan yang dikenal dengan Kerajaan Hastina. Kerajaan Hastina saat itu dipimpin oleh Raja yang dikenal dengan Raja Parikesit. Semenjak Parikesit mempunyai beberapa orang putra, kehidupan disekitar kerajaan mulai memburuk karena terjadi persaingan perebutan tahta kerajaan. Raja Parikesit mewariskan tahtanya kepada putranya Yudayana. Ketika masa kepemimpinan Yudayana dimulai, kerajaan hampir mengalami kehancuran sehingga Raja Yudayana  sampai berani mengubah nama kerajaannya menjadi Kerajaan Yawasita. Perubahan nama kerajaan dilakukan bermaksud agar masa depan kerajaan yang dipimpin raja Yudayana semakin membaik. Namun kenyataannya masa depan kerajaan Yawasita tetap tidak jaya. Sehingga tahta Raja Yudayana dia berikan kepada saudaranya Gendrayana yang dulu pernah bersaing dengan Yudayana. 
Pada masa pemerintahan Raja baru Gendrayana, lingkungan kerajaan semakin membaik dan mulai ada perubahan yang lebih sejahtera. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya rakyat yang mengalami kelaparan dan kemiskinan. Namun, masa kepemimpinan Gendrayana tidak terlalu lama karena dia menghukum adiknya sendiri yang bernama Sudarsana dengan dasar kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Mendengar berita itu, Batara Narada atau seorang pendeta dari kahyangan yang bijaksana datang ke kerajaan Yawastita untuk mengadili Gendrayana. Sebagai hukumannya, gendrayana dibuang ke hutan oleh Batara Narada. Sedangkan adiknya Sudarsana dijadikan sebagai pengganti Gendrayana. Gendrayana mengajak beberapa pengikut setianya untuk hidup bersamanya dan membuat kerajaan baru suatu hari nanti. 
Di dalam hutan, Gendrayana berjuang keras bersama pengikut-pengikutnya membuat sebuah kerajaan yang akan berdiri kokoh. Setelah beberapa tahun, akhirnya sebuah kerajaan berhasil berdiri atas perjuangan keras yang dilakukan Gendrayana. Kerajaan tersebut diberi nama Kerajaan Mamenang oleh Gendrayana. Dan raja pertama yang menduduki pada masa itu adalah Gendrayana sendiri. Bahkan sampai Ratusan tahun kerajaan Mamenang berhasil memakmurkan rakyatnya dan selalu unggul dalam persaingan dengan kerajaan Yawasita. Setelah mengalami masa kejayaan, Gendrayana dikaruniai seorang putra yang diberi nama Jayabaya. Gendrayana mewariskan tahtanya kepada Jayabaya. Sedangkan Raja Sudarsana juga menyerahkan tahtanya kepada putranya yaitu Sariwahana. Kamudian Sariwahana mewariskan tahtanya kepada putranya Astradama karena Sariwahana tidak terlalu suka menjadi seorang raja. Pada masa pergantian tahta, kedua kerajaan ini sering terlibat dalam perang saudara. Perang saudara ini sampai bertahan hingga puluhan tahun dan tetap saja tidak selesai-selesai. 
Akhirnya kedua kerajaan ini damai atas bantuan dari Hanoman yang telah bertapa lebih dari ratusan tahun. Hanoman melakukan tindakan yang berhasil mewujudkan perdamaian antara kerajaan Yawastina dengan kerajaan Mamenang dengan cara perkawinan salah satu anggota kerajaan. Yaitu Astradarma dinikahkan dengan Pramesti, Putra Jayabaya. 
Setelah menikah, Pramesti bermimpi bertemu dengan Batara Wisnu. Batara Wisnu berkata bahwa dia akan dilahirkan di dunia melalui rahimnya sendiri. Dengan adanya kejadian mimpi tersebut, tiba-tiba perut Pramesti membuncit dan didalam rahimnya ada jabang bayi. Sontak Astradarma menuduh Pramesti selingkuh dengan orang lain. Sehingga Astradarma mengsusir istrinya untuk pulang kembali ke negerinya. Saat Jayabaya menemui putrinya berjalan menuju ke istananya dengan keadaan hamil dan lemas, Jayabaya sangat murka kepada Raja Astradarma. Kemudian Jayabaya mengutuk kerajaan Yawastina tenggelam oleh banjir bandang yang besar. Tak lama kutukan itu pun terjadi dan menimpa kerajaan Yawastina. Akhirnya Raja Astradarma dengan seluruh rakyatnya terhempas dan menghilang bersama istananya karena banjir yang melanda kerajaannya. Begitulah berakhirnya kerajaan Yawastina. 
Setelah runtuhnya kerajaan Yawastina, Pramesti melahirkan seorang putra yang diberiAngling DharmaAngling Dharma merupakan bayi titisan Dewa Wisnu yang memiliki kekuatan-kekuatan yang luar biasa. Angling Dharma dilahirkan bersamaan dengan kematian kakeknya Jayabaya. Setelah meninggalnya Jayabaya, tahta kerajaan Mamenang kemudian diserahkan kepada Jaya Amijaya (Saudara Pramesti). 

Perjalanan Hidup Prabu Angling Dharma
Pada masa kecil sampai remaja Angling Dharma sering sekali membantu sesama temannya. Dia selalu meberantas kejahatan meskipun usia Angling Dharma masih sangat muda. Banyak sekali perampok-perampok yang berhasil dia kalahkan. Sehingga dia sangat disegani oleh banyak masyarakat yang telah dibantunya. Pada saat masuk usia remaja, Angling Dharma mulai melatih dan mengasah kemampuannya dalam dunia persilatan dan kekuatan dalam. Dengan dibekali keahlian sejak kecil, Angling Dharma sangat mudah mempelajari berbagai macam jurus yang diajarkan oleh gurunya, yaitu Begawan Maniksutra. Dia juga diajarkan gurunya untuk berburu yang baik dan tidak merusak alam. Hanya berburu dalam waktu 30 menit, Angling Dharmaberhasil melumpuhkan seekor singa yang besar.
Angling Dharma sering sekali membunuh hewan setelah dia bisa berburu. Dalam sehari, Angling Dharma selalu membantai 3 ekor singa. Mengetahui hal tersebut, guru memarahi Angling Dharma sampai-sampai Angling Dharma tidak mau berlatih dengan gurunya sendiri. Selama lebih dari 2 tahun, Begawan Maniksutra berhasil menguasai berbagai macam ilmu tenaga dalam dan jurus-jurus yang sangat hebat. Suatu hari Begawan memergoki Angling Dharma sedang berburu dan membawa 2 ekor singa yang diikat tali oleh Angling Dharma. Begawan Maniksutra langsung menghalangi langkah kaki Angling Dharma yang penuh dengan keringat.
"Dharma! berhenti di situ!" teriak Begawan Maniksutra.
"Sedang apa kamu di sini? Menyingkirlah kamu dari jalanku," kata Angling Dharma.
"Dasar anak kurang ajar! lepaskan kedua singa itu. Atau kamu ..."
"Aku apa? Saya tidak takut denganmu walau aku pernah berguru kepadamu," Angling Dharma memotong pembicaraan Begawan.
"Memang semakin besar kamu semakin kurang ajar. Rasakan i..." tiba-tiba dipotongAngling Dharma.
"Rasakan apa? Saya tidak takut walaupun engkau hebat." Angling Dharma tertawa sambil melihat jurus yang dilakukan oleh Begawan Maniksutra.
"Mana ilmumu wahai guru?" Angling Dharma bertanya.
"Lihat sekelilingmu," kata Begawan. Angling Dharma terkejut melihat tali yang diikatkan ke leher singa tiba-tiba menghilang. Sontak Angling Dharma langsung berlari menghindar dari kejaran dua ekor singa yang telah diburunya. Setelah jauh berlari, akhirnya Angling Dharma berhasil lolos dari kejaran singa. Tiba-tiba Begawan Maniksutra berada di depan Angling DharmaAngling Dharma langsung meminta kepada Begawan Maniksutra untuk menerima dirinya kembali sebagai muridnya. Selama Angling Dharma menjadi murid Begawan Maniksutra, dia diajarkan ilmu-ilmu yang dimiliki Begawan Maniksutra agar bisa meneruskan ilmu untuk para pemuda-pemuda yang berjuang mempertahankan negeri.
Akhirnya Angling Dharma berhasil menguasai seluruh ilmu dan jurus-jurus yang diajarkan oleh Begawan Maniksutra. Kemudian dengan tekat dan keberanian Angling Dharma, dia ingin membangun sebuah negeri baru karena mengetahui sejarah negeri kakeknya yang dulu sering berselisih dengan kerajaan lain. Angling Dharma ingin menciptrakan sebuah negeri yang damai dan makmur bagi rakyatnya.
Setelah Angling Dharma memasuki masa dewasa, Angling Dharma berniat membawa ibunya pindah ke negeri yang telah dibangunnya sendiri. Negeri tersebut diberi nama Malawapati. Di sana, Angling Dharma memimpin negerinya sendiri dan mengatur negerinya sendiri dengan memberi gelar Prabu Angling Dharma atau Prabu Ajidharma oleh dirinya sendiri. Setelah kerajaan Yawastina mengetahui kemakmuran yang terjadi pada kerajaan Malawapati, Jaya Amijaya sebagai raja Yawastina memberikan seperempat kekuasaannya kepada Angling Dharma untuk bermaksud memakmurkan rakyat barunya.
Walaupun dia sebagai raja, dia tetap tidak mau meninggalkan kebiasaannya untuk berburu. Angling Dharma senang sekali berburu pada malam hari karena pada malam hari hewan-hewan sangat mudah untuk diburu. Pada saat dia berburu, ia menemukan seorang gadis yang bersembunyi dari kejaran harimau. Lalu kemudian dia membawa gadis itu menuju ke tempat  yang aman dari jangkauan harimau. Selama perjalanan mereka saling berkenalan dan saling bercerita kesukaan mereka. Gadis itu ternyata bernama Setyawati yang ayahnya merupakan seorang pertapa sakti bernama Resi Maniksutra. Angling Dharma kemudian mengantarkannya pulang ke rumah. karenaAngling Dharma merasa jatuh cinta kepada Setyawati dalam pandangan pertaa,Angling Dharma berniat untuk menjadikan Setyawati sebagai pendamping hidupnya.
Dan akhirnya Angling Dharma juga melamar Setyawati sebagai istrinya. Namun ada sedikit kendala saat akan mendapatkan Setyawati. Kakak Setyawati yang bernama Batikmadrim telah bersumpah bahwa barangsiapa yang ingin menikahi adiknya harus dapat mengalahkannya. Mengetahui sumpah tersebut, Angling Dharma memberanikan diri untuk melawan Batikmadrim demi mendapatkan Setyawati. Maka terjadilah pertandingan antara kakak Setyawati dengan Angling Dharma yang dimenangkan olehAngling Dharma. Setelah itu, Setyawati menjadi permaisuri Angling Dharma dan sedangkan Batikmadrim diangkat sebagai patih di Kerajaan Malawapati.
Di lain hari, Angling Dharma memergoki istri Nagaraja yang bernama Nagagini sedang berselingkuh dengan seekor ular tampar (Nagaraja merupakan seorang guru yang tinggal di kerajaan Yawastina). Hal itu diketahui Angling Dharma saat Angling Dharmasedang berburu pada malam hari. Angling Dharma pun membunuh ular jantan tersebut demi kebaikan. Sedangkan Nagagini pulang dalam keadaan terluka. Nagagini kemudian menyusun sebuah laporan palsu kepada suaminya supaya membalas dendam kepadaAngling Dharma yang telah membunuh temannya. Nagaraja pun menyusup ke dalam istana Malawapati. Namun saat menyusup ke dalam istana, Nagaraja menyaksikanAngling Dharma sedang membicarakan perselingkuhan Nagagini kepada Setyawati. Nagaraja pun sadar bahwa istrinya yang salah. Nagaraja pun muncul dan meminta maaf kepada Angling Dharma karena dia hampir saja membunuh Angling Dharma.
Pada saat itu juga Nagaraja mengakui bahwa dirinya akan meninggal karena dia telah memasuki masa moksa (Moksa adalah masa dimana arwah seseorang akan pergi dari raganya dan bereinkarnasi menuju ke manusia yang akan dilahirkan). Kemudian Nagaraja mewariskan ilmu kesaktiannya berupa Aji Gineng kepada Angling Dharma. Ilmu tersebut harus dijaga dengan baik dan penuh rahasia. Setelah mewariskan ilmu tersebut, Nagaraja pun meninggal. Jenazah Nagaraja kemudian dibawa ke rumah istrinya oleh Angling Dharma dan Angling Dharma menjelaskan kepada Nagagini apa yang sebenarnya terjadi sebelum suaminya meninggal.
Semenjak Angling Dharma mewarisi ilmu baru dari Nagaraja, dia dapat mengerti bahasa binatang. Pernah ia tertawa menyaksikan percakapan sepasang cicak. Hal itu membuat Setyawati tersinggung karena dirinya tidak pernah diperhatikan oleh suaminya semenjak dia memlihara banyak hewan dari hasil perburuannya. Angling Dharma menolak berterus terang karena terlanjur berjanji akan merahasiakan Aji Gineng. Hal itu membuat Setyawati bertambah marah. Setyawati pun memilih bunuh diri dalam api karena merasa dirinya tidak dihargai lagi oleh Angling DharmaAngling Dharma berjanji lebih baik menemani Setyawati mati, daripada harus membocorkan rahasia ilmunya. Ketika upacara pembakaran diri digelar, Angling Dharma sempat mendengar percakapan sepasang kambing. Dari percakapan itu Angling Dharma sadar kalau keputusannya menemani Setyawati mati adalah keputusan yang tidak tepat dan bisa merugikan rakyat banyak.
Setelah kematian istrinya yang tragis, Angling Dharma menjalani hukuman buang untuk beberapa waktu sebagai penebus dosa. Hukuman itu meruupakan permintaan dari rakyatnya sendiri. Karena Angling Dharma telah mengingkari janji setia sehidup semati dengan istrinya sendiri. Walaupun Angling Dharma dihukum, dia tetap tidak lengser dari kursi rajanya. Kemudian Angling Dharma menitipkan istananya kepada Batikmadrim selama dia menjalani hukuman.
Dalam perjalanan, Angling Dharma bertemu tiga orang putri yang bernama Widata, Widati, dan Widaningsih. Ketiganya jatuh cinta kepada Angling Dharma dan menahannya untuk tidak pergi meninggalkan mereka.  Selama mereka saling mengenal, Angling Dharma meminta tolong kepada tiga putri tersebut untuk memberikan sebuah tempat tinggal untuknya. Akhirnya ketiga orang putri tersebut memberikan tempat tinggal untuk Angling Dharma. Namun semenjak tinggal bersama dengan tiga orang putri, Angling Dharma merasa ada yang ganjil saat putri-putri sering keluar pada malam hari. Kemudian Angling Dharma menyamar sebagai sosok burung gagak untuk menyelidiki kegiatan rahasia ketiga putri tersebut. Ternyata setiap malam mereka selalu berpesta makan daging manusia. Akhirnya kecurigaan Angling Dharmasudah terbukti. Tiga orang putri tadi merupakan penyihir yang suka memangsa manusia sebagai makanannya.
Saat Angling Dharma ketahuan sedang mengintip kegiatan mereka yang sedang makan daging manusia, Angling Dharma pun berselisih dengan mereka. Namun kekuatanAngling Dharma masih dapat dikalahkan oleh 3 orang penyihir. Akhirnya ketiga putri tadi mengutuk Angling Dharma menjadi seekor belibis putih. Belibis putih tersebut terbang sampai ke wilayah Kerajaan Bojanagara. Di sana, ia dipelihara seorang pemuda desa bernama Jaka Geduk. Jaka Gduk terkejut saat dia mengetahui belibis putih mampu berbucara kepadanya.
Pada saat itu, Darmawangsa yang sebagai raja Bojanagara sedang bingung menghadapi pengadilan yang di mana kasusnya merupakan seorang wanita bernama Bermani mempunyai dua orang suami yang berwujud sama dan bernama sama, yaitu Bermana. Kemudian pemuda desa tadi datang sambil membawa belibis putih untuk membantu raja dalam mengadili Bermani. Atas petunjuk belibis putih, Jaka Geduk berhasil membongkar Bermana palsu kembali ke wujud aslinya, yaitu Jin Wiratsangka. Atas keberhasilannya itu, Jaka Geduk diangkat sebagai hakim negara, sedangkan belibis putih diminta sebagai peliharaan putri raja Bojanagara yang bernama Ambarwati.

Keberhasilan Prabu Angling Dharma
Walaupun Angling Dharma telah berwujud belibis putih, dia sebenarnya bisa berubah ke wujud manusia pada malam hari saja. Namun Angling Dharma merahasiakan kelebihannya itu kepada siapapun kecuali Ambarawati. Setiap malam ia menemui Ambarawati dalam wujud manusia sehingga mereka berdua saling jatuh cinta. Mereka akhirnya menikah tanpa sepengetahuan orang tua Ambarawati. Dari perkawinan itu Ambarawati pun mengandung.
Darmawangsa heran dan bingung mendapati putrinya mengandung tanpa suami. Kebetulan saat dalam setiap kebingungan raja selalu ada jalan keluar dengan adanya orang ketiga. munculah seorang pertapa sakti yang bernama Resi Yogiswara mengaku siap menemukan ayah dari janin yang dikandung Ambarawati. Yogiswara kemudian mencari pelakunya. Resi mencurigai dengan adanya seekor belibis putih yang memiliki sebuah kalung yang sama seperti kalung Angling Dharma. Kemudian Resi Yogiswara menyerang belibis putih peliharaan Ambarawati. Setelah melalui pertarungan yang sengit, belibis putih kembali ke wujud semula yaitu Angling Dharma, sedangkan Yogiswara berubah menjadi Batikmadrim. Kedatangan Batikmadrim yang sebenarnya adalah untuk menjemput Angling Dharma yang sudah habis masa hukumannya.
Raja Darmawangsa justru menerima perlakuan Angling Dharma terhadap putrinya dan merestui hubungan mereka. Sehingga raja Darmawangsa melakukan acara pernikahan besar untuk menyambut Angling DharmaAngling Dharma kemudian membawa Ambarawati pindah ke Malawapati. Dari perkawinan mereka, akhirnya lahir seorang putra yang bernama Anglingkusuma. Angling Kusuma akan menjadi penerus raja di kerajaan Bojanagara dan menggantikan kakeknya tersebut. Namun, selama Angling Kusuma menjadi raja, dia mempunyai musuh bernama Durgandini dan Sudawirat yang ingin menjatuhkan kerajaan Bojanagara.
Setelah kembalinya Angling Dharma ke Malawapati, kerajaan Angling Dharma berjaya dan mampu membantuk putranya dalam memerangi musuh-musuhnya dan akhirnya mereka berhasil menaklukan musuh-musuhnya. Dan saat itulah sudawirat terbuka hatinya untuk mengabdi kepada Kerajaan yang dipimpin oleh Prabu Angling Dharma. Dan sedangkan Durgandini bersedia mengabdi pada kerajaan Bojanagara.
Layanan & Produk
Aji Gineng Angling Dharma
Aji Rengkah Gunung
Aji Mraga Sukma
Aji Panglimun (Halimun)
Aji Pancasona
Aji Rawarontek
Aji Belibis Putih
Pusaka Nagagini Sakti
Cincin Dharma
Pusaka Maja Gajah

Alamat Kantor
Perum Pankis Griya - Rumah No.1
Jl. Pakis Raya, RT.01/06, Jepang Pakis,
Jati, Kudus, Jawa Tengah,
Indonesia - 59342



Staf Admin 1 - Dewi

082223338771 / 085712999771
bagianpemesanan@gmail.com
Yahoo! Messenger

Staf Admin 2 - Fahri
082223338772 / 085712999772
spiritualpower88@gmail.com
Yahoo! Messenger


Jam Kerja
Senin-Sabtu, pukul 08:00-16:00 WIB
Sebelum datang, telepon dulu.

Praktek Supranatural Resmi
Terdaftar di Dinas Kesehatan & Kejaksaan
STPT DINKES: 445/515/04.05/2012
KEJARI: B-18/0.3.18/DSP.5/12/2011



    www.AnglingDharma.com

Anglingdarma

Prabu Anglingdarma adalah nama seorang tokoh legenda dalam tradisi Jawa, yang dianggap sebagai titisan Batara Wisnu. Salah satu keistimewaan tokoh ini adalah kemampuannya untuk mengetahui bahasa segala jenis binatang. Selain itu, ia juga disebut sebagai keturunan Arjuna, seorang tokoh utama dalam kisah Mahabharata.

Garis silsilah

Anglingdarma merupakan keturunan ketujuh dari hidayat, seorang tokoh utama dalam kisah Mahabharata. Hal ini dapat dimaklumi karena menurut tradisi Jawa, kisah Mahabharata dianggap benar-benar terjadi diPulau Jawa.Dikisahkan bahwa, Arjuna berputra Abimanyu. Abimanyu berputra Parikesit. Parikesit berputra Yudayana. Yudayana berputra Gendrayana. Gendrayana berputra Jayabaya. Jayabaya memiliki putri bernama Pramesti, dan dari rahim Pramesti inilah lahir seorang putra bernama Prabu Anglingdarma.

Kelahiran


Semenjak Yudayana putra Parikesit naik takhta, nama kerajaan diganti dari Hastina menjadi Yawastina. Yudayana kemudian mewariskan takhta Yawastina kepada Gendrayana. Pada suatu hari Gendrayana menghukum adiknya yang bernama Sudarsana karena kesalahpahaman. Batara Narada turun dari kahyangan sebagai utusan dewata untuk mengadili Gendrayana. Sebagai hukuman, Gendrayana dibuang ke hutan sedangkan Sudarsana dijadikan raja baru oleh Narada.

Gendrayana membangun kerajaan baru bernama Mamenang. Ia kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Jayabaya. Sementara itu, Sudarsana digantikan putranya yang bernama Sariwahana. Sariwahana kemudian mewariskan takhta Yawastina kepada putranya yang bernama Astradarma.
Antara Yawastina dan Mamenang terlibat perang saudara berlarut-larut. Atas usaha pertapa kera putih bernama Hanoman yang sudah berusia ratusan tahun, kedua negeri pun berdamai, yaitu melalui perkawinan Astradarma dengan Pramesti, putri Jayabaya.
Pada suatu hari Pramesti mimpi bertemu Batara Wisnu yang berkata akan lahir ke dunia melalui rahimnya. Ketika bangun tiba-tiba perutnya telah mengandung. Astradarma marah menuduh Pramesti telah berselingkuh. Ia pun mengusir istrinya itu pulang ke Mamenang.
Jayabaya marah melihat keadaan Pramesti yang terlunta-lunta. Ia pun mengutuk negeri Yawastina tenggelam oleh banjir lumpur. Kutukan tersebut menjadi kenyataan. Astradarma pun tewas bersama lenyapnya istana Yawastina.
Setelah kematian suaminya, Pramesti melahirkan seorang putra yang diberi nama Anglingdarma. Kelahiran bayi titisan Wisnu tersebut bersamaan dengan wafatnya Jayabaya yang mencapai moksa. Takhta Mamenang kemudian diwarisi oleh Jaya Amijaya, saudara Pramesti.

Pernikahan pertama


Setelah dewasa, Anglingdarma membawa ibunya pindah ke sebuah negeri yang dibangunnya, bernama Malawapati. Di sana ia memerintah dengan bergelar Prabu Anglingdarma, atau Prabu Ajidarma.

Anglingdarma sangat gemar berburu. Pada suatu hari ia menolong seorang gadis bernama Setyawati yang dikejar harimau. Setyawati lalu diantarkannya pulang ke rumah ayahnya, seorang pertapa bernama Resi Maniksutra. Tidak hanya itu, Anglingdarma juga melamar Setyawati sebagai istrinya.
Kakak Setyawati yang bernama Batikmadrim telah bersumpah barangsiapa ingin menikahi adiknya harus dapat mengalahkannya. Maka terjadilah pertandingan yang dimenangkan oleh Anglingdarma. Sejak saat itu, Setyawati menjadi permaisuri Anglingdarma sedangkan Batikmadrim diangkat sebagai maha patih di Kerajaan Malawapati.
Pada suatu hari ketika sedang berburu, Anglingdarma memergoki istri gurunya yang bernama Nagagini sedang berselingkuh dengan seekor ular tampar. Anglingdarma pun membunuh ular jantan sedangkan Nagagini pulang dalam keadaan terluka.
Nagagini kemudian menyusun laporan palsu kepada suaminya, yaitu Nagaraja supaya membalas dendam kepada Anglingdarma. Nagaraja pun menyusup ke dalam istana Malawapati dan menyaksikan Anglingdarma sedang membicarakan perselingkuhan Nagagini kepada Setyawati. Nagaraja pun sadar bahwa istrinya yang salah. Ia pun muncul dan meminta maaf kepada Anglingdarma.
Nagaraja mengaku ingin mencapai moksa. Ia kemudian mewariskan ilmu kesaktiannya berupa Aji Gineng kepada Anglingdarma. Ilmu tersebut harus dijaga dengan baik dan penuh rahasia. Setelah mewariskan ilmu tersebut Nagaraja pun wafat.
Sejak mewarisi ilmu baru, Anglingdarma menjadi paham bahasa binatang. Pernah ia tertawa menyaksikan percakapan sepasang cicak. Hal itu membuat Setyawati tersinggung. Anglingdarma menolak berterus terang karena terlanjur berjanji akan merahasiakan Aji Gineng, membuat Setyawati bertambah marah. Setyawati pun memilih Pati Obong, yaitu bunuh diri dalam api untuk mengembalikan harga dirinya. Anglingdarma berjanji lebih baik menemani Setyawati mati, daripada harus membocorkan rahsia ilmunya.
Ketika upacara pembakaran diri digelar pada tanggal 14 bulan purnama, Anglingdarma sempat mendengar percakapan sepasang kambing. Dari percakapan itu Anglingdarma sadar kalau keputusannya menemani Setyawati mati adalah keputusan emosional yang justru merugikan rakyat banyak. Maka, ketika Setyawati terjun ke dalam kobaran api, Anglingdarma tidak menyertainya.

Masa hukuman


Perbuatan Anglingdarma yang mengingkari janji sehidup semati dengan Setyawati membuat dirinya harus menjalani hukuman buang sampai batas waktu tertentu sebagai penebus dosa. Kerajaan Malawapati pun dititipkannya kepada Batikmadrim.

Dalam perjalanannya, Anglingdarma bertemu tiga orang putri bernama Widata, Widati, dan Widaningsih. Ketiganya jatuh cinta kepada Anglingdarma dan menahannya untuk tidak pergi. Anglingdarma menurut sekaligus curiga karena ketiga putri tersebut suka pergi malam hari secara diam-diam.
Anglingdarma menyamar sebagai burung gagak untuk menyelidiki kegiatan rahasia ketiga putri tersebut. Ternyata setiap malam ketiganya berpesta makan daging manusia. Anglingdarma pun berselisih dengan mereka mengenai hal itu. Akhirnya ketiga putri mengutuknya menjadi seekor belibis putih.
Belibis putih tersebut terbang sampai ke wilayah Kerajaan Bojanagara. Di sana ia dipelihara seorang pemuda desa bernama Jaka Geduk. Pada saat itu Darmawangsa raja Bojanagara sedang bingung menghadapi pengadilan di mana seorang wanita bernama Bermani mendapati suaminya yang bernama Bermana berjumlah dua orang.
Atas petunjuk belibis putih, Jaka Geduk berhasil membongkar Bermana palsu kembali ke wujud aslinya, yaitu Jin Wiratsangka. Atas keberhasilannya itu, Jaka Geduk diangkat sebagai hakim negara, sedangkan belibis putih diminta sebagai peliharaan Ambarawati, putri Darmawangsa.

Kembali ke Malawapati


Anglingdarma yang telah berwujud belibis putih bisa berubah ke wujud manusia pada malam hari saja. Setiap malam ia menemui Ambarawati dalam wujud manusia. Mereka akhirnya menikah tanpa izin orang tua. Dari perkawinan itu Ambarawati pun mengandung.

Darmawangsa heran dan bingung mendapati putrinya mengandung tanpa suami. Kebetulan saat itu muncul seorang pertapa bernama Resi Yogiswara yang mengaku siap menemukan ayah dari janin yang dikandung Ambarawati.
Yogiswara kemudian menyerang belibis putih peliharaan Ambarawati. Setelah melalui pertarungan seru, belibis putih kembali ke wujud Anglingdarma, sedangkan Yogiswara berubah menjadi Batikmadrim. Kedatangan Batikmadrim adalah untuk menjemput Anglingdarma yang sudah habis masa hukumannya.
Anglingdarma kemudian membawa Ambarawati pindah ke Malawapati. Dari perkawinan kedua itu lahir seorang putra bernama Anglingkusuma, yang setelah dewasa menggantikan kakeknya menjadi raja di Kerajaan Bojanagara. iya pun mempunyai musuh yang bernama durgandini dan sudawirat
Pada suatu saat kerajaan Angling Dharma berjaya dan mampu menaklukan musuh-musuhnya, dan saat itulah sudawirat terbuka hatinya untuk mengabdi kepada Kerajaan yang dipimpin oleh Prabu Angling Dharma.

Kisah Cerita Prabu Anglingdarma


Cerita Angling Darma Asli --Malawapati adalah sebuah kerajaan, dimana rajanya adalah Prabu Anglingdarma, seorang raja yang arif bijaksana, negerinya makmur, aman dan sentausa. Rakyat negerinya sangat mencintai  rajanya. Lagi pula,Prabu Anglindarma masih jejaka, sehingga banyak para gadis jatuh cinta. Namun diantara para gadis yang jatuh cinta pada prabu Anglingdarma, belum ada satupun gadis yang bisa menyenangkan hati Prabu Anglingdarma.


Sejarah Raja Angling Darma dimulai pada suatu hari raja pergi berburu di hutan larangan. Prabu Anglingdarma disertai beberapa pasukannya telah tiba di hutan. Anglingdarma melihat ada seekor kijang mendekatinya, Anglingdarma segera memanahnya, saying panahnya meleset, tidak kena. Kijang itu betul-betul menggoda, setiap kali mau dipanah, lari. kalau Prabu Anglingdarma tidak dalam posisi memanah, kijang itupun berani mendekati. Kijang itu meng goda hati Prabu Anglingdarma. Akhirnya Prabu Anglingdarma mencoba menangkap kijang itu dengan kedua tangannya.

Kijang itu mendekat kemudian menjauh, mendekat lagi kemudian akhirnya sampailah Prabu Anglingdarma tiba di Pertapaan gunung Semeru. Rupanya kijang itu berusaha mengajak Prabu Anglingdarma pergi ke pertapaan tesebut, tempat tinggal Begawan Maniksutera. Prabu Anglingdarma melihat seorang gadis cantik, di kelilingi beberapa  ekor kijang. Raja terpesona melihat kecantikannya. Ingin juga ia berkenalan. Iapun menemui Begawan Maniksutera di dalam pertapaanya. Begawan Maniksutera senang sekali kalau di pertapaamya ada yang mau berkunjung. Puteri pertapa, puteri Begawan Maniksutera, bernama Dewi Setyawati menyuguhkan segelas minuman hangat dan beberapa potong kue serta buah buahan hutan. Raja minta berkenalan, dengan Dewi Setyawati. Setelah beberapa hari tinggal di pertapaan, Prabu Angling darma dan Dewi Setyawati saling jatuh hati. Cinta Prabu Anglingdarma, tidak bertepuk sebelah tangan, Cinta Prabu Anglingdarma diterima dengan sepenuh jiwa. Prabu Anglingdarma melamar Dewi Setyawati menjadi isterinya, sekaligus menjadi Permaisuri Prabu Anglingdarma. Dewi Setyawati adalah puteri kedua setelah Batikmadrim. Sesuai pesan  Batikmadrim, kalau adiknya, mau menikah, calon suaminya, harus bisa mengalahkan Batikmadrim. Prabu Angling darma menerima syarat yang diberikan Batikmadrim. Prabu Anglingdarma dan Batikmadrim, kini sudah beradu kesaktian, Semula kepandaian dan kekuatan yang mereka miliki suda dikeluarkan. Namun setelah mengetahui titik lemah pertahanan Batikmadrim, dapat juga ditaklukkan oleh Prabu Anglimgdarma.

Pernikahan Prabu Anglingdarma dan Dewi Setyawati pun berlangsung. Setelah selesai pernikahan, Prabu Anglingdarma, memboyong Dewi Setyawati ke Malawa pati. Batikmadrim diminta serta oleh Prabu Anglingdarma, untuk menjadi patih Kerajaan Malawapati. Prabu Anglingdarma dan permai surinya sangat bahagia, Mereka memadu kasih penuh rasa cinta. Begawan Maniksutera sangat berbahagia, melihat kedua anaknya, berhasil menjadi keluarga yang bahagia, dengan suami, pilihan hati puterinya sendiri.

Setelah beberapa waktu berbulan madu dengan permaisuri Dewi Setyawati. Prabu Anglingdarma pergi berburu lagi. Rupanya berburu ini menjadi kegemaran Prabu Anglingdarma sejak masih kecil. Dengan dikawal oleh beberapa perajurit  gemblengan dan pilihan, Prabu Anglingdarma meminta juga Patih Batikmadrim mengantarkan nya ke Taman Sri Bagindo, sebuah taman perburuan yang diperuntukkan hanya untuk raja dan keluarga raja. Prabu Anghlingdarma yang sedang mencari buruannya, mendadak dikagetkan dengan kehadiran seekor ular naga betina, yang kelihatannya Nagagini isteri Nagapratala sedang memadu kasih dengan seekor ular tampar. Nagapratala adalah sahabat Prabu Anglingdarma. Melihat kelakuan istri sahabatnya yang melanggar susila, maka Prabu Anglingdarma memanah Ular tampar, namun panahnya juga menyerempet ekor Nagagini. Menjadikan Nagagini terkejut dan mengaduh kesakitan. Merasa di aniaya oleh Anglingdarma,  Nagagini melapor kejadian itu pada suaminya, Nagapratala. Tentu ceritanya telah diubah sedemikian rupa oleh Nagagini. Nagagini melapor kalau dirinya diperkosa dan di ancam dengan senjata pusakanya, oleh Anglingdarma. Sehingga ekornya menjadi hampir putus terkena pusaka Prabu Anglingdarma. Mendengar kata kata itu, Nagapratala terbang menuju Malawa pati. Di Malaw apati penjagaan begitu ketat. Nagaratala ke heranan, mengapa ini terjadi, kalau begitu kata Nagagini mungkin ada benarnya. Tetapi mata batinnya mengatakan kalau sahabatnya, Anglingdarma tidak mungkin melakukan perbuatan seperti yang di tuduhkan istrinya. Walau dijaga sampai rangkap berapapun banyaknya penjaga, Nagapratala dengan mudah memasuki kamar tidur Prabu Angling darma tanpa diketahui oleh siapapun. Nagapratala mendengar Anglingdarma dan permaisurinya, Setyawati sedang bertukar pikir, mengenai kejadian pada pagi hari. Prabu Angling darma mengatakan, apakah kelakuan istri Nagaparatala, tadi siang yang baru dialami nya. Karena Nagagini pasti akan memutar balik kan kejadian yang sebenarnya. Namun tadi kalau Nagagini itu dibiarkan saja, berselingkuh dengan ular tampar, kita tidak akan ada masalah. Namun kasihankan, kakang Nagapratala, tidak mengetahui kelakuan istri yang sebenarnya. Perbuatan Nagagini sudah mengkhianati Kakang Nagapratala. Berani beraninya berselingkuh dengan  ular tampar. Ular tampar berhasil kupanah, namun panahnya juga mengenai ekornya, pasti akan membikin marah kakang Nagapratala. Nagapratala yang mendengarkan dengan hati hati, jelas sudah istrinya yang bersalah. Nagapratala pun keluar dari kamar Prabu Anglingdarma. Diluar istana, Nagapratala memangil manggil Prabu Anglingdarma, agar keluar. Prabu Angling darma  agak gugup memenuhi panggilan Nagapratala. Sedangkan Dewi Setyawati merasa cemas dan was was. Nagapratala mempersilakan Prabu Anglingdarma menaiki punggungnya. Pergilah mereka berdua kesuatu tempat dimana Prabu Anglingdarma merasa asing, Prabu Anglingdarma tidak mengenal tempat itu. Nagapratala bicara dengan Anglingdarma, sahabatnya, kalau ia berniat untuk menurun kan Aji Gineng yang dimiliki selama hidupnya, kepada Prabu Anglingdarma. Setelah itu ia akan moksa. Prabu Anglingdarma tidak mau menerima Aji Gineng, kalau setelah itu kalau Nagapratala mati. Nagapratala merasa sudah saatnya harus meninggalkan dunia ini. Prabu Anglingdarmajuga juga tidak mau menerima, kalau  masalah dengan Nagagini belum dapat di selesaikan. Prabu Anglingdarma siap dihukum karena melukai ekor Nagagini. Nagapratala, lebih percaya pada Anglingdarma, karena tadi sudah mendengar pembicaraan Anglingdarma dengan isterinya, Setyawati dikamar tidurnya.

Nagapratala akhirnya menyalurkan, Aji Gineng pada Prabu Anglingdarma. Setelah Aji Gineng masuk dalam tubuh Prabu Anglingdarma, Nagapratala, berpesan agar Aji Gineng yaitu, aji yang mempunyai kesaktian dapat mengetahui semua bahasa binatang, namun tidak boleh di beritahukan kepada siapapun, walaupun juga anak isteri nya. Kalau berani memberi tahu tentang aji ini, Prabu Anglingdarma akan mati pula. Anglingdarma akan memperhatikan nasehat dan pesan Nagapratala. Setelah semuanya selesai, Nagaratala meminta mereka bersama memejamkan kedua matanya. Tiba tiba saja, Prabu Anglingdarma merasa terbang keangkasa dan tiba kembali di Istana Mala wapati. Sedangkan Nagaprata moksa.

Dewi Setyawati dan Prabu Anglingdarma sedang memadu cinta di kamar tidurnya.  Ketika itu terdengar suara dua ekor cicak sedang bercengkerama, seperti halnya Prabu Anglingdarma.

Cicak perempuan bilang: kang, kalau kita memadu cinta sebaiknya nyontoh Prabu Anglingdarma. Mereka nampak romantis, tidak seperti kita, gini gini terus.

Cicak laki laki bilang:  kalau kamu sudah tidak senang sama aku. Mbok ya ho, jadi istri Prabu Anglingdarma saja.

Kata cicak perempuan, ya tidak begitu, yang halus, dan yang mesra gitu kang, kaya Gusti Prabu Anglingdarma.

Mendengar pembicaraan kedua cicak tersebut, Prabu Anglingdarma menjadi ketawa terpingkal pingkal. Setyawati terkejut mendengar suaminya ketawa geli. Prabu Anglingdarma menceritakan, kedua cicak itu iri pada kita. Kayak kayaknya Cicak,  itu iri dengan kemesraaan kita.

Dewi Setyawati menjadi marah dan sakit hati, ia merasa tidak pantas menjadi istri Prabu Angklingdarma, maklum ia gadis desa, tidak cantik, tidak bisa tata krama, seperti para priyayi Keraton Kalau Prabu Anglingdarma mengerti apa yang dikatakan cicak, mengapa isterinya tidak boleh tahu apa yang dikatakan cicak. Mendengar itu Prabu Anglingdarma tidak bisa menerangkan apa sebenarnya yang baru dialami Prabu Anglingdarma, yaitu telah menerim Aji Gineng dari Nagapratala, Aji Gineng itulah yang menjadikannya mengerti apa yang dikatakan cecak Prabu Anglingdarma minta Dewi Setyawati untuk mau mengerti, kalau dirinya masih dalam kesulitan. Dewi Setyawati minta diajari bahasa cicak, ia ingin dengar sendiri pembicaraan mereka.

Tetapi Prabu Anglingdarma tidak bisa memberikan atau mengajari bahasa cicak itu. Oleh karena alasan suaminya tidak bisa meyakinkan dirinya, maka Dewi Setyawati, lebih percaya kalau tadi benar benar mengetawakan dirinya, Ia merasa sangat malu. Akhirnya Dewi Setyawati minta pati obong  saja, daripada dipermalukan oleh suami nya sendiri. Prabu Anglingdarma memanggil Batiknadrim, diminta pendapat nya, sehubungan ada permintaan dari kakaknya, Dewi Setyawati. Sudah berkali kali Batikmadrim menasehati, agar kakaknya jangan melakukan tindakan bodoh, gara gara cicak saja. Karena sudah tak bisa dicegah lagi, maka Batikmadrim pun terpaksa mengiyakan kakaknya, Dewi Setyawati, yang bersikukuh melakukan pati obong.

Karena Dewi Setyawati sudah tidak bisa dirobah pendiriannya,untuk tidak melakukan perbuatan konyol, dengan membakar diri. Maka untuk menunjukkan kecintaannya pada isterinya, Dewi Setyawati, maka Prabu Anglingdarma dengan hati rela akan melakukan seperti apa yang akan dilakukan isterinya, yaitu  dengan  pati obong juga. Mereka akan melakukan pati obong bersama  besok pagi.

Keesokan harinya para perajurit menyiapkan tempat pati obong. Dibuatnya sebuah panggung hampir setinggi dua atau tiga kali tinggi rumah, bentuknya hampir seperti sebuah menara. Disekeliling panggung itu dihias janur kuning, untuk menyemarakkan suasana, Sementara itu Prabu Anglingdarma dan Dewi Setyawati, telah menyiapkan diri untuk melakukan pati obong bersama sama. Api mulai menyala dan kayu-kayu bakar pun sudah mulai menyala.

Sementara itu didekat panggung pati obong, ada sepasang kambing jantan dan  kambing betina.

Kambing betina yang kelihatan gelisah, meminta sesuatu kepada kambing jantan: Kakang Kambing lanang, mbok aku di ambilkan daun janur dekat Gusti Ayu Setyawati, itu di atas, dipanggung itu. Demikian pinta kambing betina.

Mendengar kata kata kambing betina, Kambing jantan menjawab: mengambilkan daun janur di atas sana!, yang benar saja, letaknya saja diatas sana, diatas panggung yang amat tinggi, bisa-bisa  saja badanku, yang terbakar.

Kambing betina itu semakin merajuk: Kalau kakang tidak mau mrngambilkan daun janur itu, aku akan pati obong saja seperti Gusti Ayu Setyawati.

Kambing jantan menjadi sewot, dengan ketus dijawabnya: Kalau mau pati obong, silakan saja, tetapi  aku tidak mau seperti Gusti Anglingdarma. Gampang sekali-ikut ikutan pati obong. Kalau aku tak sudi.

Api sudah meninggi, api menjilat-jilat, bagai mau mencapai langit, sedangkan Prabu Anglingdarma sedang senyum-senyum sendiri ketika mendengar pembicaraan kedua kambing itu. Melihat suaminya senyum-senyum, dan sedang terlena, Dewi Setyawati, tanpa diketahui oleh Prabu Anglngdarma, terjun dalam kobaran api yang amat besar.

Prabu Anglingdarma belum sadar juga, kalau istrinya, sudah terjun terlebih dahulu ke dalam kobaran api. Ketika tersadar dari lamunannya, Prabu Anglingdarma tinggal seorang diri, ditinggal Dewi Setyawati yang terjun mendahului Prabu Anglingdarma. Prabu Anglingdarma, mau terjun menyusul  istrinya, namun api pembakaran  hampir padam dan sebentar kemudia apipun padam. Prabu Anglingdarma kecewa, karena dimata rakyat ia telah mengingkari janjinya untuk pati obong bersama istrinya. Kini Prabu Anglingdarma kelihatan linglung, seperti orang yang sedang kehilangan akal.

Prabu Anglingdarma menjelma burung meliwis putih

Tiba tiba terdengar suara dewa, yang mengutuk Anglingdarma, Akan ngulandara kedalam hutan, dan tidak akan menemui jalan pulang, selama hukumannya belum habis. Tiba tiba ia terkejut ketika melihat semua bangunan dan kompleks Istana Mala wapati, beserta seluruh para perajuritnya, seakan akan berubah menjadi hutan belantara.

Sementara itu di Kerajaan Baka, bertahtalah raja nya yang bernama Prabu Baka yang memiliki tiga orang puteri, Widata, Widati dan Widaningsih. Prabu Anglingdarma bekum tersadar juga sejak para dewa mengutuknya. Ia kelihatan linglung. Penampilan Prabu Anglingdarma tidak mencerminkan seorang raja besar. Kalau orang yang melihat, sepertinya Prabu Anglingdarma seperti orang linglung atau bahkan seperti orang gila. Ia kemudian tertidur dibawah pohon besar. Setelah beberapa saat kemudian Prabu Anglingdarma terbangun, dan ia terkejut ketika dirinya sudah berada di tempat tidur dengan tilam dan selimutnya berlapis emas. Ia terkejut lagi ketika ia melihat tiga orang cantik berada dihadapannya. Para puteri ini sudah lama menunggu tamunya sampai tersadarkan diri, namun belum juga tersadar. Untuk mengetahui siapa sebenarnya laki laki tampan itu, maka tamunya di beri minum jampi-jampi agar tersadar dari kelinglungannya, Benarlah setelah minum, Prabu Anglingdarma telah tersadar dari linglungnya, Ia sudah bisa bertanya pada para gadis itu. Para gadis pun mengaku nama mereka masing masing. Yang sulung bernama Widata, yang penengah bernama Widati sedangkan yang bungsu bernama Widaningsih. Mereka mengharap Anglingdarma dapat menurunkan anak anaknya kepada mereka. Beberapa saat kemudian, mereka berpamitan kepada Anglingdarma, akan mencari buruan, untuk meningkat kan gairah nanti. Sepeninggal kepergian tiga orang gadis tadi, membikin penasaran Prabu Anglingdarma. Ia pun berubah menjadi seekor burung gagak. Sesampai di hutan, burung gagak melihat ketiga gadis itu sedang menyantap daging manusia. Sedangkan mereka dalam keadaan aslinya, yaitu tiga raksasa wanita yang menakutkan. Kali ini mereka tidak dalam penampilan gadis cantik  tetapi berujud raksasa.

Gagak berteriak teriak minta makanan dari ketiga raksasa itu. Widata memberikan rempela, Widata memberikan hati dan Widaningsih memberikan jantung. Setelah mendapatkan ketiga makanan mereka, cepat-cepat burung gagak  pulang ke Istana Prabu Baka, Ketiga makanan mereka, dimasukkan dalam tiga kotakan tempat alat-alat kecantikan mereka. Prabu Anglingdarma pura-pura masih tidur, tak lama kemudian datanglah para puteri itu. Mereka terkejut, ketika melihat peralatan kecantikannya, terdapat daging manusia yang telah diberikan pada burung gagak. Widata kemudian membangunkan Prabu Anglingdarma dengan paksa, menarik kuat kuat  tangan Prabu Anglingdarma, sehingga Prabu Anglingdarma terseret jatuh dari tilam emas. Prabu Anglingdarma merasakan kesakitan. Widata menancapkan sehelai bulu burung, diatas kepala Prabu Anglingdarma. Menjadikan kepala Prabu Anglingdarma merasa teramat berat dan merasakan sakit yang luar biasa, dan berubahlah Prabu Anglingdarma  menjadi seekor burung belibis. Widata menyumpahinya, bahwa Prabu Anglingdarma bisa berubah kembali menjadi manusia lagi, kalau bisa mendapatkan cinta seorang wanita, dan wanita itu mau dinikahinya. Setelah itu, Prabu Anglingdarma diusir  dari istana Prabu Baka.

Sementara itu di wilayah kerajaaan Bojonegoro, terdapat suatu desa yang penduduknya belum begitu sejahtera. Disinlah tinggal satu keluarga, seorang laki laki sudah kelihatan lanjut, namanya ki Demang Kelungsur, ia tinggal bersama isteri dan anaknya. Anaknya bernama Jaka Gedug. Jaka Gedug paling malas cari kerja, ia lebih suka tinggal bersama kedua orang tuanya. Disuatu hari Jaka Gedug memasang jebakan untuk menjebak burung. Beberapa hari ini sulit mendapatkan jenis burung besar.  Ketika ia melihat seekor burung masuk ke dalam  jebakannya. Jaka Gedug, bersorak sorak kegirangan. Dibawa pulanglah burung belibis yang berwarna putih bersih. Sesampai dirumah, blibis itu dimasukkan kedalam kurungan. Jaka Gedug akan memeliharanya, sampai tua. Mliwis Putih merasa tenteram ditangan Jaka Gedug. Suatu hari ketika Jaka Gedug sedang diladang halaman rumah,  tiba tiba saja, ada suara memanggil manggil. Setelah ditoleh, tidak satupun orang berada disekitarnya.Tiba tiba Meliwis terbang dan hinggap di pundak Jaka Gedug. Meliwis Putih membisikan bahwa dibawah  pohon besar di halaman rumah belakang  terdapat harta karun. Jaka Gedug terkejut dua kali, pertama terkejut karena baru tahu ada burung yang bisa tata jalma, atau bisa bicara seperti manusia, dan terkejut yang kedua, diberitahu ada harta dibawah pohon besar. Jaka Gedug segera masuk kerumah. Jaka Gedug memberitahukan kepada kedua orang tuanya. Kedua orang tuanya tidak percaya, paling Jaka Gedug mimpi karena kebanyakan tidur, sehingga mimpinya yang tidak-tidak. Akhirnya Jaka Gedug mengambil cangkul dan mencangkul tanah yang ditunjukkan Meliwis Putih. Tiba-tiba saja terdengar suara cangkul berbenturan dengan sesuatu benda, dalam tanah. Jaka Gedug segera mengambil benda itu, ternyata sebuah peti besi yang cukup besar. Setelah dibuka petinya, ternyata  berisi  emas berlian, ada kalung, ada cincin ada penitih, serta ratusan uang koin emas, yang jumlahnya banyak sekali. Sehingga kedua orang tuanya hampir pingsan. Jaka Gedug dan kedua orang tuanya semakin menyayangi Meliwis Putih.

Kita tinggalkan keluarga Ki Demang Kelungsur yang sedang bahagia. Kini kita beralih ke sebuah perkampungan agak pelosok, terdapatlah satu keluarga bahagia, yang laki bernama Bermana dan yang perempuan bernama Bermani. Suatu hari Bermani yang sedang hamil muda. Sedang ngidam sarang madu, Maka ia minta kepada suaminya agar Bermana mencari sarang madu dari tawon besar dihutan sana.

Sementara itu pula di pojok belakang rumah terdapat sebuah pohon cempaka yang besar dan tinggi, disitulah tinggal Genderuwo, yang sangat mencintai Bermani. Melihat Bermana telah pergi, maka Gedruwo itu segera menuju rumah Bermani. Sebelumnya ia berubah menjadi Bermana dengan menbawa sebuah sarang lebah yang amat besar. Bermani terkejut melihat Bermana yang baru saja keluar rumah, masuk rumah lagi telah pulang dengan membawa sarang madu, Bermana yang Gendruwo ini minta tidur, ia masuk kamar tidur Bermani. Bermani belum bisa menemani suaminya, ia sedang menyiapkan makan siang. Tak berapa lamanya, datang Bermana asli, membawa sarang madu. Bermani terkejut, lalu bilang, Kakang apa nglindur ya, baru ambil sarang tawon kok ambil lagi. Terkejut suami Bermani, ketika tahu ada Bremana lain, sebelum ia pulang. Ia segera memasuki kamarnya. Ia terkejut melihat seorang laki-laki tegap persis seperti dirinya, terjadi keributan, dan terjadilan perkelahian. Bermani berteriak-teriak minta tolong. Para tetangga berdatanganan, niatnya mau memisah, tetapi setelah melihat ada Bermana kembar, merekapun hanya bisa tercengang cengang saja. Mereka lapor Pak Lurah, namun Pak Lurah juga tidak bisa menyelesaikan, akhirnya Lurah membawa Bermana kembar dan Bermani sebagai saksinya, ke Istana Bojonegoro. Prabu Darmawasesa, raja Bojonegoro juga tidak bisa memutuskan perkaranya. Kemudian raja mengumumkan sayembara, barang siapa  yang dapat memutus perkara Bermana kembar, akan diangkat menjadi Jaksa Negara.

Sementara itu Keluarga kelungsur, menjadi was-was. Ketika burung Mliwis Putih belum pulang ke rumah. Mereka menunggu kedatangan Meliwis Putih dengan cemas. Sore kemudian, pulanglah Meliwis putih. Mliwis Putih mengabarkan bahwa Negara sedang mengumumkan sayembara mengenai Bermana kembar. Siapa yang bisa menyelesaikan masalah itu, akan diangkat menjadi Jaksa Negara. Ki Kelungsur oleh Meliwis Putih, mau mengikuti sayembara. Ki Demang Kelungsur menolak, karena tidak mungkin bisa memutuskan. Ki Demang  Kelungsur merasa menjadi orang bodoh, orang kecil yang tidak punya pengalaman. Meliwis Putih membisikkan sesuatu kepada Ki Kelungsur. Ki Kelungsur, manggut manggut, kelihatannya sudah setuju, untuk  mengikuti sayaembara raja.

Keesokan harinya, Ki Demang Kelungsur diantar mbok Kelungsur dan Jaka Gedug, pergi mengikuti sayembara. Sesampai di istana, raja mempersilakan Ki Demang Kelungsur memulai sidangnya. Ki Kelungsur sebelumnya minta sebuah kendi pretala. Sebuah kendi yang lobangnya cuma sebesar jarum.

Ki Demang Kelungsur: Ki Bermana. Coba mengaku saja siapakah diantara kalian berdua, yang Bermana asli.

Bermana kedua duanya: Aku ki,  Aku ki, .

Ki Demang Kelungsur: O, keduanya mengaku asli semua. Kalau begitu, disini di hadapanku ada sebuah kendi pratala. Kendi yang mempunyai lobang sebesar jarum. Untuk mengetahui siapa yang asli dan yang tidak, hanya  Bermana Asli yang  dapat masuk kedalam Kendi pretala.

Bermana palsu: Ya, itu pekerjaan mudah, jangankan lobangnya sebesar jarum, walaupun rapat tidak ada lobangnya, pasti aku akan masuk dengan mudah.

Bermana Asli: Saya lebih baik mati saja sekarang, daripada nanti malu. Aku tidak bisa masuk dalam kendi itu.

Ki Demang Kelungsur: Sudahlah, mari kita  coba  saja, siapa tahu kamu juga bisa masuk dalam kendi pretala.

Tanpa kesulitan, Bermana palsu masuk dalam kendi pratala. Setelah betul-betul salah satu diantara dua Bermana masuk kedalam kendi, cepat-cepat Ki Demang Kelungsur menutup lobangnya.

Ki Demang Kelungsur: Paduka Raja, dan Paduka Permaisuri, saksikan, ini kendi yang saya bawa, sudah ada isinya. Dan saya akan membutikan, bahwasanya Bermana yang ada didalam kendi ini, adalah yang palsu. Dan yang asli ada diluar.

Prabu Darmawasesa: Kok bisa begitu Ki Demang. Tadi ki Demang mengatakan  yang bisa masuk kedalan kendi pertala. yamg asli, kenapa sekarang berubah yang masuk dalam kendi yang palsu, ki Demang.

Ki Demang Kelungsur: Ya, ini kita menghadapi jin yang menakutkan, yang berubah menjadi ki Bermana. Jin ini yang membikin geger kampung Ki Bermana.

Para hadirin, untuk meyakinkan kita, kalau yang ada dalam kendi pratala ini jin raksasa yang menakutkan dan ia bisa berubah menjadi siapa saja.

Kemudian kendi pretala ini, oleh Ki Demang Kelungsur,  digoncang goncang, agar jin itu tidak berbuat jahat lagi pada manusia.

Bermana palsu yang menjadi Gendruwo, (dari dalam kendi)  Ki Demang aku minta ampun, ki Demang, minta ampun, dan tidak akan berani menggoda manusia lagi juga keluarga Bermana lagi, aku minta hidup, aku minta keluar.

Kendi Pratala di lepas tutupnya, dan keluarlah jin raksasa yang menakutkan, Para hadirin berteriak ketakutan Kemudian jin itu meninggalkan tempat sidang kembali kerumahnya. Prabu Darmawisesa merasa puas dan mengangkat Ki Demang Kelungsur menjadi Jaksa Negara, dengan gelar Reksanegara. Bermana Asli tersenyum bahagia dan memeluk istrinya.

Meliwis Putih dan Dewi Srenggana

Dewi Srenggana, ada pula  yang menyebut dengan nama Dewi Ambarawati, adalah puteri Prabu Darmawasesa, raja agung  Kerajaan Bojonegoro. Dewi Srenggana, puteri Prabu Darmawasesa yang berparas cantik. Namun sampai sekarang belum ada juga seorang pemudapun datang untuk berkenalan apalagi mau melamarnya. Pada suatu hari ketika Dewi Srenggana di taman, ada seekor belibis hinggap dekat Dewi Srenggana. Dewi Srenggana mau menangkapnya. Namun burung belibis itu senang sekali menggodanya. sebentar terbang sebentar mendekat. Akhirnya ketika Dewi Srenggana memanggilnya, burung belibis itu hinggap di pundak Dewi Srenggana. Dewi Srenggana terkejut ketika burung belibis itu bisa berkata kata. Dewi Srenggana senang hatinya. Kemudian Dewi Srenggana membawa burung belibis itu kedalam keputren. Beberapa hari tinggal di taman Bojonegoro, hubungan Dewi Srenggana dengan Meliwis Putih semakin erat. Sehingga terjalin rasa cinta, namum Dewi Srenggana merasa kecewa, mengapa ada perasaan cinta dengan burung, kok tidak dengan seorang manusia. Mendengar keluh kesah Dewi Srenggana, akhirnya

Meliwis Putih bertanya: andaikata aku ini bisa berubah menjadi orang apa Dewi Srenggana mau menerima cintanya.

Dewi Srenggana sambil tersenyum malu, mengiyakan kata burung Meliwis Putih.

Apakah Dewi Srenggana mencintaiku, bertanya lagi Meliwis Putih, untuk lebih meyakinkan. Dewi Srenggana menyatakan cintanya pada Meliwis Putih.

Akhirnya Mliwis Putih meminta agar jambul diatas kepalanya dicabut. Dewi Srenggana pun mencabut jambul itu dari kepala Meliwis Putih.

Dewi Srenggana terkejut ketika melihat  tubuh Meliwis putih menjadi bersinar sinar. Sedikit demi sedikit berubah menjadi seorang pemuda yang tampan yang berpakaian putih seperti Brahmana. Dewi Srengana bertanya, siapakah Brahmana sesungguh nya. Prabu Anglingdarma memberikan pengakuannya. Bahwa ia sebenar nya Raja Malawapati yang dikutuk oleh puteri Prabu Baka. Namun kini sudah terbebas dari kutukan mereka. Dewi Srenggana merasa bahagia bisa bertemu Prabu Anglingdarma, dan menjadi kekasihnya pula.

Ayahanda Dewi Srenggana merasa curiga, karena sejak Puterinya memiliki binatang peliharaan seekor belibis, sekarang puterinya sering mengurung dirinya di kamar. Untuk mengetahui apa yang terajdi dengan Dewi Srenggana, maka ia berkunjung ke kamar puterinya. Pada waktu Sri Baginda dan Permaisuri mendekat pintu kamar puteri terdengar ada suara laki laki didalamnya. Didengarnya pembicaraan mereka, kelihatannya puterinya sedang saling memadu kasih dengan seorang laki laki. Prabu Darmawasesa, minta agar puterinya membukakan pintu.

Setelah pintu dibuka, Prabu Darmawasesa mencari laki laki yang suaranya terdengar di luar, Prabu Darmawasesa dan Permaisuri hanya menjumpai seekor belibis. Prabu Darmawasesa tahu kalau burung meliwis putih bukan sembarang burung, ia pasti burung sakti, atau burung jelmaan manusia yang sakti. Untuk meyakinkan dirinya, Prabu Darmawasesa, mencari seorang pemuda yang sakti untuk bisa membongkar rahasia burung Mliwis Putuh.

Seorang perajurit kepercayaan mencari seorang pemuda yang sakti. Setelah mendapatkan seorang pemuda sakti, yang tak lain Patih Batikmadrim, maka oleh Prabu Darmawasesa, diperintahkannya Batikmadrim,  untuk  menangkap pencuri dalam kamar puterinya.  Patih Batikmadrim segera minta agar maling julig yang ada di kamar bisa keluar. Prabu Anglingdarma yang mendengar ribut ribut diluar, segera masuk dalam giwang Dewi Srenggana. Patih Batikmadrim. berharap dapat menikahi Dewi Srenggana, maka dengan sekuat tenaga berusaha menangkap maling itu. Patih Batikmadrim masuk kamar Dewi Srenggana, ia mencari pencuri, Namun dalam kamar tidak ada seorang pun laki laki.

Patih Batikmadrim melihat giwang Dewi Srenggana, kelihatan bersinar sinar yang mencurigakan. Dimintanya giwang itu oleh Batikmadrim. Dewi Srenggana tidak mau memberikannya. Patih Batikmadrim memaksanya, Prabu Anglingdarma berbisik, agar giwangnya diberikan pada Patih Batikmadrim, tetapi dengan dibanting dihadapan Patih Batikmadrim, agar Prabu Anglingdarma bisa keluar dari giwang pindah ke cincin. Giwang yamg dibantingkan dihadapan Patih Batikmadrim, segera diambil, ternyata giwang itu kosong. Patih Batimadrim minta cincin Dewi Srenggana, dan sama seperti giwang tadi, dibanting dan Prabu Anglingdarma selalu berpindah pindah tempat. Terakhir Prabu Anglingdarma, keluar dari kamar Dewi Srenggana dalam bentuk burung belibis. Diluar terjadi perkelahian yang amat sengit. Patih Batikmadrim berubah menjadi api yang membara, Prabu Anglingdarma, menjadi hujan, sehingga api pun bisa dipadamkan, demikianlah mereka memamerkan kekuatannya, yang satu jadi harimau, yang satunya jadi ular naga. Sehingga orang yang  melihat menjadi terkagum kagum. Setelah beberapa saat kemudian, perkelahianpun terhenti, Patih  Batikmadrim tergeletak tidak berdaya. Patih Batikmadrim segera ditolong Prabu Anglingdarma. Patih Batikmadrim minta maaf, karena ia tidak mengetahui sebelumnya. Setelah terbuka rahasia Meliwis Putih adalah Prabu Anglingdarma, maka Prabu Anglingdarma sekaligus melamar Dewi Srenggana. Prabu Darmawasesa merasa senang sekali mempunyai calon menantu seorang raja agung, juga tampan dan sakti mandraguna. Prabu Darmawasesa, merestui hubungan mereka, dan sekaligus  menikahkannya. Semua merasa bahagia kecuali Batikmadrim tentunya.

Patih Batikmadrim kemudian mengatakan, bahwa kedatangannya  ke Bojonegoro adalah untuk mencari keberadaan Prabu Anglingdarma dan ia akan menjemputnya. Namun Prabu Anglingdarma meminta Patih Batikmadrim pulamg terlebih dulu ke Malawapati. Prabu Anglingdarma mau melanjutkan hukumannya.

Prabu Anglingdarma dan Dewi Trusilawati

Patih Batikmadim pun mengikuti perintah ratu gustinya, kembali ke Malawapati. Patih Batikmadrim, merasa kecewa pada prabu Anglingdarma, pertama, tega membiarkan kakaknya pati obong, yang kedua sebenarnya, Dewi Srenggana, adalah pujaan hatinya, namun sekarang sudah menjadi milik Anglingdarma. Patih Batikmadrim berencana mau menuju kerajaan Kartanegara, yang terkabarkan, Prabu Basunanda, mengadakan sayembara, barang siapa yang dapat mengobati  puteri nya, Dewi Trusilawati yang menderita penyakit gagu, akan dijodohkan dengannya. Sementara itu kabar adanya sayembara itu telah tersebar luas. Temasuk  Prabu Anglingdarma. Prabu Anglingdarma berangkat juga ke Kartanegara.

Setiba di Istana Kertanegara, Prabu Anglingdarma diterima oleh Prabu Basunanda sendiri. Prabu Basunanda mempersilakan Prabu Anglingdarma memasuki taman keputren Istana Kartanegara, untuk menyembuhkan Dewi Trusilawati. Setelah melihat keadaan Dewi Trusilawati, tanpa menunggu waktu lama lagi. Prabu Anglindarama yang berpakaian  Brahmana, mengalungkan selendang pusaka. Benar juga, raja jin berteriak merasa kepanasan dan tidak kuat lagi tinggal dalam tubuh Dewi Trusilawati. Kini Dewi Truslawati telah tersadarkan. Dewi Trusilawati senang  Prabu Anglingdarma yang dapat memenangkan sayembara. Tidak lama kemudian Patih Batikmadrim datang. Batikmadrim sangat kecewa. Karena untuk kedua kalinya, datang terlambat, sehingga gadis pujaannya, Dewi Trusilawati juga menjadi istri Prabu Anglingdarma, Batikmadrim minta agar Prabu Anglingdarma segera kembali ke Malawapati. Karena hukuman Prabu Anglingdarma sudah habis. Prabu Anglingdarma akhirnya mengikuti Batikmadrim dan sekalian mengajak Dewi Trusilawati untuk pulang ke Malawapati. Setelah berpamitan dengan Prabu Basunanda dan Ibu Permaisuri, berangkatlah mereka.

Prabu Anglingdarma berjalan didepan bersama Dewi Trusilawati, yang begitu nampak mesra. Sementara Batikmadrim di belakang ia melihat mereka berdua dengan hati yang panas. Setelah berjalan jauh melewati hutan dan tanah-tanah gersang, menjadikan mereka kehausan. Terlebih-lebih Dewi Trusilawati merasakan kehausan yang sangat dan kepenatan yang luar biasa. Mereka beristirahat, Prabu Anglingdarma mencari air diluar. Demikian  pula Batikmadrim mencari air, namun mereka tak menemukan air. Tiba-tiba mereka melihat pohon siwalan yang berbuah lebat. Dewi Trusilawati meminta Prabu Anglingdarma mengambilkannya barang satu butir.Prabu Anglingdarma melihat sekeliling barangkali ada sesuatu yang bisa digunakan untuk memetik buah siwalan. Prabu Anglingdarma menemukan bangkai seekor merak. Sukma Prabu Anglingdarma segera memasuki raga merak yang hampir membusuk, Melayanglah Merak mengambilkan buah siwalan. Ketika raga Prabu Anglingdarma, dalam kondisi kosong, tiba tiba saja Patih Batikmadrim mempunyai niat jahat. Segera memasuki raga Prabu Anglingdama. Ketika merak membawa buah siwalan, terlihat raga Prabu Anglingdarma telah kemasukan sukma orang lain Ketika memeriksa raga Batikmadrim juga kosong, maka tahulah ia, kalau yang memasuki raganya adalah Batikmadrim. Prabu Anglingdarma akan memasuki raga Batikmadrim, namun raga Batikmadrim telah dipasang jebakan siapa masuk tidak bisa keluar lagi. Rupanya Batikmadrim telah menyiapkan segala sesuatunya, agar sukma Prabu Anglingdarma tinggal diraga Batikmadrim untuk selama lamanya, Sedang sukma Batikmadrim yang tinggal di raga Prabu Anglingdama, juga berencana akan memakai selamanya. Ia akan membalas dendam dengan melakukan segala tindakan yang tidak terpuji, yaitu akan menguasai istri istrinya dan juga menguasai kerajaannya. yaitu Malawapati.  Prabu Anglingdarma tidak mau menggunakan raga Batikmadim. Prabu Anglingdarma palsu memecahkan beberapa buah siwalan, Dewi Trusilawati merasa segar,  dahaga nya pun sudah hilang. Perabu Anglingdarma palsu akan membawa pulang Trusilawati ke Malawapati. Prabu Anglingdarma secara diam-diam terbang mengiuti kepergian Batikmadrim dan Dewi Trusilawati. Prabu Anglingdarma palsu, berubah pikiran. Ia tidak jadi ke Malawapati. Ia mengantarkan pulang Dewi Trusilawati ke Istana Kertanegara, sedangkan Prabu Anglingdarma palsu kini  kelihatannya akan menuju Istana Bojonegoro. Melihat itu, merak segera pergi terbang ketempat Dewi Srenggana dan mencaritakan apa yang baru terjadi. Dewi Srengggana menangisi nasib Prabu Anglingdarma. Merak berpesan, agar Dewi Srenggana jangan melayani Prabu Anglingdarma, karena ia palsu. Kalau sudah sampai ke taman, mintalah adon-adon, yaitu adu binatang, yaitu seekor kambing bisa mengalahkan harimau. Setelah berpesan banyak, pergilah merak ke alun alun Bojonegoro. Sementara itu Prabu Anglingdarma palsu telah tiba di Istana Prabu Darmawasesa. Meminta agar perajurit berjaga-jaga, karena Bojonegoro akan mendapat serangan dari Kerajaan luar. Sedangkan mata-mata musuh berwujud seekor burung merak. Prabu Darmawasesa memerintahkan juru panah yang terbaik untuk memanah burung tersebut. Sebentar kemudian didapat kabar, perajurit Bojonegara berhasil memanah seekor merak yang bertengger di ringin kurung. Dari Istana Prabu Darmawasesa, Prabu Anglingdarma menuju Keputren Bojonegoro, tempat Dewi Srenggana tinggal. Dewi Srenggana tidak mau menerima kedatangan Prabu Anglingdarma, dengan alasan Prabu Anglingdarma sudah terlalu lama tak pernah menjumpai Dewi Srenggana. Juga sangat kecewa, keepergian yang lama hanya untuk mendapatkan Puteri Kertanegara, Dewi Trusilawati, yang menjadikan ia menjadi di madu, oleh Prabu Anglingdarma. Agar Dewi Srenggana mau menerima kehadiran kembali Prabu Anglingdarma di hati Dewi Srenggana. Dewi Srenggana minta diadakan adon-adon, seekor kambing bisa mengalahkan seekor harimau yang kelaparan. Permintaan Dewi Srenggana segera dipenuhi oleh Prabu Anglingdarma palsu. Penolakan yang dilakukan pada dirinya berkali kali oleh Dewi Srenggana, menjadikan Prabu Anglingdarma sakit hatinya. Untuk mengalihkan sakit hatinya, ia mengaajak beberapa orang pasukannya untuk minum-minum tuak dan beberapa botol minuman keras. Para Perajurit melihat ratu gustinya bertindak yang aneh-aneh, menjadikan para prajuritnya bertanya tanya.

Di alun-alun Bojonegoro inilah adon adon diadakan. Panggung yang agak tinggi telah dibuat, agar rakyat Bojonegoro bisa melihat dari segala penjuru alun alun. Adon adon pun dimulai, seekor macan diatas panggung dengan diikat sebuah rantai, demi untuk keselamatan para penonton, sedang menanti seekor kambing. Harimau berusaha menerkam kambing itu dan akan dimakannya, namun kambing segera berkelit, dengan dua tiga tendangan, robohlah harimau. Kambing segera dibawa petugas, sedangkan harimau dibawa kembali ke kerangkengnya. Sementara itu Dewi Srenggana menunggu kabar di taman keputren Istana Bojone goro. Dewi Srenggana menerima kehadiran sukma Prabu Anglingdarma, yang sebelumnya berujud merak, kini dalam wujud  seekor burung ciplukan. Burung Ciplukan memberitahu, bahwa Batikmadrim berhasil memenangkan kambing melawan harimau. Burung Ciplukan berpesan, agar kambing yang memenangkan adon adon tadi siang, disuruh mengambilkan bunga kantil.

Betul juga, tak lama kemudian datanglah Prabu Anglingdarma palsu  di taman. Dewi Srenggana tidak mau menyambut kedatangan Prabu Anglingdarma palsu. Dewi Srenggana meminta agar kambing yang memenangkan adon adon supaya bisa memanjat  pohon kantil dan mengambilkan beberapa bunganya. Tanpa sungkan Prabu Anglingdarma palsu menyanggupi permintaan Dewi Srenggana. Prabu Anglingdarma palsu, menghela napas dan lepaslah sukma Batikmadrim dari raga Prabu Anglingdarma, dan masuk dalam raga kambing. Melihat sukma Batikmadrim sudah keluar dari raga Prabu Anglingdarma, cepat-cepat burung ciplukan memasuki raga Prabu Angling darma. Kini sukma Prabu Anglingdarma Asli telah menghuni kembali kedalam raganya, yang setelah lama raganya dipakai Batikmadrim.

Prabu Anglingdarma, sangat tidak suka, ia tidak tahu apa yang dilakukan Batikmadrim pada tubuhnya, juga di dalam tubuhnya terasa terbakar, karena di dalam tubuhnya  mengalir air tuak dan minuman keras, rupanya Batikmadrim seorang peminum. Dengan kesaktiannya, Prabu Anglingdarma berhasil memuntahkan air tuak dan minuman keras dari dalam tubuhnya. Prabu Anglingdarma juga memperkirakan Batikmadrim membawa tubuhnya, ketempat tempat kotor, untuk menghilangkan bekas bekas yang ditinggalkan Batikmadrim pada tubuhnya. Prabu Anglingdarma berniat menyucikan dirinya dengan pergi bertapa.

Sementara itu, kambing yang memanjat pohon kantil, melihat raga Prabu Anglingdarma yang sudah lama ia pakai, kini telah terisi kembali oleh sukma Prabu Angling darma asli. Kambing yang berisi sukma Batikmadrim, segera turun  Kambing Batikmadrim memohon ampun kepada Prabu Anglingdarma. Prabu Anglngdarma mengatakan bahwa ia sudah lama memaafkannya dan mengingatkan agar Kambing Batikmadrim segera mencari raganya yang dahulu ditinggalkan. Prabu Anglingdarma tidak bisa menjamin keberadaan raga Batikmadrim, karena peristiwa itu sudah terjadi agak lama.

Dengan penuh rasa penyesalan, Batikmadrim dengan wujud seekor kambing berusaha menemukan raganya Disepanjang perjalanan mencari raganya. Kambing Batikmadrim menangisi nasibnya. Prabu Anglingdarma kini merasa sangat berbahagia dengan  kelahiran putera pertamanya laki-laki dari Dewi Srenggana, yang diberi nama Anglingkusuma. Sedang kan dari Dewi Trusilawati, Prabu Anglingdarma mendapatkan seorang putera laki laki pula, yang diberi nama Danurwenda.

Sumber: http://arief-wayangwayang.blogspot.com/

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer