Casing

Pengertian Dan Fungsi Casing Komputer

Pengertian
Casing merupakan bagian luar yang sangat penting untuk komponen-komponen komputer, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa pengertian daripada casing? berikut ini ulasannya.


Casing adalah kotak atau rumah yang berisi komponen-komponen mainboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat melindungi mainboard dan perangkat keras lainnya dari benturan-benturan yang bisa mengakibatkan kerusakan langsung, dengan casing komponen komputer kita akan terlindungi baik hal kecil maupun besar. Adapun fungsi casing adalah sebagai berikut :
  1. Melindungi berbagai komponen didalamnya dari debu, panas matahari, air dan kotoran lainnya pada saat bekerja.
  2. Hampir semua peripheral menggunakan casing sebagai tempat dudukannya.
  3. Exhaus Fan yang berfungsi sebagai pendingin ruanganpun,menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu didalam CPU.
  4. Casing PC yang juga amat penting ialah sebagai tempat dudukan tombol-tombol atau lampu-lampu. Contohnya Tombol Power pada CPU.
  5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai kediaman (rumah mainboard) power supply yang memberikan tugas buat semua komponen. 

JENIS-JENIS CASING KOMPUTER

Perlu di ketahui bahwa casing komputer memiliki berbagai jenis, bukan hanya komponen yang lain saja, jenis wadahnya pun sangat bervariatif. Mari kita simak jenis-jenis casing di bawah ini.

1. Casing Desktop

Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm.Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada ketika ini sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk hard disk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu
2. Casing Tower

Casing komputer terkini di tahun 2012 menggunakan casing tower, ia mempunyai ruang di dalam casing komputer lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari:
  • Mini Tower : Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama.Perbedaan di antara kedua-dua jenis tersebut adalah dari segi ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya lebih kecil dibanding casing komputer midlle tower
  • Middle Tower : Casing mid tower adalah jenis casing komputer yg paling banyak dipakai di pasar rakitan indonesia.dipasaran casing ini juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo,lampu hard disk dan kabel-kabel lampu, tapi untuk fan mungkin optional, tergantung jenis segment casing komputer yang dipilih.
http://andriaguschan.blogspot.co.id/pengertian-dan-fungsi-casing-komputer.html

PENGERTIAN CASING KOMPUTER
Casing komputer merupakan sebuah rumah berbentuk kotak yang dibutuhkan oleh perangkat-perangkat komputer seperti Processor (CPU), Motherboard, hardisk dan peranti-peranti yang lain. Selain itu casing komputer juga digunakan untuk melindungi perangkat-perangkat yang sangat sensitif seperti motherboard, floppy drive, power supply, hard disk drive dan komponen-komponen lainnya.
Kesimpulannya adalah bahwa casing komputer merupakan tempat atau rumah yang berfungsi untuk melindungi perangkat keras dari benturan-benturan kecil yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat-perangkat yang sensitif
FUNGSI CASING KOMPUTER
Adapun fungsi dari casing yaitu untuk melindungi komponen Komputer dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan-benturan fisik. Casing juga berfungsi sebagai pelindung prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk. Casing juga digunakan untuk tempat Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin saat komputer beroperasi.
JENIS-JENIS CASING
1. Casing Desktop : merupakan casing berbentuk kotak dengan ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjang kira-kira 50-60 cm. Casing jenis ini biasanya suka berada di bawah monitor dan casing ini sebenarnya bukan casing ketinggalan jaman atau jadul. Sekarang masih banyak pengguna memakai casing ini, karenan ukurannya lebih kecil namun mempunyai kelemahan yaitu berat casing tersebut.
2. Casing Tower : Casing komputer pada tahun 2012 saat ini telah menggunakan casing tower, casing ini mempunyai ruang di dalam casing komputer lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari Mini tower dan Middle Tower.
3. Casing Mini ITX : Jenis casing satu ini merupakan rancangan baru dengan desain yang lebih mantap dan akan di promosikan setelah tahun 2012 ini.
4. Casing Gaming : Jenis casing ini biasanya ukurannya lebih besar dan luas, karena para pecinta game sangat ingin memaksimalkan perangkat-perangkat kerasnya. Contoh casing gaming adalah CBM Azza Toledo 301, Toolest. Tipe casing tersebut tidak memerlukan obeng untuk pemasangan perangkat keras dan mempunyai susunan kabel yang sangat rapi.
//www.solusikompi.com/pengertian-dan-fungsi-casing.html

PENGERTIAN DAN FUNGSI CASING KOMPUTER

A. Pengertian Casing Komputer
Casing komputer merupakan kotak atau rumah untuk tempat perangkat-perangkat komputer seperti Processor (CPU), Motherboard, hardiks dan peranti-peranti yang lain. Selain itu casing komputer juga digunakan untuk melindungi perangkat-perangkat yang sangat sensitif seperti motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen lainnya.
Kesimpulannya adalah bahwa casing komputer merupakan tempat atau rumah yang berfungsi untuk melindungi sekaligus tempat komponen-komponen komputer secara lengkap yang terpasang di rumahan atau di casing komputer tersebut.
Komputer
B. Fungsi casing komputer
Melindungi komponen Komputer dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan-benturan fisik. Casing juga berfungsi sebagai pelindung prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk. Casing juga digunakan untuk tempat Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin saat komputer beroperasi.
C. Jenis-Jenis Bentuk Casing
1. Casing Desktop
Casing desktop merupakan casing berbentuk kotak dengan ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjang kira-kira 50-60 cm. Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor.
2. Casing Tower
Casing komputer pada tahun 2012 saat ini telah menggunakan casing tower, casing ini mempunyai ruang di dalam casing komputer lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari Mini tower dan Middle Tower.
3. Casing Mini Itx
Jenis casing satu ini merupakan rancangan baru dengan desain yang lebih mantap dan akan di promosikan setelah tahun 2012 ini.
4. Casing komputer seri Gaming
Pengunaan casing komputer ini dikhususkan untuk Memodifikasi perangkat komputer dalam cara non-standar. Modifikasi dilakukan, terutama oleh penggemar berat hardware, untuk memamerkan piranti dalam komputer dengan memamerkan perangkat keras internal, dan juga untuk membuatnya terlihat estetis menyenangkan untuk pemiliknya. dan juga dapat dimodifikasi untuk meningkatkan kinerja komputer, ini biasanya berhubungan dengan pendinginan dan melibatkan perubahan pada komponen agar semua komponen dapat bekerja maxsimal biasanya mengunakan kipas yg besar dan berwarna. Casing komputer ini biasanya sudah mengunakan air flow yg bagus, penampilan futuristik atau gaming sekali seperti seri Casing CBM Azza Toledo 301, Toolest ( tidak mengunakan Obeng untuk merakitnya,serta memiliki pengaturan kable yang baik dan rapih.
http://www.terwujud.com/pengertian-dan-fungsi-casing-komputer.html

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer