Connector RJ45

Connector RJ 45 adalah penghubung atau konektor kabel ethernet (bagian jejaring komputer) yang digunakan dalam jaringan. Connector RJ 45 sebagai peralatan dalam jaringan yang demikian populer bisa  digunakan untuk jaringan telekomunikasi maupun jaringan internet. RJ ini merupakan konektor yang sudah terstandar untuk jaringan lokal seperti LAN maupun jaringan lainnya.
Connector rj45 biasanya terdapat pada ujung kabel dari UTP (unshielded twisted pair) yang menghubungkannya ke pemancar penerima (transceiver). Connector rj 45 akan menghubungkan kabel UTP dengan transceiver tadi.
Agar connector RJ 45 atau modular plug bisa digunakan perhatikan warna yang digunakan. Urutan warna tak bisa dipasang atau disambungkan sembarangan. Warna dalam connector RJ 45 biasanya sudah memiliki standar yaitu sesuai standar T568A maupun T568B.
Connector RJ 45 bisa menghubungkan dua atau lebih jaringan. Nah, menghubungkan dua jaringan pemasangan harus menggunakan kabel cross over, sementara jika menghubungakan lebih dari dua jaringan harus menggunakan kabel straight through. Berikut dijelaskan lebih lanjut tentang penghubung RJ 45 ini.

Konfigurasi Connector RJ45

Konektor RJ 45 pada dasarnya memiliki tiga jenis konfigurasi atau pengaturan berdasarkan perangkat yang dapat dihubungkannya.Pertama, konfigurasi straight through yaitu kabel yang menghubungkan jaringan dengan tingkatan berbeda. Biasanya kabel ini menghubungkan lebih dari dua jaringan.
Kedua, konfigurasi cross over yaitu kabel yang menghubungkan perangkat jaringan yang jumlahnya tak lebih dari dua jaringan. Contohnya adalah menghubungkan koneksi jaringan antar PC (personal computer) atau router ke router.
Ketiga, konfigurasi rollover yaitu kabel penghubung yang digunakan guna mengakses router (alat pengirim paket data ke jaringan) dengan PC. Kabel ini sangat mudah digunakan. Tinggal membalik dan mengurutkan kabel yang ingin dipasang pada satu sisi.

Fungsi Connector RJ45

Selain menjelaskan apa itu connector rj45 atau modular plug, di sini akan diurai pula fungsi dari konektor jaringan tersebut. Fungsi utama dari connector RJ 45 atau modular plug adalah menyambungkan kabel UTP dengan pemancar penerima, Komputer, Switch, Patch Panel dan lain-lain. RJ 45 hanya bisa digunakan untuk kabel UTP/STP 4 Pair.
Konektor RJ 45 dan kabel UTP digunakan untuk jaringan komputer yang terkoneksi dengan internet. Misalnya kita yang menggunakan PC atau laptop selain bisa mendapatkan koneksi internet melalui wifi juga bisa menggunakan internet melalui konektor RJ 45 yang ada pada kabel UTP dan tersambung dengan PC/laptop.

Cara Memasang Kabel UTP ke Konektor RJ 45

Kabel UTP yang ingin dihubungkan dengan konektor RJ 45 harus disesuaikan dengan kabelnya, apakah menggunakan straight through atau cross over. Dalam memasang kabel UTP dengan connector RJ 45 perlu diperhatikan urutan warna dan kabel yang benar. Lalu sambungkan atau masukkan kabel UTP pada konektor RJ 45. Lekatkan atau jepit RJ 45 memakai tang khusus yaitu tangcrimping.rj 25
Selesailah proses pemasangan kabel UTP dengan konektor RJ 45. Selanjutnya tugas Anda adalah memastikan atau melakukan tes apakah koneksi kabel UTP dan konektornya benar-benar sesuai dan berfungsi. Cara mengujinya bisa menggunakan tester kabel.
Di pasaran sendiri harga connector rj 45 atau modular plug cukup terjangkau. Bisa dibeli secara eceran (pcs) maupun dalam jumlah banyak. Ada berbagai jenis connector yang bisa dipilih oleh konsumen. RJ45 terbuat dari bahan berkualitas yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Connector ini juga mudah digunakan dalam pemasangannya.
http://www.helenturvey.com/apa-itu-connector-rj45-atau-modular-plug/

Apa itu Konektor RJ45?

Soket terdaftar (RJ) adalah antarmuka jaringan fisik standar untuk menghubungkan peralatan telekomunikasi atau data. Konektor fisik yang menggunakan jacks terdaftar terutama dari konektor modular dan tipe konektor pita mini 50 pin. Konektor twisted-pair yang paling umum adalah konektor modular 8-posisi, 8-kontak (8P8C) dan jack biasa yang disebut konektor RJ45 .
file

RJ45

  • Soket atau jack 8-pin / 8-posisi biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan area lokal berbasis Ethernet (LAN).
  • Dua skema pengkabelan-T568A dan T568B-digunakan untuk menghentikan kabel twisted-pair ke antarmuka konektor.
https://www.anixter.com/en_us/resources/literature/techbriefs/what-is-an-rj45-connector.html

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer