Shortcut

Fungsi tombol shortcut dibagi menjadi 5 seperti dibawah: 
- Control Keys  Tombol Control bisa di gunakan sendiri maupun di kombinasikan dengan tombol lain. Contoh Alt, Ctrl, Esc dan Tombol logo WIndows
 - Alphanumeric keys Yang menyangkut tipe ini adalah  deretan huruf mulai A-Z, kemudian tombol angka di bagian atas, serta simbol-simbol yang sering di gunakan (titik, koma, tanda kurung dll) 
- Function keys Function dapat digunakan untuk perintah spesifik, dengan memiliki action yang berbeda pada setiap program. Tombol function dilambangkan dengan huruf F(F1-F12) yang bisa digunakan sebagai tombol shortcut untuk semua program yang ada di komputer.
 - Navigation keys Tombol navigasi yang berfungsi untuk melakukan perintah navigasi di area windows explorer, website dan sebagainya. Tombol navigasi tersebut meliputi Page Up, Page Down, Tombol panah(kiri, kanan, atas, bawah) Insert dan delete. 
- Numeric keypad Numeric keypad adalah tombol angka yang terdapat pada keyboard komputer sebelah kanan dan tidak terdapat di keyboard laptop. 
Dalam belajar komputer sobat harus mengetahui Pengertian Shortcut dan Kegunaannya pada Komputer yang bisa memudahkan dalam pengoperasian komputer tersebut. Berikut ini adalah penjelasan serta fungsi-fungsi keyboard sebagai shortcut:
 Ctrl+A, kombinasi antara tombol A dengan control Ctrl dapat digunakan untuk memilih seluruh objek baik teks maupun gambar dalam Ms Word atau file lainnya. Ctrl+B, kombinasi antara tombol B dengan control Ctrl dapat membuat kalimat yang di blok menjadi huruf tebal. Ctrl+C dapat meng-copy teks, gambar, atau file yang di seleksi lainnya. Ctrl+F5 dapat membuat ukuran  layarMs Word menjadi sedang Ctrl+F4 dapat menutup dokumen atau program yang sedang beroperasi Ctrl+D mempunyai fungsi dalam mengatur font baik dari ukuran maupun jenis huruf. Dan semua tombol huruf dikeyboard mempunyai fungsi berbeda jika di kombinasikan dengan Ctrl. Ctrl+F6 dapat berfungsi untuk meminimize layar atau sebuah program. Dan semua tombol function F1-F12 mempunyai fungsi berbeda jika di kombinasikan dengan Ctrl. Kombinasi tombol diatas adalah kombinasi yang sering digunakan untuk melakukan shortcut, sebenarnya masih ada banyak lagi tombol yang dapat di kombinasikan untuk melakukan shortcut, yang akan kita bahas di lain waktu. 
Pengertian shortcut adalah jalan pintas/cara cepat untuk menjalakan suatu diprogram komputer pada suatu sistem yang terinstal di komputer. Cara singkat sebagai tombol pintas atau shortcut pada keyboard di komputer adalah satu tombol fungsi dari dua tombol atau lebih ketika tombol tersebut di tekan, maka dapat difungsikan sebagai pintasan cepat yang biasanya menggunakan mouse atau perangkat petunjuk lainnya.
Tombol shortcut keyboard ini berfungsi untuk memudahkan, mempercepat pekerjaan pada saat kita mengetik atau melakukan aktivitas pada komputer. Shortcut keyboard sangat membantu untuk menghemat waktu tanpa membuang-buang waktu dan pekerjaan dapat menjadi lebih cepat dan tepat waktu. Disini saya akan berbagi macam-macam tombol shortcut keyboard yang paling sering digunakan dan paling sering dioperasikan oleh pengguna komputer. Macam tombol shortcut keyboard pada komputer sangat banyak sekali. Pada postingan ini saya hanya menjelaskan beberapa shortcut yang paling sering digunakan dalam menjalankan komputer. Berikut ini adalah macam-macam tombol shortcut keyboard komputer yang paling sering digunakan oleh pengguna komputer:
CTRL + A :berfungsi untuk memblok keseluruhan teks yang ada pada layar monitor, A berarti All. CTRL + B : (BOLD) berfungsi untuk menebalkan teks, tetapi font harus di blok terlebih dahulu. CTRL + C : (COPY) berfungsi untuk mengcopi file yang ada dikomputer. CTRL + D :berfungsi untuk membuka menu atau kotak dialog Font. CTRL + E : (EQUATOR) berfungsi untuk merata tengahkan teks. CTRL + F : (FIND) berfungsi untuk membuka menu atau kotak dialog Find and Replace. CTRL + G : (GO TO) berfungsi untuk membuka menu atau kotak dialog Find and Replace. CTRL + H :berfungsi untuk membuka menu atau kotak dialog Find and Replace (tab Replace). CTRL + I :berfungsi untuk membuat font atau tulisan menjadi miring / (italic). CTRL + J : (JUSTIFY) berfungsi untuk rata kanan & kiri pada teks. CTRL + K :berfungsi untuk membuka menu atau kotak dialog Insert Hyperlink. CTRL + L : (LEFT) berfungsi untuk merata kirikan pada teks. CTRL + M : berfungsi untuk membuat slide baru pada power point. CTRL + N : (NEW) berfungsi untuk membuka dokumen baru. CTRL + O :berfungsi untuk membuka file pada komputer, karena O berarti Open. CTRL + P berfungsi sebagai tombol shortcut untuk menjalankan printer atau mengeprint dokumen. CTRL + Q : berfungsi untuk menghilangkan nomor urut pada teks. CTRL + R : (RIGHT) berfungsi untuk membuat merata kanankan teks. CTRL + S : (SAVE) berfungsi sebagai tombol shortcut untuk menyimpan file. CTRL + T : berfungsi untuk menggeser Left Tab pada mistar dokumen. CTRL + U : (UNDERLINE) berfungsi untuk menggaris bawahi teks. CTRL + V : (PASTE) berfungsi untuk menampilkan hasil teks yang sudah di Copy. CTRL + W : berfungsi untuk menyimpan dan langsung menutup program ms. Office yang di pakai. CTRL + X : (CUT) berfungsi untuk memotong teks, teks terlebih dahulu di blok. CTRL + Y : (REDO) berfungsi untuk mengulang atau meneruskan kembali aktivitas yang dibatalkan. CTRL + Z : (UNDO) berfungsi untuk membatalkan perintah terakhir.

http://www.kompasiana.com/distap/pengertian-dan-kegunaannya-shortcut-pada-komputer


Macam Tombol Shortcut Keyboard Komputer

Tombol shortcut keyboard berfungsi untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan pada saat kita mengetik atau melakukan aktivitas pada komputer. Shortcut keybard sangat membantu untuk menghemat waktu sehingga kerja menjadi lebih cepat. Disini saya akan berbagi macam -macam tombol shortcut keyboard yang paling umum digunakan dan paling sering digunakan oleh pengguna komputer. macam tombol shortcut keyboard pada komputer sangat banyak sekali, akan tetapi pada postingan ini hanya memuat beberapa shortcut yang paling sering digunakan dalam menjalankan komputer.

Berikut adalah macam-macam tombol shortcut keyboard komputer yang paling sering digunakan:
1.   Ctrl + C berfungsi untuk mengcopy file ataupun tulisan yang di blok pada komputer
2.   Ctrl + V , mempunyai fungsi seperti paste, biasanya digunakan setelah kita menekan tombol Ctrl + C.
3.   Ctrl + P berfungsi sebagai tombol shortcut untuk menjalankan printer
4.   Ctrl + ] berfungsi untuk memperbesar font pada saat mengetik, font harus di blok terlebih dahulu.
5.   Ctrl + [ berfungsi untuk memperkecil ukuran font pada saat pengetikan
6.   Ctrl + O berfungsi untuk membuka file karena O berarti Open
7.   Ctrl + N berfungsi untuk membuat documen baru
8.   Ctrl + Z berfungsi untuk membatalkan perintah, atau bisa disebut dengan UNDO
9.   Ctrl + X berfungsi sebagai CUT pada file
10. Ctrl + F berfungsi untuk pencarian atau search
11. Ctrl + A berfungsi untuk mem-blok semua yang ada pada layar monitor, A berarti All
12. Ctrl + S berfungsi sebagai tombol shortcut untuk menyimpan file atau folder
13. Ctrl + B berfungsi untuk membuat font menjadi bolt/tebal, font harus di blokterlebih dahulu.
14. Ctrl + I berfungsi untuk membuat font atau tulisan menjadi miring / italic
15  Ctrl + M berfungsi untuk membuat slide baru pada power point
16. Shift + Delete berfungsi untuk menghapus file secara permanen
17. Ctrl + Alt + Delete berfungsi untuk menampilkan task manager pada windows
18. Symbol Windows + E berfungsi untuk membuka explorer
19. Symbol Windows + R berfungsi untuk membuka RUN pada windows
20. Alt + tab berfungsi untuk menampilkan program - program yang sedang berjalan
http://www.teorikomputer.com/macam-tombol-shortcut-keyboard-komputer.html





Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer