Processor and Coprocessor

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
Aritcmatics Logical Unit (ALU)
Control Unit (CU)
Memory Unit (MU)
Sejarah Perkembangan Mikroprocessor
Dimulai dari sini :
1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.
1972 : 8008 Microprocessor

Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.

1974 : 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan
1978 : 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.
1982 : 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.
1985 : Intel386™ Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004
1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor
Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

1993 : Intel® Pentium® Processor
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.
1997 : Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.
1999 : Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.
1999 : Intel® Pentium® III Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.
2000 : Intel® Pentium® 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.
2001 : Intel® Xeon® Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

2001 : Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

2002 : Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium

2003 : Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.
2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets

7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.
2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
2005 : Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )
2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)
https://babesajabu.wordpress.com/pengertian-dan-jenis-processor/

coprocessor

Sebuah coprocessor adalah prosesor komputer yang digunakan untuk melengkapi fungsi prosesor primer ( CPU ). Operasi yang dilakukan oleh coprocessor mungkin floating point aritmatika, grafis , pemrosesan sinyal , pengolahan tali , enkripsi atau I / O Interfacing dengan perangkat periferal. Dengan offloading tugas prosesor-intensif dari prosesor utama , coprocessors dapat mempercepat kinerja sistem. Coprocessors memungkinkan garis komputer untuk disesuaikan, sehingga pelanggan yang tidak membutuhkan kinerja ekstra tidak perlu membayar untuk itu.

Fungsi 

Coprocessors bervariasi dalam tingkat otonomi. Beberapa (seperti FPUs) mengandalkan kontrol langsung melalui petunjuk coprocessor , tertanam dalam CPU aliran instruksi . Lainnya adalah prosesor independen di kanan mereka sendiri, mampu bekerja asynchronous; mereka masih tidak dioptimalkan untuk kode tujuan umum , atau mereka tidak mampu itu karena terbatas set instruksi difokuskan pada percepatan tugas-tugas tertentu . Hal ini umum untuk ini harus didorong oleh DMA , dengan tuan rumah prosesor membangun daftar perintah . The PlayStation 2 's mesin Emosi yang terkandung tidak biasa DSP -seperti SIMD vektor satuan mampu kedua mode operasi.

Sejarah 

Untuk membuat penggunaan terbaik dari komputer mainframe waktu prosesor, tugas input / output yang didelegasikan kepada sistem terpisah yang disebut Saluran I / O . mainframe tidak akan memerlukan pengolahan I / O sama sekali, bukan hanya akan mengatur parameter untuk operasi input atau output dan kemudian sinyal prosesor saluran untuk melaksanakan seluruh operasi. Dengan mendedikasikan sub-prosesor yang relatif sederhana untuk menangani memakan waktu I / O format dan pengolahan, kinerja sistem secara keseluruhan ditingkatkan.
Coprocessors untuk aritmatika floating-point pertama kali muncul di komputer desktop pada 1970-an dan menjadi umum di seluruh tahun 1980-an dan ke awal 1990-an. Awal 8-bit dan 16-bit prosesor perangkat lunak yang digunakan untuk melaksanakan floating-point operasi aritmatika. Di mana co-prosesor didukung, perhitungan floating-point dapat dilakukan berkali-kali lebih cepat. Math co-prosesor yang populer pembelian bagi pengguna computer-aided design (CAD) perangkat lunak dan perhitungan ilmiah dan rekayasa. Beberapa unit floating-point, seperti AMD 9511 , Intel I8231 dan Weitek FPUs diperlakukan sebagai perangkat periferal, sementara yang lain seperti Intel 8087 , Motorola 68.881 dan National 32.081 yang lebih erat terintegrasi dengan CPU.
Bentuk lain dari coprocessor adalah tampilan coprocessor video, seperti yang digunakan di Atari 8-bit keluarga , yang Texas Instruments TI-99 / 4A dan MSX rumah-komputer, yang disebut " Video Tampilan Controller ". Commodore Amiga kustom chipset termasuk unit tersebut dikenal sebagai tembaga , serta blitter untuk mempercepat manipulasi bitmap dalam memori.
Sebagai mikroprosesor dikembangkan, biaya mengintegrasikan titik fungsi aritmatika floating ke dalam prosesor menurun. kecepatan prosesor yang tinggi juga membuat coprocessor terintegrasi erat sulit untuk diterapkan. Matematika secara terpisah dikemas co-prosesor sekarang jarang di komputer desktop . Permintaan untuk dedicated graphics co-processor telah tumbuh, bagaimanapun, terutama karena peningkatan permintaan untuk realistis grafis 3D di game komputer .

Intel coprocessors 

i8087 dan mikroarsitektur i80287.
mikroarsitektur i80387.
Asli IBM PC termasuk soket untuk Intel 8087 floating-point coprocessor (alias FPU ) yang merupakan pilihan yang populer bagi orang-orang menggunakan PC untuk CAD atau matematika-intensif perhitungan. Dalam arsitektur itu, coprocessor yang mempercepat aritmatika floating-point pada urutan lima puluh kali lipat. User yang hanya digunakan PC untuk pengolah kata, misalnya, disimpan biaya tinggi coprocessor, yang tidak akan dipercepat kinerja operasi manipulasi teks.
The 8087 itu terintegrasi dengan 8086 /8088 dan menanggapi floating-point kode mesin kode operasi dimasukkan dalam aliran 8088 instruksi. 8088 prosesor tanpa 8087 tidak bisa menafsirkan petunjuk ini, membutuhkan versi terpisah dari program untuk FPU dan sistem non-FPU, atau setidaknya tes pada saat dijalankan untuk mendeteksi FPU dan pilih fungsi perpustakaan matematika yang sesuai.

Intel 80386DX CPU dengan 80387DX Math Coprocessor
Coprocessor lain untuk 8086/8088 prosesor pusat adalah 8089 input / output coprocessor. Ini menggunakan teknik pemrograman yang sama seperti 8087 untuk operasi input / output, seperti transfer data dari memori ke perangkat periferal, dan mengurangi beban pada CPU. Tapi IBM tidak menggunakannya dalam IBM desain PC dan Intel menghentikan pengembangan dari jenis coprocessor.
The Intel 80386 mikroprosesor digunakan opsional "matematika" coprocessor (yang 80.387 ) untuk melakukan operasi floating point langsung di hardware . Intel 80486DX prosesor termasuk floating-point hardware pada chip. Intel merilis prosesor biaya-berkurang, 80486SX, yang tidak memiliki hardware floating point, dan juga menjual sebuah 80487SX co-processor yang pada dasarnya dinonaktifkan prosesor utama ketika diinstal, karena 80487SX adalah 80486DX lengkap dengan satu set yang berbeda dari koneksi pin. [1]
prosesor Intel lambat 80.486 floating-point hardware terintegrasi pada chip prosesor utama; kemajuan dalam integrasi dihilangkan keuntungan biaya penjualan prosesor floating point sebagai elemen opsional. Akan sangat sulit untuk beradaptasi teknik sirkuit-papan yang memadai pada kecepatan prosesor 75 MHz untuk memenuhi waktu-delay, konsumsi daya, dan standar gangguan frekuensi radio yang dibutuhkan pada kecepatan clock gigahertz-range. Prosesor on-chip floating point masih disebut sebagai coprocessors karena mereka beroperasi secara paralel dengan CPU utama.
Selama era komputer desktop 8- dan 16-bit sumber lain yang umum dari floating-point coprocessors adalah Weitek . coprocessors ini memiliki instruksi yang berbeda set dari coprocessors Intel, dan menggunakan socket yang berbeda, yang tidak semua motherboard didukung. Prosesor Weitek tidak menyediakan fungsi matematika transendental (misalnya, fungsi trigonometri) seperti x87 keluarga Intel, dan diperlukan perpustakaan software khusus untuk mendukung fungsi mereka. [2]

Motorola coprocessors 

The Motorola 68000 keluarga memiliki 68881/68882 coprocessors yang disediakan floating-point percepatan kecepatan yang sama seperti untuk prosesor Intel. Komputer menggunakan 68.000 keluarga tetapi tidak dilengkapi dengan hardware floating prosesor titik bisa menjebak dan meniru instruksi floating-point dalam perangkat lunak, yang, meskipun lebih lambat, memungkinkan satu versi biner dari program yang akan didistribusikan untuk kedua kasus. Coprocessor 68.451 manajemen memori dirancang untuk bekerja dengan 68.020 prosesor. [3]

Coprocessors modern 

Pada 2002 , didedikasikan Graphics Processing Unit (GPU) dalam bentuk kartu grafis yang biasa. Model-model tertentu dari kartu suara telah dilengkapi dengan prosesor khusus menyediakan digital multichannel pencampuran dan real-time efek DSP sedini 1990-1994 (yang Gravis Ultrasound dan Sound Blaster AWE32 menjadi contoh yang khas), sedangkan Sound Blaster Audigy dan Sound Blaster X -Fi lebih contoh terbaru.
Pada tahun 2006, AGEIA mengumumkan kartu add-in untuk komputer yang disebut PhysX PPU . PhysX dirancang untuk melakukan perhitungan fisika yang kompleks sehingga CPU dan GPU tidak perlu melakukan perhitungan memakan waktu ini. Hal ini dirancang untuk bekerja dengan video game, meskipun penggunaan matematika lainnya secara teoritis dapat dikembangkan untuk itu. Pada tahun 2008 Nvidia membeli kartu PhysX dan mulai untuk phase out garis kartu; fungsi ditambahkan melalui perangkat lunak yang memungkinkan GPU untuk membuat PhysX pada core biasanya digunakan untuk grafis pengolahan dengan cara yang sama CUDA bekerja.
Pada tahun 2006, BigFoot Sistem meluncurkan PCI add-in kartu mereka dibaptis KillerNIC yang berlari kernel Linux tersendiri pada Freescale PowerQUICC berjalan pada 400 MHz, menyebut chip Freescale sebuah Network Unit Pengolahan atau NPU.
The SpursEngine adalah add-in kartu media berorientasi dengan coprocessor berdasarkan Sel microarchitecture.The SPUs itu sendiri coprocessors vektor.
Pada tahun 2008 Khronos Grup merilis OpenCL dengan tujuan untuk mendukung CPU tujuan umum, ATI / AMD dan Nvidia GPU (dan akselerator lain) dengan bahasa yang umum tunggal untuk kernel menghitung .
Di tahun 2010-an, beberapa perangkat komputasi seluler telah menerapkan hub sensor sebagai coprocessor. Contoh coprocessors digunakan untuk menangani integrasi sensor di perangkat mobile termasuk Apel M7 dan M8 coprocessors gerak , yang Qualcomm Snapdragon Sensor Inti dan Qualcomm Hexagon , dan Satuan Holographic Processing untuk HoloLens Microsoft .
Pada tahun 2012 Intel mengumumkan Intel Xeon Phi Co-prosesor. [4]
Pada tahun 2016, berbagai perusahaan sedang mengembangkan coprocessors ditujukan untuk mempercepat jaringan syaraf tiruan untuk visi dan tugas-tugas kognitif lainnya (misalnya unit pengolahan Vision , TrueNorth , dan Zeroth ).

Coprocessors lainnya 

  • The MIPS arsitektur mendukung hingga empat unit coprocessor, digunakan untuk manajemen memori, aritmatika floating-point, dan dua coprocessors terdefinisi untuk tugas-tugas lain seperti akselerator grafis.[5]
  • Menggunakan FPGA (field-programmable gate array), coprocessors kustom dapat dibuat untuk percepatan tugas pengolahan tertentu seperti pemrosesan sinyal digital. (misalnya Zynq , menggabungkan ARM core dengan FPGA pada satu mati)
  • TLS / akselerator SSL , yang digunakan pada server .
  • Beberapa multi-core chip dapat diprogram sehingga satu prosesor mereka adalah prosesor utama, dan prosesor lainnya mendukung coprocessors.

Tren 

Seiring waktu CPU cenderung tumbuh untuk menyerap fungsionalitas dari coprocessors paling populer. FPUs sekarang dianggap merupakan bagian integral dari pipa utama prosesor; SIMD unit memberikan akselerasi multimedia, mengambil alih peran berbagai DSP kartu akselerator; dan bahkan GPU telah menjadi terintegrasi pada CPU mati. Meskipun demikian, unit khusus tetap populer jauh dari mesin desktop, dan untuk daya tambahan, dan memungkinkan evolusi terus secara independen dari lini produk prosesor utama.
https://en.wikipedia.org/wiki/Coprocessor

Pengertian Prosesor (Processor)

Prosesor adalah komponen komputer yang merupakan sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses. Dengan kapasitas prosesor yang besar dan didukung oleh memori (RAM) yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan instruksi dengan cepat. Arti lain dari prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprocessor”. Bagian yang terpenting dari prosesor adalah:
  1. Arithmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  2. Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
  3. Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Fungsi Prosesor (Processor)

      Fungsi prosesor dalam sebuah komputer mempunyai fungsi yang sangat penting, karena komponen kecil ini menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer. Pada umumnya fungsi sebuah prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output. Cara kerja prosesor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama harddisk drive (HDD) dan Memori RAM. Fungsi prosesor juga di ibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati prosesor untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang di inginkan dari user/pengguna. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas dan kecepatan prosesor dari sebuah komputer.
http://gusfirmansyah.blogspot.co.id/pengertian-dan-fungsi-prosesor-processor.html

Pengertian dan fungsi processor (prosesor) komputer. Processor / prosesor adalah salah satu komponen yang paling utama dari rangkaian komputer, tanpa alat satu ini kompi tidak akan jalan alias tidak akan berguna karena prosesor adalah otak komputer, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dan fungsi processor komputer yuk kita simak penjelasan berikut.

Pengertian Processor (Prosesor)


Umumnya pengertian processor ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 
Letak prosesor ini terdapat di motherboard, nah saat pemilihan motherboard harus disesuaikan dengan jenis soket dari prosesornya contoh untuk proscessor intel ada soket LGA maka cari motherboard dengan soket LGA juga dan proscessor AMD ada AM3+ maka harus disesuikan juga. 
http://infokomputerrakitan.blogspot.co.id/pengertian-dan-fungsi-processor-komputer.html

Pengertian Processor


 Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Socket Processor (Prosesor) Pada Komputer -  Processor adalah suatu komponen yang dipasang didalam mainboard, yang sangat berperan penting dalam berjalan nya sebuah komputer, tanpa ada sebuah processor, komputer tidak akan bisa berjalan. Umumnya processor juga disebut sebagai otak komputer, secara jelasnya , processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan berjalannya sistem.

  Processor ini berada di bagian Mainboard atau Motherboard atau Mobo atau apalah sebutan lainnya, saat anda ingin memasang processor, perhatikan jenis processornya dengan jenis socket yang ada pada motherboard. Tentunya jika kedua nya berbeda maka tidak akan terpasang atau pinnya tidak pas antara processor dengan socket.Contoh misal jika anda mempunyai motherboard dengan jenis socket LGA, maka anda harus membeli processor Intel yang berjenis LGA juga, begitu juga dengan yang bermerk AMD, jika anda punya processor AMD dengan jenis AM3+ maka harus disesuaikan juga dengan jenis socket yang terdapat pada mother board.

  Ada hal penting yang perlu diperhatikan juga, yaitu adalah nilai TDP pada processor harus sesuai juga dengan motherboard nya. Processor pada zaman ini juga disebut, "Microprocessor", Adapun bagian bagian terpenting dalam processor, adalah :
  • Aritmatics Logical Unit atau disingkat ALU, berfungsi sebagai melakukan semua hitungan aritmatika, yang terjadi dengan instruksi program atau sistem
  • Control Unit adalah kepanjangan dari CU, bagian ini berfungsi untuk mengatur alur lalu lintas data dari Output atau input
  • Memory Unit atau disebut MU, bagian ini adalah alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi

Fungsi Processor


  Fungsi dari processor adalah untuk memproses data dari alat input, dan menghasilkan pengeluaran ke alat output. Processor tidak dapat bekerja sendiri , processor membutuhkan bantuan RAM dan Harddisk, untuk fungsi ram sudah saya pernah bahas di Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Jenis RAMDalam memproses data, cepat atau lambat nya tergantung kecepatan yang dimiliki oleh processor tersebut.

  Pada saat ini , kecepatan tertinggi pada processor adalah 4GHz ( 4 GigaHertz ) tanpa overclocking, processor dapat ditingkatkan kecepatan dan performanya dengan overclocking yang pernah saya bahas di , Apa Itu Overcloking?. Nah maksud dari 4GHz tersebut adalah sebuah processor dapat membaca 4000 Miliar Perintah sekaligus dalam pnegerjaannya, untuk kecepatan 4GHz sudah besar dan bisa dipakai untuk gaming , tetapi biasanya gamers melakukan overcloking untuk mendapatkan performa yang lebih baik.


Jenis Jenis Socket Processor


  Pada dasar nya jenis jenis socket untuk berbagai merk itu berbeda , antara intel, amd , dan lain lain. saya akan menerang kan dari beberapa saja.


  • Intel
    • Socket 423
      • Socket ini digunakan oleh processor Intel Pentium 4, generasi pertama, yang disebut Willamete. Pada socket ini hanya mendukung Memory (RAM) yang diproduksi oleh Rambus atau biasa disebut RDRAM.
    • Socket 478
      • Socket ini memiliki 478 Pin, socket ini mendukung FSB 400,523, hingga 800MHz, Socket ini sudah mendukung untuk penggunaan RAM berjenis DDR, chipset yang cukup terkenal untuk socket ini adalah i875P, i865PE.
    • LGA 775
      • Socket ini sering disebut juga Socket T, yang tidak lagi menggunakan pin, tetapi sudah menggunakan Land Grid Array (LGA). Salah satu keuntunga dalam memakai socket ini adalah tidak akan terjadinya patah pada pin. Socket ini mendukung untuk prosesor Pentium 4 Generasi Prescott, Cedar Mill, Celeron, dan mendukung prosesor berbasis Core Mikroarsitektur, yaitu Core2 Duo, Core2 Quad.Socket ini mendukung FSB hingga 1600MHz QPB.
    • LGA 1156
      • Socket LGA1156 ini ditujukan untuk segment mid-low. Socket ini mendukung untuk prosesor Core i7(Lynfield), Core i5(Lynfield/Clarkdale), Core i5, Core i3.
    • LGA 1366
      • Socket LGA 1366 ini merupakan socket untuk segment High-end dan Enthusiast. Prosesor yang didukung oleh socket ini adalah Core i7(Bloomfield), Core i7 9xx(Gulftown)Six Core. Socket ini mendukung penggunaan Memory (RAM) DDR3.
    • LGA 1155
      • Socket yang satu ini, mirip dengan socket LGA 1156, tetapi pada generasi tahun 2104, Intel meluncurkan prosesor dengan seri "Haswell", dan socket ini hanya support untuk prosesor dengan seri tersebut saja.
    • LGA 2011
      • Pada saat ini, socekt LGA 2011, adalah sebuah socket paling kencang yang ditawarkan oleh Intel, socket ini mendukung untuk chipset X79,  yang baru ada 2 prosesor saja, yaitu Core i7 3930K dan Core i7 3960X, kedua dari prosesor tersebut memakai 6  Core dan 12 thread.
    • LGA 1150
      • Socket ini sering disebut juga socket H3, yaitu adalah sebuah microprocessor intel yang kompatibel , socket ini mendukung seri prosesor Haswell, dan Broadwell. LGA1150 memiliki 1.150 Pin. Semua motherboard yang memakai socket LGA1150, mendukung berbagai jenis i/o-put (VGA, HDMI, DVI, Tergantung modelnya masing masing) 
  • AMD
    • Socket A
      • Socket A, sering juga disebut Socket 462, pada socket ini, memiliki 462 Pin konektor. Prosesor yang didukung oleh socket ini adalah AMD Athlon XP, AMD Duron, AMD Sempron K7. 
    • Socket 754
      • Socket ini adalah Generasi K8 (Hammer), Generasi pertama K8 ini memiliki 754 Pin Konektor, prosesor ini disegmentasikan low-end, prosesor yang menggunakan socket ini adalah Athlon 64 Generasi Awal dan Sempron K8.
    • Socket 939
      • Socket 939, memiliki 939 Pin Konektor, socket ini ditujukan untuk segmentasi mid-high. Socket ini dapat digunakan oleh semua jajaran prosesor AMD dengan tingkat Menengah ke Atas.
    • Socket AM2
      • Socket ini memiliki 940 Pin Konektor dengan dukungan Dual-Channel DDR2, Hypertransport 2.0, dan lain lain. Tidak seperti socket yang sebelumnya , socket ini dapat dipakai oleh prosesor kelas Atas hingga Ekonomis.
    • Socket AM2+
      • Socket AM2+ ini membawa fitur baru yaitu dukunga HT 3.0 dengan Max Frekuensi 2600MHz , dan dukungan Dual-Channel DDR2. Secara fisik AM2+ dengan AM2 tidak ada bedanya, semua prosesor yang dapat dijalan disocket AM2 dapat dijalankan juga di socket AM2+
    • Socket AM3
      • Pada Socket ini, memiliki 941 Pin Konektor, namun ada beberapa yang mengatakan bahwa pada socket ini hanya memiliki 938 Pin Konektor. Socket ini memiliki dukungan Dual-Channel DDR3, dan Frekuensi HT Up to 3200MHz. Tidak seperti socket AM2 dengan AM2+ yang mempunyai dukungan dengan prosesor yang sama jenis nya, pada socket ini, prosesor yang dapat dijalan di socket AM2 dan AM2+ tidak dapat berjalan di socket ini, jangankan untuk menjalankan prosesornya, untuk memasang prosesor pada socket ini saja tidak bisa.
http://xtkjaringan.blogspot.com/pengertian-fungsi-dan-jenis-jenis.html

Pengertian Processor, Fungsi dan Jenis – Jenisnya

Processor | saya yakin dari kebanyakan sobat komputer pasti sudah tau apa itu processor, tetapi bagi yang belum mengetahui apa itu processor, sekarang saya akan mengulas sedikit mengenai pengertian processor serta jenis - jenis processor itu sendiri. Processor biasanya sering juga disebut sebagai otak dari komputer dan pusat pengendalinya, dimana dalam dia bekerja akan didukung oleh banyak komponen - komponen seperti mainboard, memory serta komponen - komponen komputer lainya. Processor juga bisa diartikan sebagai sebuah IC yang berguna untuk mengontrol sistem komputer yang berjalan dan digunakan sebagai otak dari komputer itu sendiri, secara mekanisme kerja processor bertugas untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah - perintah yang di inputkan.
Pada dasarnya fungsi dari processor hanyalah alat yang digunakan untuk memproses data aritmatika. seperti, halnya sebuah kalkulator, dimana dia berfungsi hanya untuk mengolah data yang dia diterima melalui input atau masukan dan kemudian, dia akan menghasilkan output atau keluaran. setiap data yang masuk akan melawati processor, kemudian diolah didalamnya dan keluaran yang dihasilkan berupa data-data yang diinginkan oleh user. tidak seperti yang kita bayangkan sebelumnya, pada prinsipnya processor hanya mengenali bahasa mesin yakni bilangan 0 dan 1.
Processor biasanya berada di matherboard dan diletakan pada socket yang telah disediakan, komponent komputer yang satu ini dapat diganti dengan jenis - jenis yang lain tetapi harus sesuai dengan socket yang terletak pada motherboard. Processor memepunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kecepatan dari proces yang dilakukan komputer, hal ini dipengaruhi oleh jenis dan kapasitas dari processor itu sendiri.

Jenis - jenis Processor 

berdasakan pabrik pembuatnya :

1. Processor Intel

Mungkin sobat komputer banyak memakai produk processor yang satu ini, Produk ini merupakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan Intel Corporation yang merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat dan berdiri sejak tahun 1968, adapun dari tipe - tipe  processor yang dihasilkan antara lain :
intel Processor
1. 4004 Micro processor
2. 8008 Microprocessor
3. 8080 Microprocessor
4. 8086 – 8088 Microprocessor
5. 286 Microprocessor
6. Intel 386 TM
7. Intel 486 TM DX CPU Microprocessor
8. Intel Pentium Processor
9. Intel Pentium Pro Processor
10. Intel Pentium II Processor
11. Intel Pentium II Xeon Processor
12. Intel Celeron Processor1999
13. Intel Pentium III Processor1999
14. Intel Pentium III Xeon Processor2000
15. Intel Pentium 4 Processor2001
16. Intel Italium Processor2001
17. Intel Italium II Processor2002
18. Intel Pentium M Processor2003
19. Intel Pentium M 735/ 745/ 7552004
20. Intel Pentium 4 Extreme Edition2005
21. Intel Pentium D2005
22. Intel Core 2 Quad2006
23. Intel Quad Core Xeon2006
24. Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009

2. Processor AMD

Sama seperti Intel, AMD merupakan perusahaan semikonduktor multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat tepatnya di Sunnyvale, California, Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar kedua setelah Intel Corporation untuk pemasok global mikroprosesor yang berdasarkan arsitektur x86, dan pada tahun 2007, Perusahaan ini menempati peringkat kesebelas dari segi pendapatan. Produk Processor yang dihasilkan oleh AMD antara lain :  
Processor AMD
1. Opteron  ( untuk pangsa pasar server ).
2. AMD FX dan APU A SERIES ( untuk pangsa pasar Desktop ).
3. APU Z SERIES ( untuk pangsa pasar prodak tablet pc ).

3. Processor Apple.

Apple Inc. perusahaan ini sebelumnya bernama Apple Computer, Inc. juga merupakan sebuah perusahaan multinasional dengan pusat kantornya di Silicon Valley, Cupertino, California, bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan serta penjualan produk - produk elektronik, komputer pribadi, serta perangkat lunak komputer. didirikan tepatnya pada tanggal 1 April 1976 dan dinamakan secara resmi menjadi Apple Computer, Inc. kemudian  9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus dan fokus pada nama Apple pasca peluncuran produk iPhone. produk processor apple diantaranya :
Processor apple
1. Apple I
2. Apple II 
3. Apple DOS
4. Apple Pascal
5. Apple CP/M
6. Apple SOS
7. Apple ProDOS
8. Macintosh

4. Processor Cyrix VIA

Cyrix adalah salah satu perusahaan pengembang mikroprosesor yang berdiri pada tahun 1988,tepatnya di Richardson, Texas. pada tanggal 11 November 1997 perusahaan ini bergabung dengan National Semiconductor. dan kemudian diakusisi oleh VIA pada 1999. Adapun processor yang dihasilkan oleh perusahaan ini antara lain :  
Processor cyrix
1. Cyrix FasMath
2. Cyrix 486SLC dan Cyrix 486DLC
3. Cyrix 5×86
4. Cyrix 6×86 (M1)
5. Cyrix MII
6. Cyrix MediaGX
7. Cyrix MII-433GP
8. VIA C3® Processor
9. VIA CoreFusion™ Processor Platform
10. VIA Eden™ Processors
11. VIA C7® Processor
12. VIA PV530 Processor
13. VIA Nano™ Processor
14. VIA Nano™ X2 Processor

5. Processor IBM

International Business Machines Corporation ( IBM ) merupakan sebuah perusahaan yang berkantor pusat  di Armonk, Town of North Castle, New York, Amerika Serikat, yang memproduksi serta menjual berbagai perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. IBM sendiri didirikan tepatnya pada tanggal 16 Juni 1911, dan beroperasi sejak 1888, Produk - produk processorkeluaran dari IBM antara lain :  
Processor IBM
1. 8008
2. 8080
3. 8088/8086sx
4. 286
5. 80386 DX
6. IBM 486SLC2
7. Pentium Classic (P54C)
8. Pentium Pro
9. Pentium II Xeon
10. IBM POWER4
11. IBM POWER5
12. IBM POWER6
13. IBM POWER7

6. Processor IDT

IDT ( Integrated Device Technology ) adalah perusahaan yang lebih kecil yang menghasilkan CPU dengan harga murah. berdiri pada tahun 1980 dan berkantor di San Jose, California Amerika  serikat, IDT merupakan perusahaan pembuat processor WinChip yang diperkenalkan pertama kali pada Mei 1997, adapun processor yang dihasilkan dari perusahaan ini antara lain adalah :
Processor IDT
1. Winchip C6 (0.35 µm)
2. WinChip 2 (0.35 µm)
3. WinChip 2A (0.35 µm)
4. WinChip 2B (0.25 µm)
5. WinChip 3 (0.25 µm)
Demikian review singkat mengenai pengertian, jenis dan fungsi Processor semoga dapat menambah pengetahuan dari sobat komputer sekalian.
https://www.utopicomputers.com/pengertian-processor-fungsi-dan-jenis-jenisnya/

Apa itu Processor atau Microprocessor pada Komputer?

Apa itu Processor atau Microprocessor pada Komputer?

Processor atau Microprocessor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak sebuah komputer dan apabila PC tanpa processor maka PC tidak dapat dijalankan. Processor sering juga disebut sebagai pusat pengendali atau otak komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Microprocessor yang lebih sering disebut atau nama lain dari processor adalah pusat pelaksana seluruh kerja komputer yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz).
Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam memproses data atau informasi. Processor merupakan suatu IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Semakin banyak dan semakin canggih Core yang terdapat di dalam sebuah komputer maka kinerja sebuah komputer tersebut akan lebih cepat. Sebenarnya, sebuah processor inilah yang dinamakan CPU (Central Processing Unit). Tapi tidak tahu bagaimana awalnya, orang menganggap bahwa kotak chasing itulah yang dinamakan CPU, dan salah kaprah ini masih sering berlanjut hingga kini.

Letak sebuah Processor adalah pada socket yang telah disediakan di bagian motherboard, Processor dapat diganti dengan processor yang lain asalkan processor tersebut sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Banyak merk prosesor yang beredar dipasaran diantaranya Intel, AMD, IBM, Apple, Cyrix VIA, dan IDT. Namun ada 2 Perusahaan yang tekenal di dunia sebagai pengembang processor untuk PC yaitu AMD dan Intel. Intel, pertama mengeluarkan produknya yaitu Pentium. Perkembangan Pentium dilakukan hingga saat ini karena Pentium merupakan salah satu processor terbaik yang pernah dipasarkan. Pentium yang pertama bernama Pentium 1 kemudian berkembang menjadi Pentium 4 dan sekarang telah mencapai Dual Core Pentium dan Quad Core Pentium. Keunggulan dari pentium yaitu memiliki kekuatan terhadap panas dan tidak mudah rusak walaupun dipakai hingga 24jam nonstop.

Selain mengandalkan Pentium, Intel juga memiliki Core i3, i5, i7 untuk processor urusan desain grafis. Sedangkan untuk kantoran Intel mengandalkan Celeron dan Dual Celeron yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Untuk sebuah server Intel mengeluarkan Intel Xeon. Selain di atas ada keluarga processor Core 2 yaitu Core 2 Duo dan Core 2 Quad.

Pesaing terbesar Intel yaitu AMD mempunyai banyak beragam processor mulai dari single core sampai quadcore. AMD memiliki keunggulan harga terjangkau dan sangat bagus untuk desain grafis. Contoh produk AMD adalah: AMD Phenom X4, AMD Athlon X2, Athlon X4, AMD Turion dan lain-lain. Kelemahan AMD adalah panas yang terlalu tinggi sehingga dibutuhkan minimal 2 fan di dalam CPU komputer.

Processor bertugas membagi pekerjaan pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, dan ini dilakukan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Oleh karena itu processor menjadi sangat panas sehingga biasanya dilengkapi dengan kipas pendingin.

Bagian terpenting dari prosesor terbagi menjadi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata;
  •  Control Unit (CU), merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arithmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan Perangkat-perangkat alat proses bersertaperlengkapan;
  • Memory Unit (MU), merupakan bagian dari processor yang menyimpan alamat-alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU.
Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan adalah:
  •  Dual-Core mampu memproses beberapa aplikasi secara paralel. Dengan Hyper-Threading, beberapa tugas dijalankan melalui satu arus, tapi dengan dual-core, tugas-tugas ini dipisah menjadi dua arus dan tiap arus diproses sendiri-sendiri.
  • Hyper-Threading (HT) memungkinkan 2 pekerjaan untuk dijalankan pada saat yang sama (paralel). Dengan HT, anda bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa merasakan lagging/lamban.
  • L2 Cache: memori kecepatan tinggi tempat menyimpan data yang sering dipakai oleh CPU. RAM juga memori tetapi aksesnya lebih lamban. PC dengan L2 Cache yang besar memungkinkan lebih banyak data yang bisa diakses dari memori ini sehingga keseluruhan sistem bekerja lebih cepat. Cache ini disebut juga secondary cache dan mempunyai chip sendiri; sedangkan primary cache biasanya didalam CPU itu sendiri. Ukurang cache ada yang 512Kb sampai 2Mb atau lebih.
  • Front Side Bus: Mempengaruhi kecepatan data transfer dari CPU ke RAM dan graphics card dan sebaliknya. PC dengan FSB yang tinggi cocok untuk games dan digital media.
  • Execute Disable Bit: Menurunkan ancaman sekuriti dari virus seperti memory buffer overflow dimana aplikasi anti-virus tidak bisa menanggulangi.
  • Enhanced Intel SpeedStep: Menyediakan kemampuan yang maksimal jika diperlukan dan mengurangi jika tidak. Lebih sering dipakai di laptop atau notebook untuk mengirit penggunaan listrik dari baterai.
  • Extended Memory 64 (64-bit): Sistem dengan 32-bit CPU mempunyai maksimum kapasitas 4GB untuk RAM. Untuk menjalankan aplikasi yang besar dan memerlukan memori lebih besar dari 4GB, data extra akan ditulis di hard-disk sehingga memperlambat prosesnya.
Jenis-jenis Processor:
  • Socket, yaitu berbentuk kotak persegi yang terdapat pin (kaki) konektor;
  • Slot, yaitu berbentuk batangan yang ditancapkan pada port yang khusus disediakan untuk processor model slot. Pada umumnya processor jenis slot banyak ditemukan untuk komputer Pentium II dan Pentium III.
http://bloggerpemalas.blogspot.com/apa-itu-processor-atau-microprocessor.html

Definisi Multicore Processor Keuntungan dan Kerugian

Definisi Multicore Processor Keuntungan dan Kerugian
Multicore processor adalah kombinasi dua atau lebih prosesor independen kedalam sebuah integrated circuit(IC). Umumnya, multicore mengizinkan perangkat komputasi untuk memeragakan suatu bentuk thread level paralelism(TLP) tanpa mengikutsertakan banyak prosesor terpisah. TLP lebih dikenal sebagai chip-level multiprocessing.Teknologi proccessor sudah memanfaatkan multi core, sebuah chip memiliki 2 core atau lebih sudah banyak dibuat. Memiliki computer dengan 2 inti atau 4 inti, saat ini sudah menjadi hal biasa. Demikian juga harga procesor yang dijual dari tahun ke tahun terus turun. Tahun 2010 produsen procesor seperti Intel dan AMD akan terus memperbanyak jumlah core atau inti procesor pada sebuah procesor. Dari 4 core pada sebuah chip akan meningkat menjadi 6 bahkan 8 core

Keuntungan:
  • Meningkatkan performa dari operasi cache snoop (bus snooping)Bus snooping adalah suatu teknik yang digunakan dalam sistem pembagian memori terdistribusi danmultiprocessor yang ditujukan untuk mendapatkan koherensi pada cache. Hal ini dikarenakan sinyal antara CPU yang berbeda mengalir pada jarak yang lebih dekat, sehingga kekuatan sinyal hanya berkurang sedikit. Sinyal dengan kualitas baik ini memungkinkan lebih banyak data yang dikirimkan dalam satu periode waktu dan tidak perlu sering di-repeat.
  • Secara fisik, desain CPU multicore menggunakan ruang yang lebih kecil pada PCB ( Printed Circuit Board) dibanding dengan desain multichip SMP
  • Prosesor dual-core menggunakan sumber daya lebih kecil dibanding sepasang prosesor dual-core
  • Desain multicore memiliki resiko design error yang lebih rendah daripada desain single-core
Kerugian:
  • Dalam hal sistem operasi, butuh penyesuaian kepada software yang ada untuk memaksimalkan kegunaan dari sumberdaya komputasi yang disediakan oleh prosesor multicore. Kemampuan prosesor multicore untuk meningkatkan performa aplikasi juga bergantung pada penggunaan banyaknya thread dalam aplikasi tersebut.
  • Dari sudut pandang arsitektur, pemanfaatan daerah permukaan silikon dari desain single-core lebih baik daripada desain multicore.
  • Pengembangan chip multicore membuat produksinya menjadi menurun karena semakin sulitnya pengaturan suhu pada chip yang padat.
https://elearning-masasep.blogspot.co.id/definisi-multicore-processor-keuntungan-kerugian.html
Hasil gambar untuk coprocessor adalah
Adalah merupakan chip tambahan yang dipasagkan pada processor utama (CPU) untuk membantunya menangani tugas yang lebih khusus, sesuai dengan kemampuan chip tambahan itu. Misalnya penambahan video coprocessor bisa mempercepat tayangan yang berbentuk gambar di layar anda.
http://razna-matdoan.blogspot.co.id/coprocessor.html

Coprocessor adalah Chip mikroprosessor yang secara khusus berfungsi membantu CPU menyelesaikan pengolahan data yang memakan waktu lama.
http://apaitu.web.id/coprocessor/

coprocessor (coprocessors jamak) (computer hardware) Sebuah mikroprosesor tambahan yang digunakan untuk melengkapi fungsi dari central processing unit, melakukan tugas-tugas seperti aritmatika floating-point (floating-point Unit) atau perhitungan grafis (graphics processing unit).
http://kamus-internasional.com/definitions/?indonesian_word=coprocessor

coprocessor : Chip mikroprosessor yang secara khusus berfungsi membantu CPU menyelesaikan pengolahan data yang memakan waktu lama.
https://glosar.id/index.php/term/Komputer-Internet,4652-coprocessor-adalah.xhtml

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer