Cartridge Printer

Cartridge kosongan adalah Cartridge bekas yang baru sekali pakai. Cartridge bekas ini bukan merupakan hasil rekondisi atau servis, melainkan cartridge original yang sudah kosong namun belum pernah disuntik/ direfill. Hasil print-nya pun tidak kalah bagus dengan kualitas yang original (baru), tapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau tentunya. Menggunakan cartridge kosongan dengan harga yang jauh lebih murah merupakan solusi yang sangat ekonomis. 
http://levelprint.blogspot.co.id/apa-itu-cartridge-kosongan.html


Bedanya Toner Cartridge dengan Tinta Cartridge


Pengertian Toner Cartridge dan Tinta Cartridge


Pengertian tinta catridge adalah cairan yang berwarna dengan pigmen pewarna yang bermacam macam. Biasanya penggunaan tinta adalah untuk printer inkjet. Sedangkan pengertian toner catridge adalah sejenis serbuk halus yang biasanya digunakan dalam printer laser.Kedua jenis printer ini yakni printer inkjet dan printer laser keduanya digunakan dan dibutuhkan dalam percetakan atau juga cocok untuk kebutuhan komersial, namun cara pengoperasian dan teknik pencetakan nya tentu sangat berbeda.

Bedanya Toner Cartridge dengan Tinta Cartridge

A. Tinta Cartridge

Pada tinta catridge yang digunakan pada printer inkjet dikategorikan menjadi 2 tipe yaitu:

  • Dye-based atau tinta berbasis pewarna dimana tinta ini terdiri dari larutan pewarna yakni cairan yang diberi pewarna.
  • Pigment-based atau tinta berbasis pigmen adalah tipe tinta catridge yang menggunakan bubuk ultra halus yang dilarutkan dalam cairan.
Pada printer inkjet yang digunakan adala tinta catridge dimana biasanya warna tinta yang digunakan adalah kode CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Cara pengisiannya sangatlah mudah dimana setiap warna terletak pada catridge yang berbeda. Jadi ketika tinta habis, anda cukup menuangkan tinta melalui tabung kecil tinta yang ada diluar printer. Maka secara otomatis, tinta akan mengalir hingga mengisi tinta dalam catridge.
Pada tingkat kebutuhan konsumen, printer inkjet yang paling umum digunakan, selain larena mudah dioperasikan, printer inkjet dipilih karena printer ini memiliki harga jual yang lebih murah.
Tapi jika dilihat dari kebutuhan pemakaiannya, printer inkjet memang terbilang mahal. Karena pemakaian yang besar tentu membutuhkan banyak tinta. Nah biaya tinta inilah terbilang cukup mahal. Apalagi jika anda sering mencetak gambar atau foto, tentu tinta akan lebih boros.

B. Toner printer laser

Printer laser biasanya hanya menggunakan satu warna dalam mencetak (disebut monochrome) sehingga untuk biaya printer laser warna dua kali lipat lebih mahal dibandingkan tinta inkjet. Printer laser termurah biasanya hanya mencetak dalam satu warna (monokrom). Biaya printer laser warna setidaknya dua kali lipatnya, dan dalam beberapa kasus toner cartridge lebih mahal daripada tinta inkjet.Perlu diingat bahwa meskipun toner awalnya lebih mahal daripada tinta, kartrid laser dapat bertahan lebih lama dari katrid tinta. Jika Anda lebih sering mencetak teks, akan lebih hemat jika Anda menggunakan printer laser. Jika Anda memasang kartrid berkapasitas tinggi, biaya bisa turun drastis.Volume dapat mempengaruhi efektivitas biaya printer pilihan Anda. Jika Anda mencetak hanya beberapa ratus halaman per tahun, printer inkjet dapat menjadi salah satu pilihan paling tepat. Jika Anda mencetak ribuan halaman, printer laser akan menghemat biaya dalam jangka panjang.Selain itu, jenis pekerjaan atau dokumen yang Anda cetak akan menentukan jenis printer yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memerlukan printer all-in-one yang dapat mencetak gambar, grafis dan teks, printer inkjet akan menjadi investasi yang terbaik. Hal ini dikarenakan printer inkjet menghasilkan kualitas yang baik untuk teks dan foto.Jika Anda lebih banyak mencetak teks, printer laser adalah pilihan yang lebih baik. Selain itu, printer laser memiliki kecepatan cetak yang lebih tinggi, beberapa merek dapat mencetak hingga 20 halaman per menit atau bahkan lebih cepat, dua sampai tiga kali lebih cepat daripada printer inkjet, dan kualitas teks lebih tajam dan lebih tepat daripada printer inkjet.Jika Anda ingin membeli printer inkjet atau toner, pastikan untuk melakukan sedikit penelitian tentang produk, review atau ulasan pembeli serta fitur yang tersedia.
http://blog.dimensidata.com/bedanya-toner-cartridge-dengan-tinta-cartridge/

Bagaimana Sih Cara Kerja Cartridge Printer Agar Bisa Mencetak?

Cara kerja cartridge printer dalam hal mencetak, sebenarnya diperintah oleh motherboard printer. Board printer ini awalnya bisa bekerja karena mendapat perintah mencetak dari komputer yang kita operasikan. Kemudian setelah mendapat perintah mencetak, board printer melanjutkannya ke cartridge atau head printer. Nah setelah mendapat perintah dari board, maka head printer akan bekerja untuk mencetak dan head akan mengatur secara otomatis bahwa warna tinta mana yang harus dikeluarkan. Jadilah sebuah percetakan karena tinta yang ditampung di cartridge kemudian disemprotkan melalui head printer.
Tinta yang ditampung didalam cartridge selain berfungsi untuk proses mencetak, berfungsi juga sebagai pendingin head printer. Kenapa head perlu ada proses pendinginan? Karena ketika head sedang bekerja mencetak, tinta bisa mengalir karena sudah diatur oleh filamen yang terdapat di head printer hingga tinta menjadi encer. Filamen ini akan memanas ketika head sedang bekerja mengeluarkan tinta. Dengan begitu, mengalirnya tinta ke kertas cetak maka berfungsi juga sebagai pendingin filamen ini.

Kemudian Bagaimana Agar Cartridge Printer Awet Bisa Panjang Umurnya?

Berikut akan saya coba terangkan cara merawat cartridge printer supaya awet tidak sebentar-sebentar harus diservis atau diganti. Cara ini merupakan berdasarkan pengalaman sendiri dan sudah terasa manfa’atnya. Kemudian jika Anda mempunyai cara lain, bisa disampaikan di kotak komentar.
  1. Kalau kita mempunyai banyak kerjaan untuk print dalam jumlah banyak, maka sebaiknya kita jangan melakukan percetakan sekaligus. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa proses print itu menggunakan filamen yang terdapat di head printer. Jika kita mencetak dalam jumlah banyak disekaliguskan, maka filamen head ini akan cepat panas dan menimbulkan cepat rusaknya head printer.
  2. Masih kaitannya dengan filamen head pada point satu. Jika kita sudah tahu bahwa tinta yang terdapat di cartridge sudah habis atau sedikit lagi, maka berhentilah untuk mencetak. Kenapa? Karena itu dia, filamen ini akan kepanasan karena tidak ada tinta yang mengalir. Sedangkan fungsi tinta ini selain untuk mencetak berguna juga untuk mendinginkan filamen head.
  3. Usahakan agar selalu mencetak semua warna yang terdapat di dalam cartridge. Dengan jarangnya digunakan printer untuk mencetak, maka lama kelamaan head printer akan tersumbat. Karena sebelumnya head printer sudah pernah dilakukan mencetak. Jadi bukannya akan awet jika printer jarang kita gunakan. Justru ini akan menyebabkan dan tanda-tanda cartridge printer cepat rusak.
  4. Jika printer lama tidak kita digunakan, maka sebaiknya jangan dulu langsung melakukan proses mencetak. Saya sarankan agar melakukan cleaning dulu pada printer. Caranya mudah saja, dari Devices and Printers yang terdapat di Control Panel lalu pilih printer yang akan kita cleaning. Klik kanan pada gambar printer pilih Printer Properties. Kemudian kita klik Preferences… dan Maintenance.
  5. Dengan banyak merk tinta yang tersedia dipasaran, maka akan membuat bingung kita dalam memilih produk mana yang paling baik. Dalam hal ini terserah Anda mau memilih jenis merk tinta apapun. Namun yang sarankan, sebaiknya gunakan satu merk tinta saja untuk printer yang kita miliki. Jadi sangat tidak baik jika kita sering gonta-ganti merk tinta. Kenapa? Karena menurut saya dari masing-masing merk tinta, biasanya dalam hal keencerannya berbeda-beda.
  6. Apakah printer yang kita miliki diinfus? Jika benar, maka usahakan setiap kita selesai menggunakan printer selalu ditutup lobang tabung penampung tinta. Dan buka kembali jika kita ingin menggunakan printer untuk mecetak. Jika kita lupa menutupnya ketika printer dimatikan, ini dikhawatirkan nanti akan masuk angin melalui lobang tersebut. Dan akhirnya tinta tidak bisa mengalir dengan normal dari tabung infus ke cartridge. Dengan begitu, cartridge tidak menerima tinta dari tabung tersebut, dan akan kekeringan.
  7. Jika printer kita tidak diinfus, maka sudah pasti jika tinta habis di dalam cartridge maka kita akan melakukan isi ulang dengan cara manual. Nah saya sarankan ketika melakukan isi ulang tinta, usahakan tintanya jangan sampai terlalu penuh. Ini tidak baik bagi kesehatan cartridge. Karena cartridge akan sulit menekan tinta atau memompa tinta dari dalam cartridge ke head ketika mencetak. Dan ini bisa membuat tinta di dalam cartridge keluar dari lobang tempat isi tinta dan akan mengalir ke chip cartridge. Jika begitu, chip cartridge akan cepat rusak.
http://info-menarik.net/info-agar-cartridge-printer-awet-panjang-umur/


Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan supaya cartridge printer kita lebih awet :
1. Jangan melakukan pencetakan dalam jumlah yang banyak secara langsung, berilah jeda istirahat
Misalkan kita mencetak 50 lembar, jangan langsung kita cetak sekaligus, kita cetak 15 lembar dahulu kemudian printer diistirahatkan kurang lebih 3 menit, baru kita gunakan untuk mencetak lagi 15 lembar, kemudian diistirahatkan lagi, dan seterusnya.
2. Jangan pernah membiarkan tinta kehabisan terlalu lama, lebih baik sebelum tinta kehabisan kita isi lagi
3. Jangan pernah mendiamkan printer atau tidak kita pakai untuk mencetak lebih dari 1 minggu
4. Jadi usahakan printer dalam satu minggu paling tidak kita gunakan untuk mencetak 1 lembar, tapi juga jangan hanya mencetak menggunakan tinta hitam saja, kita gunakan juga tinta warnanya. Kita cetak saja dokumen yang menggunakan tinta hitam dan berwarna, gunakan saja untuk mencetak foto, hehehe…,narsis gak apa-apa yang penting cartidge printer gue awet, hehehe…
5. Jangan pernah bergonta-ganti jenis atau merk tinta untuk isi ulang
Karena tingkat keenceran setiap jenis atau merk tinta tidak sama, hal ini sangat berpengaruh pada head printer
6. Jangan pernah mengisi tinta kepenuhan atau terlalu penuh
Karena hal ini akan menyebabkan tinta yang kita isikan tidak bisa keluar dikarena head pada printer kita akan bocor karena terlalu berat tekanan yang diberikan tinta, kita bisa mengiraira sendiri kira-kira berapa banyak tinta yang akan saya isikan suapaya tidak sampai luber karena kepenuhan
7. Jika kita menggunakan printer yang pakai infus, pastikan tinta mengalir secara lancar ke cartridge jangan sampai selang tersumbat atau tersendat, jika ada selang infus yang terlipat segera luruskan kembali.
https://erosjayacomputer.wordpress.com/tips-supaya-cartridge-printer-awet/

Cartridge Printer

Cartridge Printer adalah pencetak atau alat cetak, baik itu alat cetak gambar, cetak spanduk, cetak plat dan sebagainya. Hari ini ada varietas printer, printer tinta dan cartridge yang tersedia di pasar yang melayani kebutuhan printing pelanggan. Printer yang secara luas digunakan dalam setiap bidang, di mana Anda akan menyadari fakta yang sangat penting untuk fungsi printer cartridge tinta printer.
Unit terinstal ke printer kompatibel dan ini bukan satu waktu prosedur. Tetapi Anda perlu mengubah cartridge setiap kali tinta printer di dalamnya terbiasa. Biaya yang terlibat dengan mengubah cartridge datang jauh terutama untuk orang-orang yang menggunakan printer pada skala besar. Jadi secara umum hampir semua orang mencoba menggunakan cartridge printer murah untuk tujuan komersial mereka.
Pada dasarnya ada tiga jenis peluru yaitu:
1. asli tinta kartrid.
2. remanufactured tinta kartrid.
3. kompatibel tinta kartrid.
Asli cartridge printer yang mereka cartridge printer yang memiliki merek perusahaan yang melekat pada mereka. Jenis peluru yang dihasilkan oleh produsen printer dan biasanya mahal.
Remanufactured kartrid: cartridge printer jenis ini dibuat dari diperbarui tinta kartrid. Ini murah jika dibandingkan dengan jenis lain dari peluru.
Kartrid tinta kompatibel: jenis cartridge printer kompatibel dengan semua model tersedia printer di pasar. Tapi cartridge ini dibuat dari vendor pihak ketiga. Kartrid tinta kompatibel disukai oleh bisnis skala besar untuk kompatibilitas dan aspek biaya efektif.
Cartridge pada dasarnya terdiri dari tinta printer pada porsi kepala digunakan untuk dicetak oleh menyebar kertas. Cartridge memiliki beberapa partisi seperti wadah tinta yang berinteraksi dengan printer yang kompatibel. Sementara termal yang memiliki satu partisi yang memiliki elemen pemanas bersama resistor. Setiap kali pengguna memberikan perintah pencetakan, arus listrik yang mengalir melalui resistor dan pemanas resistor berlangsung. Kemudian selanjutnya tinta cetak akan mengelilingi piring panas dan mendapat menguap dalam nozzle. Dalam waktu kurang dari sedetik drop tinta akan meluap dari nosel dan jatuh di atas kertas pencetakan.
Umumnya ada 2 jenis tinta printer yang digunakan dalam printer yaitu pigmen berbasis tinta dan pewarna berbasis tinta.
Pigmen tinta printer berbasis: jenis tinta mengering dengan cepat dan digunakan secara ekstensif dalam warna cetakan.
Pewarna tinta printer berbasis: ini jenis tinta menawarkan sebuah array warna yang unik dan memakan waktu kurang dari dua detik untuk mendapatkan kering. Printer akan bekerja dengan lancar jika ada di cukup tinta printer cartridge. Halus tinta lebih mudah akan proses pencetakan.
https://id.wikipedia.org/wiki/Cartridge_Printer

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer