Kartu Grafis atau Kartu Video

Kartu grafis

Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.Walaupun hardware ini tidak begitu penting bagi komputer generasi terbaru karena biasanya sudah memiliki on board grafis namun disisi lain hardware ini juga sangat penting bagi para desainer, gamer, youtuber atau bagi para penghobi PC.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_grafis

Komponen yang ada dalam Kartu Grafis
GPU (Graphic Processing Unit)
GPU adalah prosesor dari sebuah video card, dan berfungsi untuk pengolahan data gambar yang akan ditampilkan di layer monitor. 
Pengertian kartu grafis, video card, display card, graphics card, atau graphics adapter  
Video Memory
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum dan sesudah pemrosesan data pada GPU.
pengertian kartu grafis terintegrasi Integrated graphics
RAMDAC (Random Access Memory Digital – Analog Converter)
Berfungsi mengubah gambar digital menjadi sinyal analog agar bisa digunakan oleh monitor.
pengertian kartu grafis addon dedicated graphics card
Bus Interface
Berfungsi menghubungkan motherboard dengan kartu grafis. Pada umumnya, bus interface ini tipe AGP dan PCI-Express.
Display Interface
Berfungsi menghubungkan kartu grafis dengan monitor. Umumnya terdapat 3 port display, antara lain DVI, TV-out, dan VGAÂ yang paling umum di kebanyakan kartu grafis adalah . Untuk lebih jelas tentang pengertian VGA Â silahkan klik di sini
Heatsink dan Fan
Berfungsi sebagai pendingin kartu grafis.
Semoga penjelasan tentang pengertian kartu grafis di atas bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Baca juga artikel yang masih berkaitan dengan kartu grafis,
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-kartu-grafis-video-card-display-card-graphics-card-atau-graphics-adapter/

Perbedaan istilah Integrated dan Dedicated Kartu Grafis Dalam komputer Atau Laptop

Ketika Anda membeli komputer, khususnya laptop, salah satu bagian dari hardware yang paling sulit untuk dipilih adalah kartu grafis. Anda mungkin pernah mendengar istilah seperti integrated, diskrit dan Dedicated.
Pertama, untuk menghapus beberapa kebingungan, diskrit (Discrete) dan dedicate berarti hal yang sama, sehingga hanya ada dua istilah yang perlu anda ketahui untuk memahami perbedaan antara kedua jenis kartu grafis.
Jadi apa perbedaan antara kartu grafis terintegrasi(Integrated) dan berdedikasi (Dedicated), dan apa manfaat dan kekurangan masing-masing? Jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut tergantung pada apa yang anda butuhkan pada komputer pilihan anda untuk melakukannya
Sebelum Anda membeli laptop gaming atau kartu grafis, anda perlu tahu bagaimana anda akan menggunakannya. Untuk membantu Anda memutuskan apa yang anda butuhkan adalah mengetahui perbedaan antara kartu grafis terintegrasi (integrated) dan berdedikasi (Dedicated).
Perbedaan
Integrated atau terintegrasi
Sebuah unit terintegrasi pemrosesan grafis (GPU) tidak menggunakan RAM sendiri; GPU itu menggunakan memori sistem. Jadi, jika Anda memiliki komputer dengan 4GB RAM, kartu video dapat digunakan di mana saja antara satu dan lima persen dari memori yang tersedia untuk pengolahan grafis. Tentu saja, persentase ini bervariasi tergantung pada ukuran tugas, terutama jika anda memakainya untuk multitasking atau bermain game.
Manfaat untuk unit terpadu ini adalah bahwa hal itu jauh lebih murah, yang pada gilirannya berarti komputer atau laptop menjadi lebih murah. Kartu grafis terintegrasi juga menghasilkan panas yang sedikit dari pada kartu video khusus dan menggunakan daya yang kurang juga, sehingga meningkatkan masa pakai baterai secara keseluruhan.
Kartu grafis terintegrasi cocok untuk orang yang melakukan pengolahan grafis sehari-hari. Termasuk menonton atau editing video, game 2D dan pengolah kata umum. Dan kegiatan-kegiatan tersebut tidak memakai grafis intensif, sehingga kartu video low-end cukup ideal.
Sebuah prosesor grafis dapat tertanam ke dalam prosesor CPU atau dapat ditambahkan ke motherboard dengan slot ekstensi. Mereka yang diintegrasikan ke dalam prosesor disebut unit grafis terintegrasi dan mereka yang terpasang melalui slot ekspansi PCIe disebut unit khusus.
Unit terintegrasi ini berbagi RAM CPU dengan prosesor. Mereka sering kurang kuat dan hanya dapat memberikan kinerja yang layak yang dapat mendukung video HD dan game PC yang sederhana. Dan grafis ini tidak dapat menangani grafis game yang intensif, meskipun mendukung syarat minimal untuk membuat permainan di frame rate rendah dan kualitas grafis yang rendah.
Grafis terintegrasi pada dasarnya adalah sebuah graphics processing unit yang tidak memiliki memori itu sendiri tetapi menggunakan sejumlah kecil dari memori sistem . Hal ini dapat menjadi bagian dari chipset atau CPU dan cukup bagi pengguna rata-rata .
Dedicated
Sedangkan Dedicated Graphics card memiliki RAM dan data terpisah yang ditransfer melalui bus PCI. Yang biasanya lebih kuat bila dibandingkan dengan unit terpadu dan bertujuan untuk tingkat kinerja yang lebih tinggi.
Dedicated kartu grafis memiliki memori sendiri . Katakanlah Anda memiliki GeForce GTX 550 Ti dengan memori 1GB , sehingga 1 Gb memory akan di manfaatkan dan tidak menggunakan memori sistem .
Sebuah dedicated, atau diskrit, GPU memiliki sumber independen sendiri untuk memori video, sehingga RAM sistem anda tidak tersentuh. Jika Anda memiliki kartu video GeForce GTX 680M dengan memori 2GB video, misalnya, memori tersebut  benar-benar terpisah dari 8GB komputer dari memori sistem.
 Kartu video ini akan mendapatkan tempat yang hangat untuk komputer atau Laptop yang dikhususkan gaming. Namun ada beberapa kekurangan dalam memiliki Dedicated Kartu grafis. Jika Anda seorang gamer serius atau jika anda menjalankan sistem dual-monitor, GPU akan harus bekerja lebih keras dan akan cepat panas. Kartu ini juga haus akan kekuasaan, sehingga jika anda menggunakan laptop dengan kartu grafis dedicated, hal itu juga akan menurunkan daya tahan baterai.
Satu hal yang kami sarankan jika Anda akan menggunakan kartu khusus Dedicated adalah untuk memastikan Anda mendapatkan laptop dengan setidaknya satu atau dua kipas dan banyak ventilasi. Anda dapat menemukan pendingin khusus jika Anda ingin memberikan sistem perlindungan ekstra dari panas.
Beberapa kartu video bisa switchable. Hal ini berarti GPU dibangun sebagai kartu khusus Dedicated dan Integrated (terintegrasi). Ketika Anda melakukan hal-hal seperti mengedit spreadsheet atau browsing, anda bisa switch card ke unit yang terintegrasi, yang akan menjaga baterai laptop Anda. Ketika Anda menonton film definisi tinggi atau bermain grafis-berat, kartu grafis dedicated bisa mengambil alih kekuasaan dan bekerja sebagai kartu khusus, meningkatkan kinerja secara keseluruhan tetapi menurunkan daya tahan baterai.
Sebelum anda membuat keputusan mengenai jenis kartu grafis yang Anda inginkan, pastikan anda tahu bagaimana anda akan menggunakannya.
http://www.murdockcruz.com/perbedaan-istilah-integrated-dan-dedicated-kartu-grafis-dalam-komputer-atau-laptop/

Cara Mengetahui Kartu Grafis (Graphic Card) Yang Terpasang Di Komputer
Kartu grafis (graphic card) Komputer mengontrol semua tugas-tugas terkait dengan pemrosesan grafis dan video seperti 3D rendering, game dan video definisi tinggi. Kartu grafis yang bagus tentunya dapat menangani pemrosesan grafis dan video dengan baik pula. PC (personal Computer) atau komputer desktop dapat memiliki kartu grafis terintegrasi (integrated graphic card) atau yang berdiri sendiri (dedicated graphic card). Kartu grafis terintegrasi dapat pula terintegrasi ke motherboard atau ke CPU (Central Processing Unit). Laptop biasanya hanya memiliki kartu grafis terintegrasi dan tidak ada ruang untuk kartu grafis yang berdiri sendiri.
Bagi Anda yang suka bermain game atau menonton film di komputer, mengetahui kartu grafis yang terpasang di sistem komputer sangat diperlukan. Anda dapat mengetahui apakah kartu grafis masih bekerja dengan baik atau mulai muncul masalah. Informasi kartu grafis juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dengan kartu grafis dari vendor lain. Informasi kartu grafis yang lebih spesifik dapat digunakan untuk memastikan driver yang tepat ketika Anda menginstal ulang sistem operasi. Berikut ini adalah cara untuk mengetahu informasi kartu grafis yang terpasang di komputer dengan sistem operasi Windows.
Klik ikon Windows yang terletak di sudut kiri bawah layar komputer Anda.
Mengetahui kartu grafis (graphic card) yang terpasang di komputer
Mengetahui kartu grafis (graphic card) yang terpasang di komputer
Ketikkan "Dxdiag" di kotak pencarian berlabel Search programs and files dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk menjalankan DirectX Diagnostic Tool.
Mengetahui kartu grafis (graphic card) yang terpasang di komputer
Mengetahui kartu grafis (graphic card) yang terpasang di komputer
Di kotak dialog DirectX Diagnostic Tool yang muncul, klik tab Display untuk mengetahui informasi lengkap tentang kartu grafis yang terpasang di komputer.
Mengetahui kartu grafis (graphic card) yang terpasang di komputer
Mengetahui kartu grafis (graphic card) yang terpasang di komputer
http://www.termasmedia.com/lainnya/sistem-operasi/451-cara-mengetahui-kartu-grafis-graphic-card-yang-terpasang-di-komputer.html

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer