Hyperlink

Pengertian Hyperlink

Ada beberapa pengertian tentang hyperlink yang bisa kita dapatkan dari beberapa buku dan website, beberapa pengertian hyperlink tersebut adalah sebagai berikut:
Pengertian Hyperlink pada Buku Cara Mudah Menguasai Google Docs
Link atau hyperlink adalah teks yang dapat menuntun kita untuk menuju ke URL tertentu.
Pengertian Hyperlink pada Buku TIK SMA Kelas XII
Pengertian Hyperlink adalah teks atau gambar untuk menuju suatu alamat atau halaman tertentu.
Pengertian Hyperlink pada Buku Desain Web dengan MS FrontPage 97
Pengertian Hyperlink adalah hubungan dari page WWW ke file pada WWW. Tujuan dari hyperlink pada umumnya adalah page WWW lainnya, tetapi dapat juga berupa file multimedia atau bahkan program.
Pengertian Hyperlink pada Wikipedia Indonesia
Hyperlink atau dalam bahasa Indonesia disebut Pranala adalah sebuah acuan dalam suatu dokumen hypertext ke dokumen yang lain atau sumber lain.
Dari beberapa pengertian hyperlink di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hyperlink dapat menghubungkan suatu halaman dengan halaman lain yang masih terdapat pada website itu sendiri, selain itu hyperlink juga dapat menghubungkan suatu halaman website dengan halaman yang terdapat pada website lain. Selain mengaitkan antar halaman, hyperlink juga bisa mengaitkan halaman dengan file multimedia, dan file program.
Hyperlink dapat dipasang pada text maupun gambar. Hyperlink dengan text dapat dibedakan secara visual, secara default text yang dipasang hyperlink pada sebuah halaman website akan berwarna biru dan underline. Sedangkan hyperlink yang terpasang pada gambar tidak bisa dibedakan secara visual langsung, namun jika pointer berada di atas gambar maka pointer tersebut akan berubah tampilan. Jika text ber-hyperlink tersebut diklik maka browser akan menampilkan halaman atau file yang dituju. Jika browser dapat membaca link tujuan tersebut maka akan ditampilkan langsung dalam halaman browser namun jika file tersebut tidak bisa dibaca, maka user diminta untuk menyimpannya dalam komputer atau dikenal dengan istilah download.
Cara Membuat Hyperlink pada Halaman HTML
Hyperlink pada HTML terbentuk dari tag <a>, secara default penulisan hyperlink pada halaman HTML adalah sebagai berikut:
<a href="URL">Anchor Text</a>
Contoh:
<a href="http://www.mandalamaya.com">Mandalamaya.COM</a>
Hasil:
Mandalamaya.COM
Macam-Macam Atribut Hyperlink dan Contohnya
Tag hyperlink (<a>) mempunyai beberapa atribut penting yang dapat digunakan untuk membantu kita membuat link yang sesuai dengan kebutuhan. Macam-Macam Atribut Tag Hyperlink tersebut adalah:
charset: membuat link dokumen dengan penggunaan karakter set yang lebih spesifik. Value yang dapat digunakan adalah char_encoding
Contoh Penggunaan:
<a charset="UTF-8" href="http://www.mandalamaya.com">Mandalamaya.COM</a>
coords: membuat link dengan menentukan koordinat atau penentuan posisi link tersebut, biasanya digunakan pada link berbentuk gambar. Value yang dapat digunakan adalah coordinates
Contoh Penggunaan:
<a href="sun.htm" shape="rect" coords="0,0,82,126">The Sun</a>
Lihat Demo
download: jika user mengklik hyperlink yang menggunakan tag ini maka file target tidak akan ditampilkan pada browser melainkan langsung didownload pada komputer. Value yang digunakan adalah ekstensi file
Contoh Penggunaan:
<a href="http://www.mandalamaya.com/sample-gambar.jpg" download>
href: membuat link yang menghubungkan text dengan halaman website atau file tertentu berbentuk URL. Value yang digunakan adalah URL
Contoh Penggunaan:
<a href="http://www.mandalamaya.com">Mandalamaya.COM</a>
hreflang: Berguna untuk menjelaskan bahasa yang digunakan pada suatu halaman. Value yang digunakan adalah language_code
Contoh Penggunaan:
<a href="http://www.mandalamaya.com" hreflang="en">Mandalamaya.COM</a>
name: menentukan nama anchor text, dipadukan dengan penggunaan atribut id
Contoh Penggunaan:
id atribut <a href="#C4">Chapter 4</a>
name anchor <a name="C4">Chapter 4</a>
Lihat Demo
rel: menentukan hubungan antara dokumen saat ini dan dokumen terkait. Value yang digunakan dalah: alternate, author, bookmark, help, license, next, nofollow, noreferrer, prefetch, prev, search, tag
Contoh Penggunaan:
<a href="http://www.mandalamaya.com rel="nofollow">Mandalamaya.COM</a>
target: menentukan bagaimana cara link dokumen tersebut dibuka. Value yang digunakan adalah _blank, _parent, _self, _top
Contoh Penggunaan:
<a href="http://www.mandalamaya.com" target="_blank" >Mandalamaya.COM</a>
type: menentukan jenis media dokumen yang digunakan. Value yang digunakan adalah media_type
Contoh Penggunaan:
<a href="http://www.mandalamaya.com" type="text/html">Mandalamaya.COM</a>
Demikianlah ulasan lengkap untuk pengertian Hyperlink yang kami sadur dari beberapa buku yang bisa dijadikan acuan dalam memahami istilah tersebut. Artikel pengertian hyperlink ini kami lengkapi juga dengan cara membuat hyperlink dan macam-macam atribut hyperlink lengkap dengan contohnya. Semoga artikel pengertian hyperlink ini dapat benar-benar bermanfaat untuk kita semua.
http://www.mandalamaya.com/pengertian-hyperlink-fungsi-hyperlink-contoh-hyperlink/
Pengertian hyperlink dan fungsinya dapat kamu simak atau baca di artikel ini. Apa yang dimaksu dengan hyperlink? jika teman-teman belum mengetahuinya silahkan pahami penjelasannya di tulisan ini.
A. Penjelasan tetang hyperlink
Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian di dalam slide, file, program ataupun pada halaman web dengan bagian yang lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink sering dipakai untuk menunjukan lokasi lainnya dari dari teks maupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa file, objek, aplikasi, dokumen, halaman web dan lain-lain.
Atau definisi hyperlink yang lainnya adalah suatu teks yang akan mengarahkan ke tampilan dokumen atau halaman lain. Hyperlink sering kita kenal dengan link, kalau kita menklik hyperlink pada halaman suatu website berarti kita telah menbrowse WWW (World Wide Web) dan  menuju ke halaman yang lain ataupun ke dokumen lain.
B. Fungsi dari hyperlink
Fungsi Hyperlink yaitu, lebih sering disingkat atau disebut Link merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang memiliki tujuan untuk memudahkan visitor atau pengunjung pada suatu web untuk menelusuri berbagai informasi yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjunginya, dan link juga berguna untuk menghubungkan antar dokumen HTML.
pengertian hyperlink
Bentuk kursor saat menyentuh hyperlink.
Link pada umumnya ditampilkan dalam huruf dengan warna yang berbeda, apabila kursor mouse komputer kita diarahkan ke link tersebut maka huruf akan kelihatan bergaris bawah dan juga kursor biasanya akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menujuk pada link tersebut. Jika link tersebut sebelumnya pernah di kunjungi atau diakses, maka objek link tersebut warnanya berubah mejadi ungu atau warna lainnya. Link dapat juga dipasang pada gambar dan jika kita mengklik gambar tersebut akan dibawa ketampilan yang lain.
http://www.pengertianku.net/pengertian-hyperlink-dan-fungsinya-lengkap.html
Hyperlink adalah adalah teks yang akan membawa ke tampilan dokumen lain. Hyperlink sering dikenal sebagai link. Jika anda Mengklik hyperlink pada suatu website berarti anda telah mem-browse WWW dan  menuju ke halaman lain/ ke dokumen lain. 
Hyperlink atau yang disingkat Link merupakan suatu fungsi dalam HTML yang bertujuan untuk memudahkan pengunjung suatu web untuk menelusuri informasi yang tersimpan dalam websiter yang dikunjungi.
Link umumnya ditampilkan dalam font yang berwarna berbeda, apabila kursor mouse didekatkan ke link tersebut maka font akan kelihatan bergaris bawah dan kursor akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menujuk pada link tersebut. Apabila link tersebut sebelumnya pernah di kunjungi/ diakses, maka objek link tersebut warnanya berubah mejadi ungu. Link dapat juga dipasang pada gambar dan jika kita mengklik gambar tersebut akan dibawa ketampilan  yang lain.
http://www.temukanpengertian.com/pengertian-hyperlink.html

arti dari hyperlink

Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian dalam slide, file, program, atau halaman web dengan bagian lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink digunakan untuk menunjukan lokasi lain dari dari teks atau objek yang dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa dokumen, file, objek, aplikasi, halaman web dan sebagainya.
https://timothynathaniel97.wordpress.com/arti-dari-hyperlink/


Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer