Mobile Internet dan Mobile Wireless

Mobile Web

Web mobile mengacu pada layanan Internet berbasis browser yang diakses dari perangkat genggam genggam, seperti ponsel cerdas atau ponsel berfitur , melalui jaringan nirkabel bergerak atau lainnya.
Secara tradisional, World Wide Web telah diakses melalui layanan fixed-line pada laptop dan komputer desktop. Namun, Web sekarang lebih mudah diakses oleh perangkat portable dan nirkabel. Laporan ITU (International Telecommunication Union) awal 2010 mengatakan bahwa dengan tingkat pertumbuhan saat ini, akses web oleh orang-orang yang bepergian - melalui laptop dan perangkat mobile cerdas - kemungkinan akan melebihi akses web dari komputer desktop dalam lima tahun ke depan.  Pada bulan Januari 2014, penggunaan Internet seluler melebihi penggunaan desktop di Amerika Serikat.  Pergeseran ke akses Web mobile telah meningkat sejak 2007 seiring dengan munculnya smartphone multitouch yang lebih besar, dan sejak 2010 dengan munculnya komputer tablet multitouch . Kedua platform ini menyediakan akses, layar, dan peramban seluler Internet yang lebih baik, atau pengalaman pengguna Web berbasis aplikasi, dari pada perangkat mobile generasi sebelumnya. Perancang web dapat bekerja secara terpisah pada halaman seperti itu, atau halaman dapat dikonversi secara otomatis, seperti dalam Wikipedia Seluler . Kecepatan lebih cepat, perangkat yang lebih kecil dan kaya fitur, dan banyak aplikasi terus mendorong pertumbuhan eksplosif untuk lalu lintas Internet seluler. Laporan Index Jaringan Virtual Index 2017 (VNI) yang diproduksi oleh perkiraan Cisco Systems bahwa pada tahun 2021, akan ada 5,5 miliar pengguna ponsel global (naik dari 4,9 miliar di tahun 2016).  Selain itu, laporan VNI 2017 yang sama memperkirakan bahwa kecepatan akses rata-rata akan meningkat sekitar 3 kali dari 6,8 Mbit / s menjadi 20 Mbit / s dalam rentang waktu yang sama dengan video yang terdiri dari sebagian besar lalu lintas (78%).
Perbedaan antara aplikasi Web mobile dan aplikasi asli diantisipasi menjadi semakin kabur, karena mobile browser mendapatkan akses langsung ke perangkat keras perangkat mobile (termasuk accelerometer dan chip GPS ), dan kecepatan dan kemampuan aplikasi berbasis browser membaik. Penyimpanan dan akses yang terus-menerus ke fungsi grafis antarmuka pengguna yang canggih dapat mengurangi kebutuhan akan pengembangan aplikasi asli platform- spesifik.
Mobile Web juga telah disebut Web 3.0, yang menggambarkan kesamaan dengan perubahan yang dialami pengguna saat situs Web 2.0 berkembang pesat. 
Akses Mobile Web saat ini masih mengalami masalah interoperabilitas dan kegunaan . Masalah interoperabilitas berasal dari fragmentasi platform perangkat seluler , sistem operasi seluler , dan peramban. Masalah usability berpusat pada ukuran fisik kecil dari faktor bentuk ponsel (batasan pada resolusi display dan input / operasi pengguna). Terlepas dari kekurangan ini, banyak pengembang seluler memilih untuk membuat aplikasi menggunakan Web seluler. Sebuah penelitian pada pengembangan mobile pada bulan Juni 2011 menemukan bahwa mobile Web merupakan platform ketiga yang paling banyak digunakan, mengikuti Android dan iOS. 
Dalam sebuah artikel di Communications of the ACM pada bulan April 2013, teknolog Web Nicholas C. Zakas, mencatat bahwa ponsel yang digunakan pada tahun 2013 lebih hebat daripada Apollo Apollo 70's (32 kg) Apollo Guidance Computer yang digunakan pada bulan Juli 1969 bulan pendaratan.  Namun, terlepas dari kekuatan mereka, pada tahun 2013, perangkat mobile masih mengalami kinerja Web dengan koneksi lambat yang serupa dengan tahap pengembangan Web tahun 1996.  Perangkat mobile dengan permintaan unduhan / waktu respon lebih lambat, latency transmisi data over-the-air,  dengan "koneksi latensi tinggi, CPU yang lebih lambat, dan memori yang lebih sedikit" memaksa pengembang untuk Memikirkan ulang aplikasi Web yang dibuat untuk desktop dengan "koneksi kabel, CPU cepat, dan memori yang hampir tak ada habisnya." 

Akses mobile 

'Mobile Internet' mengacu pada akses ke Internet melalui penyedia layanan telepon seluler. Ini adalah akses nirkabel yang dapat disalurkan ke menara radio lain saat sedang bergerak melintasi area layanan. Ini bisa merujuk perangkat bergerak yang tetap terhubung ke satu menara, tapi ini bukan arti "mobile" di sini. Wi-Fi dan metode lain yang lebih baik biasanya tersedia bagi pengguna yang tidak beraktivitas. BTS seluler lebih mahal daripada stasiun pangkalan nirkabel yang terhubung langsung ke penyedia layanan internet, bukan melalui sistem telepon.
Sebuah ponsel, seperti smartphone , yang terhubung ke layanan data atau suara tanpa melalui base station seluler tidak ada di mobile Internet. Laptop dengan modem broadband dan langganan penyedia layanan seluler, yang bepergian dengan bus melalui kota ada di Internet bergerak.
Modem broadband bergerak " tetapkan " smartphone ke satu atau beberapa komputer atau perangkat pengguna akhir lainnya untuk menyediakan akses ke Internet melalui protokol yang dapat ditawarkan oleh penyedia layanan telepon seluler.
Menurut BuzzCity , mobile internet meningkat 30% dari Q1 ke Q2 2011. Keempat negara yang memiliki kesan iklan (?) Secara total lebih dari 1 miliar dalam satu kuartal adalah India , Indonesia , Vietnam dan Amerika Serikat .  Pada bulan Juli 2012, sekitar 10,5% dari semua lalu lintas Web terjadi melalui perangkat seluler (naik dari 4% di bulan Desember 2010). 

Standar

Standar meningkatkan interoperabilitas, kegunaan, dan aksesibilitas penggunaan web seluler.
Mobile Web Initiative (MWI) didirikan oleh W3C untuk mengembangkan praktik dan teknologi terbaik yang relevan dengan Web mobile. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk membuat browsing Web dari perangkat mobile menjadi lebih andal dan mudah diakses. Tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan standar format data dari penyedia layanan Internet yang disesuaikan dengan spesifikasi perangkat mobile tertentu. W3C telah menerbitkan panduan untuk konten mobile , dan menangani masalah keragaman perangkat dengan membangun teknologi untuk mendukung penyimpanan deskripsi perangkat.
W3C juga mengembangkan skema pemvalidasi untuk menilai kesiapan konten untuk mobile web, melalui Skema mobileOK -nya, yang akan membantu pengembang konten untuk dengan cepat menentukan apakah konten mereka siap untuk web. Panduan W3C dan pendekatan mobile OK belum kebal dari kritik. [ Rujukan? ] Ini menempatkan penekanan pada Adaptasi, yang sekarang dilihat sebagai proses kunci dalam mencapai web di mana-mana, bila digabungkan dengan repositori deskripsi perangkat .
MTLD, registri untuk .mobi , telah merilis alat uji gratis yang disebut MobiReady Report (lihat mobiForge ) untuk menganalisis kesiapan ponsel di situs web. Ini adalah analisis halaman gratis dan memberi skor Mobi Ready. Laporan ini menguji kesiapan situs dengan menggunakan praktik dan standar industri terbaik.
Standar lain untuk mobile web didokumentasikan dan dieksplorasi untuk aplikasi tertentu oleh kelompok industri yang berminat, seperti penggunaan mobile web untuk tujuan pendidikan dan pelatihan.

Pengembangan

Akses pertama ke Web mobile ditawarkan secara komersial di Finlandia pada akhir tahun 1996 di telepon Nokia 9000 Communicator melalui jaringan Sonera dan Radiolinja . Ini adalah akses ke internet nyata. Peluncuran komersial pertama layanan berbasis web browser khusus seluler adalah pada tahun 1999 di Jepang saat i-mode diluncurkan oleh NTT DoCoMo .
Evolusi standar web mobile
Web seluler terutama memanfaatkan halaman ringan seperti yang dituliskan di Extensible Hypertext Markup Language (XHTML) atau Wireless Markup Language (WML) untuk mengirimkan konten ke perangkat mobile. Banyak peramban seluler baru bergerak melampaui batas ini dengan mendukung beragam format Web, termasuk varian HTML yang biasa ditemukan di Web desktop.

Domain tingkat atas

Domain tingkat tinggi yang disponsori diluncurkan diluncurkan khusus untuk Internet bergerak oleh konsorsium perusahaan termasuk Google, Microsoft, Nokia, Samsung, dan Vodafone. Dengan memaksa situs mematuhi standar web seluler, .mobi mencoba untuk memastikan pengunjung mendapatkan pengalaman yang konsisten dan optimal di perangkat seluler mereka. Namun, domain ini telah dikritik oleh beberapa nama besar, termasuk Tim Berners-Lee dari W3C , yang mengklaim bahwa hal itu merusak independensi perangkat web:
Hal ini pada dasarnya berguna untuk dapat mengutip URI untuk beberapa informasi dan kemudian mencari URI dalam konteks yang sama sekali berbeda. Misalnya, saya mungkin ingin melihat-lihat restoran di laptop saya, menandainya, dan kemudian, saat saya hanya memiliki telepon saya, periksa penanda untuk melihat menu malam hari. Atau, agen perjalanan saya mungkin mengirimi saya petunjuk ke rencana perjalanan saya untuk perjalanan bisnis. Saya dapat melihat rencana perjalanan dari kantor saya di layar besar dan ingin melihat peta, atau saya dapat melihatnya di bandara dari telepon saya saat yang saya inginkan adalah nomor gerbangnya.
Membagi Web menjadi informasi yang ditujukan untuk perangkat yang berbeda, atau kelas pengguna yang berbeda, atau kelas informasi yang berbeda, menghancurkan Web dengan cara yang mendasar.
Saya mendesak ICANN untuk tidak membuat domain tingkat atas ".mobi".

Periklanan 

Pengiklan semakin menggunakan mobile Web sebagai platform untuk menjangkau konsumen. Nilai total iklan di seluler adalah 2,2 miliar dolar pada tahun 2007. Sebuah studi baru-baru ini oleh Asosiasi Penerbit Online, yang sekarang disebut Digital Content Next (DCN), melaporkan bahwa sekitar satu-dalam-sepuluh pengguna Web Seluler mengatakan bahwa mereka telah melakukan pembelian berdasarkan Pada iklan mobile Web, sementara 23% mengatakan bahwa mereka telah mengunjungi situs Web, 13% mengatakan bahwa mereka telah meminta lebih banyak informasi tentang produk atau layanan dan 11% mengatakan bahwa mereka telah pergi ke toko untuk memeriksa sebuah produk.

Halaman Mobile yang Dipercepat

Pada musim gugur tahun 2015, Google mengumumkan akan meluncurkan prakarsa open source yang disebut " Accelerated Mobile Pages " atau AMP. Tujuan dari proyek ini adalah untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja halaman kaya konten yang meliputi video , animasi , dan grafik . Karena sebagian besar penduduk sekarang mengkonsumsi web melalui tablet dan smartphone , memiliki halaman web yang dioptimalkan untuk produk ini adalah kebutuhan utama AMP. 
Tiga jenis utama AMP adalah AMP HTML , AMP JS , dan Google AMP Cache . 

Keterbatasan 

Meski akses internet "on the go" memberi banyak keuntungan, seperti kemampuan berkomunikasi melalui email dengan orang lain dan mendapatkan informasi dimanapun, web, diakses dari perangkat mobile, memiliki banyak batasan, yang mungkin berbeda, tergantung perangkatnya. Namun, smartphone yang lebih baru mengatasi beberapa pembatasan ini. Beberapa masalah yang mungkin dihadapi meliputi:
Ukuran layar kecil - Hal ini membuat sulit atau tidak mungkin melihat teks dan grafis bergantung pada ukuran standar layar komputer desktop.
Kurangnya jendela - Pada komputer desktop, kemampuan untuk membuka lebih dari satu jendela sekaligus memungkinkan multi-tasking dan mudah kembali ke halaman sebelumnya. Secara historis di web seluler, hanya satu halaman yang dapat ditampilkan sekaligus, dan halaman hanya dapat dilihat dalam urutan awalnya diakses. Namun, Opera Mini  termasuk yang pertama memungkinkan beberapa jendela, dan tab browser telah menjadi biasa namun sedikit browser seluler memungkinkan jendela yang tumpang tindih di layar.
Navigasi - Navigasi adalah masalah bagi situs web yang tidak dioptimalkan untuk perangkat seluler karena area kontennya berukuran besar, ukuran layarnya kecil, dan tidak ada roda gulir atau fitur hoverbox .
Kurangnya JavaScript dan cookies - Sebagian besar perangkat tidak mendukung skrip sisi klien dan penyimpanan cookies (tidak termasuk smartphone ), yang sekarang banyak digunakan di sebagian besar situs Web untuk meningkatkan pengalaman pengguna, memfasilitasi validasi data yang dimasukkan oleh pengunjung halaman, dll. Hal ini juga menghasilkan alat analisis web yang tidak dapat secara unik mengidentifikasi pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.
Jenis halaman yang dapat diakses - Banyak situs yang dapat diakses di desktop tidak bisa di perangkat mobile. Banyak perangkat tidak dapat mengakses halaman dengan koneksi aman, Flash atau perangkat lunak sejenis lainnya, PDF , atau situs video, walaupun pada tahun 2011, ini telah berubah.
Kecepatan - Pada kebanyakan perangkat seluler, kecepatan layanan lambat, terkadang lebih lambat daripada akses Internet dial-up .
Halaman yang rusak - Pada banyak perangkat, satu halaman seperti yang dilihat di desktop dipecah menjadi beberapa segmen, masing-masing diperlakukan sebagai halaman terpisah. Hal ini semakin memperlambat navigasi.
Halaman terkompresi - Banyak halaman, dalam format konversi ke format seluler, diperas ke dalam urutan berbeda dari tampilan biasanya pada komputer desktop.
Ukuran pesan - Banyak perangkat memiliki batasan jumlah karakter yang dapat dikirim dalam pesan email.
Biaya - biaya akses dan bandwidth yang dipungut oleh jaringan ponsel bisa tinggi jika tidak ada biaya tetap per bulan.
Lokasi pengguna ponsel :
Jika iklan menjangkau pengguna telepon di lokasi pribadi, pengguna merasa lebih tertekan (Banerjee & Dholakia, 2008)
Jika pengguna di luar negeri biaya tetap per bulan biasanya tidak berlaku
Situasi dimana iklan menjangkau pengguna - Ketika iklan menjangkau pengguna dalam situasi yang berkaitan dengan pekerjaan, iklan mungkin dianggap lebih mengganggu daripada di situasi kenyamanan (Banerjee & Dholakia, 2008)
Ketidakmampuan aplikasi web mobile untuk mengakses kemampuan lokal pada perangkat mobile dapat membatasi kemampuan mereka untuk menyediakan fitur yang sama seperti aplikasi asli. Aktivitas OMTP BONDI bertindak sebagai katalisator untuk mengaktifkan satu set API JavaScript yang dapat mengakses kemampuan lokal dengan cara yang aman pada perangkat mobile. Spesifikasi dan implementasi referensi  telah diproduksi. Keamanan adalah aspek kunci dalam ketentuan ini untuk melindungi pengguna dari aplikasi dan widget web berbahaya.
Selain batas perangkat, ada batasan yang harus diketahui pengguna terkait gangguan yang disebabkan oleh perangkat ini pada teknologi elektromagnetik lainnya.
Konvergensi Internet dan telepon, khususnya telah menyebabkan rumah sakit meningkatkan zona pengecualian telepon seluler mereka. Sebuah studi oleh Erik van Lieshout dan rekan-rekannya ( Academic Medical Center, Universitas Amsterdam ) telah menemukan bahwa General Packet Radio Service (GPRS) yang digunakan pada ponsel modern dapat mempengaruhi mesin dari jarak hingga 3 meter. Sinyal Universal Mobile Telecommunications System (UMTS), yang digunakan di jaringan 3G, memiliki zona eksklusi yang lebih kecil hanya beberapa sentimeter. Pelanggar terburuk di rumah sakit adalah para dokter. 
https://translate.google.co.id/translate https://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_Web

Mobile broadband/ Wireless

Mobile broadband adalah istilah pemasaran untuk akses Internet nirkabel melalui modem portabel , ponsel , modem nirkabel USB , tablet atau perangkat mobile lainnya. Akses internet nirkabel pertama mulai tersedia pada tahun 1991 sebagai bagian dari teknologi telepon seluler generasi kedua (2G). Kecepatan yang lebih tinggi mulai tersedia pada tahun 2001 dan 2006 sebagai bagian dari generasi ketiga (3G) dan keempat (4G). Pada tahun 2011, 90% populasi dunia tinggal di daerah dengan cakupan 2G, sementara 45% tinggal di daerah dengan cakupan 2G dan 3G.  Mobile broadband menggunakan spektrum 225 MHz sampai 3.700 MHz . 

Deskripsi 

Mobile broadband adalah istilah pemasaran untuk akses Internet nirkabel yang dikirim melalui menara telepon seluler ke komputer, telepon genggam (disebut "telepon seluler" di Amerika Utara dan Afrika Selatan), dan perangkat digital lainnya menggunakan modem portabel . Meskipun broadband memiliki arti teknis, pemasaran operator nirkabel menggunakan frase "mobile broadband" sebagai sinonim untuk akses Internet bergerak. Beberapa layanan mobile memungkinkan lebih dari satu perangkat dihubungkan ke Internet menggunakan koneksi seluler tunggal menggunakan proses yang disebut penambatan . 
Kecepatan bit yang tersedia dengan perangkat pita lebar Mobile mendukung suara dan video serta akses data lainnya. Perangkat yang menyediakan mobile broadband ke komputer mobile meliputi:
Kartu PC , juga dikenal sebagai kartu data PC , dan kartu Express
Modem USB dan mobile broadband , juga dikenal sebagai kartu sambung
Perangkat portable dengan dukungan built-in untuk mobile broadband, seperti komputer laptop , komputer netbook , smartphone , tablet , PDA , dan perangkat mobile Internet lainnya .
Langganan akses internet biasanya dijual terpisah dari langganan ponsel.

Generasi 

Secara kasar setiap sepuluh tahun, teknologi dan infrastruktur telepon genggam baru yang melibatkan perubahan sifat dasar layanan, teknologi transmisi non-belakang yang kompatibel, tingkat data puncak yang lebih tinggi, pita frekuensi baru, bandwidth frekuensi kanal yang lebih luas di Hertz tersedia. Transisi ini disebut sebagai generasi. Layanan data mobile pertama tersedia pada generasi kedua (2G).
Generasi kedua (2G) dari tahun 1991:
Kecepatan di kbit / s Bawah dan ke atas
• CSD GSM 9.6
• CDPD Sampai 19.2
• GPRS GSM (2.5G) 56-115
• GSM EDGE (2.75G) Sampai 237
Generasi ketiga (3G) dari tahun 2001:
Kecepatan di Mbit / s turun naik
• UMTS W-CDMA 0.4
• UMTS HSPA 14.4 5.8
• UMTS TDD 16
• CDMA2000 1xRTT 0,3 0,15
• CDMA2000 EV-DO 2,5-4,9 0,15-1,8
• GSM EDGE-Evolution 1.6 0.5
Generasi keempat (4G) dari tahun 2006:
Kecepatan di Mbit / s turun naik
HSPA + 21-672 5.8-168
Mobile WiMAX (802.16) 37-365 17-376
LTE 100-300 50-75
LTE-Advanced :
• sambil bergerak dengan kecepatan tinggi 100
• sementara stasioner atau bergerak pada kecepatan rendah Sampai 1000
MBWA (802,20) 80
Kecepatan data download (ke pengguna) dan upload (ke Internet) yang diberikan di atas adalah tingkat puncak atau maksimum dan pengguna akhir biasanya akan mengalami tingkat kecepatan data yang lebih rendah.
WiMAX pada awalnya dikembangkan untuk menghadirkan layanan nirkabel tetap dengan mobilitas nirkabel yang ditambahkan pada tahun 2005. CDPD, CDMA2000 EV-DO, dan MBWA tidak lagi dikembangkan secara aktif.

Cakupan 

Pada tahun 2011, 90% populasi dunia tinggal di daerah dengan cakupan 2G, sementara 45% tinggal di daerah dengan cakupan 2G dan 3G,  dan 5% tinggal di daerah dengan cakupan 4G. Pada 2017, lebih dari 90% populasi dunia diperkirakan memiliki cakupan 2G, 85% diperkirakan memiliki cakupan 3G, dan 50% akan memiliki cakupan 4G. 
Hambatan penggunaan mobile broadband adalah cakupan yang diberikan oleh jaringan telepon seluler. Ini mungkin berarti tidak ada layanan telepon seluler atau layanan tersebut terbatas pada teknologi mobile broadband yang lebih tua dan lebih lambat. Pelanggan tidak akan selalu bisa mencapai kecepatan yang diiklankan karena keterbatasan jangkauan data mobile termasuk jarak ke menara seluler. Selain itu, ada masalah dengan konektivitas, kapasitas jaringan, kualitas aplikasi, dan pengalaman operator jaringan secara keseluruhan kurang berpengalaman dengan lalu lintas data.  Kecepatan puncak yang dialami pengguna juga sering dibatasi oleh kemampuan smartphone atau perangkat mobile lainnya. 

Langganan dan penggunaan 

Diperkirakan ada 6,6 miliar langganan ponsel di seluruh dunia pada akhir tahun 2012 (penetrasi 89%), yang mewakili sekitar 4,4 miliar pelanggan (banyak orang memiliki lebih dari satu langganan). Pertumbuhannya sekitar 9% dari tahun ke tahun. langganan ponsel diperkirakan mencapai 9,3 miliar pada 2018. 
Pada akhir tahun 2012 ada sekitar 1,5 miliar langganan mobile broadband yang tumbuh pada tingkat tahun-ke-tahun sebesar 50%. [13] Mobile broadband langganan diharapkan mencapai 6,5 miliar pada tahun 2018. 
Lalu lintas data seluler meningkat dua kali lipat antara akhir tahun 2011 (~ 620 Petabyte di Q4 2011) dan akhir 2012 (~ 1280 Petabyte di Q4 2012).  Pertumbuhan lalu lintas ini dan akan terus didorong oleh peningkatan jumlah langganan seluler yang meningkat dan dengan peningkatan lalu lintas data rata-rata per langganan karena peningkatan jumlah ponsel cerdas yang dijual, penggunaan aplikasi yang lebih menuntut dan Khususnya video, dan ketersediaan dan penyebaran teknologi 3G dan 4G yang lebih baru yang mampu menghasilkan data tingkat tinggi. Pada tahun 2018, total lalu lintas mobile broadband diperkirakan meningkat dengan faktor 12 sampai sekitar 13.000 PetaBytes. 
Rata-rata, PC seluler menghasilkan lalu lintas sekitar tujuh kali lebih banyak daripada smartphone (3 GB vs. 450 MB / bulan). Pada 2018 rasio ini cenderung turun sampai 5 kali (10 GB vs 2 GB / bulan). Lalu lintas dari ponsel cerdas yang menambatkan (berbagi akses data dari satu perangkat dengan beberapa perangkat) dapat mencapai 20 kali lebih tinggi daripada pengguna non-tethering dan rata-rata antara 7 dan 14 kali lebih tinggi. 
Perhatikan juga bahwa ada perbedaan besar dalam pola pelanggan dan lalu lintas antara berbagai jaringan penyedia, pasar regional, perangkat dan jenis pengguna. 
Permintaan dari pasar negara berkembang telah dan terus mendorong pertumbuhan baik langganan ponsel maupun mobile broadband dan penggunaan. Karena kekurangan infrastruktur saluran telepon yang luas, banyak pasar negara berkembang melompati pasar negara maju dan menggunakan teknologi mobile broadband untuk memberikan akses internet berkecepatan tinggi ke pasar massal.

Pengembangan 

Dalam penggunaan dan dalam pengembangan aktif 

Keluarga GSM
Pada tahun 1995, telekomunikasi, telepon seluler, sirkuit terpadu , dan produsen komputer laptop membentuk Asosiasi GSM untuk mendorong dukungan built-in untuk teknologi mobile-broadband di komputer notebook. Asosiasi tersebut menetapkan merek layanan untuk mengidentifikasi perangkat yang mencakup konektivitas Internet. Didirikan pada awal tahun 1998, Proyek Kemitraan Generasi Ketiga Global (3GPP) mengembangkan standar standar GSM yang berkembang, yang meliputi GSM, EDGE, WCDMA, HSPA, dan LTE. Pada tahun 2011 standar ini merupakan metode yang paling sering digunakan untuk menghadirkan broadband bergerak. Dengan perkembangan standar sinyal 4G LTE , kecepatan download dapat ditingkatkan menjadi 300 Mbit / s per detik dalam beberapa tahun ke depan. 
IEEE 802.16 (WiMAX) 
Kelompok kerja IEEE IEEE 802.16 , menghasilkan standar yang diadopsi dalam produk yang menggunakan merek dagang WiMAX . Standar "Fixed WiMAX" yang asli dirilis pada tahun 2001 dan "Mobile WiMAX" ditambahkan pada tahun 2005.  Forum WiMAX adalah organisasi nirlaba yang dibentuk untuk mempromosikan penerapan produk dan layanan WiMAX yang kompatibel. 

Sedang digunakan, tapi beralih ke protokol lain

Keluarga CDMA 
Didirikan pada akhir tahun 1998, Proyek Kemitraan Generasi Ketiga Global 2 (3GPP2) mengembangkan standar standar CDMA yang berkembang, yang meliputi cdmaOne, CDMA2000, dan CDMA2000 EV-DO. CDMA2000 EV-DO tidak lagi dikembangkan. 
IEEE 802.20 
Pada tahun 2002, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) membentuk kelompok kerja Mobile Broadband Wireless Access (MBWA). [20] Mereka mengembangkan standar IEEE 802.20 pada tahun 2008, dengan amandemen pada tahun 2010. 
https://translate.google.co.id/ https://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_broadband

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer