Flasdisk/ Flashdrive

PENGERTIAN DAN FUNGSI FLASH DISK

pengertian dan fungsi flash disk
PENGERTIAN FLASH DISK

Flash Disk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik. 

Umur flashdisk saat ini berkisar 10 tahun (masa pemakian normal). Tips buat anda penggunaan flashdisk pada system operasi Windows Me/2000/XP menyarankan pelepasan flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen flashdisk) dapat dicegah.

FUNGSI FLASHDISK

Flashdisk berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan data Anda mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive. Tapi sebenarnya ada manfaat flash disk lain yang dapat Anda lakukan dengan drive ini yang sangat berguna. Berikut adalah 10 cara Anda bisa memperoleh manfaat flashdisk drive USB untuk melakukan hal lain lebih dari sekedar hanya menyimpan dan memindahkan data. Selain menyimpan data, Anda dapat menjalankan aplikasi portable dari flash drive USB. Misalnya, OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database yang tersedia sebagai aplikasi portabel. Anda dapat mengunjungi alamat ini; PortableApps.com untuk melihat program apa saja yang bisa dijalankan lewat flash disk drive. Anda bahkan bisa menginstal seluruh aplikasi yang mencakup hal-hal seperti pemutar audio, permainan, utilitas antivirus, dan sistem menu praktis dari flash disk ini.
http://www.solusikompi.com/pengertian-dan-fungsi-flash-disk.html

Pengertian dan fungsi flashdisk - Device storage komputer

Flash disk atau biasa disebut dengan USB Drive merupakan perangkat penyimpanan data atau device storage pada komputer. Pada Flash disk terdapat controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile yang berarti bahwa data yang sudah disimpan pada perangkat tersebut tidak akan hilang meskipun tidak ada daya listrik yang mengalirinya. Komponen flashdisk lebih sederhana dibandingkan media penyimpanan lainnya seperti harddisk dan ukurannya juga relatif lebih kecil.
Flashdisk sendiri awalnya hanya mempunyai ukuran kapasitas yang sangat kecil, hanya berkisar kurang dari 512 MB, akan tetapi seiring dengan teknologi yang semakin maju dan perkembangan komputer juga sangat pesat, kini flashdsik mempunyai ukuran hampir sama dengan harddisk dan dengan harga yang lebih terjangkau.
Fungsi Flashdisk
Fungsi dari flashdisk itu sendiri adalah sebagai alat untuk menyimpan atau memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya. Selain itu flashdisk juga dapat menyimpan aplikasi portable, menyimpan file musik maupun file video.
Macam - macam flashdisk
Macam flashdisk sangat beragam, ada yang mempunyai ukuran yang sangat kecil bahkan memiliki bentuk dengan desain yang sangat lucu untuk menyesuaikan permintaan pasaran. Flashdisk juga mempunyai kapasitas yang beragam mulai dari flashdisk dengan kapasitas 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8GB, 16 GB, 32 GB dan seterusnya. Macam merk dari flashdisk juga sangat beragam, mulai dari Toshiba, HP, Adata, Sand Disk, Kingston dan lain-lain.
http://www.teorikomputer.com/pengertian-dan-fungsi-flashdisk-device.html

Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan Flashdisk

Kelebihan Flashdisk

1.   Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar.
2.   Memiliki ukuran yang kecil dan cara penggunaanya yang simple.
Sebuah flashdisk dapat berumur 10 tahun jika cara penggunaanya tepat. Cara penggunaan yang saya maksud disini ialah menghindari pencabutan flashdisk secara paksa karena dapat menyebabkan data yang disimpan dan ditulis flashdisk menjadi rusak, sehingga data pada flashdisk tidak dapat dibuka lagi.
Pengguna flashdisk disarankan melakukan pencabutan flashdisk dengan cara aman, dan ini akan sangat berpengaruh pada umur flashdisk karena hubungan baca/tulis yang terjadi antara komputer dan flashdisk sudah diamankan terlebih dahulu dan arus pendek listrik yang dapat merusak komponen – komponen flashdisk dapat dicegah. 
3.   Flashdisk memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan baik untuk anak sekolahan maupun orang umum sekalipun.

Kekurangan flashdisk

1.   Mudah hilang karena ukurannya yang kecil
2.   Saat terletak di dalam kantong pada baju atau celana ada kemungkinan terendam air saat anda lupa mengeluarkannya dari saku tersebut.
https://ranah-informasiku.blogspot.co.id/pengertian-fungsi-kelebihan-dan-kekurangan-flashdisk.html

MEMBEDAKAN PENGERTIAN USB DAN FLASHDISK

Perbedaan antara USB dan flashdisk ini sebenarnya sangat jauh. Berikut perbedaan-perbedaannya:
  1. Perbedaan dari segi bentuk
USB memiliki bentuk port female pada komputer. Port USB ini biasanya terletak di bagian depan atau bagian belakang komputer Anda. Sedangkan pada laptop port USB ini bisa Anda temukan pada bagian samping berdekatan dengan CD Rom. Bentuknya persegi panjang tapi kecil. Gambar dibawah menunjukkan bentuk port USB.
Membedakan Pengertian USB Dan Flashdisk oleh segiempat
Flashdisk memiliki bentuk bermacam-macam dijaman sekarang. Tapi, bentuk itu hanyalah cashing saja. Bentuk asli dari flashdisk adalah memiliki port male pada ujungnya, dan bagian bodinya menggunakan papan PCB yang terdiri dari beberapa chip. Dibawah ini gambar bentuk standar dari flashdisk.
Membedakan Pengertian USB Dan Flashdisk segiempat
  1. Perbedaan dari segi fungsi
USB memiliki fungsi sebagai tempat ditancapkannya flashdisk atau kabel data USB sebagai penghubung antar hardware dengan komputer. Hardware komputer yang biasanya menggunakan port USB sebagai penghubung adalah keyboard, mouse, flashdisk, harddisk ekternal, dan speaker.
Flashdisk memiliki fungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan dan memindahkan berbagai file pada komputer. Port yang digunakan pada flashdisk ini memang menggunakan port USB. Sehingga para user menganggap flashdisk ini sama dengan USB.
  1. Perbedaan dari segi tempat
USB melekat secara default pada papan motherboard komputer atau laptop. Posisinya tidak dapat berpindah-pindah. USB ini juga tidak dapat dicabut begitu saja jika Anda sudah tidak membutuhkannya. Apabila Anda mencabutnya maka bisa dijamin komputer atau laptop Anda itu akan error atau rusak.
Flashdisk bisa Anda bawa kemana-mana bisa dicabut dan dipasang sesuka hati Anda. Karena, memang fungsinya adalah sebagai media penyimpanan portable.
Jadi, perbedaan kedua perangkat komputer antara USB dan Flashdisk ini sebenarnya ada pada portnya dan fungsinya. Keduanya memang menggunakan port USB tapi, USB sebagai port female sedangkan flashdisk sebagai port male. Dan untuk fungsinya USB hanya sebagai penghubung media input output, sedangkan flahsdisk berfungsi sebagai media input dan outputnya.
http://segiempat.com/tekno/komputer-tekno/perbedaan-flashdisk-dan-usb/

Pengertian Flashdisk – Fungsi Flashdisk Lengkap

pengertian flashdisk

Pengertian flashdisk

flashdisk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Didalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpanan data yang bersifat non – volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat aliran arus listrik.
komponen flashdisk sering juga dikenal sebagai USB Drive, lebih sederhanana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan harddisk.hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang bekerja secara mekanik.

Fungsi flashdisk

banyak sekali fungsi flashdisk seperti media pemindahan data dari satu komputer ke komputer lainnya, menyimpan data-data berupa file tulisan, gambar, mp3, video, software (perangkat lunak), dibuat bootable flashdisk windows untuk dipakai reparasi pc/ laptop dan masih banyak kegunaan lainnya.

Macam-macam flashdisk

macam – macam disini bisa dikategorikan dalam beberapa hal seperti
  • bentuk: banyak beredar dari segi bentuk yang standar sampai dengan yang berbentuk unik seperti bentuk tokoh2 kartun, kendaraan, gelang, hiasan2 dll.
  • ukuran: dari segi ukuran yang beredar dipasaran juga beragam dari ukuran flashdisk 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, bahkan konon katanya sudah ada yang berukuran 1TB.
  • merek: yang admin tau merek flashdisk yang sering dijumpai seperti Toshiba, Sandisk, Kingston, Adata, Hp, Sony, Philips dll.
  • jenis usb: jenis-jenis usb pun beragam jangan sampai kita keliru ketika kita belanja dan ditanya oleh pedagang jika menanyakan antara flashdisk dan usb, pada ujung flashdisk terdapat nama jenis type seperti pada gbr dibawah inifungsi flashdisk
yang kita bahas yakni flashdisk berarti flashdisk mempunyai ujung usb dengan Type-A, type ini pun mempunyai turunan seperti gbr dibawah dengan perbedaan yang ditandai dengan warna ( warna disini pun mempunyai kelebihan masing-masing)macam - macam usb

Tips memilih flashdisk yang baik

menurut pengalaman admin dilapangan dan beberapa masukan dari kawan2 jika membeli flashdisk agar awet dipakai wajib memperhatikan point2 seperti;
  1. Harga !!; jika harga flashdisk murah dengan ukuran kapasitas yang besar dibandingkan dengan flashdisk dengan ukuran dibawahnya lebih mahal ataupun berbeda sedikit itu patut dicurigai, yang pasti “harga tidak pernah bohong”.
  2. Warna casing flashdisk; kita membeli barang murah maupun kw jika diperhatikan dengan seksama akan terlihat perbedaannya yakni barang kw lebih menonjolkan warna pudar/ terlihat kusam dibandingkan dengan yang original.
  3. feeling (perasaan) jika anda merasa malas pusing dan menggunakan 2 cara diatas gunakanlah cara sakti terakhir ini 
http://www.tuntor.com/pengertian-flashdisk-fungsi-flashdisk-lengkap/

Cara kerja Flash Disk

Flash Drive 
Spesifikasi internal Flashdisk
     1 Konektor USB
2 Perangkat Pengontrol Penyimpanan
3 Poin Tes (Titik-titik Percobaan)
4 Chip Flash Memory
5 Oscillator Kristal
6 Lampu Indikator
7 Write-Protect Switch
8 Ruang untuk Flash memory kedua
– Konektor berfungsi untuk menghubungkan peripheral yang terdapat dalam flash disk ke port USB untuk kemudian di akses oleh SO.
– Pengontrol penyimpanan memory berfungsi mengontrol dan menyediakan penghubung ke alat Flash disk yang bertugas menjaga kesetabilan perangkat. Pengontrol berisi suatu RISC mikro prosesor berukuran kecil dan hampir sama pada RAM.
– Lalu Point test ini berkerja selama perangkat mengecek dan mengirimkan kode ke microprocessor
– Setelah kita membuat suatu file dan menyimpannya di flash disk maka bagian ini adalah tempat menyimpan datanya, biasanya juga digunakan di dalam kamera digital.
– Perangkat ini menghasilkan 12 MHZ sinyal dari perangkat utama dan mengendalikan keluaran data perangkat sampai sebuah tahap penguncian.
– Lampu indikator berfungsi untuk menandai adanya transfer data atau adanya data yang dibaca dan data yang ditulis.
– Menandai apakah perangkat ada di dalam mode “write protection” atau tidak.
– Ruang kosong disediakan untuk tambahan satu flash memory, dan dapat digunakan untuk menyimpan data lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.

Catatan:
– Chip ini tidak jauh berbeda dengan EPROM, tetapi EEPROM datanya dapat dihapus tanpa menggunakan sinar ultraviolet. Cukup gunakan pulsa listrik (electrical pulses).
– Flopy Drive adalah media untuk memutar storage berupa disket.
– USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer kita.
http://usb-promosi.com/usb-promosi/pengertian-dan-cara-kerja-flash-disk/


BAGIAN BAGIAN PADA FLASHDISK

1.  KONEKTOR

Bagian / komponen ini berada pada ujung flashdisk dan berfungsi untuk menghubungkan perangkat flashdisk kedalam komputer melalui Port USB.

2. KONTROLER

Bagian ini biasa disebut juga dengan USB Mass Storage Controller dan berfungsi untuk memproses perintah dari komputer karena bagian ini memiliki ROM dan RAM seperti pada mikroprosesor komputer.

3. OSILATOR KRISTAL

Komponen Osilator Kristal ini bertugas untuk mengatur denyut listrik, frekwensi clock yang dihasilkan adalah 12 MHz. Clock generator sejenis Osilator Kristal ini terdapat pada semua komponen elektro agar bisa terhubung dengan perangkat lainnya.

4. BOARD / PCB

Printed Circuit Board merupakan tempat berdiri semua komponen komponen flashdisk. Bagian ini seperti Motherboard pada CPU komputer.

5. FLASH MEMORY

Bagian ini berfungsi untuk menyimpan semua data data pada flasdisk. Istilah flash digunakan karena teknologi yang digunakan mampu menghapus data yang tersimpan secepat kilat layaknya kamera flash.
http://www.hardwarekomputer.net/pengertian-usb-flashdisk-dan-bagian-flashdisk.html



Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer