Cooler CPU

Pendingin komputer

Pendinginan komputer atau pendinginan CPU adalah tindakan mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer. Panas pada komputer berpotensi merusak atau memperlambat kerja sebuah komputer. Terdapat beberapa cara untuk mengurangi panas pada sebuah komputer, diantaranya
  1. heatsinkHeatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor. Perpindahan panas terjadi menggunakan aliran udara di dalam casing. jadi metode pendinginan ini tidak cukup efektif, karena sangat bergantung kepada aliran udara di dalam casing. jika aliran udaranya teranggu, maka bisa dipastikan prosesor akan kepanansan
  2. heatsink fan (HSF). Cara kerja dari HSF mirip seperti pada pendinginan menggunakan heatsink, tetapi pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas. HSF bekerja lebih baik daripada Heatsink. pada masa kini HSF menggunakan teknologi heatpipe yaitu pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.
  3. water cooling. Teknik pendinginan CPU menggunakan water cooling adalah dengan menggunakan cairan pendingin (biasanya berupa air)yang dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk water cooling. peralatannya biasanya terdiri dari water block yang dipasangkan ke pengait prosesor dimotherboard, pompa air, dan radiator, biasanya metode ini digunakan untuk meng overclock cpu.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendingin_komputer
Gambar terkait

Pendingin laptop

Pendingin laptop atau yang sering disebut dengan Cooling pad adalah aksesoris laptop yang berfungsi untuk mengurangi/mendinginkan laptop pada saat digunakan. Pendingin laptop biasa digunakan untuk mencegah laptop dari kepanasan (atau biasa disebut overheating) dan untuk menjaga pengguna dari bahaya panas laptop. Ada tiga cara yang digunakan dalam pendingin laptop, yaitu : pendinginan secara aktif dan pendinginan secara pasif.
Pendinginan secara aktif adalah pendinginan yang memakai kipas dan atau cairan yang dapat memindahkan panas secara cepat. Sedangkan pendinginan secara pasif adalah pendinginan yang menggunakan bahan-bahan penghantar panas untuk memindahkan panas atau meningkatkan aliran udara panas secara pasif.

Pendingin aktif

Pendingin aktif adalah suatu alat yang menggunakan kipas kecil untuk menghasilkan aliran udara tambahan di sekitar laptop. Pendingin ini adalah pendingin yang banyak digunakan untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh laptop. Banyak dari pendingin ini yang menggunakan adaptor untuk dapat langsung memakai daya dari USB port.
Beberapa pendingin aktif biasanya didesain untuk menyedot udara dari bawah dan mengalirkannya ke atas, tetapi ada juga yang di desain untuk menyedot panas dari laptop dan mengalirkannya ke bawah. Kecepatan kipas biasanya dapat diatur secara manual atau otomatis di beberapa model pendingin, dan ada juga yang kecepatan kipasnya tidak dapat diatur.

Pendingin pasif

Pendingin pasif adalah pendingin yang tidak memerlukan daya sama sekali. Pendingin ini biasanya berbentuk alas yang diisi dengan garam organik yang dapat menyerap panas dari laptop. Bentuk yang lebih sederhana adalah alas yang mengangkat laptop, jadi aliran udara laptop jadi lebih baik. Pendingin pasif yang berbahan konduktif tidak disarankan untuk laptop yang memiliki lubang ventilasi kipas di bawah karena dapat "menghadang" aliran udara panas dari laptop.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendingin_laptop

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer