Macromedia Dreamwaver

Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 12 yang ada dalam Adobe Creative Cloud (sering disingkat Adobe Cc).

Fitur

Adobe Dreamweaver adalah aplikasi desain dan pengembangan web yang menyediakan editor WYSIWYG visual (bahasa sehari-hari yang disebut sebagai Design view) dan kode editor dengan fitur standar seperti syntax highlighting, code completion, dan code collapsing serta fitur lebih canggih seperti real-time syntax checking dan code introspection untuk menghasilkan petunjuk kode untuk membantu pengguna dalam menulis kode. Tata letak tampilan Design memfasilitasi desain cepat dan pembuatan kode seperti memungkinkan pengguna dengan cepat membuat tata letak dan manipulasi elemen HTML. Dreamweaver memiliki fitur browser yang terintegrasi untuk melihat halaman web yang dikembangkan di jendela pratinjau program sendiri agar konten memungkinkan untuk terbuka di web browser yang telah terinstall. Aplikasi ini menyediakan transfer dan fitur sinkronisasi, kemampuan untuk mencari dan mengganti baris teks atau kode untuk mencari kata atau kalimat biasa di seluruh situs, dan templating feature yang memungkinkan untuk berbagi satu sumber kode atau memperbarui tata letak di seluruh situs tanpa server side includes atau scripting. Behavior Panel juga memungkinkan penggunaan JavaScript dasar tanpa pengetahuan coding, dan integrasi dengan Adobe Spry Ajax framework menawarkan akses mudah ke konten yang dibuat secara dinamis dan interface.
Dreamweaver dapat menggunakan ekstensi dari pihak ketiga untuk memperpanjang fungsionalitas inti dari aplikasi, yang setiap pengembang web bisa menulis (sebagian besar dalam HTML dan JavaScript). Dreamweaver didukung oleh komunitas besar pengembang ekstensi yang membuat ekstensi yang tersedia (baik komersial maupun yang gratis) untuk pengembangan web dari efek rollover sederhana sampai full-featured shopping cart.
Dreamweaver, seperti editor HTML lainnya, edit file secara lokal kemudian diupload ke web server remote menggunakan FTP, SFTP, atau WebDAV. Dreamweaver CS4 sekarang mendukung sistem kontrol versi Subversion (SVN).

Syntax highlighting

Pada versi 5, Dreamweaver mendukung syntax highlighting untuk bahasa seperti berikut:

  • ActionScript
  • Active Server Pages (ASP).
  • C#
  • Cascading Style Sheets (CSS)
  • ColdFusion
  • EDML
  • Extensible HyperText Markup Language (XHTML)
  • Extensible Markup Language (XML)
  • Extensible Stylesheet Language Transformations (XSLT)
  • HyperText Markup Language (HTML)
  • Java
  • JavaScript
  • PHP: Hypertext Preprocessor (PHP)
  • Visual Basic (VB)
  • Visual Basic Script Edition (VBScript)
  • Wireless Markup Language (WML)
Hal ini juga mungkin bagi pengguna untuk menambahkan syntax highlighting bahasa mereka sendiri. Selain itu, completing code tersedia untuk banyak bahasa.

Internasionalisasi dan lokalisasi

Ketersediaan Bahasa

Adobe Dreamweaver CS6 tersedia pada bahasa-bahasa berikut: Portugis Brasil, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Ceko, Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea (hanya Windows), Polandia, Rusia, Spanyol, Swedia, dan Turki.

Fitur khusus untuk bahasa Arab dan Ibrani

Adobe Dreamweaver CS3 yang lebih tua juga memiliki versi Timur Tengah yang memungkinkan mengetik bahasa Arab, Persia atau teks Ibrani (ditulis dari kanan ke kiri) dalam tampilan kode. Apakah teks sepenuhnya Timur Tengah (ditulis dari kanan ke kiri) atau mencakup baik teks bahasa Inggris dan Timur Tengah (ditulis kiri ke kanan dan kanan ke kiri), akan ditampilkan dengan benar.

Versi rilis

PenyediaVersi mayorNama alternatifTanggal rilisKeterangan
Macromedia1.01.0Desember 1997Rilis awal, hanya untuk Mac OS.
1.2Maret 1998Versi pertma untuk Windows
2.02.0Desember 1998
3.03.0Desember 1999
UltraDev 1.0Juni 1999
4.04.0Desember 2000
UltraDev 4.0Desember 2000
6.0MX29 Mei 2001
7.0MX 200410 September 2003
8.08.013 September 2005Versi terakhir Macromedia.
Adobe9.0CS316 April 2007Replaces Adobe GoLive in Creative Suite.
10.0CS423 September 2008
11.0CS512 April 2010
11.5CS5.512 April 2011Supports HTML5.
12.0CS621 April 2012
13.013.0CC21 April 2012
WarnaArti
MerahRilis lama; tidak didukung
KuningRilis lama; masih didukung
HijauRilis terkini

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Dreamweaver
Hasil gambar untuk Macromedia Dreamweaver
Ciri-ciri Dreamweaver yang terbaik termasuk kod HTML yang kemas serta sokongan kepada pilihan-pilihan HTML yang terbaru (seperti HTML Dinamik dan gaya sunting melata (cascading style sheet (CSS)). Dreamweaver juga mempunyai atur cara penyunting teks yang bersepadu serta penyahpepijat JavaSkrip. Ia menyepadukan BBEdit (atur cara HTML yang terpopular bagi Macintosh) dan Homesite (untuk Windows) dengan sekitaran reka bentuk WYSIWYG yang mudah diguna. Mengulang alik antara Dreamweaver dan atur cara penyunting teks senang sahaja, dan pengguna-pengguna dapat menikmati faedah daripada kedua-dua situasi sekiranya mereka masih suka bekerja dengan kod HTML pada sebahagian masa.
Sekitaran reka bentuk grafik Dreamweaver mempergunakan palet dan tetingkap untuk membolehkan pengguna-pengguna yang baru mula belajar bagi mencipta tapak Web atasan yang merangkumi ciri-ciri seperti animasi, borang interaktif dan penyelesaian e-perdagangan, walaupun mereka tidak memahami HTML. Dreamweaver membenarkan pengguna memilih kebanyakan pelayar untuk melihat paparan tapak web. Ia juga mengandungi alatan pengurusan tapak untuk pengguna baru, seperti keupayaan mencari dan mengganti garis-garis teks ataupun kod dengan apa jua parameter yang ditentukan. Panel perjalanan (behaviors panel) juga membenarkan penciptaan JavaSkrip yang asas tanpa pengetahuan pengekodan. Dengan penciptaan versi MX, Macromedia menggabungkan alatan-alatan penciptaan kandungan dinamik ke dalam Dreamweaver. Selaras dengan semangat alatan-alatan WYSIWYG HTML, ia membenarkan penguna untuk mengaitkan kepada pangkalan data (seperti MySQL) untuk menapid and memaparkan kandungan dengan menggunakan teknologi skrip seperti PHP, ASP dan ASP.net, tanpa pengalaman pengaturcaraan yang terdahulu.
Fungsi utama Adobe Dreamweaver adalah untuk membuat desain web, pemrogram, dan pengembang aplikasi dari semua tingkatan.
http://jonsource.blogspot.co.id/sejarah-tentang-adobe-dreamweaver-dan.html
Hasil gambar untuk Macromedia Dreamweaver
Sejarah 
Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran AdobeSystems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Programini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dankemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromediadibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systemsadalah versi 10 yang ada dalam
Adobe Creative Suite 4 (sering disingkat Adobe CS4).Dream Weaver dirilis pertama kali pada bulan desember 1997 untuk Mac OS yang bernamaMacromedia Dream Weaver 1,0. Macromedia terakhir kali merilis Dream Weaver versi 8,0 padatanggal 13 september 2005 hingga akhrnya dibeli oleh Adobe system. Adobe system kembalimengeluarkan software Dream Weaver versi 9,0 pada tanggal 16 april 2007 yang terdapat didalam Adobe Creative Suit atau yang biasa disingkat CS. Versi terakhir yang dikeluarkan olehAdobe ialah Adobe Dream weaver versi 11,5 yang dirilis pada tanggal 12 april 2011.Dreamweaver tersedia untuk Mac dan Windows system. Versi terbaru men-supportwebteknologi seperti CSS, JavaScript, dan yang lainnya yang menggunakan bahasa script danframeworks seperti ASP (ASP JavaScript, ASP VBScript, ASP.NET C#, ASP.NET VB), ColdFusion,Scriptlet, dan PHP.
http://indrasetyya.blogspot.co.id/sejarah-dreamweaver.html
Gambar terkait
Sejarah
Pada Jaman Dahulu Kala Hiduplah seorang Programmer yg bernama Mr.MX dia adalah Programmer bhs C++ yg Pintar dan akhirnya dia disuruh oleh Raja di Negerinya untuk membuatkan SOftware agar bisa mempromosikan Kerajaan ke Kerajaan lainnya.
Akhirnya Programmer itu codink codink terus menerus memecahkan masalahnya. AKhirnya terciptalah Macromedia Dreamweaver. Untuk Mengenang jasa jasanya Sang RAja Mengubah nama Softwarenya Menjadi Macromedia Dreamweaver.
Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 10 yang ada dalam Adobe Creative Suite 4 (sering disingkat Adobe CS4).Fungsi: Seorang web desainer pasti memerlukan suatu software yang dapat menolongnya dalam mendesain dan membangun suatu situs web. Software semacam ini biasanya disebut  web authoring software, dan salah satu software dalam jenis ini adalah Macromedia Dreamweaver.
Macromedia Dreamweaver adalah sebuah HTML editor profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tool-tool yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web.
Dreamweaver MX dalam hal ini digunakan untuk web desain.dreamweaver MX mengikutsertakan banyak tool untuk kode-kode dalam halaman web beserta fasilitas-fasilitasnya, antara lain : Referensi HTML, CSS dan Javascript, Javascript debugger, dan editor kode ( tampilan kode dan Code inspector) yang mengizinkan kita mengedit kode Javascript, XML, dan dokumen teks lain secara langsung dalam Dreamweaver. Teknologi Dreamweaver Roundtrip HTML mampu mengimpor dokumen HTML tanpa perlu memformat ulang kode tersebut dan kita dapat menggunakan Dreamweaver pula untuk membersihkan dan memformat ulang HTML bila kita menginginkannya.
Selain itu Dreamweaver juga dilengkapi kemampuan manajemen situs, yang memudahkan kita mengelola keseluruhan elemen yang ada dalam situs. Kita juga dapat melakukan evaluasi situs dengan melakukan pengecekan broken link, kompatibilitas browser, maupun perkiraan waktu download halaman web.
http://perancanganwebannisa.blogspot.co.id/sejarah-dreamweaver.html
Hasil gambar untuk Macromedia Dreamweaver
Sejarah
Adobe Dreamweaver adalah program yang digunakan untuk membuat atau menyunting halaman web. Software Dreamweaver dikeluarkan oleh Adobe System. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para programmer, desainer dan developer web dikarenakan kemudahan dalam penggunaanya, kelengkapan fiturnya dan juga dukungannya terhadap teknologi terkini.
Adobe Dreamweaver menyediakan fitur editor WYSIWYG (What You See is What You Get) atau dalam bahasa kesehariannya disebut Design View. Maksudnya adalah, tampilan hasil akhir web kita nanti akan sama dengan tampilan pada saat proses perancangan halaman web.
Dengan segala fitur yang ada pada Adobe Dreamweaver, membuat suatu web bukanlah hal yang sulit. Kita tidak perlu menguasai berbagai macam bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dan sebagainya. Cukup mengetahui dasar dasarnya saja, karena didalam aplikasi ini sudah disediakan alat alat otomatis. 
Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan 3 macam tampilan yaitu Code View, Design View dan Split View. Code View cocok untuk para programmer yang terbiasa dengan kode kode pemrograman web. Sedangkan Design View cocok untuk para Designer yang terbiasa dengan visual. Jika ingin menggunakan keduanya, bisa memilih Split View.
Fungsi Adobe Dreamweaver
Adobe Dreamweaver mempunyai berbagai macam kegunaan. Ini dia kegunaan Adobe Dreamweaver
Untuk mendesain situs web
Untuk membuat program berbasis web
Untuk membuat template blog
Untuk membuat situs web tanpa bersentuhan langsung dengan bahasa pemrograman
Sejarah  Adobe Dreamweaver
Dulunya, program ini bernama Macromedia Dreamweaver, dan dikelola oleh Macromedia. Versi pertamanya dirilis pada Desember 1997 dengan nama Macromedia Dreamweaver 1.0 untuk sistem operasi Mac. Kemudian pada Maret 1998, muncul versi pertama untuk sistem operasi windows yaitu Macromedia Dreamweaver 1.2 
Macromedia Dreamweaver terus berkembang sampai dengan tahun 2005 dengan versi terbarunya yaitu Macromedia Dreamweaver 8. Kemudian Dreamweaver diambil alih oleh Adobe System sehingga namanya berubah menjadi Adobe Dreamweaver. Pada 16 April 2007, Dreamweaver mengeluarkan versi terbarunya dengan nama Adobe Dreamweaver CS3.
Dengan hadirnya HTML5, Dreamweaver kembali merilis versi terbarunya dengan nama Adobe Dreamweaver CS5.5 . Sedangkan sekarang ini, versi terakhir Dreamweaver adalah Dreamweaver CC yang dirilis pada 21 April 2012.
Kelebihan Adobe Dreamweaver
Dreamweaver memiliki banyak kelebihan. Berikuti ini beberapa kelebihan dreamweaver atau keuntungan dreamweaver
Dapat membuat kerangka website dengan mudah dan cepat
Tersedia berbagai macam tema/template
Memiliki 3 tampilan yaitu Code View, Design View dan Split View
Memiliki Fitur Preview/Live View
Kode yang dihasilkan ditulis secara rapi
Memiliki alat alat khusus untuk membuat program berbasis web
Mudah dioperasikan oleh pemula
Memiliki banyak plugin
Kekurangan Adobe Dreamweaver
Selain memiliki kelebihan, Dreamweaver juga memiliki kerugian. Berikut ini kekurangan dreamweaver
Harga software original-nya mahal
 Fitur Terbaru Adobe Dreamweaver CC
Adobe Dreamweaver terus melakukan pembaharuan. Berikut ini adalah fitur fitur terbaru yang disertakan dalam Adobe Dreamweaver CC
CSS Designer : Fitur visual editing untuk membantu membuat standar kode web dan menerapkan properti CSS seperti gradient dan shadows.
Starter Templates : Template khusus web yang bersifat responsif dan dapat diubah tata letaknya
Extract : Dapat mengubah desain web yang sudah dibuat di photoshop menjadi kode web secara otomatis
 Live View : Tersedia berbagai penambahan fitur seperti insert panel, keyboard shortcut dan HTML Tag Editor yang membuat proses editing lebih cepat dari sebelumnya
Full Support HTML5 : Mendukung secara penuh penggunaan HTML5, seperti streaming audio dan video.
dan masih banyak lagi fitur lainnya.
http://www.burung-net.com/pengertian-dan-fungsi-adobe-dreamweaver.html
Gambar terkait
Kekurangan dan Kelebihan 
Adobe Dreamweaver merupakan program membuat atau mengedit web yang dibuat Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver dibuat Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh para pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan untuk menggunakannya. Versi terakhir Adobe Dreamweaver adalah Adobe Dreamweaver CS5. Macromedia Dreamweaver berubah menjadi Adobe Dreamweaver karena Macromedia di akuisisi oleh Adobe System sehingga seluruh produk yang dibuat oleh Macromedia kini diawali dengan kata Adobe.
Kelebihan :
1. Kemampuannya membuat halaman web yang terlihat konsisten.
Adobe Dreamweaver sudah terinstall beberapa template yang elegan dan menarik. Tentunya ini memudahkan anda yang ingin belajar membuat sebuah web namun anda belum mampu membuat design web sendiri. Jika anda ingin membuat lebih dari 10 halaman web dengan didasarkan design template tertentu maka web anda akan memiliki gaya halaman web yang sama dan terlihat konsisten dari halaman perhalaman.
2. Kemudahan dan efisiensi dalam penggunaan
Program ini tidak hanya dirancang untuk anda yang sudah mahir dan mengerti bahasa pemrograma. Bagi anda yang belum mengerti bahasa pemrograman, anda bisa membuat halaman web dengan hanya cara mengklik atau drag and drop menggunakan mouse serta anda juga bisa melihat halaman html-nya selama  proses desain berlangsung. Atau yang lebih dikenal dengan sebutan WYSIWYG (What You See Is What You Get)
Selain itu dreamweaver memiliki kemampuan memperlihatkan 3 proses yang berbeda, yaitu :
Code View : Berfungsi untuk hanya menampilkan script html saja.
Desain View : Berfungsi menampilkan kode-kode html yang anda tulis menjadi sebuah design/template    yang nantinya akan ditampilkan di browser.
Split View : Berfungsi menampilkan gabungan antara Code View dan Desain View pada saat bersamaan.Jadi anda bisa langsung melihat perubahan pada saat anda mengubah htmlnya.
3. Mudah untuk mengupload melalui FTP
Dreamweaver sudah dilengkapi dengan fitur FTP jadi setelah anda selesai membangun sebuah web, anda bisa langsung menguploadnya melalui FTP . FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
 Ilustrasi FTP
4. Dapat dikustom
Dreamweaver dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan. Menu, tab, perintah, font dan warna semua kode dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi. Hal ini dapat secara efektif memudahkan proses desain web. Selain itu dreamweaver didukung banyak plug-in yang membantu anda dalam proses desain.
Kekurangan :
1. Harga Software yang Cukup Mahal.
Mungkin salah satu kekurangan dari Dreamweaver ini adalah dari segi harga. Dreamweaver CS5 dibandrol oleh Adobe sekitar $399. Harga yang mungkin terjangkau oleh kalangan tertentu saja.
http://jevrie-brothers.blogspot.co.id/kelebihan-kekurangan-dreamweaver.html

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer