Pengolah Kata

Pengolah kata

Perangkat lunak pengolah kata (Bahasa Inggris: word processor) adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak. Contoh perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengolah_kata

Jenis-jenis program pengolah kata sangat banyak, beberapa diantaranya yaitu :

  • AbiWord
  • KWord
  • Microsoft Works Word Processor
  • StarOffice Writer
  • WordPerfect
  • WordPad
  • Chiwriter
  • WordStar
  • Atlantis Word Processor


AbiWord
Gambar terkait
AbiWord adalah perangkat lunak bebas pengolah kata (‘word-prosesor’) yang mirip dengan Microsoft Word. Ia sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan kata. Program yang diklaim ringan ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office. Ia mampu membaca format dokumen .doc, .sxw, dan beragam format dokumen umum lainnya.
KWord
Gambar terkait
KWord adalah aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE.
Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.
OpenOffice
Gambar terkait  Hasil gambar untuk program pengolah kata

OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables. Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Open Office umumnya diinstall dan bekerja di bawah system operasi Linux, interface pada OpenOffice mudah untuk dipelajari, karena mirip pada aplikasi Microsoft Office. Banyak features standar tersedia dan dapat diakses dengan cara yang sama pada semua aplikasi OpenOffice.
Microsoft Word
  Gambar terkait  Gambar terkait
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang saat ini paling banyak digunakan dibandingkan yang lainnya. Microsoft Word memiliki berbagai fasilitas yang tersedia, kemudahan dalam menggunakan, tampilan yang menarik, dan lain sebagainya. Microsoft Word merupakan bagian dari program Microsoft Office. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Microsoft Word hadir dalam beberapa versi antara lain Microsoft Word 97, Microsoft Word 2000, Microsoft Word XP, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, dan Microsoft Word 2010.
WordStar
Gambar terkait
WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian di tulis ulang untuk platform DOS. Sajian Wordstar yang sederhana dengan menggunakan sistem operasi DOS ini dijalankan dengan menggunakan perintah bertitik (dot command). Pada awal tahun 80-an hingga awal tahun 90-an, WordStar sempat merupakan program pengolah kata yang banyak digunakan. Meskipun Seymour I. Rubinstein adalah pemilik perusahaan, Rob Barnaby merupakan pencipta versi-versi awal dari program; dimulai sejak WordStar 4.0, program dibuat berdasarkan kode yang ditulis oleh eter Mierau.
WordPerfect
Hasil gambar untuk program pengolah kata

WordPerfect merupakan program pengolah kata yang secara umum bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS. Namun dalam perkembangannya dapat difungsikan dengan sistem operasi windows. Di era tahun 80-an penggunaan program cukup banyak digunakan, namun seiring dengan perkembangan teknologi penggunaan program ini mulai diambii perannya oleh Microsoft Office.
https://onitadesmiyarti.wordpress.com/category/program-pengolah-kata/

Star Office Writer
Hasil gambar untuk star office writer
Program ini memiliki kesamaan dengan Microsoft Word, namun ada perbedaannya yakni terletak pada file ekstensinya. Jika, Ms. Word menggunakan file ekstensi *doc, StarOffice Writer menggunakan file ekstensi *odt. Hanya saja file ekstenisi *odt masih bisa dirubah ke *doc. Program StarOffice dapat berjalan di OS Windows dan MC.Os (Apple).

Atlantis Word Processor
Hasil gambar untuk atlantis word processor
AtlantIs Word Processor memiliki kesamaan tampilan dengan Microsoft Word. Aplikasi ini mendukung file ekstensi, Document (*doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan Standart Text (*txt)

Chi Writer
Gambar terkait
Chi Writer adalah program pengolah kata yang cukup bisa diandalkan untuk pengetikan bidang teknik, matematika, dan fisika. Mampu untuk memperlebar lavar sampai 254 kolom dan tersediannya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor EGA dan VGA. Kelemahan software ini adalah memiliki tampilan yang kurang menarik dan editor lebih berorientasi pada aspek kecepatan dan interaktif mengedit,bukan pada tampilan visual hasil.
https://okiandriyanto.wordpress.com/macam-macam-aplikasi-pengolah-kata/

Fungsi Software Pengolah Kata

Sejarah terbentuknya aplikasi pengolah kata yaitu muncul dari keresahan para pengguna mesin ketik manual. Pada waktu itu perkembangan aplikasi pengolah kata juga bertahap mulai dari aplikasi pengolah kata yang berbasis grafik pertama kali yaitu Bravos, kemudian berselang 3 tahun kemudian muncul produk pengolah kata baru dari Microsoft yang diberi nama Microsoft Word. Pada saat itu Microsoft Word diciptakan untuk dapat bekerja dengan baik pada perangkat IBM PC yang mempunyai sistem operasi Windows.

Pada sistem operasi DOS pada waktu itu dapat menggunakan aplikasi pengolah kata seperti WordStar dan WordPerfect.

Secara umum, aplikasi pengola kata yang ada sekarang ini mempunyai fungsi sebagai berikut :

Membuat sebuah dokumen.
Menyunting dan melakukan pemformatan pada dokumen.
Mencetak dokumen.
Membuat Cover.
Memberikan hiasan/bingkai pada sebuah dokumen.
Mengarsipkan sebuah tulisan.
Penulisan digital.
Dan lain sebagainya.

Saat ini aplikasi pengolah kata telah banyak dipakai di berbagai bidang kehidupan, contohnya bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, social, keuangan, pemerintahan, dan lain sebagainya.
http://dosenit.com/

Lotus WordPro
Gambar terkait
Lotus word pro merupakan aplikasi pengolah kata yang dikeluarkan oleh IBM. Lotus word pro dikeluarkan lotus bersama-sama aplikasi lain yang dikenal dengan nama lotus smartsuite. Aplikasi-aplikasi lotus smartsuite dapat dijalankan di komputer yang berbasis windows. Lotus word pro dilengkapi kemampuan untuk mempertukarkan file dokumen dengan microsoft word. Ini berarti , file dokumen yang dibuat word dapat dibuka dan di edit di lotus word pro, demikian juga sebaliknya. Lotus word pro juga dapat membuka file-file word perfect dan beberapa aplikasi pengolah kata lain.
Notepad (dan Wordpad) Sudah 
Notepad adalah text_editor paling sederhana (basic text editor) bisa untuk menulis script pemrograman, yg lebih komplit adalah Notepad++, diatasnya lagi adalah Wordpad, diatasnya lagi adalah OpenOffice atao MSOffice. 
http://cindacinblog.blogspot.co.id/5-contoh-aplikasi-pengolah-kata-dengan.html

LibreOffice
Hasil gambar untuk program pengolah kata
LibreOffice adalah sebuah program aplikasi perkantoran untuk mengolah kata, powerpoint, excel, database yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran besar seperti Microsoft Office atau OpenOffice.org dan tersedia dalam berbagai platform. Libre Office bisa berjalan bersandingan dengan Micorosft Office. Jadi anda tidak perlu khawatir jika nantinya apa yang anda hasilkan dengan Libre Office tidak dapat dibuka di program Micorosoft Office keluaran Microsoft.

Awal mula kelahiran Libre Office dimulai semenjak Sun Microsystem diakusisi oleh Oracle kemudian menaungi langsung pengembangan Open Office, akan tetapi menurut para pengamat Open Source , Oracle nampak menggantungkan pengembangan Open Office seolah-olah tidak tentu arah. Hal demikian ini membuat para developer Open Office membuat sebuah pengolah kata baru bernama Libre Office dan tetap mengusung Open Source. Libre Office dibangun diatas semangat berbagi yang sangat mengedepankan aspek open source, sehingga pengguna tidak perlu khawatir atas pembajakan yang marak terjadi dewasa ini.
http://bisakomputer.com/

AmiPro
● Kwrite
● AbiWord

● StarWriter
http://emka.web.id/review/2011/pengertian-aplikasi-pengolah-kata/

Adobe InDesign
Adobe inDesign
Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai alternatif penulis untuk menulis dan mengedit tulisannya. Adobe InDesign merupakan aplikasi yang lebih bagus dan sangat efektif untuk pengaturan naskah secara profesional. Perangkat lunak keluaran Adobe System ini memiliki keutamaan untuk menulis buku. Penulis yang menggunakannya bisa mendesain naskahnya secara langsung dan menarik menjadi simulasi sebuah buku.
Program ini sangat direkomendasikan untuk penulis buku, sebab sangat mendukung kegiatan menulis mereka hingga maksimal. Tidak hanya menjadi menulis buku, dengan program ini penulis bisa merangkap menjadi editor dan layouter untuk karyanya sendiri. Selain itu, program tersebut juga sudah banyak dipakai di dunia penerbitan dunia.
yWriter
yWriter
Program perangkat lunak selanjutnya yang bisa digunakan untuk menulis buku adalah yWriter. Software gratis ini memiliki kegunaan yang sama dengan Microsoft Word, yaitu mengolah kata. Dengan menggunakan program ini, penulis dapat lebih mudah membagi bagian-bagian buku ke dalam bab atau subbab.
Pada yWriter, terdapat beberapa fitur, misalnya pengaturan penggunaan project, penambahan bab project, dan penambahan item serta lokasi. Tidak hanya itu, file log bisa disimpan setiap harinya. Kemudian ada pula tampilan storyboard dan tata letak visual dari naskah yang dikerjakan. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini pengulangan nomor bab juga bisa dilakukan secara otomatis.
Penggunaan software ini juga cukup mudah, sebab penggunanya tidak perlu menggunakan koneksi internet, tidak terbatas waktu, tidak pula memerlukan pendaftaran. Kemudian semua data yang dimasukkan dalam program ini juga dapat disimpan dalam komputer. Penulis bisa langsung melakukan drag and drop bab, bagian naskah, item, dan lokasi dengan menggunakan aplikasi ini. Tentunya, dengan program ini penulis akan mudah menata bagian-bagian bukunya dengan sistematis dan rapi.
KeyNote
KeyNote
Software yang satu ini dapat dijadikan sebagai aplikasi untuk menulis buku yang mudah dan efektif. Selain dapat membuka banyak folder dan file dalam satu jendela, program ini bisa juga bisa menyimpan puluhan bahkan ribuan file di satu tempat. Di samping itu, program ini bisa mengamankan file dengan enskripsi. Maksudnya, orang lain tidak bisa membaca file yang tersimpan dalam format KeyNote menggunakan program pengolah kata yang lain. Namun penulis dapat menyimpannya dengan format lain jika file yang ia simpan ingin dibaca menggunakan program yang berbeda.
WriteItNow
WriteItNow
Anda yang merupakan seorang penulis buku fiksi dapat menggunakan perangkat lunak ini. Dengan perangkat ini, Anda bisa menulis cerita dengan mengatur tiap-tiap isi paragraf agar lebih terstruktur.
WriteWay Pro
WriteWay
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi menulis yang terbaik kedua. Dengan WriteWay Pro, penulis dapat menyusun sebuah alur cerita dengan terstruktur dan mengembangkan karakter yang ia ciptakan. Aplikasi ini memberikan penekanan pada fondasi dasar untuk menulis novel dan menggabungkannya dengan novel yang lebih terstruktur. Nantinya novel yang ditulis juga bisa disajikan dengan dasar yang kuat. Di sisi lain, program perangkat lunak ini juga memiliki kelemahan, yakni tidak bisa dibuka oleh pengguna Mac.
Power Structure
Power Structure
Tidak berbeda dengan aplikasi lainnya, Power Structure dapat digunakan sebagai aplikasi dengan banyak fitur yang memudahkan seorang penulis bekerja. Tidak hanya terbatas pada jenis buku fiksi, aplikasi ini bisa digunakan untuk menulis buku nonfiksi dan artikel ilmiah. Di samping itu, penggunaan Power Structure juga efisien untuk menulis skenario film. Banyaknya format yang ditawarkan untuk penggunanya membuat aplikasi ini sangat recommended bagi Anda yang sedang menulis buku.
Dramatica Pro
dramatica pro
Dengan menggunakan aplikasi ini, penulis buku bisa memilih lebih dari 10 ribu struktur cerita untuk membuat rancangan cerita. Penulis hanya perlu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh program perangkat lunak tersebut. Selanjutnya, ia bisa memaksimalkan penggunaan program ini untuk menulis alur cerita dan menciptakan tokoh yang kompleks.
Power Writer
power writer
Penulis buku, utamanya buku fiksi bisa memanfaatkan program perangkat lunak ini untuk menulis alur cerita dan karakter sesuai imajinasinya. Ia bisa menggunakan berbagai fitur dalam aplikasi ini, seperti Outline View, Composition Frame, dan Story Tools untuk mempermudah pekerjaannya.
Master Writer
Master Writer
Program perangkat lunak yang terakhir ini bisa dijadikan sebagai andalan penulis dalam menyajikan cerita fiksi. Penulis bisa menggunakannya untuk membuat rangkaian kata, frasa, rima, atau percakapan yang fokus dalam sebuah alur cerita. Di dalam program ini juga terdapat kamus yang bisa membantu penulis menemukan kata-kata yang pas dan sesuai alur.
https://penerbitdeepublish.com/beberapa-software-menulis-buku/

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer