Logic Pro

Logic Pro

Logic Pro adalah digital audio workstation (DAW) dan aplikasi perangkat lunak sequencer MIDI untuk platform macOS . Awalnya diciptakan pada awal 1990-an sebagai Notator Logic , atau Logic , oleh pengembang perangkat lunak Jerman C-Lab, kemudian Emagic . Ini menjadi produk Apple , yang akhirnya dikenal sebagai Logic Pro, setelah Apple membeli Emagic pada tahun 2002. Ini adalah DAW paling populer kedua menurut survei yang dilakukan pada tahun 2015. 
Versi tingkat konsumen berdasarkan antarmuka dan mesin audio yang sama tetapi dengan fitur yang berkurang, disebut Logic Express , juga tersedia dengan biaya yang lebih murah. Apple's GarageBand , aplikasi lain yang menggunakan Logic's audio engine, dibundel di iLife , sebuah paket perangkat lunak yang disertakan pada komputer Macintosh baru. Pada 8 Desember 2011, versi kotak Logic Pro dihentikan, bersama dengan Logic Express, dan Logic Pro sekarang hanya tersedia melalui Mac App Store . [ butuh rujukan ]
Pengembang (s) Perusahaan Apple.
Rilis stabil
10.4.1 / 1 Maret 2018 ; 31 hari yang lalu 
Ditulis dalam C , C ++ , Objective-C , Swift
Sistem operasi macOS ( 10.11 dan yang lebih baru)
Peron x64 (pada Logic Pro 9.1) 
Ukuran 1,39 GB
Tersedia di Inggris , China , Jepang , Prancis , Jerman , Spanyol
Mengetik MIDI sequencer dan Digital Audio Workstation
Lisensi Hak milik
Situs web Mac App Store

Fitur 

Logic Pro menyediakan perangkat lunak, efek audio, dan fasilitas rekaman untuk sintesis musik. Ini juga mendukung Apple Loops - loop instrumen yang direkam bebas royalti . Logic Pro and Express berbagi banyak fungsi dan antarmuka yang sama. Logic Express terbatas pada mixdown stereo dua saluran, sementara Logic Pro dapat menangani suara surround multichannel. Keduanya dapat menangani hingga 255 track audio, tergantung pada kinerja sistem ( CPU dan throughput hard disk dan waktu pencarian ). Logic Pro dapat bekerja dengan keyboard MIDI dan permukaan kontrol untuk input dan pemrosesan, dan untuk output MIDI. Ini fitur real-time scoring dalam notasi musik, mendukung tablature gitar , singkatan chord dan notasi drum.

Instrumen perangkat lunak

Instrumen perangkat lunak yang termasuk dalam Logic Pro X meliputi: Perancang Gender Drum, Desainer Mesin Gender, ES, ES2, EFM1, ES E, ES M, ES P, EVOC 20 PolySynth, EXS24 mkII, Klopfgeist, Synth Retro, Patung, Ultrabeat, Vintage B3, Vintage Clav, Piano Listrik Vintage. Instrumen ini menghasilkan suara dengan berbagai cara, melalui sintesis subtraktif (ES, ES2, ES E, ESM, ES P, Retro Synth), sintesis modulasi frekuensi (EFM1), sintesis wavetable (ES2, Retro Synth), vocoding (EVOC 20 PolySynth ), sampling (EXS24 mikII, Drum Kit Designer), dan teknik pemodelan komponen (Ultrabeat, Vintage B3, Vintage Clav, dan Vintage Electric Piano, Sculpture). Pada versi 10.2, Logic Pro X juga menyertakan Alchemy, sebuah synthesizer manipulasi sampel yang sebelumnya dikembangkan oleh Camel Audio. Instrumen perangkat lunak diaktifkan oleh informasi MIDI yang dapat dimasukkan melalui instrumen MIDI atau ditarik ke dalam editor MIDI.

Efek audio

Efek audio termasuk amp dan emulator pedal gitar, efek penundaan, efek distorsi, prosesor dinamika , filter penyamarataan , efek filter, prosesor pencitraan, alat pengukur, efek modulasi, efek pitch, dan efek reverb. Di antara plugin Reverb Logic adalah Space Designer, yang menggunakan konvolusi reverb untuk mensimulasikan akustik audio yang dimainkan di lingkungan yang berbeda, seperti ruangan dengan ukuran yang bervariasi, atau meniru gema yang mungkin terdengar di pegunungan tinggi.

Proses terdistribusi 

Aplikasi ini memiliki kemampuan pemrosesan terdistribusi (dalam mode 32-bit), yang dapat berfungsi melalui LAN Ethernet . Satu mesin menjalankan aplikasi Logic Pro, sementara mesin lain di jaringan menjalankan aplikasi Logic node. Logika kemudian akan menghapus efek dan memproses synth ke mesin lain di jaringan. Jika jaringan cukup cepat (mis. Gigabit Ethernet ), ini dapat bekerja hampir secara real-time, tergantung pada pengaturan buffer dan beban CPU. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan kekuatan beberapa komputer Macintosh untuk memproses instrumen perangkat lunak dan plug-in Logic Pro, dan plug-in pemrosesan pihak ke-3. Pada versi 10.0.7, Logic dapat mengakses 24 thread pemrosesan, yang sejalan dengan Apple 12-core Mac Pro.

Sejarah

Pembuat dan Notator

Pada pertengahan hingga akhir 1980-an, Gerhard Lengeling dan Chris Adam mengembangkan program sequencer MIDI untuk platform Atari ST yang disebut Pencipta . Ketika kemampuan notasi musik ditambahkan, ini menjadi Notator , dan kemudian Notator SL . Untuk kesederhanaan ketiganya secara kolektif disebut sebagai Notator. 
Pesaing-pesaing utamanya pada saat itu termasuk Performer , Vision & Steinberg 16. Kebanyakan sequencer MIDI mempresentasikan lagu sebagai seperangkat lintasan linier; Namun, Notator dan Vision adalah sequencer berbasis pola: lagu-lagu dibangun dengan pola rekaman (yang mungkin mewakili misalnya Intro, Verse, Chorus, Middle-8, Outro) dengan hingga 16 trek masing-masing, kemudian merangkai Pengaturan pola-pola ini, dengan hingga 4 pola bermain secara bersamaan pada satu waktu dalam lagu.  Ini lebih mirip prinsip kerja sekuens perangkat keras tahun 1970-an dan 1980-an.
Pada masanya, Notator secara luas dianggap (oleh musisi dan pers musik pada waktu misalnya Musisi Internasional) sebagai salah satu program sekuens dan notasi yang paling kuat dan intuitif yang tersedia di platform apa pun, tetapi setelah itu popularitas Cubase Steinberg meningkat dan melacak- berdasarkan sekuens menang atas berdasarkan pola, sehingga akhirnya integrasi dan hibridisasi yang lebih besar dari dua metode dalam versi kedua Cubase dan Logic. 

Logic

Para programmer C-Lab meninggalkan perusahaan itu untuk membentuk Emagic , dan pada tahun 1993 merilis sebuah program baru, Notator Logic , yang berusaha memadukan operasi berbasis lintasan dan pola (tetapi tampak lebih mirip sequencer berbasis-lagu daripada Notator). Meskipun kaya fitur, versi awal Logika di Atari tidak memiliki intuisi dan kedekatan baik Cubase atau Notator, dan tidak pernah mencapai kesuksesan yang sama. Namun, pada saat ini Atari menjadi usang, dan bagian dari alasan mengapa Logika Notator telah ditulis dari awal dengan GUI yang berorientasi objek (meskipun berbagi nomenklatur yang sama dengan pendahulunya) adalah untuk mempermudah port ke platform lain. . Pengantar Notator dihapus dari nama produk dan perangkat lunak menjadi dikenal hanya sebagai Logika .
Karena versi perangkat lunak yang lebih baru tersedia untuk platform Mac OS dan Windows , dan memperoleh fungsi yang lebih canggih (terutama dalam pemrosesan audio) untuk memanfaatkan peningkatan daya komputasi, Logic, bersama dengan kebangkitan PC, mendapatkan popularitas kembali.
Apple mengakuisisi Emagic pada bulan Juli 2002. Pengumuman termasuk berita bahwa pengembangan versi Windows tidak akan lagi berlanjut. Pengumuman ini menimbulkan kontroversi di industri rekaman dengan perkiraan 70.000 pengguna telah berinvestasi di rute Windows tidak ingin menginvestasikan kembali dalam sistem baru yang lengkap. Meskipun banyak spekulasi di berbagai forum Audio Pro bagaimanapun, tepatnya berapa banyak pengguna yang telah meninggalkan Logic setelah akuisisi oleh Apple, atau meninggalkan platform Windows untuk versi Mac, tetap tidak diketahui, tetapi pendapatan Apple Pro Apps terus meningkat sejak Apple Akuisisi Emagic, (sekitar $ 2 miliar per tahun pada Q1 2014).

Versi 

Versi awal 
Logic 5 menampilkan perbaikan signifikan dalam antarmuka pengguna, dan peningkatan kompatibilitas dengan lebih banyak jenis komputer, sistem operasi, dan berbagai antarmuka audio. Logic 5.5.1 adalah versi terakhir yang akan dirilis untuk Windows. Dari Logic 6 dan seterusnya, perangkat lunak hanya akan tersedia di Mac OS.
Dengan Logic 6 , Emagic menambahkan ketersediaan produk perangkat lunak yang dikemas secara terpisah yang merupakan pengaya terintegrasi yang dikembangkan khusus untuk digunakan dengan Logic, termasuk perangkat lunak, sampel EXS dan plug-in pemrosesan audio. Paket Logic 6 juga menyertakan program Waveburner yang berdiri sendiri, untuk membakar CD-CD standar-audio yang kompatibel CDR untuk replikasi, namun, aplikasi tersebut dianggap sebagai fitur bonus gratis; itu tidak diiklankan sebagai bagian dari paket dan tidak termasuk dokumentasi cetak. Dokumentasi PDF disertakan pada disk penginstal.
Pada Maret 2004 Apple merilis Logic Pro 6 , yang mengkonsolidasikan lebih dari 20 produk Emagic yang berbeda, termasuk semua instrumen dan efek plug-in, Waveburner Pro (aplikasi Authoring CD), dan dukungan Pro Tools TDM, ke dalam satu paket produk. Apple juga merilis versi turun-temurun dari Logic yang disebut Logic Express, menggantikan dua versi sebelumnya yang mengisi posisi yang disebut Logic Silver dan Logic Gold. Apple mulai mempromosikan Logic Pro sebagai salah satu aplikasi perangkat lunak 'Pro' untuk platform Macintosh.
Logic Pro 7 
Logic Pro 7 dirilis 29 September 2004. Yang paling menonjol, Apple memodifikasi antarmuka Logic 7 agar terlihat lebih seperti produk yang dikembangkan oleh Apple.
Penambahan Logic Pro 7 termasuk: integrasi Apple Loops, Distributed Audio Processing (teknologi untuk menggabungkan kekuatan beberapa komputer pada jaringan), 3 instrumen baru termasuk Sculpture (synth model suara) dan Ultrabeat (drum synth dan sequencer). ), dan 9 efek baru plug-in termasuk Guitar Amp Pro (amp simulator gitar), dan versi koreksi fase linier dari equalizer parametrik 6 kanal mereka. Secara total, Logic Pro 7 sekarang termasuk 70 efek plug-in dan 34 instrumen plug-in.
Kompatibilitas Pro-Tools TDM, yang telah menjadi fitur Logic sejak versi 3.5, tidak didukung oleh Logic 7.2 pada komputer Mac berbasis Intel;  Dukungan TDM kembali dengan merilis Logic 8.
Logic Pro 8 
Pada tanggal 12 September 2007, Apple merilis suite Logic Studio yang menyertakan Logic Pro 8 . Logic Pro bukan lagi produk terpisah, meskipun versi terbatas Logic Express 8 dirilis pada hari yang sama, dan tetap menjadi produk terpisah.
Perubahan signifikan dibuat untuk Logic 8. Logic Pro 8 sekarang terutama kode Kakao, tetapi masih termasuk beberapa Perpustakaan Karbon. [ klarifikasi diperlukan ] Bersamaan dengan perubahan seperti plug-in pemrosesan baru (Delay Designer), Apple menyertakan fitur seperti Quick Swipe Comping, mirip dengan Soundtrack Pro 2 , dan manajemen multi-take.
Apple juga melakukan perubahan pada kemudahan penggunaan. Ini termasuk penghentian XSKey dongle , dan antarmuka yang streamline. Setiap plug-in yang digunakan di strip saluran terbuka di jendela baru ketika diklik dua kali. Banyak fitur yang ditemukan di Logic 7 telah dikonsolidasikan ke dalam satu layar. Penambahan lain ke antarmuka baru termasuk konsolidasi mengatur windows, strip saluran ganda, built in browser (seperti itu di GarageBand ) dan template produksi.
Logic Pro 9 
Pada 23 Juli 2009, Logic Pro 9 diumumkan. Fitur baru utama termasuk "Flex Time", Apple mengambil audio "elastis", yang memungkinkan audio dikuantisasi.  Versi papan pedal dari GarageBand disertakan, bersama dengan amplifier gitar virtual baru di mana komponen yang dimodelkan dapat dikombinasikan dengan cara yang berbeda. Ada juga sejumlah perbaikan pada pengeditan audio, memenuhi permintaan pengguna seperti "pentalan di tempat" dan jalur pilihan serta impor jalur saluran, serta pustaka konten yang diperluas termasuk satu lagi Paket Jam . Beberapa perangkat lunak yang disertakan, termasuk MainStage 2 dan Soundtrack Pro 3, juga ditingkatkan. Logic Pro 9 adalah Universal Binary, meskipun tidak secara resmi didukung untuk digunakan pada komputer PowerPC. SoundDiver, yang diam-diam dibundel dengan versi sebelumnya, dihapus, menghilangkan dukungan untuk bisa dibilang editor / pustakawan synthesizer yang paling populer di dunia. Karena Apple telah mem-bundle begitu banyak perangkat lunak dengan Logic, tidak mungkin kita akan melihat kembalinya integrasi dengan perangkat keras synthesizer eksternal ke platform Logic. [ butuh rujukan ]
Pada tanggal 12 Januari 2010, Apple merilis Logic Pro 9.1, satu-satunya rilis Intel, sehingga secara resmi menghentikan Logic untuk platform PowerPC. Logic Pro 9.1 memiliki opsi untuk menjalankan dalam mode 64-bit, yang memungkinkan aplikasi untuk mengatasi lebih banyak memori daripada di masa lalu. Kata Apple "Dengan mode 64-bit, memori aplikasi tidak terbatas pada 4GB seperti pada aplikasi 32-bit, jadi pada dasarnya tidak ada batasan praktis menurut standar saat ini." Plug-in pihak ketiga yang 32-bit masih kompatibel, tetapi akan berjalan dari 'pembungkus' di dalam Logic Pro itu sendiri.
Pada tanggal 9 Desember 2011, Apple mengumumkan bahwa Logic Pro Studio 9 tidak lagi tersedia di DVD, dan hanya akan dijual melalui Mac App Store . Harganya berkurang dari $ 499 menjadi $ 199,99 untuk aplikasi Logic Pro, dan $ 29,99 untuk MainStage. Unduhannya hanya lebih dari 400MB, dan 19GB loop opsional tersedia sebagai unduhan dalam aplikasi. 
Versi Logic Pro Studio 9 ini tidak lagi memungkinkan pengguna untuk mengakses mikrotunings dalam format Scala selain yang disediakan oleh perangkat lunak oleh Apple.
Logic Pro X 
Dirilis sebagai penerus Logic Pro 9 pada 16 Juli 2013, Logic Pro X (10.0.0) menyertakan antarmuka baru, satu jendela yang dapat disesuaikan, dengan desain yang sejalan dengan Final Cut Pro X , serta fitur-fitur baru. Alat-alat baru dalam rilis ini adalah Drummer , pemain sesi virtual yang secara otomatis bermain bersama dengan lagu Anda dalam berbagai macam gaya dan teknik drum, dan Flex Pitch , Waktu Fleksibel yang setara untuk pengeditan pitch dalam rekaman audio. Selain itu, fitur "Kontrol Cerdas" yang baru memungkinkan pengguna untuk memetakan parameter dari berbagai plugin ke satu antarmuka kontrol yang mudah digunakan. Keyboard dan synthesain ulang dimasukkan, bersama dengan stomp boxes baru, desainer bass amp dan drum kit, dan sebuah arpeggiator. Sebuah perpustakaan suara dan lingkaran yang dibangun kembali diperkenalkan, bersama dengan arsitektur Patch baru. Logic Pro X juga telah meningkatkan organisasi track dengan memungkinkan pengguna mengelompokkan beberapa track ke dalam 'folder' seperti kategori (misalnya, akustik, synthesizer, vokal, perkusi, dll.). Selain organisasi ini, Logic Pro X memungkinkan individu untuk memicu kontrol 'solo,' 'bisu,' dan 'volume' untuk setiap grup.  Peningkatan lebih lanjut dilakukan untuk mencetak pengeditan, pengeksporan (sekarang kompatibel dengan format MusicXML ), dan memperkenalkan kompatibilitas plug-in MIDI. Bertepatan dengan peluncuran Logic Pro X adalah rilis aplikasi iPad pendamping bernama Logic Remote, yang memungkinkan kontrol nirkabel Logic Pro X, termasuk Instrumen Sentuh untuk memutar dan merekam instrumen perangkat lunak serta alat untuk menavigasi, membuat pengeditan dasar dan pencampuran.
Sejak rilis ini, Logic Pro X berjalan dalam mode 64-bit saja dan tidak lagi berfungsi dengan plug-in 32-bit. Logic Pro X mampu mentransfer sebagian besar data dari proyek sebelumnya yang disimpan di Logic Pro 5 dan yang lebih baru, meskipun transfer ke 64-bit hanya berarti plugin 32-bit yang lebih lama tidak akan berfungsi lagi. 
Pengguna terkemuka
Hardwell
https://id.wikipedia.org/wiki/Logic_Pro

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer