Reaper

Reaper merupakan media atau software yang berbasis pada DAW atau Digital Audio Workstation. Software keluaran cockos ini dapat memenuhi kebutuhan bro, sister dalam menyelesaikan tugas atau pembuatan suatu project lagu…
Sedangkan Penggunaannya sendiri Reaper dapat katakan baik untuk menghandle atau menangani MUSIC PROCUCTION atau Memproduksi suatu musik yang berformat WAVE, MP3, AIFF, Midi dan lainnya, dan juga mampu bekerja sebagai host atau patchby untuk sebuah VSTI atau VIRTUAL INSTRUMENT...
BELAJAR (TUTORIAL) REAPER COCKOS
Syaratnya :
1. PC (Personal Computer) atau Laptop + OS (Operating System) – WAJIB
2. Software REAPER COCKOS … (kalau bisa beli yang Original ya)… – WAJIB
3. Soundcard + Driver Berfungsi untuk out audio yang akan keluar nantinya (OPTIONAL)
4. Keyboard Controller yang akan berfungsi menjadi Controller  – ( OPTIONAL)
5. Midi Cable atau Kabel midi berfungsi untuk menghubungkan alat music digital dengan Software yang berbasis DAW
6. Driver Asio berfungsi untuk mengatasi Latency pada Soundcard onboard – WAJIB
Gimana dah dah ada belum SYARAT nya.. kalau belum ada Persiapkan dulu ya bro :).. hihihihihihi . Ok kita mulai dari loe bro, sister yang dah punya atau memenuhi syarat2nya….
Langkah 1. yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi dengan anggapan saya kamu sudah menginstal apa yg saya utarakan diatas… Selanjutnya kamu bisa menentukan dimana Project kamu akan kamu simpan melalui menu Option…

Langkah kedua Insert File Project yang akan kamu jadikan contohnya ( Option Untuk RECORD AUDIO maupun MIDI ). data ini biasanya berformat WAVE atau MP3… ini gambar track kosong untuk kamu bisa memasukkan datanya atau sample/contoh.
kalau kamu sudah liat berarti untuk saat ini saya anggap kamu udah faham.. cara insert filenya melalui insert MEDIA dari menu taskbar….
Langkah ke2 yang harus kamu lakukan adalah membuat track baru untuk bisa dimasukkannya VSTi (Virtual Instrument) dengan cara klik kanan pada mouse dan insert NEW INSTRUMENT… setelah kebuka aplikasinya..  pilih iVSTI yang kamu mau gunakan dan jangan lupa kamu mengatur di kolom Track nya untuk pengaturan keyboard controller… biar enak belajarnya nih aku kasih gambarlah.. ( enakkan BELAJAR MUSIK DAN AUDIO DIGITAL disini)     
nah dari gambar yang disamping pada tulisan ALL MIDI CHANELL loe ganti aja dengan midi Inputnya ke Keyboard Controller loe sesuai dengan chanell yg diinginkan… mungkin karena baru 1 track buat aja di chanell 1…. nah saatnya kamu record dengan menekan tombol merah pada menu panel  ( lagi-lagi aku kasih gambar) .. itulah enaknya BELAJAR MUSIK DAN AUDIO DIGITAL disini semuanya mudah di mengerti….  setelah kamu record pasti kamu bertanya kok gak ada ya mas suara metronomenya ????. wakakkakakakaka…. gampang bro tinggal loe klik aja panel menu lambang metronome,, kurang jelas ???,, nih dah ku kasih gambarnya biar gampang.
Tuh kelihatan kan gambarnya yang di samping kanan atas.. klik aja itu,, pasti berbunyi dan kalau suaranya kurang kenceng loe klik kanan di mouse, besarin deh volumenya…..
Langkah ke3 yang harus kamu lakukan adalah editing file midi yang kamu buat tadi.. karena hasilnya pasti ada yang tidak pas… caranya dengan PIANO ROLL.. untuk membukanya loe bisa double klik di tracknya maka kebukalah PIANO ROLL yang kamu inginkan seperti ini.
Disitulah nantinya kamu mengeditnya…. setelah selesai mengeditnya.. saya anggap kamu dah menyelesaikan Project dengan banyak track dan sound..
Langkah ke4 yang harus kamu lakukan adalah merender atau membuat suatu format AUDIO yang kamu inginkan dengan cara mengklik file pilig EXPORT dan nantinya akan kebuka aplikasi seperti ini, mudah bukan ??
Begitulah cara kerjanya semoga bisa membantu….
Dan akhirnya kamu ada pertanyaan gimana mas setting agar Soundcard terdeteki dan Keyboard Controller juga ???… wakakakakakakkakakakak..
Sengaja gak saya Buat Pertama kali biar agak susah sedikit bro… ( Becanda ) caranya tinggal loe klik preference dan pilih sound out yg loe inginkan tapi jangan lupa kalau loe dah instal ASIO biar gak ada Latency.. Dan untuk Keyboard Controller juga ada di menu preference seperti ini

https://ferrysiregar.wordpress.com/tutorial/belajar-tutorial-reaper-cockos/
http://tekno.10terbaik.com/2014/08/reaper-aplikasi-terbaik-untuk-membuat.html
http://masemang.blogspot.co.id/2013/04/cara-menggunakan-reaper.html

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer