Flashdisk

Diska Lepas USB

Diska Lepas USB atau dikenal juga sebagai Kandar Kilas USB atau yang lebih populer dalam bahasa Inggris USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB Flash Drive ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan.
USB Flash Drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
Namun USB Flash Drive juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada USB Flash Drive ini rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.

Diska Lepas USB dalam sistem operasi Windows

Sistem operasi Microsoft Windows mengimplementasikan Diska Lepas USB sebagai USB Mass Storage Device(dalam Bahasa Indonesia Penyimpanan Masal USB), dan menggunakan device driver usbstor.sys. Karena memang sistem operasi Windows memiliki fitur auto-mounting, dan USB Flash Drive merupakan sebuah perangkat pasang dan pakai, Windows akan mencoba menjalankannya sebisa mungkin sesaat perangkat tersebut dicolokkan ke dalam soket USB. Sietem operasi Windows XP atau yang terbaru bahkan memiliki fitur Autoplay, yang mengizinkan USB Flash Drive tersebut diakses secara keseluruhan untuk menentukan apa isi dari USB Flash Drive tersebut kemudian menjalankannya.
Namun USB Flash Drive menjadi media yang empuk untuk penyebaran virus, karena kemampuan virus untuk menyalin dirinya sendiri ke USB Flash Drive dan kemudian dijalankan otomatis ketika dicolokkan pada porta USB (di mana fungsi Autoplay pada sistem operasi Windows tidak dimatikan. Khususnya pada sistem operasi Windows XP keatas atau terbaru yang memiliki fitur Autoplay). Banyak virus komputer lokal seperti halnya Brontok/RontokBro, PendekarBlank, dan virus lokal lainnya menggunakan USB Flash Drive sebagai media transmisi virus dari satu inang ke inang lainnya, menggantikan cakram flopi. Virus-virus yang sebagian besar berjalan di atas Windows tersebut akan semakin cepat beredar ketika memang Windows mengakses penggerak tersebut menggunakan fitur Autoplay yang dimiliki oleh Windows. Karenanya, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur Autoplay, meski hal ini kurang begitu membantu mencegah penyebaran virus.

Cara penggunaan USB Flash Drive sangat mudah karena menggunakan USB sebagai antarmukanya. Hanya cukup menancapkan ke port USB pada PC dan akan langsung dikenali sebagai removable drive tanpa perlu proses rebooting atau menghidupkan ulang (bersifat “plug and play”) karena hampir semua sistem operasi terbaru dapat menginisialisasi driver. Tapi, untuk sistem operasi Windows 98 masih memerlukan pemasangan driver yang biasanya sudah tersedia dalam paket USB Flash Drive. Berbeda dengan cakram flopi maupun CDR/RW, USB Flash Drive memiliki keunggulan yaitu tidak perlu menggunakan alat tambahan untuk memakainya. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli alat tambahan seperti floppy disk drive atau CD-ROM/RW. USB Flash Drive juga sangat ringan.

Usbkey internals.jpg
Komponen-komponen internal sebuah
flash drive yang umum
1. Sambungan USB
2. Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
3. Titik Uji
4. Cip Memory Kilat
5. Osilator Kristal
6. LED
7. Write Protect Switch
8. Ruang Kosong untuk cip memory kilat kedua 
https://id.wikipedia.org/wiki/Diska_Lepas_USB

 

Kelebihan dan kekurangan Flashdisk
Kelebihan Flashdisk
 1.   Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar.
 2.   Memiliki ukuran yang kecil dan cara penggunaanya yang simple. 
 Sebuah flashdisk dapat berumur 10 tahun jika cara penggunaanya tepat. Cara penggunaan yang saya maksud disini ialah menghindari pencabutan flashdisk secara paksa karena dapat menyebabkan data yang disimpan dan ditulis flashdisk menjadi rusak, sehingga data pada flashdisk tidak dapat dibuka lagi. Pengguna flashdisk disarankan melakukan pencabutan flashdisk dengan cara aman, dan ini akan sangat berpengaruh pada umur flashdisk karena hubungan baca/tulis yang terjadi antara komputer dan flashdisk sudah diamankan terlebih dahulu dan arus pendek listrik yang dapat merusak komponen – komponen flashdisk dapat dicegah.  
 3.   Flashdisk memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan baik untuk anak sekolahan maupun orang umum sekalipun.
 Kekurangan flashdisk
 1.   Mudah hilang karena ukurannya yang kecil
 2.   Saat terletak di dalam kantong pada baju atau celana ada kemungkinan terendam air saat anda lupa mengeluarkannya dari saku tersebut.
3. Jika terkena virus sulit untuk diatasi/ dihilangkan, akibatnya file semua sembunyi 
 Fungsi Flashdisk
 Flashdisk memiliki fungsi untuk menyimpan dan memindahkan data dalam berbagai format dalam kapasitas yang cukup besar. Anda juga bisa menggunakan flashdisk untuk menjalankan aplikasi dan sistem operasi portable. Flashdisk juga dapat digunakan untuk media instalasi sistem operasi baru untuk komputer anda tanpa menggunakan DVD sebagai media instalasinya.
 https://ranah-informasiku.blogspot.co.id/pengertian-fungsi-kelebihan-dan-kekurangan-flashdisk.html


Macam-macam flashdisk

macam – macam disini bisa dikategorikan dalam beberapa hal seperti:
bentuk: banyak beredar dari segi bentuk yang standar sampai dengan yang berbentuk unik seperti bentuk tokoh2 kartun, kendaraan, gelang, hiasan2 dll.
 ukuran: dari segi ukuran yang beredar dipasaran juga beragam dari ukuran flashdisk 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, bahkan konon katanya sudah ada yang berukuran 1TB.
 merek: yang admin tau merek flashdisk yang sering dijumpai seperti Toshiba, Sandisk, Kingston, Adata, Hp, Sony, Philips dll.
 jenis usb: jenis-jenis usb pun beragam jangan sampai kita keliru ketika kita belanja dan ditanya oleh pedagang jika menanyakan antara flashdisk dan usb, pada ujung flashdisk terdapat nama jenis type seperti pada gbr dibawah ini
 fungsi flashdisk
yang kita bahas yakni flashdisk berarti flashdisk mempunyai ujung usb dengan Type-A, type ini pun mempunyai turunan seperti gbr dibawah dengan perbedaan yang ditandai dengan warna ( warna disini pun mempunyai kelebihan masing-masing)macam - macam usb 
http://www.tuntor.com/pengertian-flashdisk-fungsi-flashdisk-lengkap/

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer