User, Username, Kata Sandi dan Password

Pengguna (komputer)

Pengguna adalah orang yang menggunakan komputer atau layanan jaringan . Pengguna umumnya menggunakan sistem atau produk perangkat lunak tanpa keahlian teknis yang diperlukan untuk memahaminya sepenuhnya. Pengguna daya menggunakan fitur program yang canggih, meskipun mereka belum tentu dapat menjalankan pemrograman komputer dan administrasi sistem.
Pengguna sering memiliki akun pengguna dan dikenali ke sistem dengan nama pengguna (atau nama pengguna ). Istilah lain untuk nama pengguna mencakup nama login , nama layar (atau nama layar ), nama panggilan (atau nick ) dan pegangan , yang berasal dari istilah radio Citizen's Band yang identik.
Beberapa produk perangkat lunak memberikan layanan ke sistem lain dan tidak memiliki pengguna akhir langsung.

Pengguna akhir

Pengguna akhir adalah pengguna manusia utama (juga disebut sebagai operator ) dari produk perangkat lunak. Istilah ini digunakan untuk abstrak dan membedakan mereka yang hanya menggunakan perangkat lunak dari pengembang sistem, yang meningkatkan perangkat lunak untuk pengguna akhir. Dalam desain yang berpusat pada pengguna , ia juga membedakan operator perangkat lunak dari klien yang membayar pengembangan dan pemangku kepentingan lainnya yang mungkin tidak secara langsung menggunakan perangkat lunak, namun membantu menetapkan persyaratannya. Abstraksi ini terutama berguna dalam merancang antarmuka pengguna , dan mengacu pada subkumpulan karakteristik yang relevan yang biasanya dimiliki oleh pengguna yang paling diharapkan.
Dalam desain yang berpusat pada pengguna, personas diciptakan untuk mewakili jenis pengguna. Kadang-kadang ditentukan untuk setiap jenis jenis antarmuka pengguna yang sesuai dengan (karena pengalaman sebelumnya atau kesederhanaan yang melekat pada antarmuka), dan keahlian teknis dan tingkat pengetahuan apa yang ada di bidang atau disiplin spesifik. Bila beberapa kendala diberikan pada kategori pengguna akhir, terutama saat merancang program untuk digunakan oleh masyarakat umum, praktik umum untuk mengharapkan keahlian teknis minimum atau pelatihan sebelumnya pada pengguna akhir. Dalam konteks ini, antarmuka pengguna grafis (GUI) biasanya lebih disukai daripada antarmuka command-line (CLI) demi kegunaan.
Disiplin pengembangan pengguna akhir mengaburkan perbedaan khas antara pengguna dan pengembang. Ini menunjuk aktivitas atau teknik di mana orang-orang yang bukan pengembang profesional menciptakan perilaku otomatis dan objek data kompleks tanpa pengetahuan yang signifikan tentang bahasa pemrograman.
Sistem yang aktornya adalah sistem lain atau agen perangkat lunak tidak memiliki pengguna akhir langsung.

Akun pengguna

Akun pengguna memungkinkan pengguna melakukan otentikasi ke sistem dan berpotensi menerima otorisasi untuk mengakses sumber daya yang disediakan oleh atau terhubung ke sistem tersebut; Namun, otentikasi tidak menyiratkan otorisasi. Untuk masuk ke akun, pengguna biasanya diminta untuk mengotentikasi dirinya dengan kata sandi atau kredensial lainnya untuk tujuan akuntansi , keamanan , logging, dan pengelolaan sumber daya .
Begitu pengguna masuk, sistem operasi sering menggunakan pengenal seperti bilangan bulat untuk merujuknya, bukan nama pengguna mereka, melalui proses yang dikenal sebagai korelasi identitas . Dalam sistem Unix , nama pengguna berkorelasi dengan user identifier atau user id .
Sistem komputer beroperasi di salah satu dari dua jenis berdasarkan jenis pengguna yang mereka miliki:
1. Sistem single-user tidak memiliki konsep beberapa akun pengguna.
2. multi-user memiliki konsep seperti itu, dan mengharuskan pengguna untuk mengidentifikasi dirinya sebelum menggunakan sistem.
Setiap akun pengguna pada sistem multi-user biasanya memiliki direktori home , untuk menyimpan file yang berkaitan secara eksklusif dengan aktivitas pengguna tersebut, yang dilindungi dari akses oleh pengguna lain (walaupun administrator sistem mungkin memiliki akses). Akun pengguna sering kali berisi profil pengguna umum, yang berisi informasi dasar yang diberikan oleh pemilik akun. File yang tersimpan di direktori home (dan semua direktori lain dalam sistem) memiliki hak akses sistem berkas yang diperiksa oleh sistem operasi untuk menentukan pengguna mana yang diberi akses untuk membaca atau mengeksekusi sebuah file, atau untuk menyimpan file baru di direktori tersebut. .
Sementara sistem mengharapkan sebagian besar akun pengguna hanya digunakan oleh satu orang saja, banyak sistem memiliki akun khusus yang dimaksudkan untuk mengizinkan seseorang menggunakan sistem ini, seperti nama pengguna "anonim" untuk anonim FTP dan nama pengguna "tamu" untuk akun tamu.

Format Username

Berbagai sistem operasi komputer dan aplikasi mengharapkan / menerapkan peraturan yang berbeda untuk formatnya.
Di lingkungan Microsoft Windows , misalnya, perhatikan potensi penggunaan:
1. Format User Principal Name (UPN) - misalnya: UserName@orgName.com
2. Format Nama Logon Tingkat Bawah - misalnya: DOMAIN \ accountName
Beberapa komunitas online , seperti Kik Usernames  , menggunakan nama pengguna sebagai nama panggilan untuk pemegang akun. Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin lebih dikenal dengan nama pengguna mereka daripada nama sebenarnya mereka, seperti CmdrTaco ( Rob Malda ), pendiri situs Slashdot

Terminologi 

Beberapa profesional kegunaan telah menyatakan ketidaksukaan mereka terhadap istilah "pengguna", mengusulkannya untuk diubah. Don Norman menyatakan bahwa "Salah satu kata mengerikan yang kita gunakan adalah 'pengguna'. Saya sedang melakukan perang salib untuk menyingkirkan kata 'pengguna'. Saya lebih suka menyebut mereka 'orang'." 
https://id.wikipedia.org/wiki/User_(komputing)

Pengertian username menurut pada kosakata Teknologi Informasi.  Kata username memiliki awalan karakter U dan berasal dari kosakata Teknologi Informasi. Berikut ini adalah maksud dari username.
http://referensi.org/arti-kata-username/

Kata sandi

Kata sandi (Inggris: password atau passphrase) adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Kata sandi juga dapat diartikan sebagai kata rahasia yang digunakan sebagai pengenal.

Cara kerja

Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna (yang terdiri atas nama pengguna/user name dan password) dengan daftar atau basis data yang disimpan oleh sistem keamanan sistem atau jaringan tersebut (dengan menggunakan metode autentikasi tertentu, seperti halnya kriptografi, hash atau lainnya). Jika kode yang dibandingkan cocok, maka sistem keamanan akan mengizinkan akses kepada pengguna tersebut terhadap layanan dan sumber daya yang terdapat di dalam jaringan atau sistem tersebut, sesuai dengan level keamanan yang dimiliki oleh pengguna tersebut. Idealnya, kata kunci merupakan gabungan dari karakter teks alfabet (A-Z, a-z), angka (0-9), tanda baca (!?,.=-) atau karakter lainnya yang tidak dapat (atau susah) ditebak oleh para intruder sistem atau jaringan. Meskipun begitu, banyak pengguna yang menggunakan kata sandi yang berupa kata-kata yang mudah diingat, seperti halnya yang terdapat dalam kamus, ensiklopedia (seperti nama tokoh, dan lainnya), atau yang mudah ditebak oleh intruder sistem.

Memilih kata sandi yang aman dan mudah diingat

Kata sandi yang paling aman digunakan adalah karakter acak, namun kata sandi seperti ini sangat sulit untuk diingat dan pada akhirnya hanya akan menimbulkan kesulitan. Ada beberapa metode yang dapat anda gunakan agar password acak mudah diingat, salah satunya :

Metode Kata Sandi Bruce Schneier

Ahli keamanan Bruce Schneier mengemukakan sebuah teori tentang pembuatan kata sandi dengan cara mengambil susunan suku kata pada suatu kalimat untuk digunakan sebagai kata sandi, metode ini masih direkomendasikan sampai saat ini, karena telah terbukti menghasilkan kombinasi kata sandi yang aman dan mudah diingat, Contoh : HePe1SaBeDoPuAn2 : Hewan Peliharaan pertama Saya Bernama Dogi Punya Anak dua
Cukup membuat sebuah kalimat yang mudah diingat, kemudian mengambil bagian suku kata dalam kalimat itu, Metode ini telah diuji menggunakan beberapa software pemecah kata sandi dan terbukti dapat menghasilkan kata sandi yang aman.

Raulfa raja

Teknik menghafal dan strategi mnemonic dapat membantu untuk membuat kata sandi yang aman dan mudah diingat, Setidaknya, itulah teori yang diajukan oleh Carnegie Mellon University, ilmuwan komputer yang menyarankan menggunakan metode Person-Action-Object (PAO) untuk membuat password yang sulit dipecahkan.
Metode PAO merupakan metode  kognitif, otak mudah mengingat sesuatu dengan lebih baik dengan visual bersamaan dengan sebuah skenario yang aneh. Setelah membuat dan menghafal beberapa cerita PAO, cerita tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah kata sandi yang aman, contoh teori PAO :
Memilih suatu gambar yang menarik (Gunung Semeru). Pilih foto seseorang yang terkenal (Sule). Bayangkan beberapa perbuatan sule bersamaan dengan foto gunung semeru hasil penggunaan teori PAO : rambutsulekuningterbakarkawahsemeru

Metode Campuran

Metode kata sandi campuran adalah metode yang digunakan untuk membuat kata sandi dengan menggabungkan dua atau lebih metode pembuatan kata sandi. Seperti mencampur metode kata sandi PAO dan Metode Kata Sandi Bruce Schneier.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kata_sandi

Password adalah kode rahasia, kata sandi yang merupakan kunci untuk bisa mengakses atau membuka suatu sistem yang dikunci. Password juga bisa disebut dengan kunci.
Password merupakan rahasia, jika ada orang lain yang mengetahui password tersebut, bisa jadi orang yang tidak berhak tersebut akan menghapus atau mencuri berkas-berkas yang ada. Jadi sebaiknya dalam selang waktu tertentu password sebaiknya diganti dan agar kerahasiaannya terjamin, sebaiknya hal-hal berikut ini tidak digunakan :
a. Nama atau nama panggilan
b. nama orang tua, pacar, saudara atau orang dekat
c. sesuatu yang mudah ditebak, seperti nama kota, jenis musik yang disukai oleh orang yang mempunyai password tersebut
Password yang baik adalah password yang susah ditebak oleh orang lain dan mudah diingat oleh Anda dan hal-hal yang disarankan:
a. Menggunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil
b. Mengandung angka dan karakter tanda baca (seperti ?,! dll)
c. Panjangnya minimal 6 karakter lebih panjang lebih baik
d. Dan mudah untuk diketik
Sumber : Dony Ariyus, Kamus Hacker. 2005
https://ilmushoru.wordpress.com/definisi-password-password-yang-baik/

Password adalah kode sandi yang harus dimasukkan ke dalam suatu sistem baik itu sistem komputer yang menggunakan system oprasi windows atau bukan yang berupa karakter tulisan, suara, atau ciri-ciri khusus yang harus diingat.
Kalau kita sampai lupa password yang telah dibuat, maka dapat berakibat fatal, ditambah ada hal penting dan harus segera dilakukan atau diketahuiUntuk memberikan keamanan pada Password anda sebaiknya anda mengikuti cara di abawah ini:
1. Gunakan password yang acak dan tidak mudah di terka tapi mudah di ingat untuk anda sendiri contoh: “kr1wul” 2. Gunakan huruf dan angka untuk memberikan kombinasi pada password anda
2. Update password anda 2 minggu sekali
3. Jangan beritahukan password anda ke saudara / teman anda
4. Jangan melupakan password (sebaiknya anda catat dan disimpan dengan baik baik)
http://www.g-excess.com/pengetahuan-pengertian-password.html

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer