Multimeter

Multimeter

Multimeter atau multitester adalah alat pengukur listrik yang sering dikenal sebagai VOM (Volt-Ohm meter) yang dapat mengukur tegangan (voltmeter), hambatan (ohm-meter), maupun arus (amperemeter). Ada dua kategori multimeter: multimeter digital atau DMM (digital multi-meter)(untuk yang baru dan lebih akurat hasil pengukurannya), dan multimeter analog. Masing-masing kategori dapat mengukur listrik AC, maupun listrik DC.
Sebuah multimeter merupakan perangkat genggam yang berguna untuk menemukan kesalahan dan pekerjaan lapangan, maupun perangkat yang dapat mengukur dengan derajat ketepatan yang sangat tinggi.

Sejarah

Perangkat pendeteksi arus penunjuk arus pertama adalah galvanometer pada tahun 1820. Ini digunakan untuk mengukur hambatan dan voltase dengan menggunakan jembatan Wheatstone , dan membandingkan jumlah yang tidak diketahui dengan tegangan referensi atau resistansi. Sementara berguna di lab, perangkatnya sangat lamban dan tidak praktis di lapangan. Galvanometer ini berukuran besar dan halus.
Pergerakan D'Arsonval / Weston meter menggunakan koil bergerak yang membawa penunjuk dan berputar pada pivot atau ligamen pita yang kencang. Kumparan berputar dalam medan magnet permanen dan terkendali oleh mata air spiral halus yang juga berfungsi untuk membawa arus ke dalam koil bergerak. Ini memberikan pengukuran yang proporsional dan bukan hanya deteksi, dan defleksi tidak tergantung pada orientasi meter. Alih-alih menyeimbangkan jembatan, nilai bisa langsung membacakan skala instrumen, yang membuat pengukuran cepat dan mudah.
Meteran penggerak dasar yang sesuai hanya untuk pengukuran arus searah, biasanya berkisar dari 10 microampere sampai 100 mA. Hal ini mudah disesuaikan untuk membaca arus yang lebih berat dengan menggunakan shunt (resistensi secara paralel dengan gerakan dasar) atau untuk membaca voltase menggunakan resistansi seri yang dikenal sebagai pengganda. Untuk membaca arus bolak-balik atau voltase, penyearah dibutuhkan. Salah satu penyearah paling awal yang sesuai adalah penyearah oksida tembaga yang dikembangkan dan diproduksi oleh Union Switch & Signal Company, Swissvale, Pennsylvania, yang kemudian merupakan bagian dari Westinghouse Brake and Signal Company, dari tahun 1927. 
Multimeters ditemukan pada awal 1920-an saat receiver radio dan perangkat elektronik tabung vakum lainnya menjadi lebih umum. Penemuan multimeter pertama dikaitkan dengan insinyur Kantor Pos Inggris, Donald Macadie, yang merasa tidak puas dengan kebutuhan untuk membawa banyak instrumen terpisah yang diperlukan untuk pemeliharaan sirkuit telekomunikasi.  Macadie menemukan instrumen yang dapat mengukur ampere (ampli), volt dan ohm , sehingga meteran multifungsi kemudian diberi nama Avometer. Meteran terdiri dari meteran penggerak yang bergerak, resistor tegangan dan presisi, dan sakelar dan soket untuk memilih rentangnya.
Winder Coil otomatis dan Perusahaan Peralatan Listrik (ACWEECO), didirikan pada tahun 1923, didirikan untuk memproduksi Avometer dan sebuah mesin berkelok-kelok koil yang juga dirancang dan dipatenkan oleh MacAdie. Meskipun pemegang saham ACWEECO, MacAdie terus bekerja untuk Kantor Pos sampai dia pensiun pada tahun 1933. Anak laki-lakinya, Hugh S. MacAdie, bergabung dengan ACWEECO pada tahun 1927 dan menjadi Direktur Teknik.  AVO pertama mulai dijual pada tahun 1923, dan banyak fiturnya tetap hampir tidak berubah sampai ke Model 8 terakhir.

Sifat umum multimeter

Setiap meter akan memuat rangkaian yang diuji sampai batas tertentu. Sebagai contoh, sebuah multimeter yang menggunakan gerakan koil bergerak dengan arus defleksi skala penuh 50 microamps , sensitivitas tertinggi yang tersedia, harus menarik setidaknya 50 microamps dari sirkuit yang diuji agar meteran mencapai ujung atas skalanya. Ini mungkin memuat rangkaian impedansi tinggi sedemikian rupa sehingga mempengaruhi rangkaian, sehingga memberikan pembacaan rendah. Arus defleksi skala penuh juga dapat dinyatakan dalam bentuk "ohm per volt". Angka ohm per volt sering disebut "kepekaan" instrumen. Dengan demikian sebuah meter dengan gerakan microampere 50 akan memiliki "kepekaan" 20.000 ohm per volt. "Per volt" mengacu pada fakta bahwa impedansi yang diperlihatkan meter ke sirkuit yang diuji akan menjadi 20.000 ohm dikalikan dengan voltase skala penuh dimana meteran diatur. Misalnya, jika meteran diatur ke kisaran 300 volt skala penuh, impedansi meter akan menjadi 6 megohms. 20.000 ohm per volt adalah sensitivitas terbaik (tertinggi) yang tersedia untuk multimeter frekuensi analog yang kekurangan amplifier internal. Untuk meter yang memiliki amplifier internal (VTVMs, FETVMs, dll.), Impedansi masukan ditetapkan oleh rangkaian penguat.
Avometer pertama memiliki sensitivitas 60 ohm per volt, tiga arus searah (12 mA, 1,2 A, dan 12 A), tiga rentang tegangan langsung (12, 120, dan 600 V atau opsional 1200 V), dan 10.000 ohm kisaran resistansi. Versi perbaikan tahun 1927 ini meningkat menjadi 13-rentang dan 166,6 ohm per volt (6 mA) gerakan. Versi "Universal" yang memiliki rentang tegangan alternating current dan alternating alternating ditawarkan dari tahun 1933 dan pada tahun 1936, Avtic Model 6 sensitivitas ganda menawarkan 500/100 ohm per volt. [6] Antara pertengahan 1930an sampai 1950an, 1000 ohm per volt menjadi standar de facto kepekaan untuk kerja radio dan angka ini sering dikutip pada lembar servis. Namun, beberapa produsen seperti Simpson, Triplett dan Weston, semuanya di Amerika Serikat, memproduksi 20.000 ohm per volt VOM sebelum Perang Dunia Kedua dan beberapa di antaranya diekspor. Setelah 1945/6, 20.000 ohm per volt menjadi standar yang diharapkan untuk elektronik namun beberapa pembuat menawarkan instrumen yang lebih sensitif. Untuk industri dan arus "berat-arus" lainnya menggunakan multimensitas sensitivitas rendah terus diproduksi dan ini dianggap lebih kuat daripada tipe yang lebih sensitif.
Multimeter berkualitas tinggi analog (analog) terus dibuat oleh beberapa produsen, termasuk Chauvin Arnaux (Prancis), Gossen Metrawatt (Jerman), dan Simpson dan Triplett (AS).
Pocket watch style meters digunakan secara luas pada tahun 1920an. Kasus logam biasanya terhubung dengan koneksi negatif, pengaturan yang menyebabkan banyak sengatan listrik. Spesifikasi teknis perangkat ini seringkali kasar, misalnya yang diilustrasikan memiliki ketahanan hanya 33 ohm per volt, skala non linier dan tidak ada penyesuaian nol.
Vacuum Tube Voltmeters atau voltmeter katup (VTVM, VVM) digunakan untuk pengukuran voltase di sirkuit elektronik dimana impedansi masukan yang tinggi diperlukan. VTVM memiliki impedansi masukan tetap yang biasanya berukuran 1 megohm atau lebih, biasanya melalui penggunaan rangkaian masukan pengikut katoda , dan karenanya tidak secara signifikan memuat rangkaian yang diuji. VTVMs digunakan sebelum diperkenalkannya transistor analog impedansi tinggi elektronik dan voltmeter transistor efek lapangan (FETVOMs). Meteran digital modern (DVM) dan beberapa meteran analog modern juga menggunakan sirkuit masukan elektronik untuk mencapai impedansi masukan yang tinggi - rentang voltase mereka secara fungsional setara dengan VTVM. Impedansi masukan dari beberapa DVM yang dirancang dengan buruk (terutama beberapa desain awal) akan bervariasi sepanjang siklus pengukuran internal sampel dan terus , yang menyebabkan gangguan pada beberapa sirkuit sensitif yang diuji.
Skala tambahan seperti desibel , dan fungsi pengukuran seperti kapasitansi , gain transistor , frekuensi , duty cycle , display hold, dan kontinuitas yang membunyikan bel bila resistansi yang diukur kecil telah disertakan pada banyak multimeter. Sementara multimeter dapat dilengkapi dengan peralatan yang lebih khusus di dalam toolkit teknisi, beberapa multimeter mencakup fungsi tambahan untuk aplikasi khusus (suhu dengan probe, induktansi , konduktor ke komputer , nilai yang diukur, dll.).

Operasi

Multimeter adalah kombinasi voltmeter DC multirange, voltmeter AC multirange, ammeter multirange, dan ohmmeter multirange . Multimeter analog yang tidak diperkuat menggabungkan gerakan meter, kisaran resistor dan switch; VTVM diperkuat meter analog dan mengandung sirkuit aktif.
Untuk gerakan meteran analog, tegangan DC diukur dengan resistor seri yang dihubungkan antara gerakan meter dan sirkuit yang diuji. Sebuah saklar (biasanya rotary) memungkinkan ketahanan yang lebih besar untuk dimasukkan secara seri dengan gerakan meter untuk membaca voltase yang lebih tinggi. Produk arus defleksi skala penuh dari pergerakan, dan jumlah resistansi seri dan ketahanan gerakan sendiri, memberikan voltase skala penuh dari jangkauan. Sebagai contoh, sebuah gerakan meter yang membutuhkan 1 miliampere untuk defleksi skala penuh, dengan resistansi internal 500 ohm, akan, pada kisaran 10 volt multimeter, memiliki resistansi seri 9.500 ohm. 
Untuk rentang arus analog, impedansi tahan rendah yang cocok dihubungkan secara paralel dengan gerakan meter untuk mengalihkan sebagian besar arus di sekitar koil. Sekali lagi untuk kasus hipotetis 1 mA, gerakan 500 ohm pada rentang ampere 1, resistansi shunt akan lebih dari 0,5 ohm.
Instrumen kumparan bergerak hanya bisa merespons nilai rata-rata arus yang melewatinya. Untuk mengukur arus bolak-balik, yang berubah naik dan turun berulang kali, penyearah disisipkan di sirkuit sehingga setiap siklus setengah negatif terbalik; Hasilnya adalah tegangan DC yang bervariasi dan tidak nol yang nilai maksimumnya akan menjadi setengah dari puncak AC ke tegangan puncak, dengan asumsi bentuk gelombang simetris. Karena nilai rata-rata yang direvisi dan nilai rata-rata akar-kuadrat dari bentuk gelombang hanya sama untuk gelombang persegi, rangkaian tipe penyearah sederhana hanya dapat dikalibrasi untuk bentuk gelombang sinusoidal. Bentuk gelombang lainnya memerlukan faktor kalibrasi yang berbeda untuk menghubungkan RMS dan nilai rata-rata. Rangkaian jenis ini biasanya memiliki rentang frekuensi yang cukup terbatas. Karena penyearah praktis memiliki voltase non-nol, akurasi dan sensitivitasnya rendah pada nilai tegangan AC rendah. 
Untuk mengukur resistansi, sakelar mengatur agar baterai kecil berada di dalam instrumen untuk melewati arus melalui perangkat yang sedang diuji dan koil meter. Karena arus yang tersedia tergantung pada status pengisian baterai yang berubah dari waktu ke waktu, multimeter biasanya memiliki penyesuaian untuk skala ohm sampai nol. Pada sirkuit biasa yang ditemukan pada multimeter analog, defleksi meter berbanding terbalik dengan resistansi, sehingga skala penuh akan menjadi 0 ohm, dan ketahanan yang lebih tinggi akan sesuai dengan defleksi yang lebih kecil. Skala ohm dikompres, jadi resolusi lebih baik pada nilai resistansi rendah.
Instrumen yang diperkuat menyederhanakan desain rangkaian dan penghambat jaringan shunt. Resistansi internal koil dipisahkan dari pemilihan resistor seri dan resistor jarak; Dengan demikian jaringan seri menjadi pembagi tegangan . Bila diperlukan pengukuran AC, penyearah dapat ditempatkan setelah tahap penguat, meningkatkan presisi pada kisaran rendah.
Instrumen digital, yang tentunya menggabungkan amplifier, menggunakan prinsip yang sama seperti instrumen analog untuk pembacaan resistansi. Untuk pengukuran resistansi, biasanya arus konstan kecil dilewatkan melalui perangkat yang diuji dan multimeter digital membalikkan voltase yang dihasilkan; Ini menghilangkan skala kompresi yang ditemukan di meter analog, namun membutuhkan sumber arus yang tepat. Multimeter otomatis autoranging dapat secara otomatis menyesuaikan jaringan penskalaan sehingga sirkuit pengukuran menggunakan presisi penuh dari konverter A / D.
Dalam semua jenis multimeter, kualitas elemen pengalih sangat penting untuk pengukuran yang stabil dan akurat. DMM terbaik menggunakan kontak berlapis emas di sakelar mereka; Meteran yang lebih murah menggunakan pelapis nikel atau tidak sama sekali, bergantung pada jejak solder papan sirkuit tercetak untuk kontak. Akurasi dan stabilitas (misalnya, variasi suhu, atau penuaan, atau voltase / riwayat arus) resistor internal meter (dan komponen lainnya) adalah faktor pembatas dalam akurasi dan ketepatan instrumen dalam jangka panjang.

Kuantitas diukur 

Multimeter kontemporer bisa mengukur banyak jumlahnya. Yang paling umum adalah:
1. Tegangan , bolak - balik dan langsung , dalam volt .
2. Arus , bolak-balik dan langsung, di ampere . 
Rentang frekuensi yang pengukuran AC akurat adalah penting, tergantung pada desain dan konstruksi sirkuit, dan harus ditentukan, sehingga pengguna dapat mengevaluasi pembacaan yang mereka ambil. Beberapa meter mengukur arus serendah milliamps atau bahkan microamps. Semua meter memiliki tegangan beban (disebabkan oleh kombinasi shunt yang digunakan dan desain sirkuit meter), dan beberapa (bahkan yang mahal) memiliki tegangan beban yang cukup tinggi sehingga pembacaan arus rendah mengalami gangguan serius. Spesifikasi meter harus mencakup tegangan beban meter.
3. Perlawanan di ohm .
Selain itu, beberapa multimeter juga mengukur:
1. Kapasitansi di farad , tapi biasanya keterbatasan jangkauannya antara beberapa ratus atau ribuan farads mikro dan beberapa pico farads. Sangat sedikit multimeter tujuan umum yang dapat mengukur aspek penting lainnya dari status kapasitor seperti ESR , faktor disipasi , atau kebocoran.
2. Konduksi pada siemens , yang merupakan kebalikan dari tahanan yang diukur.
3. Decibels di sirkuit, jarang terdengar.
4. Siklus tugas sebagai persentase .
5. Frekuensi di hertz .
6. Induktansi di tempat henries . Seperti pengukuran kapasitansi, hal ini biasanya lebih baik ditangani dengan tujuan yang dirancang induktansi / kapasitansi meter.
7. Temperatur dalam derajat Celsius atau Fahrenheit , dengan probe uji suhu yang sesuai, seringkali merupakan termokopel .
Multimeter digital mungkin juga termasuk sirkuit untuk:
1. Penguji kontinuitas ; bel berbunyi ketika resistansi rangkaian cukup rendah (seberapa rendahnya cukup bervariasi dari meter ke meter), jadi tes harus diperlakukan tidak tepat.
2. Dioda (mengukur maju turun dari dioda persimpangan).
3. Transistor (mengukur gain arus dan parameter lainnya pada beberapa jenis transistor)
4. Pemeriksaan baterai untuk voltase volt dan volt yang sederhana. Ini adalah pengukuran arus yang dimuat, yang mensimulasikan beban baterai yang tidak digunakan; rentang tegangan normal sangat sedikit arus dari baterai.
Berbagai sensor dapat dilekatkan pada (atau termasuk dalam) multimeter untuk melakukan pengukuran seperti:
1. tingkat ringan
2. tingkat tekanan suara
3. keasaman / alkalinitas (pH)
4. kelembaban relatif
5. arus arus sangat kecil (sampai nanoamps dengan beberapa adapter)
6. Resistansi sangat kecil (turun ke mikro ohm untuk beberapa adapter)
7. arus besar - adaptor tersedia yang menggunakan induktansi (hanya arus AC saja) atau sensor efek Hall (arus AC dan DC), biasanya melalui rahang penjepit terisolasi untuk menghindari kontak langsung dengan sirkuit dengan kapasitas tinggi saat ini yang dapat berbahaya, ke meter dan ke operator
8. voltase sangat tinggi - adaptor tersedia yang membentuk pembagi tegangan dengan tahanan internal meter, yang memungkinkan pengukuran ke dalam ribuan volt. Namun, tegangan yang sangat tinggi seringkali memiliki perilaku yang mengejutkan, selain efek pada operator (mungkin fatal); Tegangan tinggi yang benar-benar mencapai sirkuit internal sebuah meter mungkin bagian kerusakan dalam, mungkin menghancurkan meter atau merusak kinerjanya secara permanen.

Resolusi

Resolusi dan ketepatan 
Resolusi multimeter adalah bagian terkecil dari skala yang dapat ditunjukkan, yang bergantung pada skala. Pada beberapa multimeter digital dapat dikonfigurasi, dengan pengukuran resolusi yang lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Misalnya, multimeter yang memiliki resolusi 1 mV pada skala 10 V dapat menunjukkan perubahan pengukuran dalam penambahan 1 mV.
Akurasi absolut adalah kesalahan pengukuran dibandingkan dengan pengukuran yang sempurna. Akurasi relatif adalah kesalahan pengukuran dibandingkan dengan perangkat yang digunakan untuk mengkalibrasi multimeter. Sebagian besar lembar data multimeter memberikan akurasi relatif. Untuk menghitung akurasi absolut dari keakuratan relatif multimeter, tambahkan akurasi absolut perangkat yang digunakan untuk mengkalibrasi multimeter dengan keakuratan relatif multimeter. 
Digital 
Resolusi multimeter sering ditentukan dalam jumlah digit desimal yang terpecahkan dan ditampilkan. Jika digit yang paling signifikan tidak dapat mengambil semua nilai dari 0 sampai 9, itu umumnya, dan membingungkan, disebut digit pecahan. Misalnya, multimeter yang bisa dibaca sampai 19999 (ditambah titik desimal tertanam) dikatakan membaca 4 ½ digit.
Dengan konvensi, jika digit yang paling signifikan bisa berupa 0 atau 1, itu disebut setengah digit; jika bisa mengambil nilai lebih tinggi tanpa mencapai 9 (sering 3 atau 5), mungkin disebut tiga perempat digit. Sebuah multimeter berukuran 5½ digit akan menampilkan satu "setengah digit" yang hanya bisa menampilkan 0 atau 1, diikuti oleh lima digit yang mengambil semua nilai dari 0 sampai 9.  Meteran semacam itu bisa menunjukkan nilai positif atau negatif dari 0 sampai 199.999. Meter 3 digit dapat menampilkan kuantitas dari 0 sampai 3.999 atau 5.999, tergantung pada pabriknya.
Sementara tampilan digital dapat dengan mudah diperluas dalam resolusi , digit tambahan tidak bernilai jika tidak disertai perawatan dalam desain dan kalibrasi bagian analog multimeter. Pengukuran yang berarti (yaitu akurasi tinggi) memerlukan pemahaman yang baik mengenai spesifikasi instrumen, kontrol yang baik terhadap kondisi pengukuran, dan ketertelusuran dari kalibrasi instrumen. Namun, meski resolusi melebihi akurasi , meter bisa berguna untuk membandingkan pengukuran. Sebagai contoh, sebuah meteran yang membaca 5 ½ angka stabil mungkin menunjukkan bahwa satu resistor 100.000 ohm nominal sekitar 7 ohm lebih besar dari yang lain, meskipun kesalahan setiap pengukuran adalah 0,2% dari bacaan ditambah 0,05% dari nilai skala penuh.
Menentukan "jumlah tampilan" adalah cara lain untuk menentukan resolusi. Jumlah tampilan memberikan jumlah terbesar, atau jumlah terbesar ditambah satu (sehingga jumlah hitungan terlihat lebih mengesankan) tampilan multimeter dapat menunjukkan, mengabaikan pemisah desimal . Misalnya, multimeter 5 ½ digit juga bisa ditentukan sebagai penghitung angka 199999 atau 200000 display count multimeter. Seringkali jumlah tampilan hanya disebut 'hitungan' dalam spesifikasi multimeter.
Keakuratan multimeter digital dapat dinyatakan dalam bentuk dua-istilah, seperti "± 1% dari jumlah baca + 2", yang mencerminkan berbagai sumber kesalahan pada instrumen. 
Analog 
Analog meter adalah desain yang lebih tua, tapi tetap disukai oleh banyak insinyur. Salah satu alasannya adalah bahwa meter analog lebih sensitif terhadap perubahan pada rangkaian yang diukur. Sampel multimeter digital adalah kuantitas yang diukur dan kemudian menampilkannya. Multimeter analog terus membaca nilai uji. Jika ada sedikit perubahan dalam pembacaan, jarum multimeter analog akan melacaknya sementara multimeter digital mungkin merindukannya atau sulit dibaca. Fitur pelacak kontinyu ini menjadi penting saat menguji kapasitor atau gulungan. Kapasitor yang berfungsi dengan baik memungkinkan arus mengalir saat voltase diterapkan, maka arus perlahan turun menjadi nol dan tanda tangan ini mudah dilihat pada multimeter analog namun tidak pada multimeter digital. Ini serupa saat menguji koil, kecuali saat ini mulai rendah dan meningkat.
Pengukuran resistansi pada meteran analog, khususnya, memiliki presisi rendah karena sirkuit pengukuran resistansi khas yang menekan skala pada nilai resistansi yang lebih tinggi. Meteran analog yang murah mungkin hanya memiliki satu skala resistensi tunggal, yang secara serius membatasi rentang pengukuran yang tepat. Biasanya meteran analog akan memiliki penyesuaian panel untuk mengatur kalibrasi nol-ohm meter, untuk mengkompensasi voltase baterai meteran yang bervariasi.

Akurasi

Multimeter digital umumnya melakukan pengukuran dengan akurasi yang lebih tinggi dari rekan analog mereka. Pengukuran multimeter standar analog dengan akurasi ± 3% biasanya,  meskipun instrumen dengan akurasi lebih tinggi dibuat. Multimeter digital portabel standar ditentukan untuk memiliki akurasi biasanya ± 0,5% pada rentang tegangan DC. Mainstream bench-top multimeters tersedia dengan akurasi yang ditentukan lebih baik dari ± 0,01%. Instrumen kelas laboratorium dapat memiliki akurasi beberapa bagian per juta. 
Angka akurasi perlu ditafsirkan dengan hati-hati. Keakuratan instrumen analog biasanya mengacu pada defleksi skala penuh; pengukuran 30 V pada skala 100 V 3% meter dikenai kesalahan 3 V, 10% pembacaan. Meteran digital biasanya menentukan akurasi sebagai persentase pembacaan ditambah persentase nilai skala penuh, terkadang dinyatakan dalam hitungan dan bukan pada persentase.
Keakuratan yang dikutip ditentukan sebagai rentang millivolt (mV) DC yang lebih rendah, dan dikenal sebagai "akurasi voltase dasar DC". Rentang tegangan DC yang lebih tinggi, arus, resistansi, AC dan rentang lainnya biasanya memiliki akurasi yang lebih rendah daripada voltase voltase dasar. Pengukuran AC hanya memenuhi akurasi yang ditentukan dalam rentang frekuensi tertentu .
Pabrikan dapat memberikan layanan kalibrasi sehingga meter baru dapat dibeli dengan sertifikat kalibrasi yang menunjukkan meteran telah disesuaikan dengan standar yang dapat dilacak, misalnya, Institut Nasional Standar dan Teknologi Nasional (NIST), atau organisasi standar nasional lainnya.
Peralatan uji cenderung melayang keluar dari kalibrasi dari waktu ke waktu, dan keakuratan yang ditentukan tidak dapat diandalkan tanpa batas waktu. Untuk peralatan yang lebih mahal, produsen dan pihak ketiga menyediakan layanan kalibrasi sehingga peralatan yang lebih tua dapat dikalibrasi ulang dan disertifikasi ulang. Biaya layanan semacam itu tidak proporsional untuk peralatan yang tidak mahal; Namun akurasi ekstrim tidak diperlukan untuk pengujian rutin yang paling. Multimeter yang digunakan untuk pengukuran kritis mungkin merupakan bagian dari program metrologi untuk memastikan kalibrasi.
Multimeter dapat diasumsikan sebagai "respons rata-rata" terhadap bentuk gelombang AC kecuali dinyatakan sebagai tipe "RMS Sejati". Multimeter respons rata-rata hanya akan memenuhi ketepatan yang ditentukan pada volt AC dan ampli untuk bentuk gelombang sinusoidal murni. Sebuah RMS True menanggapi multimeter di sisi lain akan memenuhi ketepatan yang ditentukan pada voltase dan arus AC dengan jenis bentuk gelombang sampai faktor puncak tertentu; Kinerja RMS terkadang diklaim untuk meter yang melaporkan pembacaan RMS yang akurat hanya pada frekuensi tertentu (biasanya rendah) dan dengan bentuk gelombang tertentu (pada dasarnya selalu gelombang sinus).
Tegangan AC satu meter dan akurasi saat ini mungkin memiliki spesifikasi berbeda pada frekuensi yang berbeda.

Sensitivitas dan impedansi masukan

Bila digunakan untuk mengukur voltase, impedansi masukan multimeter harus sangat tinggi dibandingkan dengan impedansi rangkaian yang diukur; Jika operasi rangkaian bisa berubah, dan pembacaan juga akan tidak akurat.
Meter dengan amplifier elektronik (semua multimeter digital dan beberapa meter analog) memiliki impedansi masukan tetap yang cukup tinggi sehingga tidak mengganggu kebanyakan sirkuit. Ini sering satu atau sepuluh megohms ; standarisasi resistansi masukan memungkinkan penggunaan probe resistensi tinggi eksternal yang membentuk pembagi tegangan dengan resistansi masukan untuk memperpanjang rentang tegangan hingga puluhan ribu volt. High-end multimeters umumnya memberikan impedansi masukan> 10 Gigaohms untuk rentang kurang dari atau sama dengan 10 V. Beberapa multimeter high-end memberikan> 10 Gigaohms impedansi sampai kisaran lebih besar dari 10 V.
Sebagian besar multimeter analog dari tipe penggerak bergerak tidak diatur, dan menarik arus dari sirkuit yang diuji untuk membelokkan penunjuk meter. Impedansi meter bervariasi tergantung pada sensitivitas dasar gerakan meter dan kisaran yang dipilih. Sebagai contoh, sebuah meter dengan sensitivitas 20.000 ohm / volt khas akan memiliki resistansi masukan dua juta ohm pada kisaran 100 volt (100 V * 20.000 ohm / volt = 2.000.000 ohm). Pada setiap rentang, pada tegangan skala penuh dari jangkauan, arus penuh yang dibutuhkan untuk membelokkan gerakan meter diambil dari sirkuit yang diuji. Pergerakan meter sensitivitas yang lebih rendah dapat diterima untuk pengujian di sirkuit dimana impedansi sumber rendah dibandingkan dengan impedansi meter, misalnya rangkaian daya ; meter ini lebih kasar secara mekanis. Beberapa pengukuran di sirkuit sinyal memerlukan gerakan sensitivitas yang lebih tinggi sehingga tidak dapat memuat rangkaian yang diuji dengan impedansi meter. 
Sensitivitas jangan sampai bingung dengan resolusi meter, yang didefinisikan sebagai perubahan sinyal terendah (voltage, current, resistance ...) yang bisa mengubah bacaan yang diamati.
Untuk multimetrik digital dengan tujuan umum, rentang tegangan terendah biasanya beberapa ratus milivolt AC atau DC, namun rentang arus terendah mungkin beberapa ratus microamperes, walaupun instrumen dengan kepekaan arus lebih tinggi tersedia. Multimeter yang dirancang untuk penggunaan listrik "listrik" bukan penggunaan teknik elektronik umum biasanya akan menghilangkan rentang arus mikro.
Pengukuran resistansi rendah membutuhkan hambatan timbal (diukur dengan menyentuh probe uji bersama) untuk dikurangkan dengan akurasi terbaik. Hal ini dapat dilakukan dengan fitur "delta", "Zero", atau "null" dari banyak multimeter digital.
Ujung atas rentang pengukuran multimeter sangat bervariasi; Pengukuran mungkin sekitar 600 volt, 10 ampere, atau 100 megohms mungkin memerlukan instrumen tes khusus.

Tegangan beban 

Setiap inline series-connected ammeter, termasuk multimeter dalam range saat ini, memiliki resistance tertentu. Sebagian besar multimeter secara inheren mengukur voltase, dan melewatkan arus yang diukur melalui resistansi shunt , mengukur tegangan yang terbentuk di atasnya. Penurunan voltase dikenal sebagai tegangan beban, yang ditentukan dalam volt per ampere. Nilai dapat berubah tergantung pada rentang meter yang dipilih, karena rentang yang berbeda biasanya menggunakan resistor shunt yang berbeda. 
Tegangan beban bisa menjadi signifikan di daerah sirkuit berfrekuensi rendah. Untuk memeriksa pengaruhnya terhadap akurasi dan pada operasi rangkaian eksternal, meteran dapat dialihkan ke rentang yang berbeda; Pembacaan saat ini harus sama dan operasi rangkaian tidak akan terpengaruh jika tegangan beban tidak menjadi masalah. Jika tegangan ini signifikan maka dapat dikurangi (juga mengurangi akurasi dan ketepatan pengukuran yang ada) dengan menggunakan rentang arus yang lebih tinggi.

Alternating current sensing

Karena sistem indikator dasar baik dalam meter analog maupun digital hanya merespons DC, multimeter mencakup rangkaian konversi AC ke DC untuk membuat pengukuran arus bolak-balik. Meteran dasar menggunakan rangkaian penyearah untuk mengukur nilai rata-rata atau puncak absolut dari voltase, namun dikalibrasi untuk menunjukkan nilai rata-rata akar akar (RMS) yang dihitung untuk bentuk gelombang sinusoidal ; ini akan memberikan pembacaan yang benar untuk arus bolak-balik seperti yang digunakan dalam distribusi daya. Panduan pengguna untuk beberapa meter tersebut memberikan faktor koreksi untuk beberapa bentuk gelombang sederhana non- sinusoidal , untuk memungkinkan nilai rata-rata akar rata-rata akar yang benar (RMS) yang harus dihitung. Multimeter yang lebih mahal termasuk konverter AC ke DC yang mengukur nilai RMS sejati dari bentuk gelombang dalam batas-batas tertentu; buku petunjuk untuk meter mungkin menunjukkan batas faktor puncak dan frekuensi yang kalibrasi meternya valid. Penginderaan RMS diperlukan untuk pengukuran bentuk gelombang periodik non-sinusoidal, seperti ditemukan pada sinyal audio dan drive frekuensi variabel .

Multimeter digital (DMM atau DVOM) 

Multimeter modern seringkali bersifat digital karena keakuratan, daya tahan dan fitur ekstra. Dalam multimeter digital, sinyal yang diuji dikonversi ke voltase dan amplifier yang dikontrol secara elektronik mendapatkan prasyarat sinyal. Multimeter digital menampilkan kuantitas yang diukur sebagai angka, yang menghilangkan kesalahan paralaks .
Multimeter digital modern mungkin memiliki komputer tertanam , yang menyediakan banyak fitur kenyamanan. Pengukuran perangkat tambahan yang tersedia meliputi:
Auto-range , yang memilih rentang yang benar untuk kuantitas yang diuji sehingga digit yang paling signifikan ditampilkan. Misalnya, multimeter empat digit secara otomatis akan memilih rentang yang sesuai untuk menampilkan 1.234, bukan 0.012, atau overloading. Meteran otomatis biasanya mencakup fasilitas untuk menahan meter ke rentang tertentu, karena pengukuran yang menyebabkan perubahan jarak sering dapat mengganggu pengguna.
Polaritas otomatis untuk pembacaan arus searah, menunjukkan apakah voltase yang diberikan positif (sesuai dengan label timbal meter) atau negatif (berlawanan dengan polaritas meter mengarah).
Sampel dan tahan , yang akan mengunci pembacaan terbaru untuk pemeriksaan setelah instrumen dikeluarkan dari sirkuit yang diuji.
Tes terbatas saat ini untuk penurunan voltase di persimpangan semikonduktor . Meskipun bukan pengganti tester transistor yang tepat, dan yang pasti bukan untuk tipe pelacak lengkung , ini memudahkan pengujian dioda dan berbagai tipe transistor. 
Sebuah representasi grafis dari kuantitas yang diuji, sebagai grafik batang . Hal ini membuat pengujian go / no-go menjadi mudah, dan juga memungkinkan terjadinya tren yang bergerak cepat.
Sebuah osiloskop dengan bandwidth rendah. 
Penguji sirkuit otomotif, termasuk tes untuk timing otomotif dan sinyal diam (pengujian rpm dan mesin biasanya tersedia sebagai pilihan dan tidak termasuk dalam DMM otomotif dasar).
Fitur akuisisi data sederhana untuk mencatat pembacaan maksimum dan minimum selama periode tertentu, atau untuk mengambil sejumlah sampel pada interval tetap. 
Integrasi dengan pinset untuk teknologi permukaan-mount .  [ sumber yang lebih baik dibutuhkan ]
Meteran LCR gabungan untuk komponen SMD dan lubang kecil berukuran kecil. 
Meteran modern dapat dihubungkan dengan komputer pribadi melalui link IrDA , koneksi RS-232 , USB , atau bus instrumen seperti IEEE-488 . Antarmuka ini memungkinkan komputer mencatat ukuran saat dibuat. Beberapa DMM dapat menyimpan pengukuran dan mengunggahnya ke komputer. 
Multimeter digital pertama diproduksi pada tahun 1955 oleh Non Linear Systems. Diklaim bahwa multimeter digital genggam pertama dikembangkan oleh Frank Bishop dari Intron Electronics pada tahun 1977,  yang pada saat itu mempresentasikan sebuah terobosan besar untuk servis dan penemuan kesalahan di lapangan.

Multimeter Analog

Multimeter dapat diimplementasikan dengan gerakan meter galvanometer , atau lebih jarang dengan bargraf atau pointer simulasi seperti layar LCD atau vakum fluorescent . Multimeter analog umum terjadi; Instrumen analog berkualitas akan harganya hampir sama dengan DMM. Multimeter analog memiliki ketepatan dan keterbatasan akurasi baca yang dijelaskan di atas, dan karenanya tidak dibangun untuk memberikan keakuratan yang sama seperti instrumen digital.
Meteran analog juga berguna dimana tren pengukuran lebih penting daripada nilai pasti yang diperoleh pada momen tertentu. Perubahan sudut atau proporsi lebih mudah diinterpretasikan daripada perubahan pembacaan digital. [ rujukan? ] Untuk alasan ini, multimeter digital sering kali memperkirakan hal ini dengan bargraph (biasanya dengan respons membaca yang lebih cepat daripada pembacaan utama); yang paling efektif ini diatur dalam busur, untuk mensimulasikan penunjuk meter analog.
Pergerakan meteran analog secara inheren lebih rapuh secara fisik dan elektrik dibanding meter digital. Banyak multimeters analog menampilkan posisi saklar rentang yang ditandai "off" untuk melindungi pergerakan meter selama transportasi yang menempatkan resistansi rendah di sepanjang pergerakan meter, menghasilkan pengereman yang dinamis . Pergerakan Meter sebagai komponen terpisah dapat dilindungi dengan cara yang sama dengan menghubungkan kawat korslet atau jumper antara terminal saat tidak digunakan. Meter yang menampilkan shunt di belitan seperti ammeter mungkin tidak memerlukan perlawanan lebih lanjut untuk menangkap gerakan jarum meter yang tidak terkontrol karena resistansi rendah dari shunt.
Pergerakan meter dalam multimeter analog penunjuk bergerak praktis selalu merupakan galvanometer koil bergerak dari tipe d'Arsonval , menggunakan pivot berhias permata atau pita yang kencang untuk mendukung koil bergerak. Dalam multimeter analog dasar, arus untuk membelokkan koil dan penunjuk ditarik dari sirkuit yang diukur; Biasanya keuntungan untuk meminimalkan arus yang ditarik dari sirkuit, yang menyiratkan mekanisme yang rumit. Sensitivitas multimeter analog diberikan dalam satuan ohm per volt. Sebagai contoh, multimeter dengan biaya sangat rendah dengan sensitivitas 1000 ohm per volt akan menarik 1 miliampere dari sebuah sirkuit dengan defleksi skala penuh. Multimeter yang lebih mahal, (dan mekanis lebih halus) biasanya memiliki sensitivitas 20.000 ohm per volt dan kadang lebih tinggi, dengan 50.000 ohm per volt (menggambar 20 microampuri pada skala penuh) mengenai batas atas untuk tujuan umum portabel, multimeter analog yang tidak diperkuat
Untuk menghindari pemuatan rangkaian terukur oleh arus yang ditarik oleh gerakan meter, beberapa multimeter analog menggunakan penguat yang disisipkan di antara sirkuit terukur dan gerakan meter. Sementara ini meningkatkan biaya dan kompleksitas meter, dengan menggunakan tabung vakum atau transistor efek medan , resistansi masukan dapat dibuat sangat tinggi dan terlepas dari arus yang dibutuhkan untuk mengoperasikan koil pergerakan meter. Multimeters yang diperkuat seperti itu disebut VTVM (voltmeter tabung vakum), TVM (volt meter transistor), FET-VOM, dan nama yang serupa.
Karena tidak adanya amplifikasi, multimeter analog biasa biasanya kurang rentan terhadap gangguan frekuensi radio , dan karenanya terus memiliki tempat yang menonjol di beberapa bidang bahkan di dunia multimeters elektronik yang lebih akurat dan fleksibel. 

Probes

Multimeter dapat menggunakan banyak probe uji yang berbeda untuk terhubung ke sirkuit atau perangkat yang diuji. Klip buaya , klip kait yang dapat ditarik, dan probe runcing adalah tiga jenis yang paling umum. Probe penjelajah digunakan untuk titik uji jarak dekat, seperti misalnya perangkat permukaan-mount . Konektor dilekatkan pada timbal yang fleksibel dan terisolasi dengan baik yang diakhiri dengan konektor yang sesuai untuk meter. Probe dihubungkan ke meter portabel biasanya oleh jack pisang terselubung atau tersembunyi, sementara benchtop meter dapat menggunakan jack pisang atau konektor BNC . Colokan 2 mm dan kait pengikat juga sudah sering digunakan, namun kurang umum digunakan saat ini. Memang, peringkat keamanan sekarang membutuhkan jack pisang yang terselubung.
Jack pisang biasanya ditempatkan dengan jarak pusat-ke-pusat standar 0,75 in (19 mm ), untuk memungkinkan adaptor standar atau perangkat seperti pengganda voltase atau probe termokopel yang terpasang.
Penjepit klem penjepit di sekitar konduktor yang membawa arus untuk diukur tanpa perlu menghubungkan meteran secara seri dengan sirkuit, atau membuat kontak metalik sama sekali. Pengukuran AC menggunakan prinsip transformator; Penjepit meter untuk mengukur arus kecil atau arus searah memerlukan lebih banyak sensor eksotis.

Safety 1

Sebagian besar multimeter termasuk sekering , atau dua sekering, yang kadang-kadang mencegah kerusakan pada multimeter dari beban berlebih saat ini pada kisaran arus tertinggi. (Untuk keamanan tambahan, test lead dengan sekering built in tersedia.) Kesalahan umum saat mengoperasikan multimeter adalah mengatur meteran untuk mengukur resistansi atau arus, dan kemudian menghubungkannya langsung ke sumber tegangan impedansi rendah. Meteran yang tidak terpakai seringkali cepat hancur karena kesalahan tersebut; meter menyatu sering bertahan. Sekering yang digunakan dalam meter harus membawa arus pengukur maksimum instrumen, namun dimaksudkan untuk memutuskan hubungan jika kesalahan operator memaparkan meter ke kesalahan impedansi rendah. Meter dengan fusing yang tidak memadai atau tidak aman tidak jarang terjadi; situasi ini telah menyebabkan terciptanya kategori IEC61010 untuk menilai keamanan dan ketahanan meter.
Meteran digital dinilai ke dalam empat kategori berdasarkan pada aplikasi yang dimaksudkan, seperti yang ditetapkan oleh IEC 61010-1 [31] dan disuarakan oleh kelompok standar negara dan regional seperti standar EN61010 CEN . 
~ Kategori I : digunakan dimana peralatan tidak terhubung langsung ke listrik
~ Kategori II : digunakan pada sub-sirkuit utama fase tunggal
~ Kategori III : digunakan pada beban terpasang secara permanen seperti panel distribusi, motor, dan gerai alat 3 fasa
~ Kategori IV : digunakan di lokasi di mana tingkat gangguan saat ini bisa sangat tinggi, seperti pintu masuk layanan pasokan, panel utama, meter pasokan, dan peralatan perlindungan over-voltage utama.
Setiap Rating Kategori juga menentukan voltase transien maksimum yang aman untuk rentang pengukuran yang dipilih dalam meteran.  Kategori-rated meter juga dilengkapi perlindungan dari kesalahan terkini. Pada meter yang memungkinkan berinteraksi dengan komputer, isolasi optik dapat digunakan untuk melindungi peralatan terpasang terhadap voltase tinggi di sirkuit yang diukur.
Multimeter berkualitas baik yang dirancang untuk memenuhi standar CAT II dan di atas mencakup sekering keramik High Rupture Capacity yang biasanya berukuran lebih dari 20 kA; ini jauh lebih kecil kemungkinannya untuk gagal eksplosif daripada sekering kaca yang lebih umum. Mereka juga akan mencakup proteksi energi MOV (Metal Oxide Varistor ) berlebih energi tinggi, dan perlindungan over-current sirkuit dalam bentuk Polyswitch . 

Alternatif DMM 

DMM tujuan umum kualitas umum umumnya dianggap memadai untuk pengukuran pada tingkat sinyal lebih besar dari satu milivolt atau satu microampere, atau di bawah sekitar 100 megohms; nilai ini jauh dari batas teoritis kepekaan, dan sangat menarik dalam beberapa situasi desain rangkaian. Instrumen lain - pada dasarnya serupa, namun dengan sensitivitas yang lebih tinggi - digunakan untuk pengukuran yang akurat dengan jumlah sangat kecil atau sangat besar. Ini termasuk nanovoltmeters, electrometers (untuk arus sangat rendah, dan voltase dengan resistansi sumber yang sangat tinggi, seperti satu teraohm) dan picoammeters . Aksesori untuk multimeter yang lebih khas memungkinkan beberapa pengukuran ini juga. Pengukuran semacam itu dibatasi oleh teknologi yang ada, dan akhirnya oleh noise termal yang melekat.

Power supply 

Meteran analog dapat mengukur voltase dan arus dengan menggunakan daya dari rangkaian uji, namun memerlukan sumber tegangan internal tambahan untuk pengujian ketahanan, sementara meter elektronik selalu memerlukan catu daya internal untuk menjalankan sirkuit internal mereka. Meteran genggam menggunakan baterai, sementara bench meter biasanya menggunakan daya listrik; Pengaturan keduanya memungkinkan meter untuk menguji perangkat. Pengujian sering mengharuskan komponen yang diuji diisolasi dari sirkuit di mana mereka dipasang, karena jika tidak, jalur nyasar atau arus bocor mungkin akan mendistorsi pengukuran. Dalam beberapa kasus, voltase dari multimeter dapat menghidupkan perangkat aktif, mendistorsi pengukuran, atau dalam kasus yang ekstrim bahkan merusak elemen di sirkuit yang sedang diselidiki.

Safety 2

Ini paling aman (untuk multimeter, sirkuit yang diuji, dan operator) untuk melepaskan komponen dari sirkuitnya, dan hampir selalu, untuk melepaskan daya dari perangkat yang sedang diselidiki. Melepaskan semua sambungan daya dari peralatan bertenaga induk sebelum melakukan pengujian (dan memastikan semua perangkat kapasitansi besar dilepaskan dengan aman) adalah pilihan teraman. Membiarkan peralatan yang terpasang pada suplai listrik saat melakukan pengukuran seharusnya hanya merupakan pilihan alternatif yang sangat dipertimbangkan. Antara lain, ada interaksi antara pengaturan dasar untuk peralatan uji bertenaga dinding, dan perangkat yang sedang diuji, yang tidak aman, dan dapat merusak peralatan uji dan perangkat yang diuji. Hal ini terutama terjadi bila ada kesalahan, dugaan atau tidak, pada perangkat yang saling berhubungan. Peralatan uji bertenaga baterai mungkin merupakan pilihan teraman dalam situasi seperti itu.
Meteran yang dimaksudkan untuk pengujian di lokasi berbahaya atau untuk penggunaan pada sirkuit peledakan mungkin memerlukan penggunaan baterai yang ditentukan produsen untuk mempertahankan tingkat keamanannya.
https://id.wikipedia.org/wiki/Multimeter

Fungsi Multimeter :
1. Mengukur tegangan DC
2. Mengukur tegangan AC
3. Mengukur kuat arus DC
4. Mengukur nilai hambatan sebuah resistor
5. Mengecek hubung-singkat / koneksi
6. Mengecek transistor
7. Mengecek kapasitor elektrolit
8. Mengecek dioda, led dan dioda zener
9. Mengecek induktor
10. Mengukur HFE transistor (type tertentu)
11. Mengukur suhu (type tertentu)
Dengan perkembangan teknologi, kini sebuah Multimeter atau Multitester tidak hanya dapat mengukur Ampere, Voltage dan Ohm atau disingkat dengan AVO, tetapi dapat juga mengukur Kapasitansi, Frekuensi dan Induksi dalam satu unit (terutama pada Multimeter Digital). Beberapa kemampuan pengukuran Multimeter yang banyak terdapat di pasaran antara lain :
1. Voltage (Tegangan) AC dan DC satuan pengukuran Volt
2. Current (Arus Listrik) satuan pengukuran Ampere
3. Resistance (Hambatan) satuan pengukuran Ohm
4. Capacitance (Kapasitansi) satuan pengukuran Farad
5. Frequency (Frekuensi) satuan pengukuran Hertz
6. Inductance (Induktansi) satuan pengukuran Henry
7. Pengukuran atau Pengujian Dioda
8. Pengukuran atau Pengujian Transistor
Bagian-bagian penting Multimeter :
Multimeter atau multitester pada umumnya terdiri dari 3 bagian penting, diantanya adalah :
1. Display
2. Saklar Selektor
3. Probe
Gambar dibawah ini adalah bentuk Multimeter Analog dan Multimeter Digital beserta bagian-bagian pentingnya.
Multimeter Adalah ala tukur tegangan listrik
Cara Menggunakan Multimeter untuk Mengukur Tegangan, Arus listrik dan Resistansi
Berikut ini cara menggunakan Multimeter untuk mengukur beberapa fungsi dasar Multimeter seperti Volt Meter (mengukur tegangan), Ampere Meter (mengukur Arus listrik) dan Ohm Meter (mengukur Resistansi atau Hambatan)
1. Cara Mengukur Tegangan DC (DC Voltage)
1. Atur Posisi Saklar Selektor ke DCV
2. Pilihlah skala sesuai dengan perkiraan tegangan yang akan diukur. Jika ingin mengukur 6 Volt, putar saklar selector ke 12 Volt (khusus Analog Multimeter)
**Jika tidak mengetahui tingginya tegangan yang diukur, maka disarankan untuk memilih skala tegangan yang lebih tinggi untuk menghindari terjadi kerusakan pada multimeter.
3. Hubungkan probe ke terminal tegangan yang akan diukur. Probe Merah pada terminal Positif (+) dan Probe Hitam ke terminal Negatif (-). Hati-hati agar jangan sampai terbalik.
4. Baca hasil pengukuran di Display Multimeter.
2. Cara Mengukur Tegangan AC (AC Voltage)
1. Atur Posisi Saklar Selektor ke ACV
2. Pilih skala sesuai dengan perkiraan tegangan yang akan diukur. Jika ingin mengukur 220 Volt, putar saklar selector ke 300 Volt (khusus Analog Multimeter)
**Jika tidak mengetahui tingginya tegangan yang diukur, maka disarankan untuk memilih skala tegangan yang tertinggi untuk menghindari terjadi kerusakan pada multimeter.
3. Hubungkan probe ke terminal tegangan yang akan diukur. Untuk Tegangan AC, tidak ada polaritas Negatif (-) dan Positif (+)
4. Baca hasil pengukuran di Display Multimeter.
3. Cara Mengukur Arus Listrik (Ampere)
1. Atur Posisi Saklar Selektor ke DCA
2. Pilih skala sesuai dengan perkiraan arus yang akan diukur. Jika Arus yang akan diukur adalah 100mA maka putarlah saklar selector ke 300mA (0.3A). Jika Arus yang diukur melebihi skala yang dipilih, maka sekering (fuse) dalam Multimeter akan putus. Kita harus menggantinya sebelum kita dapat memakainya lagi.
3. Putuskan Jalur catu daya (power supply) yang terhubung ke beban,
4. Kemudian hubungkan probe Multimeter ke terminal Jalur yang kita putuskan tersebut. Probe Merah ke Output Tegangan Positif (+) dan Probe Hitam ke Input Tegangan (+) Beban ataupun Rangkaian yang akan kita ukur. Untuk lebih jelas, silakan lihat gambar berikut ini.
5. Baca hasil pengukuran di Display Multimeter
4. Cara Mengukur Resistor (Ohm)
1. Atur Posisi Saklar Selektor ke Ohm (Ω)
2. Pilih skala sesuai dengan perkiraan Ohm yang akan diukur. Biasanya diawali ke tanda “X” yang artinya adalah “Kali”. (khusus Multimeter Analog)
3. Hubungkan probe ke komponen Resistor, tidak ada polaritas, jadi boleh terbalik.
4. Baca hasil pengukuran di Display Multimeter. (Khusus untuk Analog Multimeter, diperlukan pengalian dengan setting di langkah ke-2)
http://www.alatuji.com/fungsi-dan-cara-penggunaan-multimeter-multitester.html

Keunggulan Multimeter Digital=
1. Mudah dibaca karena hasil pengukuran langsung tampil di LCD
2. Nilai akurasinya lebih tinggi 
3. Pengukuran jalur PWB lebih mudah karena tipe Multimeter Digital umumnya sudah dilengkapi Buzzer yang akan berbunyi jika jalur PWB tersambung 
Perihal yang perlu diperhatikan=
1. Pengukuran jalur PWB atau pengecekan kondisi komponen. Caranya, putar swich ke posisi Ohm Meter (X1atauX10atauX100atauX1KOhm) dan kondisi PWB tanpa arus listrik 
2. Pengukuran arus DC (baterai). Caranya, putar swich ke posisi DC volt (10V atau 50V) dan kondisi PWB dialiri arus listrik 
Sumber Buku "Buku Pintar Service Handphone" hal 35 Penulis Fitrajaya ST diterbitkan Kriya Pustaka 2010 di Jakarta 

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer