Menak Kustub


Sebelum kembali ke Kuparman, Amir Ambyah mengangkat Pirngadi, putra raja Lamdahur menjadi raja di Purwakanda. Sedangkan Semakun dirajakan di negara Gumiwang. Amir Ambyah juga menugaskan Semakun untuk menyusul raja Nusirwan ke ngambar Kustub. Namun Batiakbar, raja Ngambar Kustub mempertahankan Nusirwan untuk tetap berada di negaranya. Terjadilah peperangan. Prajurit Ngambar Kustub yang terdesak, masuk dan bertahan di dalam kota.
Amir Ambyah menyuruh Kadarwati dengan pasukannya menyusul ke Ngambar Kustub. Kedatangan Kadarwati dan pasukannya disambut oleh pasukan wanita Ngambar Kustub dibawah pimpinan Dewi Ngumyumhadikin, adik raja Bariakbar. Akhir peperangan, Dewi Ngumyumhadikin dan pasukannya tunduk pada pasukan Kadarwati. Raja Bariakbar dan raja Nusirwan berhasil lolos, lari minta perlindungan ke negara Tasmiten.
Tak berapa lama kemudian, Amir Ambyah menyusul ke Ngambar Kustub. Ia segera menikahkan Hasim Katamsi dengan Dewi Ngumyumhadikin. Kemudian menyerang negara Tasmiten dan berhasil mengalahkan pasukan Tasmiten. Raja Johan Pirmar mengaku tunduk pada Amir Ambyah. Dewi Permani, putri raja Johanpirman kemudian dinikahkan dengan Arismunandar. Raja nusirwan berhasil meloloskan diri ke negara Pirkaras, meminta perlindugan raja Banukarjis. Namun selalu diikuti pasukan Kuparman dibawah pimpinan raja Kuskekel. Sementara itu patih Bestak mengirim utusanuntuk meminta bantuan Salsal, raja negara Kalakodrat. Umarmaya yang merasa jengkel terhadap kelakuan Bestak yang tak jera-jeranya mengupayakan kematian Amir Ambyah, segera ke Medayin menyamar sebagai tukang masak. Patih Bestak disembelih lalu dimasak dan dipersembahkan kepada raja Nusirwan yang menikmati dengan lezat. Setelah Nusirwan mengetahui yang dimakan adalah daging patih Bestak, ia lalu sakit dan akhirnya meninggal. Umarmaya kemudian meninggalkan negara Medayin.

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer