Sistem Aplikasi Komputer

Sistem Aplikasi komputer 

Berikut adalah contoh dari beberapa kelompok program aplikasi. 
a. Program pengolah kata, contohnya Microsoft Word, Word Pad, WordStar, dan Adobe PageMaker.
b. Program pengolah angka, contohnya Microsoft Excel, lotus 123, dan Quattro Pro.
c. Program database, contohnya Microsoft Access, Paradox, Visual dBase, dan dBase 111+.
d. Program presentasi, contohnya Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash.
e. Program grafis, contohnya CorelDRAW, Adobe Photoshop, dan Macromedia FreeHand.
f. Program teknis, contohnya Visio, AutoCAD, dan Visio Architecture.
g. Program akuntansi, contohnya MYOB, DEA, General ledger, dan Sybiz.
h. Program olah data statistik, contohnya SPSS.
Berikut ini adalah Program aplikasi yang dapat dibedakan lagi beberapa macam:
a. Word Processing
Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.


b. Desktop Publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.

c. Program Speadsheet
Merupakan programprogram yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.


d. Database Management System
Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.


e. Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.


f. Program Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.


g. Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.


h. Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.


i. Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video.


j. Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.Chess titans 


k. Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG.


http://www.sridianti.com/sebutkan-contoh-program-aplikasi-komputer-dan-fungsinya.html

l. Web Broser
Web browser/penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi 
untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Sebuah 
sumber informasi diidentifikasi dengan Pengidentifikasi Sumber Seragam 
(Bahasa Inggris: Uniform Resource Identifier (URI)) yang dapat berupa 
halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.
Contoh: Mozilla Firefox,Google Rome,Safari,Opera


http://iqbalanam-11.blogspot.co.id/2015/01/jenis-jenis-program-aplikasi.html

15 Contoh Program Aplikasi Komputer dan Fungsinya

15 Contoh Program Aplikasi Komputer dan Fungsinya – Komputer kini adalah sebuah benda elektronik yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari hari manusia. Bahkan kini telah hadir komputer jinjing atau lebih dikenal dengan sebutan laptop. Komputer telah menjadi bagian penting dari peradaban manusia modern sekarang ini. Banyak sekali program yang dijalankan oleh komputer, komputer telah mempermudah kehidupan manusia. Bahkan alat alat di rumah sakit sudah banyak yang menggunakan komputer. Begitupun dengan peralatan yang ada di instansti pemerintahan, sudah banyak yang beralih dari awalnya manual, kini menggunakan komputer.
Dengan komputer, proses penginputan nama dan lain lain menjadi mudah. Banyak sekali manfaat dari komputer ini, seperti untuk menulis, mengedit gambar, bermain game, membuat audio, membuat video, browsing di internet dan berbagai manfaat lainnya yang sangat banyak sekali. Tapi apakah kamu tahu bahwa tanpa program aplikasi, maka komputer tidak akan berarti apa-apa? Contohnya seperti yang telah saya tulis diatas, untuk menulis maka kita membutuhkan program atau aplikasi, dan aplikasinya adalah microsoft word. Untuk membuat video misalnya, tanpa aplikasi edit video maka komputer tersebut tidak akan pernah bisa membuat video. maka agar kita bisa mengedit atau membuat video, kita perlu untuk menginstall program aplikasi video, seperti windows movie maker dan adobe premiere.
Nah bagi kamu yang belum tahu seperti apa sih program aplikasi komputer? maka inilah 15 Contoh Program Aplikasi Komputer dan Fungsinya, yang telah saya siapkan untuk kamu. Program aplikasi komputer yang akan saya bahas fungsinya ini adalah aplikasi bawaan dari komputer. Bila kamu ingin mempunyai aplikasi agar bisa nge DJ maka kamu tinggal mencarinya di internet, kemudian mengundul dan menginstall nya.
Inilah contoh dari program atau aplikasi komputer beserta fungsinya :
10 Contoh Program Aplikasi Komputer dan Fungsinya
  1. Microsoft Word, program aplikasi ini memiliki fungsi untuk menulis atau mengetik tugas, makalah dan lain sebagainya.
  2. Microsoft Excel. program aplikasi ini memiliki fungsi untuk membuat tabel data atau spreadsheets. program ini akan sangat membantu kamu dalam membuat tabel pengeluaran keuangan dan juga program ini memiliki perintah otomatis atau rumus yang bisa memudahkan kamu dalam menghitung jumlah, rata rata dan sebagainya.
  3. Microsoft Power Point. program aplikasi ini memiliki fungsi untuk membuat slide show untuk persentasi atau rapat dan juga untuk halaman web.
  4. Notepad. program aplikasi ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan catatan.
  5. Mozilla Firefox dan Google Chrome. 2 program aplikasi ini adalah peramban web, yang berfungsi untuk menjelajahi internet.
  6. Windows Movie Maker. Program aplikasi ini mempunyai fungsi untuk membuat atau mengedit video.
  7. Adobe Photoshop. Adobe photoshop adalah program grafis yang bisa digunakan untuk mengedit gambar.
  8. Paint. Program ini bisa dipakai juga untuk mengedit gambar atau bahkan dijadikan sebagai kanvas atau tempat untuk melukis.
  9. Winamp. Program winamp ini berfungsi untuk memutar musik atau video.
  10. Windows Media Player. Program ini berfungsi untuk memutar video dan bisa juga untuk memutar musik.
  11. Smadav dan AVG Antivirus. Program ini berfungsi untuk mencegah masuknya virus ke dalam komputer dan juga bisa untuk menghapus virus dari komputer.
  12. Remote Dekstop Connection. program aplikasi ini berfungsi untuk terkoneksi dengan komputer yang berada dimanapun dan bisa untuk mengakses file.
  13. Sound Recorder. program ini memiliki fungsi untuk merekam suara.
  14. Connect To a Projector. Program ini memiliki fungsi untuk mengkoneksikan komputer kamu ke proyektor melalui sarana kabel.
  15. Yahoo Messenger. program ini memiliki fungsi untuk melakukan aktifitas chatting dan panggilan video secara gratis.
http://pengayaan.com/15-contoh-program-aplikasi-komputer-dan-fungsinya/

Jenis-jenis Program Aplikasi Komputer

Program Aplikasi Komputer adalah software atau perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu. Agar operasi system komputer ( seperti Windows ) berfungsi untuk melakukan operasi dasar atau melakukan tugas yang lebih spesifik, maka installasi Program Aplikasi Komputer sangat diharuskan.

Sekarang ini ada begitu banyak aplikasi komputer yang sudah tercipta seiring dengan pesatnya perkembangan tehnologi. Secara garis besarnya, jenis-jenis aplikasi komputer berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut:


Aplikasi Perkantoran/Office: fungsinya untuk menunjang administratif perkantoran. Diantaranya Microsoft Office dan Open Office.

Aplikasi Office sendiri biasanya berupa beberapa aplikasi yang dikemas menjadi satu paket. Aplikasi-aplikasi yang dikemas di dalam paket aplikasi Office dan contoh programnya antara lain :
  1. Aplikasi Pengolah Kata, contohnya Microsoft Word.
  2. Aplikasi Pengolah Angka, contohnya Microsoft Excel.
  3. Aplikasi Pengolah Basis Data, contohnya Microsoft Access.
  4. Aplikasi Pengolah Presentasi, contohnya Microsoft Powerpoint.Aplikasi Grafis: fungsinya untuk mendesain dan mengolah gambar atau foto. Diantaranya yaituCorelDRAW dan Adobe Photoshop.
Aplikasi Multimedia: fungsinya untuk memutar atau copy /burning file multimedia. Diantaranya Windows Media PlayerWinampVLC dan Quick Time serta Nero.(GOM Player)

Aplikasi Internet/Browser: fungsinya untuk  mengakses beragam layanan internet. Contohnya Mozilla FirefoxOperaGoogle Chrome dan Internet Explorer.

Aplikasi Game: Segala jenis aplikasi permainan

Pada Aplikasi Multimedia, Internet dan Game, diperlukan juga software aplikasi pendukung yang perlu diinstal. agar file multimedia dari browser dan game bisa diberjalan dengan baik. Diantarnya JavaAdobe Flash Player dan DirectX.
http://it-cening.blogspot.co.id/2013/03/jenis-jenis-program-aplikasi-komputer.html

Program Aplikasi Komputer

Program Aplikasi Komputer – Dalam teknologi informasi, program aplikasi komputer adalah program komputer yang dirancang untuk membantu orang untuk melakukan suatu kegiatan. Program aplikasi komputer juga dapat didefinisikan sebagai suatu perangkat lunak komputer yang menyebabkan komputer dapat melakukan suatu tugas-tugas tertentu.

Program Aplikasi Komputer

Program aplikasi komputer berbeda dengan sistem operasi. Sistem operasi adalah software yang menjalankan komputer. Sebuah program aplikasi komputer dapat memanipulasi teks, angka, grafik, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut. Beberapa paket program aplikasi biasanya khusus untuk berfokus pada satu tugas tertentu, misalnya pengolah kata, dll.

Contoh Program Aplikasi Komputer

1. Aplikasi Perkantoran. Aplikasi ini berfungsi untuk menunjang berbagai kegiatan di perkantoran.
Contoh: Microsoft Office dan WPS Office.
2. Aplikasi Akuntansi. Perangkat lunak (software) akuntansi merupakan perangkat lunak aplikasi yang mencatat & memroses transaksi akuntansi dalam modul fungsional seperti hutang, piutang, gaji, dan neraca saldo.
Contoh: Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
3. Aplikasi Pemutar Media (Media Player). Media player adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menggambarkan perangkat lunak komputer untuk memutar file multimedia.
Contoh: Winamp, Windows Media Player, VLC, GOM Player
4. Peramban (Browser). Browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengambil, menyajikan dan melintasi sumber informasi di World Wide Web.
Contoh: Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera
5. Aplikasi Grafis. Perangkat lunak grafis atau perangkat lunak editing gambar adalah program atau kumpulan program yang memungkinkan seseorang untuk memanipulasi gambar atau visual pada komputer.
Contoh: Adobe Photoshop, CorelDraw, Paint
6. Permainan. Aplikasi ini biasanya dilakukan untuk bersenang-senang dan kadang-kadang digunakan sebagai alat pendidikan.
Contoh: Pro Evolution Soccer, FIFA, Need for Speed, GTA, Angry Birds
http://www.gaptek.info/program-aplikasi-komputer.html

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer