Sejarah Pengakuan dan Peresmian Hari Wayang oleh Unesco

UNESCO Akui Wayang sebagai “Master Piece” Budaya Dunia
Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika mengungkapkan, sejak 7 November 2003 lalu Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) telah mengakui wayang sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.
Pengakuan ini sangat berarti bagi bangsa Indonesia bahwa wayang sebagai budaya bangsa yang kita warisi dari leluhur, diakui oleh dunia. “Mereka (UNESCO- Red) mengatakan itu tidak hanya menjadi milik bangsa Indonesia. Ini adalah sangat tinggi nilainya, milik masyarakat dunia,” kata Ardika, Jumat (9/1) malam, seusai membuka Pekan Wayang Menak dan Gelar Kain Nusantara di Bentara Budaya Jakarta (BBJ). Acara ini akan berlangsung sampai tanggal 16 Januari 2004.
Selain itu, tutur Ardika, wayang niscaya akan mengangkat citra bangsa, mengangkat nama bangsa, harkat dan martabat bangsa dalam forum dunia. “Tugas kita memperkenalkan nilai-nilai budaya bangsa dalam pergaulan dunia,” kata Ardika.
Menurut Ardika, pengakuan ini sama sekali tidak menjadi kekangan bagi para pegiat wayang untuk terus berkreativitas. “Ini justru mendorong. Ini tantangan untuk berkreasi,” kata dia.
Sementara itu, menurut Deputi Bidang Seni dan Film pada Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Dr Sri Hastanto, sampai saat ini hanya terdapat 28 warisan budaya di dunia yang diakui sebagai master piece intangible. Oleh karena itu, pengakuan ini sangat bermakna bagi kehidupan kebudayaan di Indonesia.
Sebenarnya, tambah Hastanto, inisiatif pengusulan wayang sebagai warisan dunia ke UNESCO juga mengandung soal-soal taktis. “Supaya para dalang di dalam mengembangkan wayang tetap menjaga humanity-nya. Jangan sampai wayang hanya jadi hiburan yang dangkal, hanya hura-hura saja. Setelah diakui sebagai master piece, mosok master piece kok kayak gitu…” kata Hastanto.
Dalam tataran praksis, kata Hastanto, UNESCO akan menangani banyak hal. Segala kegiatan dalam pengembangan wayang, UNESCO akan bersikap sebagaimana jika kita memugar Borobudur. “Kalau Borobudur itu tangible, wayang intangible,” kata dia.
UNESCO berhak memberikan pemikiran-pemikiran, termasuk menjaga agar wayang sebagai master piece tetap terjaga. “Yang berat itu nanti sosialisasinya,” ujar Hastanto.
Terhadap kenyataan bahwa sebagian wayang saat ini telah menyerap unsur-unsur seni lain, semisal musik dangdut, menurut Hastanto, hal itu sangat dimungkinkan. “Asalkan tidak mengingkari nilai-nilai humanismenya. Prinsipnya, kreativitas tetap didorong,” ujar Hastanto. (CAN)
https://wayang.wordpress.com/unesco-akui-wayang-sebagai-E2809Cmaster-pieceE2809D-budaya-dunia/

1. WAYANG KULIT

UNESCO pada tanggal 7November 2003 telah MENETAPKAN bahwa WAYANG KULIT adalah warisan budaya dunia yang BERASAL DARI INDONESIA 
Menteri Negara kebudayaan dan pariwisata I gede mahrdika mengungkapkan, sejak 7November 2003 lalu organisasi pendidikan, Ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB(UNESCO) telah mengakui wayang sebagai world Master piece of oral and Intangible heritage of humanity.
https://www.scribd.com/Pengakuan-Wayang-Oleh-Unesco

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer