Dinasti Za

Dinasti Za
Dinasti Za berbasis di Kota Kukiya dan Gao di Sungai Niger River sekarang dikenal sebagai Mali modern. Dinasti itu didirikan Za Alayaman pada abad ke-11 M. Pendiri raja itu berasal dari Yamen dan menetap di Kota Kukiya. Dinasti itu berubah menjadi kerajaan Islam setelah pada 1009-1010 M, Za Kusoy penguasa ke-15 memeluk Islam. Kerajaan itu ditaklukkan Kekaisaran Mali pada awal abad ke-13 M.
http://khazanah.republika.co.id/


Dinasti Za

Dinasti Za atau Dinasti Zuwa adalah penguasa kerajaan abad pertengahan yang berbasis di kota Kukiya dan Gao di Sungai Niger di Mali sekarang .

Sejarah lisan dan Tarikh al-Sudan

Al-Sadi pada abad ke tujuh belas, Tarikh al-Sudan , memberikan sejarah awal Songhay yang diturunkan oleh tradisi lisan. Kronik tersebut melaporkan bahwa pendiri legendaris dinasti tersebut, Za Alayaman, awalnya berasal dari Yaman dan menetap di kota Kukiya.  Kota ini diyakini berada di dekat desa modern Bentiya di tepi timur Sungai Niger , di sebelah utara gunung berapi Fafa, 134 km sebelah tenggara Gao.  Batu nisan dengan prasasti Arab yang berasal dari abad 14 dan 15 telah ditemukan di daerah tersebut.  Kukiya juga disebutkan dalam kronik penting lainnya, the Tarikh al-fattash . The Tarikh al-Sudan menceritakan bahwa penguasa ke 15, Za Kusoy, masuk Islam pada tahun 1009-1010 M. Pada suatu tahap kerajaan atau setidaknya fokus politiknya bergerak ke utara ke Gao . Kerajaan Gao memanfaatkan perdagangan trans-Sahara yang berkembang dan tumbuh menjadi kekuatan regional kecil sebelum ditaklukkan oleh Kekaisaran Mali pada awal abad ke-13.

Penguasa dinasti Za seperti yang diberikan di Tarikh al-Sudan

Nama-nama ini dengan diakritik mereka seperti yang diberikan dalam terjemahan oleh John Hunwick .  Manuskrip Arab yang masih hidup berbeda baik dalam ejaan dan vokalisasi nama-nama tersebut.
A. Alayaman 
B. Zakoi
C. Takoi
D. Ikoi
E. Kū
F. 'Alī Fay
G. Biya Kumay
H. Bī / Bay
I. Karay
J. Yama Karaway
K. Yuma Dunku
L. Yuma Kību'u
M. Kūkura
N. Kinkin
O. Kusoy
P. Kusur Dāri
Q. Hin Kun Wunka Dum
R. Biyay Koi Kīma
S. Koy Kīmi
T. Nuntā Sanay
U. Biyay Kayna Kinba
V. Kayna Shinyunbu
W. Tib
X. Yama Dao
Y. Fadazaw
Z. 'Alī Kur
AB. Bēr Falaku
AC. Yāsiboy
AD. Dūru
AE. Zunku Bāru
AF. Bisi Bāru
AG. Badā
https://id.wikipedia.org/wiki/Dinasti_Za 

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer