Sejarah Windows Seven 7

Windows 7

Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.
Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista.Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan WIndows Photo Gallery tidak disertakan lagi di Windows 7; kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.
Windows 7 logo.svg

Pembangun Microsoft
Keluarga OS Microsoft Windows
Model sumber Kode sumber tertutup
Dirilis ke
manufaktur RTM: 22 Juli 2009
Retail: 22 Oktober 2009
Rilis terbaru 6.1 (Build 7601: Service Pack 1) / 22 Oktober 2009; 7 tahun lalu
Metode update Windows Update
Platform IA-32, x86-64
Tipe Kernel Hybrid
Lisensi MS-EULA
Didahului oleh Windows Vista
Digantikan oleh Windows 8
Situs resmi Windows 7
Status dukungan
Dukungan utama hingga 13 Januari 2015
Dukungan tambahan hingga 14 Januari 2020.

Spesifikasi perangkat keras


Microsoft telah mempublikasikan spesifikasi kebutuhan minimum perangkat keras untuk Windows 7.

Spesifikasi minimal Windows 7 (yang disarankan)

Arsitektur32-bit64-bit
Kecepatan prosesor1 GHz 32-bit1 GHz 64-bit
(RAM)1 GB2 GB
Unit pengolah grafisPengolah grafis dengan dukungan DirectX 9 dan WDDM Driver Model 1.0
(tidak terlalu diperlukan, hanya dibutuhkan untuk Windows Aero)
Hard disk (HDD)Minimal 16 GBMinimal 20 GB
Drive RoomDVD drive (untuk instalasi dari media DVD)
Persyaratan tambahan untuk bisa menggunakan fitur tertentu:
1. BitLocker memerlukan Trusted Platform Module (TPM) 1.2 dan membutuhkan USB flash drive untuk menggunakan BitLocker To Go.
2. Windows XP Mode memerlukan tambahan memori 1 GB, kapasitas tambahan 15 GB cakram keras, dan CPU yang mendukung virtualisasi perangkat keras, seperti teknologi AMD-V atau Intel VT.

Pembatasan memori




Windows 7 tidak bisa digunakan dengan jumlah memori yang terpasang melebihi kemampuannya. Jumlah ini berbeda di setiap versi Windows 7, dan juga berpengaruh pada arsitektur yang dipakai (apakah 32-bit atau 64-bit).

Pembatasan memori pada Windows 7

VersiPembatasan pada 32-bitPembatasan pada 64-bit
Windows 7 Ultimate4 GB192 GB
Windows 7 Enterprise4 GB192 GB
Windows 7 Professional4 GB192 GB
Windows 7 Home Premium4 GB16 GB
Windows 7 Home Basic4 GB8 GB
Windows 7 Starter2 GB(tidak ada versi 64-bit)

Pembatasan prosesor multi-inti dan pembatasan multi-prosesor




Jumlah maksimal inti prosesor dalam satu buah komputer yang didukung oleh Windows 7 adalah 32 inti untuk 32-bit, dan 256 untuk 64-bit. Jumlah maksimal dari prosesor (secara fisik) pada sebuah komputer yang didukung oleh Windows 7 adalah: 2 untuk Professional, Enterprise, dan Ultimate; 1 untuk Starter, Home Basic, dan Home Premium.

Penjualan




Berbagai versi dari Windows 7 didesain, dipasarkan, dan disesuaikan dengan baik kepada orang-orang dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Dari seluruh versi yang ada, versi Starter didesain dan dipasarkan untuk notebook kelas bawah, Home Basic dan Home Premium untuk pengguna rumahan, Professional untuk kebutuhan bisnis, Enterprise untuk bisnis yang lebih besar dan korporat, dan Ultimate untuk para antusias IT (atau sering disebut dengan geek).

Selain itu, Windows 7 menarik banyak pembeli selama masa diskonnya. Juni 2009 lalu, Windows 7 Home Premium tersedia dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar 49 USD atau sekitar 500 ribu rupiah saja. Ini tentu lebih hemat 70 USD atau sekitar 700 ribu rupiah dibandingkan harga penjualan aslinya sebesar 119 USD atau sekitar 1,2 juta rupiah. Sedangkan Windows 7 Professional dijual dengan harga 99 USD, atau sekitar 1 juta rupiah, yang merupakan setengah harga dari harga aslinya. Program diskon tersebut memang telah berlalu, namun hingga saat ini Amazon masih menawarkan Windows 7 dengan harga yang lebih murah dari harga asli pada saat peluncurannya.

Versi




Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista. Hanya saja ada perbedaan nama, jika Windows Vista memiliki versi Business maka pada Windows 7 versi tersebut dinamakan Professional.

 

Stiker Windows 7 yang ditempel di komputer yang memenuhi persyaratan minimum Windows 7

1. Windows 7 Ultimate

2. Windows 7 Professional

3. Windows 7 Enterprise

4. Windows 7 Home Premium
5. Windows 7 Home Basic
6. Windows 7 Starter
https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_7

Hasil gambar untuk jendela windows 7
Show Desktop Win 7

Kelebihan 
Booting lebih cepat
Irit Konsumsi daya
Optimasi dalam prefetching
Adanya aplikasi Device Storage
Dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray
Mendukung Teknologi multi touch ( layar sentuh )
System pencarian data yang lebih cepat
Tampilan dan aplikasi Lebih Menarik (Snap, Home Group, Jump List, Windows Media Center, Windows Live Essentials, Web Slices, Parental Control)
Konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit
Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
Tampilan lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol
Fitur security yang benar-benar ketat.
Kekurangan
Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
Bug pada Windows Player 12
Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7
http://tkj1class.blogspot.co.id/sejarah-singkat-windows-7.html (Ahfazh Kamal) 

JENIS – JENIS WINDOWS 7
Windows 7 memang sudah lama keluar, akan tetapi masih ada beberapa istilah dan jenis-jenis Windows 7 yang belum dimengerti. Untuk itu akan saya uraikan macam-macam Windows 7 yang beredar di pasaran.
Windows 7 Berdasarkan License
1. RETAIL
Versi ini sering juga disebut FPP (Full Package Product). Dijual dalam bentuk kotak berisi DVD isntaler Windows 7 dan sertifikat COA (stiker hologram yang berisi serial number sebagai bukti keaslia). Serial Number Windows 7 versi RETAIL dapat digunakan berulangkali (pada komputer yang sama) jika komputer harus diinstal ulang.
2. OEM
Windows 7 versi OEM biasanya sudah terinstal saat kita membeli komputer baru. Ada juga yang dijual dalam bentuk DVD, namun tidak dengan kotak sebagus versi RETAIL. Terdapat sertifikat COA dan serial number sebagai tanda keaslian Windows 7. Kelemahan versi ini adalah Serial Number hanya bisa digunaka sekali.
3. MSDN (Microsoft Developer Network)
Windows 7 versbi MSDN hanya dijual untuk perusahaan pengembang software. Windows ini memiliki isi dan fitur yang sama dengan versi yang ada dipasaran, hanya saja versi ini tidak diperjualbelikan.
4. Volume Lincense
Versi ini dijual kepada perusahaan bukan pengembang software. Biasnya dibeli dalam jumlah banyak untuk kebutuhan komputer kantor.
Windows 7 Berdasarkan Versi
1.  N (“N” stands for “Not with Windows Media Player”)
Muncul karena Microsoft kalah dalam persidangan tahun 2005 dengan European Antitrust Commission yang menuntut agar penjualan Windows tidak termasuk dengan Windows Media Player. Microsoft kalah karena dianggap memonopoli penjualan Windows bersama Winodws Media Player, maka dikeluarkanlah Versi N dan dijual hanya khusus pasaran Eropa.
2.  E (“E” stands for “Not with Internet Explorer 8″)
Muncul karena Microsoft kalah dalam persidangan tahun 2009 dengan European Antitrust Commission yang menuntut agar penjualan Windows tidak termasuk dengan Internet Explorer 8. Microsoft kalah karena dianggap memonopoli penjualan Windows bersama Internet Exloprer 8, maka dikeluarkanlah Versi E dan dijual hanya untuk pasaran Eropa.
3.  K dan KN (“K” and “KN” stands for “Korea”)
Lagi-lagi Microsoft kalah dalam persidangan tahun 2006 , kali ini Microsoft berurusan dengan Korean Fair Trade Commission yang menuntut agar penjualan Windows tidak termasuk dengan Windows Media Player dan Windows Messenger. Microsoft dianggap telah memonopoli penjualan Windows bersama 2 software tersebut, maka dikeluarkanlah Versi K dan KN yang hanya dijual di negara Korea.
Untuk negara lain semuanya masih menggunakan versi standar.
Windows 7 Berdasarkan Edisi
1. Starter
Ditargetkan untuk seluruh dunia, biasanya sudah terinstal saat membeli komputer baru. Fitur utama untuk versi ini adalah Taskbar, Jump list, Windows MEdia Player, Backup & restore, Action Center, Device Stage, Play to, Fax anda Scan dan Game sederhana.
Kelemahan versi ini adalah tidak ada Aero glass, berbagai fitur modifikasi desktop, windows touch, media center, live thumbnail preview, home group creation, tidak ada Multi bahasa, maksimal RAM 2 GB serta tidak terseda versi 64bit.
Jika menggunakan versi Starter pengguna tidak bisa mengganti bacground desktop. Pengguna juga hanya bisa menjalankan 3 program sekaligus, namun keterbatasan ini sudah dihilangkan dan diganti dengan maksimal RAM sebesar 2 GB.
2. Home Basic
Versi ini ditargetkan untuk wilayah tertentu saja seperti Indonesia. Fitur utama dari versi ini adalah Multiple monitor, fast user switching (berganti user), desktop wallpaper, desktop windows manager, network printing, internet connection sharing, sebagian windows aero.
Kelemahan versi ini adalah Tidak bisa membuat Homegroup baru, tidak disertakan DVD decoder ( MPEG-2 dan Dolby Digital), tanpa multi touch, premium games, Windows Media center, tidak ada Multi bahasa, dukungan Windows Aero tidah penuh.
3. Home Premium
Ditargetkan untuk pengguna di seluruh dunia. Fitur utama dari versi ini adalah Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, Membuat Home group baru, Media Center, DVD Playback dan pembuatan, premium games dan Mobility Center.
Kelemahan versi ini adalah tidak bisa melakukan Domain join, Remote desktop host, backup dari jaringan, Encryption File System, Offline Folder.
4. Proffesional
Dirancang untuk para expert dalam bidang IT. Fitur utama dari versi ini adalah Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host, location aware printing, mobility center, presentation mode, offline folder.
Kelemahan versi ini adalah tidak adanya BitLocker, BitLocker toGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Pack, booting dari VHD.
Kelebihan dari versi Profesional hampir sama dengan versi Ultimate, secara garis besar hanya fungsi BitLocker yang dihilangkan.
5. Enterprise
Versi ini dirancang untuk para pembisnis atau suatu perusahan dengan Volume Lisensi. Fitur utama yang versi ini adalah BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD.
6. Ultimate
Dirancang untu pengguna komputer yang menginginkan semua fitur Windows 7. Versi ini memiliki semua fitur dari versi sebelumnya, bisa dibilang Windows 7 versi Ultimate adalah versi paling lengkap.
Windows 7 Berdasarkan Arsitektur Processor
Ada 2 macam Windows 7 berdasar prosesor, yaitu 32 Bit dan 64 Bit. Untuk Windows 7 32 Bit hanya bisa menggunakan RAM maksimal sebesar 4GB, sementara untuk versi 64 Bit bisa menggunakan RAM dengan ukurang yang lebih besar.
Windows 7 Berdasarkan Versi Realese
1. Pre-Alpha
Versi yang pertama kali keluar dan masih banyak feature yang belum tersedia / bugs.
2. Alpha
Versi yang mengalami perbaikan dari versi Pre-Alpha dan diuji oleh tester ato developer tetapi tidak untuk ditest oleh end-user.
3. Beta
Versi yang telah lolos Alpha testing dan mengalami banyak perbaikan dari versi Alpha. Versi ini dapat diuji oleh tester ato developer dan juga oleh end-user.
4. RC (Release Candidate)
Merupakan versi akhir setelah mengalami banyak perbaikan dan banyak ditest oleh tester, developer dan end-user.
5. RTM (Release to Manufacturing or Release to Marketing)
Versi yang telah memenuhi syarat akhir dari sebuah software dan siap dipasarkan secara luas ke end-user. Versi paling sempurna dari versi-versi sebelumnya.
Spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 7
Processor minimal 1 GHz baik yang 32 bit maupun 64 bit
Memori minimal 1 Gb dan disarankan lebih tinggi
Hardisk mimimal 16 Gb
Mendukung DirectX 9 grafik dengan memori 128 Mb (untuk antar muka Aero)
http://myblogspotma.blogspot.co.id/sejarah-perkembangan-windows7.html

Windows 7 sendiri terdiri dari 6 versi. Versi-versi tersebut adalah:
1.      Windows 7 Starter. Versi paling minim fitur, antara lain tidak ada windows aero. Tidak dijual bebas, hanya akan ada dalam sebuah paket dalam system computer.
2.      Windows 7 Home Basic. Memasukkan beberapa fungsi windows aero, tidak dijual di Negara maju. Jadi versi ini hanya akan dijual di negara-negara yang dikategorikan belum maju.
3.      Windows 7 Home Premium. Ditujukan untuk pengguna rumahan. Fungsi windows aero terpasang lengkap, tapi tidak ada fungsi remote desktop yang memungkinkan kita mengontrol windows 7 secara remote. Fungsi windows XP mode juga tidak ada.
4.      Windows 7 Professional. Ditujukan untuk bisnis kecil da pengguna khusus. Fiturnya seperti Home Premium namun ditambahkan remote desktop, windows XP mode dan bisa bergabung dalam sebuah domain windows server.
5.      Windows 7 Enterprise. Ditujukan untuk perusahaan, tidak dijual untuk umum. Fitur tambahan antara lain BitLocker yang mampu mengekskripsi hardisk.
6.      Windows 7 Ultimate. Mempunyai fitur yang sama dengan versi enterprise, namun ditujukan untuk pengguna rumahan. Versi yang akan dijual bebas adalah versi Home Premium dan Professional, dari kedua versi ini, pengguna bisa melakukan upgrade ke versi windows 7 ultimate.
Fitur lain yang pertama kali diperkenalkan pada windows vista adalah windows aero, yaitu nama antarmuka grafis windows yang terbaru. Menggantikan Luna, antarmuka grafis di windows XP. Aero merupakan singkatan Authentic, Energetic, Reflective dan Open. Pada windows 7, windows aero ditambah dan diperbaiki kemampuannya seperti:
1.      Aero Peek. Menggeser kursor mouse pada sebuah ikon aplikasi yang sedang berjalan di taskbar akan menunjukkan gambar kecil dari jendela aplikasi tersebut. Ini akan mempermudah saat membuka banyak aplikasi sebab tinggal menggeser kursor mouse untuk mencari aplikasi yang diinginkan.
2.      Aero Shake. Menggoyang sebuah jendela akan membuat semua jendela yang lain minimize. Sedangkan menggoyangkannya lagi akan membuat maximize jendela tersebut.
3.      Aero Snap. Menggeser sebuah jendela ke sisi kiri atau kanan akan membuat jendela tersebut membesar separuh layar. Hal ini berguna jika kita ingin membandingkan 2 dokumen. Jika digeser ke atas maka akan memperbesar(maximize) jendela tersebut.
Kelebihan/ keunggulan Windows 7
1.      Proses Booting dan proses Shut Down lebih cepat.
Booting delay time, waktu durasi booting lebih cepat
2.      Hemat Konsumsi daya
Menghemat daya, sehingga windows 7, lebih stabil jika dibandingkan dengan windows Vista 
3.      Terdapat  aplikasi Device Storage Fitur baru untuk memudahkan kita menampilkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral tertentu, seperti fitur konfigurasi dan dan dokumentasi.
4.      Optimasi dalam prefetching
Optimasi pada proses load data untuk HD maupun SSD 
5.      System pencarian data yang lebih cepat
6.      Anda bisa memilih Jaringan Wireless hanya dengan 1 klik dari system tray.
7.      Mendukung Teknologi multi touch ( layar sentuh )
8.      Mempunyai Interface/ Tampilan serta aplikasi Lebih Menarik , diantaranya yaitu:
8a.       Snap
Aplikasi dapat di buka secara bersamaan dan bisa ditampilkan bersebelahan
8b.      Home Group
Untuk proses berbagi file dan peripheral dapat dilakukan dengan menghubungkan beberapa PC dengna System jaringan
8c.       Windows Media Center
Bisa merekam siaran TV, untuk nonton TV online
8d.      Jump List
Memberikan kemudahan pada pengguna karena hanya dengan klik pada pin dengan cepat mampu membuka kembali salah satu dari beberapa aplikasi yang berjalan 
8e.       Web Slices
Merupakan fitur yang tersedia berfungsi untuk memotong bagian dari sebuah situs yang ditargetkan yang kemudian ditempatkan di toolbar Internet Explorer 8 untuk referensi yang lebih mudah dan cepat
8f.        Windows Live Essentials
Pengguna bisa mengakses data offline dan melakukan berbagai hal untuk foto, video atau hal lainnya
8g.      Parental Control
Terdapat kontrol yang berfungsi untuk membatasi hak akses pada anak-anak, seperti : pengaturan waktu dan lama akses yang diperbolehkan untuk anak-anak
Kekurangan/ kelemahan Windows 7:
1.      Terdapat beberapa program/ aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
2.      Pada Windows Player 12Terjadi Bug
3.      Terdapat hardware yang langsung bisa dikenali di Vista, namun tidak bisa dikenali di Windows 7
4.      Software yang mulanya bisa di paksa untuk di install di windows vista, tidak bisa dipaksa untuk di install di windows 7.
http://killthat-rabbit.blogspot.co.id/sejarah-windows-7-serta-kelebihan-dan.html

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer