Microsoft Office Share Point

SharePoint

SharePoint adalah sebuah platform sistem manajemen dokumen berbasis web yang diciptakan oleh Microsoft Corporation. SharePoint dapat digunakan untuk menjalankan situs-situs web yang terdiri atas ruangan kerja (shared workspace) dan dokumen yang digunakan secara bersama-sama (shared documents), selain tentunya aplikasi khusus seperti wiki dan blog. Fitur-fitur SharePoint ini bisa diakses oleh sebuah penjelajah web (meski yang disarankan adalah keluarga Microsoft Internet Explorer). SharePoint tidaklah dimaksudkan untuk mengganti server berkas secara keseluruhan (karena memang dalam SharePoint terdapat limitasi ukuran berkas hanya hingga 2 gigabita saja). Fungsionalitas SharePoint terbangun dari beberapa web part, seperti halnya daftar tugas (task list) atau panel diskusi (discussion pane). Web-part-web-part tersebut kemudian dimasukkan ke dalam halaman web, yang kemudian dijalankan di atas portal SharePoint. Situs SharePoint, sebenarnya merupakan aplikasi ASP.NET 2.0, yang berjalan di atas Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan basis data Microsoft SQL Server sebagai tempat penyimpanan data yang bekerja di belakang layar.
Istilah "SharePoint" sendiri pada umumnya merujuk kepada salah satu dari dua produk berikut:
Microsoft Windows SharePoint Services (WSS)
Microsoft Office SharePoint Server 2007 (MOSS)
Selain itu, versi-versi terdahulu dari perangkat lunak ini menggunakan nama yang berbeda, yakni:
SharePoint Team Services
SharePoint Portal Server 2003
Meskipun demikian, keduanya masihlah disebut dengan sebutan "SharePoint" saja.
Keluarga SharePoint juga mencakup Microsoft Office SharePoint Designer, yang bisa digunakan untuk membuat web part, dan beberapa hal lainnya dalam SharePoint.
Hasil gambar untuk icon ms sharepoint 2007  Gambar terkait Hasil gambar untuk icon ms sharepoint 2013
Ikon Sharepoint 2007, Ikon Sharepoint 2010,dan Ikon Sharepoint 2013 

Keluarga SharePoint

Windows SharePoint Services

Windows SharePoint Services merupakan sebuah tambahan untuk Windows Server yang bisa diperoleh secara bebas. WSS menyediakan infrastuktur kolaborasi dasar, yang mendukung penyuntingan dokumen dengan berbasis HTTP atau HTTPS, pengorganisasian dokumen di dalam beberapa document library, kemampuan kontrol versi dokumen, wiki, dan juga blog. WSS juga menyediakan beberapa fungsionalitas seperti halnya workflow, to-do list, alert dan forum diskusi, yang merupakan web part yang bisa ditempelkan ke dalam halaman situs SharePoint.
Saat pertama kali diinstalasikan, WSS hanya menyediakan satu buah workflow, yang merupakan workflow tiga-keadaan untuk mengatur workflow secara sederhana. Workflow tambahan dapat dibuat dengan menggunakan Microsoft Office SharePoint Designer, atau Microsoft Visual Studio .NET.
Keterbatasan yang dirasa dari Windows SharePoint Services adalah tidak dapat menggunakan form yang dibuat dengan Microsoft Office InfoPath 2007, dan hanya menggunakan form yang dibuat dengan halaman ASP.NET sebagai penggantinya.

Microsoft Office SharePoint Server

Microsoft Office SharePoint Server (MOSS) merupakan salah satu komponen server Microsoft Office. Harganya pun cukup mahal. MOSS dibangun di atas WSS dan menambahkan banyak fungsionalitas di atasnya, termasuk di antaranya adalah manajemen dokumen yang lebih baik, fungsionalitas pencarian berkas kelas perusahaan (enterprise-class), fitur navigasi, dukungan RSS, dan juga beberapa fitur yang sebelumnya ditawarkan oleh Microsoft Content Management Server.
Microsoft Office SharePoint Server Enterprise Edition juga mencakup beberapa fitur untuk analisis data bisnis, seperti halnya Excel Services dan Business Data Catalog. MOSS juga menyediakan integrasi secara ketat dengan aplikasi Microsoft Office, seperti halnya kemampuan manajemen proyek dengan menggunakan Microsoft Project Server dan kemampuan untuk menampilkan form yang dibuat dengan Microsoft Office InfoPath dengan hanya menggunakan sebuah penjelajah web. Edisi ini juga menawarkan pustaka yang spesifik, seperti halnya PowerPoint Template Library.

Microsoft Search Server

Microsoft Search Server (MSS) adalah platform pencarian yang dibuat oleh Microsoft, berbasiskan kemampuan pencarian dari Microsoft Office SharePoint Server. MSS memiliki arsitektur yang mirip dengan platform Windows Search, baik itu engine query-nya maupun pengindeksnya. Cara pencarian MOSS dilakukan dengan melihat pada metadata yang dimasukkan ke dalam dokumen.
Microsoft Search Server kini tersedia sebagai Microsoft Search Server 2008, yang dirilis pada bulan Maret 2008. Terdapat juga versi gratisnya, yang dinamakan dengan Search Server Express 2008, yang memiliki fitur yang sama dengan versi komersial (termasuk di antaranya tidak ada limitasi jumlah berkas yang bisa diindeks). Satu-satunya kelemahan dari versi gratis adalah tidak bisa diskalakan dengan proses kluster.

Microsoft SharePoint Designer

Microsoft Office SharePoint Designer merupakan editor HTML yang bersifat What-You-See-Is-What-You-Get (WYSIWYG), yang ditujukan untuk mendesain situs SharePoint dan workflow untuk situs-situs WSS. Rendering engine yang bisa digunakan sama dengan Microsoft Expression Web, dan juga Microsoft Visual Studio 2008.
Microsoft SharePoint Portal Server 2003 menggunakan Microsoft FrontPage sebagai alat desainnya. FrontPage tidak lagi kompatibel dengan Microsoft Office SharePoint Server 2007 atau Windows SharePoint Services.
https://id.wikipedia.org/wiki/SharePoint

Antarmuka pengguna SharePoint Online
Pengembang perusahaan Microsoft
Peluncuran pertama 2001 ; 16 tahun yang lalu
Pelepasan stabil
2016/4 Mei 2016 ; 15 bulan yang lalu
Status pembangunan Aktif
Sistem operasi Windows Server 2008 R2 dan Windows Server 2012 
Peron x64
Tersedia dalam Basque, Bulgaria, Katalan, Mandarin, Kroasia, Cheska, Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Finlandia, Prancis, Galicia, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Hindi, Italia, Jepang, Kazakh, Korea, Latvian, Bokmål), Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia (Latin), Slowakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Thailand, Turki, dan Ukraina 
Mengetik Sistem Manajemen Konten
Lisensi Perangkat lunak berpemilik 
Yayasan SharePoint : Freeware 
Edisi lainnya: Trialware
Situs web sharepoint .com


Edisi

Ada berbagai edisi SharePoint berbeda yang memiliki fungsi berbeda:

Hasil gambar untuk icon ms sharepoint 2010
Ikon Sharepoint 2016 

SharePoint Server 

SharePoint Server diberikan kepada organisasi yang mencari kontrol lebih besar atas perilaku atau desain SharePoint. Produk ini terinstal pada infrastruktur TI pelanggan. Ini menerima pembaruan yang kurang sering, namun memiliki akses ke fitur dan kemampuan penyesuaian yang lebih luas. Ada tiga edisi SharePoint Server: Standar, Enterprise, dan Foundation (gratis) yang dihentikan pada tahun 2016. [5] Server ini dapat ditetapkan sebagai server virtual / awan biasa, atau sebagai layanan host.



SharePoint Standard 

Microsoft SharePoint Standard dibangun di atas Microsoft SharePoint Foundation di beberapa area produk utama.
1. Situs: Penargetan pemirsa, alat tata kelola, layanan toko Secure, fungsi analisis web.
2. Komunitas: 'MySites' (profil pribadi termasuk manajemen ketrampilan, dan alat penelusuran), wiki perusahaan, hierarki hierarki organisasi, tag dan catatan.
3. Konten: Perkakas dan kepatuhan yang ditingkatkan untuk pengelolaan dokumen & catatan, metadata yang dikelola, layanan otomasi kata, manajemen tipe konten.
4. Penelusuran: Hasil penelusuran yang lebih baik, kemampuan penyesuaian penelusuran, penelusuran seluler, 'Maksud Anda?', Integrasi pencarian OS, Faceted Search, dan metadata / relevansi / tanggal / opsi penyempitan berbasis lokasi.
5. Komposit: Template alur kerja pra-bangun, halaman profil BCS.
Lisensi Standar SharePoint mencakup komponen CAL (lisensi akses klien) dan biaya server. SharePoint Standard juga dapat dilisensikan melalui model awan.

SharePoint Enterprise

Dibangun di atas SharePoint Standard, fitur Microsoft SharePoint Enterprise dapat dibuka hanya dengan memberikan kunci lisensi tambahan.
Fitur tambahan di SharePoint Enterprise meliputi:
1. Telusuri thumbnail dan pratinjau, pengindeksan web kaya, hasil penelusuran yang lebih baik.
2. Integrasi intelijen bisnis, dashboard, dan data bisnis muncul.
3. PowerPivot dan PerformancePoint .
4. Microsoft Office Access, Visio, Excel, dan InfoPath Forms services.
5. Ekstensi ekstensi SharePoint Enterprise 
Perizinan SharePoint Enterprise mencakup komponen CAL dan biaya server yang harus dibeli selain lisensi SharePoint Server. SharePoint Enterprise juga dapat dilisensikan melalui model awan.

SharePoint Online

SharePoint milik Microsoft biasanya digabungkan dalam langganan Microsoft Office 365 , namun dapat dibeli langsung. Hal ini terbatas pada serangkaian inti kolaborasi, file hosting, dan skenario pengelolaan dokumen dan konten, dan diperbarui secara sering, namun biasanya serupa dengan SharePoint Enterprise. Saat ini, kemampuan tambahan meliputi:
1. Dukungan untuk ekstensi SharePoint Framework
2. Baru "Modern" (Responsif) SharePoint UX (sebagian termasuk dalam 2016 - Feature Pack 1)
3. Integrasi Yammer & Office 365 Groups
4. Integrasi dengan Outlook Web App
5. Versi yang lebih baru dari Alat Editor Dokumen Kantor Online
6. Penghapusan berbagai ukuran file / batasan jumlah
7. Konsep Aplikasi
Kemampuan yang hilang termasuk
1. Beberapa penyesuaian penelusuran & UI
2. Banyak kemampuan penerbitan web
3. Pilihan administrasi aplikasi layanan
4. Banyak jenis kustomisasi / solusi tidak akan berjalan
5. Tidak ada kemampuan untuk membaca kesalahan (ULS) log
Perubahan NB di SharePoint Online tercantum di Roadmap Office

Aplikasi 

Penggunaan SharePoint bervariasi dari satu organisasi ke organisasi lainnya. Produk ini mencakup beragam kemampuan, yang sebagian besar memerlukan konfigurasi dan tata kelola.
Penggunaan SharePoint yang paling umum meliputi:

Pengelolaan Konten dan Dokumen Perusahaan

SharePoint memungkinkan penyimpanan, pengambilan, pencarian, pengarsipan, pelacakan, pengelolaan, dan pelaporan dokumen dan catatan elektronik. Banyak fungsi dalam produk ini dirancang di seputar berbagai persyaratan hukum, manajemen informasi, dan persyaratan proses dalam organisasi. SharePoint juga menyediakan fungsionalitas pencarian dan 'grafik'. Integrasi SharePoint dengan Microsoft Windows dan Microsoft Office memungkinkan penyuntingan real-time kolaboratif , dan sinkronisasi terkelola informasi terenkripsi / informasi .
Kemampuan ini sering digunakan untuk mengganti server file perusahaan yang ada, dan biasanya digabungkan dengan kebijakan pengelolaan konten perusahaan . 

Intranet and Social Network 

Intranet SharePoint atau portal intranet adalah cara untuk memusatkan akses ke informasi perusahaan dan aplikasi. Ini adalah alat yang membantu organisasi mengelola komunikasi internal, aplikasi dan informasinya dengan lebih mudah. Microsoft mengklaim bahwa ini memiliki manfaat organisasi seperti peningkatan keterlibatan karyawan , manajemen proses terpusat, mengurangi biaya on-boarding staf baru, dan menyediakan sarana untuk menangkap dan berbagi pengetahuan diam-diam (misalnya melalui alat-alat seperti wiki).

Perangkat lunak kolaboratif 

SharePoint berisi kemampuan groupware kolaborasi tim, termasuk: Penjadwalan proyek (terintegrasi dengan Outlook dan Proyek ), kolaborasi sosial, kotak surat bersama, dan penyimpanan dokumen terkait proyek dan kolaborasi. Groupware di SharePoint berbasis di sekitar konsep "Situs Tim".

File Hosting Service (Personal Cloud) 

SharePoint Server host OneDrive for Business , yang memungkinkan penyimpanan dan sinkronisasi dokumen pribadi seseorang, serta file sharing publik / pribadi dari dokumen-dokumen tersebut. Ini biasanya digabungkan dengan Server / Layanan Microsoft Office lainnya seperti Microsoft Exchange , untuk menghasilkan "awan pribadi",
Kemampuan ini sering dibandingkan dengan layanan seperti Box atau Dropbox .
WebDAV dapat digunakan untuk mengakses file tanpa menggunakan antarmuka web. Namun, implementasi Microsoft WebDAV tidak sesuai dengan protokol WebDAV resmi dan oleh karena itu tidak sesuai dengan standar WebDAV. Misalnya, aplikasi WebDAV harus mendukung fungsionalitas penandaan bahasa dari spesifikasi XML yang penerapannya tidak dilakukan oleh Microsoft. Hanya Windows XP ke Windows 8 yang didukung.

Aplikasi Web Kustom 

Kemampuan pengembangan kustom SharePoint menyediakan lapisan tambahan layanan yang memungkinkan pembuatan prototipe aplikasi web terpadu (biasanya line-of-business) terintegrasi. SharePoint menyediakan pengembang dengan integrasi ke direktori perusahaan dan sumber data melalui standar seperti REST / OData / OAuth. Pengembang aplikasi enterprise menggunakan keamanan dan kemampuan pengelolaan informasi SharePoint di berbagai platform dan skenario pengembangan. SharePoint juga berisi perusahaan "app store" yang memiliki berbagai jenis aplikasi eksternal dengan dienkapsulasi dan dikelola untuk mengakses sumber daya seperti data pengguna korporat dan data dokumen.

Struktur Konten

Halaman

SharePoint menyediakan halaman bentuk bebas yang bisa diedit di browser. Ini dapat digunakan untuk menyediakan konten kepada pengguna, atau untuk menyediakan struktur ke lingkungan SharePoint.

Web-Parts & App-Parts 

Bagian web dan bagian App adalah komponen (juga dikenal sebagai portlets ) yang dapat dimasukkan ke dalam Pages. Mereka digunakan untuk menampilkan informasi dari aplikasi SharePoint dan pihak ketiga.

Daftar, Perpustakaan, Konten, dan "Apps"

Perpustakaan SharePoint menyimpan dan menampilkan file dan folder.
Daftar SharePoint menyimpan dan menampilkan item data.
Setiap item di perpustakaan atau daftar adalah item konten. Contoh item konten termasuk "Dokumen" - yang mungkin memiliki "Nama", "Kontak" - dengan bidang informasi kontak, atau "Faktur Penjualan" - dengan bidang seperti "Jumlah" dan "Nomor Pelanggan".
Jenis Konten adalah definisi (atau jenis) item. Definisi ini menggambarkan hal-hal seperti bidang metadata yang mungkin dimiliki oleh Dokumen, Kontak, atau Faktur. SharePoint memungkinkan Anda untuk membuat definisi Anda sendiri berdasarkan yang ada di dalamnya. Beberapa tipe isi yang dibangun meliputi: Contacts, Appointments, Documents, and Folders.
Beberapa jenis konten bawaan seperti 'kontak' atau 'janji temu' memungkinkan daftar untuk menampilkan fitur lanjutan seperti Microsoft Outlook atau Project synchronization. 
Di SharePoint 2013, di beberapa lokasi, Daftar dan Perpustakaan berganti nama menjadi 'Apps' (meskipun tidak terkait dengan "SharePoint App Store"). Di SharePoint 2016, beberapa di antaranya diganti namanya menjadi Daftar dan Perpustakaan.

Situs

Situs SharePoint adalah kumpulan halaman, daftar, perpustakaan, aplikasi, konfigurasi, fitur, jenis konten, dan sub-situs. Contoh template Situs di SharePoint meliputi: situs kolaborasi (tim), situs wiki, situs kosong, dan situs penerbitan.

Konfigurasi dan kustomisasi 

Konfigurasi berbasis web 

SharePoint terutama dikonfigurasi melalui browser web. Antarmuka pengguna berbasis web menyediakan sebagian besar kemampuan konfigurasi produk.
Bergantung pada tingkat izin Anda, antarmuka web dapat digunakan untuk:
1. Memanipulasi struktur konten, struktur situs, membuat / menghapus situs, memodifikasi navigasi dan keamanan, atau menambah / menghapus aplikasi.
2. Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur produk, mengunggah desain / tema khusus, atau mengaktifkan integrasi dengan produk Office lainnya.
3. Mengkonfigurasi alur kerja dasar, melihat analisis penggunaan, mengelola metadata, mengkonfigurasi opsi pencarian, mengunggah penyesuaian, dan menyiapkan integrasi. 

SharePoint Designer 

SharePoint Designer adalah produk semi-deprecated yang menyediakan kemampuan 'advanced editing' untuk halaman HTML / ASPX, namun tetap menjadi metode utama untuk mengedit alur kerja SharePoint.
Bagian penting dari fitur pengeditan HTML telah dihapus di Perancang 2013, dan produk ini diharapkan tidak berlaku lagi pada tahun 2016-7. 
Fitur Server Microsoft SharePoint dikonfigurasi menggunakan PowerShell , atau UI Web yang disebut "Administrasi Pusat". Konfigurasi pengaturan peternakan server (misalnya penjelajahan pencarian, layanan aplikasi web) dapat ditangani melalui alat pusat ini.
Sementara Administrasi Pusat terbatas pada pengaturan luas pertanian (config DB), ia menyediakan akses ke alat seperti 'SharePoint Health Analyzer', alat pemeriksaan kesehatan diagnostik.
Selain fitur konfigurasi peternakan PowerShell, beberapa alat terbatas tersedia untuk mengelola atau menyesuaikan pengaturan untuk koleksi situs atau situs di database konten.
Serangkaian fitur terbatas ini tersedia oleh penyedia SaaS SharePoint, termasuk Microsoft.

Custom Development 

1. SharePoint "App Model" menyediakan berbagai jenis aplikasi eksternal yang menawarkan kemampuan untuk menampilkan aplikasi berbasis web otentik melalui berbagai mekanisme UI. Aplikasi dapat berupa "SharePoint-hosted", atau "Provider-hosted". Aplikasi yang diinangi host dapat dikembangkan menggunakan sebagian besar teknologi web back-end (misalnya ASP.net, NodeJS , PHP ). Aplikasi dilayani melalui proxy di SharePoint, yang memerlukan beberapa manipulasi DNS / sertifikat di versi SharePoint lokal.
2. SharePoint "Client Object Model" (tersedia untuk JavaScript dan .NET ), dan REST / SOAP API dapat dirujuk dari banyak lingkungan, memberikan akses pengguna otentik ke berbagai kemampuan SharePoint. 
3. Plugin "Sand-box" dapat diunggah oleh pengguna akhir yang telah diberi izin. Ini adalah pembatasan keamanan, dan dapat diatur di berbagai tingkatan (termasuk pengelolaan konsumsi sumber daya). Di lingkungan awan multi-penyewa, ini adalah satu-satunya penyesuaian yang biasanya diizinkan.
4. Fitur peternakan biasanya sepenuhnya kode terpercaya yang perlu dipasang di tingkat pertanian . Ini dianggap tidak berlaku lagi untuk perkembangan baru.
5. Aplikasi layanan: Adalah mungkin untuk mengintegrasikan langsung ke bus SOA SharePoint, di tingkat petani.
Kustomisasi mungkin muncul melalui:
1. Integrasi aplikasi-ke-aplikasi dengan SharePoint.
2. Ekstensi untuk fungsi SharePoint (misalnya tindakan alur kerja ubahsuaian).
3. 'Bagian Web' (juga dikenal sebagai "portlet", "widget", atau "gadget") yang menyediakan fungsionalitas baru saat ditambahkan ke halaman.
4. Laman / situs atau situs / halaman template. 

Arsitektur Server

SharePoint Server dapat diperkecil untuk beroperasi sepenuhnya dari satu mesin pengembang, atau ditingkatkan hingga dikelola di ratusan mesin. 

Pertanian 

Pertanian SharePoint adalah pengelompokan logis dari server SharePoint yang memiliki sumber daya bersama. Sebuah peternakan biasanya beroperasi sendiri, namun juga dapat berlangganan fungsi dari peternakan lain, atau menyediakan fungsi ke pertanian lain. Setiap peternakan memiliki database konfigurasi pusatnya sendiri, yang dikelola melalui antarmuka PowerShell , atau situs web Administrasi Pusat (yang sebagian bergantung pada infrastruktur PowerShell). Setiap server di peternakan ini bisa langsung berinteraksi dengan database konfigurasi pusat. Server menggunakan ini untuk mengkonfigurasi layanan (misalnya fitur IIS , windows, koneksi database) agar sesuai dengan persyaratan peternakan, dan melaporkan masalah kesehatan server, masalah alokasi sumber daya, dll.

Aplikasi web

Aplikasi Web (WAs) adalah wadah tingkat atas untuk konten di peternakan SharePoint. Aplikasi web dikaitkan terutama dengan konfigurasi IIS . Aplikasi web terdiri dari seperangkat pemetaan akses atau URL yang didefinisikan di konsol pengelolaan SharePoint, yang direplikasi oleh SharePoint di setiap IIS Instance (misalnya Web Application Servers) yang dikonfigurasi di peternakan.

Koleksi situs

Kumpulan situs adalah grup hierarkis 'Situs SharePoint'. Setiap aplikasi web harus memiliki setidaknya satu koleksi situs. Koleksi situs berbagi properti umum ( terperinci di sini ), langganan umum untuk aplikasi layanan, dan dapat dikonfigurasi dengan nama host yang unik. Kumpulan situs mungkin memiliki database konten yang berbeda, atau mungkin berbagi database konten dengan koleksi situs lain dalam aplikasi web yang sama. [25]

Aplikasi layanan 

Aplikasi Layanan menyediakan potongan-potongan granular fungsionalitas SharePoint ke aplikasi web dan layanan lainnya di peternakan. Contoh aplikasi layanan mencakup layanan User Profile Sync, dan layanan Search Indexing. Aplikasi layanan bisa dimatikan, ada di satu server, atau diimbangi seimbang di banyak server di sebuah peternakan. Aplikasi Layanan dirancang untuk memiliki fungsi independen dan cakupan keamanan independen. 

Administrasi, Keamanan, Kepatuhan

Arsitektur SharePoint memungkinkan 'hak akses privilege'.
SharePoint Central Administration (CA) adalah aplikasi web yang biasanya ada di server tunggal di peternakan, namun juga dapat digunakan untuk redundansi ke beberapa server. Aplikasi ini menyediakan antarmuka manajemen terpusat yang lengkap untuk aplikasi web & layanan di peternakan SharePoint, termasuk pengelolaan akun AD untuk aplikasi web & layanan. Jika terjadi kegagalan CA, Windows PowerShell biasanya digunakan di server CA untuk mengkonfigurasi ulang peternakan.
Struktur platform SharePoint memungkinkan beberapa WAs ada di satu peternakan. Di lingkungan hosting bersama ( cloud ), pemilik WA ini mungkin memerlukan konsol manajemen mereka sendiri. The SharePoint 'Tenant Administration' (TA) adalah aplikasi web opsional yang digunakan oleh pemilik aplikasi web untuk mengelola bagaimana aplikasi web mereka berinteraksi dengan sumber daya bersama di pertanian. 

Kepatuhan, standar dan integrasi 

1. SharePoint terintegrasi dengan Microsoft Office .
2. SharePoint menggunakan standar dokumen Microsoft OpenXML untuk integrasi dengan Microsoft Office. Metadata dokumen juga disimpan menggunakan format ini.
3. SharePoint menyediakan berbagai antarmuka pemrograman aplikasi (API: sisi client, server-side, JavaScript) dan REST , SOAP dan OData berbasis interface.
4. SharePoint dapat digunakan untuk mencapai kepatuhan terhadap banyak penyimpanan dokumen, pengelolaan catatan, ID dokumen dan undang-undang penemuan. 
5. SharePoint kompatibel dengan CMIS - Standar Interoperabilitas Manajemen Konten, dengan menggunakan Microsoft's CMIS Connector .
6. SharePoint secara default menghasilkan XHTML 1.0 yang valid yang sesuai dengan standar aksesibilitas WCAG 2.0 .
7. SharePoint dapat menggunakan otentikasi berbasis klaim, bergantung pada token SAML untuk pernyataan keamanan. SharePoint menyediakan model plugin otentikasi terbuka.
8. SharePoint memiliki dukungan untuk XLIFF untuk mendukung pelokalan konten di SharePoint.  Juga menambahkan dukungan untuk AppFabric. 

Produk Microsoft SharePoint lainnya yang terkait


Nama ProdukDeskripsiStatus
Tim MicrosoftPlatform yang menggabungkan obrolan di tempat kerja, rapat, catatan, dan lampiran. Ini dirancang oleh Microsoft sebagai pesaing untuk Slack , dan diumumkan secara resmi pada bulan November 2016.Aktif
Cari ServerPlatform pencarian perusahaan berdasarkan kemampuan pencarian SharePoint. Edisi Freeware Express pernah tersedia.Dihentikan
FAST Search Server 2010 untuk SharePointCari produk yang bisa diimplementasikan di SharePoint Foundation.Dihentikan
Desainer SharePointAlat penyesuaian dan konfigurasi sisi klien gratis untuk SharePoint.Tidak berlaku lagi
Microsoft VisioAlat diagram yang dapat digunakan untuk merancang SharePoint Workflows. Dapat ditambahkan ke langganan Office 365.Aktif
Microsoft OfficeDesktop, Mobile, dan Tablet berbasis Office Productivity Suite. Juga tersedia untuk Mac. Termasuk dalam beberapa rencana Office 365.Aktif
Aplikasi Web OfficeBerbasis Web, online, cross-browser kompatibel versi Excel, Word, PowerPoint dan OneNote. Langsung Integrasikan dengan SharePoint.Aktif
Microsoft Project ServerEkstensi untuk SharePoint menyediakan integrasi dengan Microsoft Project .Aktif
Microsoft Project OnlinePerluasan ke Office 365 yang menyediakan integrasi dengan Microsoft Project .Aktif
Proyek MicrosoftAlat perencanaan proyek berbasis klien yang dapat dihubungkan ke daftar tugas SharePoint untuk pembagian tugas dan gantt-chart. Hadir dengan Project Online.Aktif
Power BIEkstensi untuk Office 365 atau SharePoint menyediakan kemampuan Business Intelligence yang canggih.Aktif
Microsoft Exchange ServerServer surat yang terintegrasi dengan Microsoft SharePoint. Termasuk dalam 365.Aktif
Skype untuk BisnisKlien dan server yang menyediakan integrasi telepon VOIP, IM, konferensi, dan video / screen sharing. Terintegrasi dengan SharePoint untuk kehadiran.Termasuk dalam 365.Aktif
HebohJaringan sosial perusahaan cloud-only yang terhubung dan terintegrasi erat dengan SharePoint dan disertakan di Office 365.Aktif
Microsoft Dynamics CRMSistem CRM dengan integrasi SharePoint & Office 365 Groups. Opsi penyebaran lokal atau 365 penyewa.Aktif
Formulir InfoPath LayananMemungkinkan formulir InfoPath untuk di-host di situs web SharePoint dan dilayani melalui browser web.Tidak berlaku lagi
Layanan ExcelTeknologi server disertakan dalam SharePoint 2010 dan SharePoint 2007 yang memungkinkan pengguna memuat, menghitung, dan menampilkan buku kerja Excel 2010 di SharePoint Server 2010.Aktif
SharePoint WorkspaceKomponen sinkronisasi situs sisi klien sisi klien disertakan dalam Microsoft Office 2010 (edisi Plus Profesional dan yang lebih tinggi).Dihentikan
OneDrive untuk BisnisKomponen sinkronisasi file sisi klien disertakan dalam Microsoft Office 2013-16 dan tersedia untuk download gratis.Aktif
OneDrive untuk MacKomponen sinkronisasi file sisi klien tersedia untuk download gratis.Aktif

Sejarah

Origins 

SharePoint berevolusi dari proyek dengan kode nama "Office Server" dan "Tahoe" selama siklus pengembangan Office XP.
"Office Server" berevolusi dari FrontPage dan Office Server Extensions dan "Team Pages". Ini ditargetkan sederhana, kolaborasi bottom-up.
"Tahoe", dibangun di atas teknologi bersama dengan Exchange dan "Digital Dashboard", ditargetkan portal top-down, manajemen pencarian dan dokumen. Kemampuan pencarian dan pengindeksan SharePoint berasal dari kumpulan fitur "Tahoe". Fitur pencarian dan pengindeksan adalah gabungan antara fitur indeks dan merangkak dari keluarga produk Microsoft Site Server dan dari bahasa query Microsoft Index Server. 

Versi

Versi berturut-turut (dalam urutan kronologis):
1. SharePoint Portal Server 2001
2. SharePoint Team Services (2002)
3. SharePoint Services 2.0 (lisensi gratis) - SharePoint Portal Server 2003 (rilis komersial)
4. SharePoint Services 3.0 (lisensi gratis) - ditambah Office SharePoint Server 2007 (ekstensi komersial) 
5. SharePoint Foundation 2010 (gratis) - plus SharePoint Server 2010 (ekstensi komersial untuk Foundation), dan SharePoint Enterprise 2010 (ekstensi komersial untuk Server)
6. SharePoint Foundation 2013 (gratis) - plus SharePoint Server 2013 (ekstensi di atas Foundation), dan SharePoint Enterprise 2013.
7. SharePoint Online (Rencana 1), dan SharePoint Online (Rencana 2)
8. SharePoint Server 2016 - ditambah SharePoint Enterprise 2016.

Perubahan penting dalam SharePoint 2010

Perubahan fungsi pengguna akhir yang ditambahkan di SharePoint versi 2010 meliputi:
1. UI Baru dengan Pita Fluent , menggunakan halaman wiki daripada 'halaman web-bagian' dan menawarkan dukungan multi-browser.
2. Profil sosial baru, dan fitur jejaring sosial awal
3. Administrasi pusat dibangun kembali
4. Restrukturisasi "Penyedia Layanan Bersama" - Pengenalan model SOA "Layanan Aplikasi".
5. Sandboxed Solutions dan API objek-model sisi klien untuk aplikasi JavaScript, Silverlight, dan .NET
6. Layanan Konektivitas Bisnis , Otentikasi berbasis klaim , dan dukungan Windows PowerShell



Perubahan penting dalam SharePoint 2013 

1. Dukungan drag & drop Cross-browser untuk upload file / perubahan, dan tombol Follow / Share
2. OneDrive for Business (awalnya SkyDrive Pro) menggantikan MySites dan Workspaces.
3. Pembaruan fitur jejaring sosial & alat agregasi tugas baru.
4. Database caching , disebut Layanan Cache Terdistribusi 
5. Peralihan konten sadar , yang disebut Manajemen
6. Audit center (layanan yang disebut eDiscovery)
7. Kemampuan pencarian yang dibangun kembali dan ditingkatkan
8. Penghapusan beberapa kemampuan analisis
9. UI: JSLink, MDS, paket tema. Tidak ada WYSIWYG di SP Designer.

Perubahan yang mencolok di SharePoint 2016 

1. Perbaikan Hybrid
1A. Tampilan Situs Tunggal
1B. Unified Search
1C. Cari Informasi Sensitif dalam Pencarian Hybrid
1D. UI terpadu (O365)
2. Peningkatan Kinerja, Peningkatan & Penyebaran
2A. Kemampuan Penskalaan Penelusuran
2B. Peningkatan Koleksi Situs
2C. Deterministic View Threshold - Menghapus 5000 Limit
2D. Tautan Tahan Lama dan Dukungan File Besar
3. Perbaikan Penerapan
3A. MinRole
3B. Zero Downtime Patching

Software dan Pesaing Terkait


Manajemen Konten Perusahaan Cloud Pribadi untuk Bisnis Jaringan Sosial Intranet & Perusahaan Manajemen Konten Web
Hak milik
Kompetisi
  • EMC Documentum
  • OpenText
  • Onbase
  • IBM FileNet
  • Perangkat Lunak Newgen
  • Dropbox
  • Kotak
  • google Drive
  • Tonido
  • Resilio Sync
  • Heboh
  • Kendur
  • Salesforce Chatter
  • Logat
  • Perangkat Lunak TIBCO
  • IBM Connections
  • Perangkat Lunak IGLOO
  • Jostle Corporation
  • modx
  • Umbraco
Open-Source
Kompetisi
  • Alfresco (perangkat lunak)
  • Nuxeo
  • Platform eXo
  • Typo3
  • Nextcloud
  • OnlyOffice
  • OwnCloud
  • Seafile
  • Syncthing
  • Diaspora (jaringan sosial)
  • Platform eXo
Semua kompetisi besar bersifat open source.
  • WordPress
  • Drupal
  • Joomla
  • DotNetNuke
Untuk lebih lihat: Daftar CMS
https://id.wikipedia.org/wiki/SharePoint

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer