Avid pro Tool 11

Avid Pro Tools 11

Perangkat Lunak Digital Audio Workstation [Mac OS / Windows]
Jika Pro Tools 10 adalah rilis DAS dalam sejarah produk, Pro Tools 11 menandai awal era baru untuk platform produksi audio Avid. Ini menyatukan semua yang Avid telah kerjakan selama empat tahun terakhir - mesin audio baru, arsitektur plug-in baru, dan perangkat keras asli dan berbasis DSP terkini - dalam satu aplikasi modern, 64-bit. Namun, kulminasi semua teknologi baru ini mengorbankan kompatibilitas ke belakang. Kecuali Anda pengguna HDX, HD Native, atau sepenuhnya asli, upgrade ke Pro Tools 11 untuk Anda bisa lebih besar dan lebih mahal daripada yang lain.
Pro Tools 11 menghentikan dukungan untuk 'warisan' Pro Tools sistem HD Accel, termasuk antarmuka 'biru' yang diperkenalkan lebih dari satu dekade yang lalu dengan Pro Tools HD asli. Ini jelas akan mengiritasi banyak orang: khususnya, mereka yang dengan senang hati menjalankan perangkat lunak Pro Tools 10 di sistem HD mereka. Namun, dalam pertahanan Avid, perusahaan sangat jelas bahwa ini akan menjadi kasus ketika Pro Tools 10 dirilis; jadi sementara itu akan menjadi pil pahit bagi banyak orang untuk menelan, resep itu ditulis hampir dua tahun yang lalu.
Jika Anda menjalankan kartu HD, Anda harus meningkatkan ke perangkat HDX atau HD Native untuk menggunakan Pro Tools HD 11, meskipun dimungkinkan untuk terus menggunakan antarmuka 'biru'. Avid mengatakan bahwa mereka tidak lagi didukung, tetapi disebutkan dalam 'webinar' di situs web mereka bahwa perusahaan belum secara aktif melakukan sesuatu untuk secara khusus membuat mereka tidak berfungsi. Jadi Anda mungkin beruntung, tetapi mungkin lebih aman untuk mengasumsikan bahwa Anda memerlukan antarmuka baru ketika memperdagangkan perangkat lama Anda untuk sistem baru.
Pro Tools 11 juga menandai akhir Toolkit Produksi Lengkap (CPTK), yang memungkinkan pengguna Pro Tools perangkat lunak hanya untuk mendapatkan akses ke fitur yang ditemukan dalam aplikasi Pro Tools HD. Situasi mengenai toolkits sering rentan terhadap kebingungan, terutama karena sejak rilis Pro Tools 8, seperti yang Anda ketahui, adalah mungkin untuk menjalankan kedua versi perangkat lunak Pro Tools dan aplikasi Pro Tools HD pada komputer tanpa Avid. perangkat keras audio. Namun, karena Anda hanya bisa mendapatkan aplikasi Pro Tools HD dengan membeli sistem HD, Avid menawarkan CPTK sebagai cara untuk mendapatkan fitur yang sama seperti jika Anda menjalankan perangkat lunak Pro Tools HD 10 tanpa perangkat keras HD atau HDX.
Awalnya, saya berasumsi bahwa membolos CPTK dan hanya memiliki Pro Tools dan Pro Tools HD sangat masuk akal, karena Avid mungkin sekarang mengizinkan pengguna untuk membeli lisensi khusus perangkat lunak untuk Pro Tools HD ... Salah. Sementara pengguna Pro Tools 10 dan CPTK mendapatkan kesempatan untuk meng-upgrade perangkat lunak Pro Tools HD 11, tidak akan ada lagi cara bagi pengguna Perangkat Pro yang hanya untuk mendapatkan fungsionalitas HD tanpa membeli perangkat keras HD. Ini berarti bahwa biaya untuk mengakses fitur HD menjadi jauh lebih tinggi dengan Pro Tools 11. Di mana Anda dapat membeli lisensi CPTK seharga £ 1559 (dengan total £ 2098 dengan lisensi Pro Tools asli), sistem HD termurah yang dapat Anda beli adalah kartu HD Native dengan antarmuka HD Omni seharga £ 4500 atau lebih. Dan, mengecewakan, Anda tampaknya tidak dapat membeli sistem HD Native unbundled dari antarmuka audio yang mungkin Anda perlukan atau mungkin tidak jika Anda hanya ingin lisensi.
Namun, langkah yang sedikit lebih positif dalam menyederhanakan lini produk Pro Tools 11 adalah Anda tidak perlu lagi membeli lisensi terpisah untuk menggunakan Satellite Link dan Video Satellite LE. Satellite Link, yang memungkinkan hingga 12 jaringan Pro Tools HD sistem untuk disinkronisasi dan dikendalikan dari satu transportasi, sekarang disertakan dengan Pro Tools HD. Video Satellite LE, versi yang lebih terbatas yang memungkinkan sistem Pro Tools khusus perangkat tunggal untuk disinkronkan untuk pemutaran video dengan rig Pro Tools HD, disertakan dengan Pro Tools. (Kebetulan, meskipun ulasan ini berfokus pada Pro Tools HD 11 yang berjalan pada perangkat keras HDX, demi singkatnya saya akan menggunakan Pro Tools untuk merujuk baik Pro Tools dan Pro Tools HD software kecuali dinyatakan lain.)
Instalasi & Perlindungan
Saya cukup beruntung untuk dimasukkan dalam daftar penguji beta untuk Pro Tools 11, jadi saya harus mencoba versi baru lebih awal dari yang lain, dan hal pertama yang saya perhatikan adalah menginstal Pro Tools di Mac kini lebih mudah dari sebelumnya. sebelum. Tidak ada lagi penginstal: Anda cukup menyeret aplikasi Pro Tools ke folder Aplikasi, meskipun ini tidak berarti Pro Tools siap dijalankan dengan segera. Saat pertama kali meluncurkan aplikasi, masih ada tingkat pembersihan dan penyiapan yang harus dilakukan sebelum Anda dapat benar-benar membuka atau membuat Sesi baru. Pengguna Windows mendapatkan penginstal lama yang sama seperti sebelumnya, tetapi pada kedua platform itu mungkin untuk menginstal Pro Tools 11 bersama instalasi Pro Tools 10 yang sudah ada, yang agak berguna. Dan, pada kenyataannya, Pro Tools 11 menyertakan lisensi untuk Pro Tools 10, sehingga setiap pengguna Pro Tools 11 juga dapat menjalankan Pro Tools 10, jika diinginkan.
Sementara saya sedang dalam tahap pemasangan, Pro Tools 11 juga menggunakan teknologi perlindungan salinan terbaru dari PACE, yang berarti bahwa Anda memerlukan iLok generasi kedua untuk menggunakan otorisasi Pro Tools Anda. Sistem baru ini, bersama dengan aplikasi desktop iLok License Manager baru, cukup membuat sakit kepala ketika Pro Tools 11 pertama kali diluncurkan, tetapi pada saat saya menyelesaikan artikel ini, pada akhir Juli, sebagian besar masalah yang dialami oleh pengguna awal tampak telah diselesaikan.
Satu-satunya titik yang perlu diperhatikan tentang perlindungan salinan baru adalah bahwa, tidak seperti sistem iLok yang asli, jika Anda menghapus iLok 2 ketika Pro Tools sedang berjalan, pada titik tertentu akan memberitahukan Anda tentang ketidakhadirannya, dan Anda akan mendapatkan opsi untuk memasukkan kembali iLok Anda untuk menyimpan Sesi sebelum Pro Tools berhenti, atau Anda mungkin mendapatkan opsi untuk melanjutkan bekerja jika iLok dimasukkan kembali. Menurut pengalaman saya, opsi yang pertama adalah yang paling mungkin.
Sekarang saya 64
Mungkin perubahan yang paling signifikan dalam Pro Tools 11 adalah bahwa aplikasi sekarang, akhirnya, yang 64-bit. Meskipun fitur cache disk Pro Tools 10 dapat memanfaatkan pengalamatan memori 64-bit dengan menjalankan proses terpisah, Pro Tools 11 sepenuhnya 64-bit, dan cache disk sekarang menjadi bagian dari proses Pro Tools itu sendiri. Dukungan 64-bit itu akan sangat menguntungkan siapa pun yang bekerja dengan sesi besar hampir tanpa berkata-kata, tetapi itu memiliki implikasi terbesar untuk bekerja dengan plug-in. Jika Anda menjalankan sejumlah besar instrumen virtual, dan terutama sampler perangkat lunak, memori dalam sistem 32-bit bisa menjadi langka lebih cepat daripada setetes Grand Marnier Cent Cinquantenaire sesaat setelah botol dibuka.
Sisi bawahnya adalah karena Pro Tools 11 adalah aplikasi 64-bit, ia hanya dapat menjalankan plug-in 64-bit; dan, khusus, ia hanya dapat menjalankan plug-in 64-bit AAX. Sementara ini mungkin awalnya datang sebagai kejutan, pindah ke Pro Tools eksklusif AAX adalah salah satu yang diperlukan, karena akan sangat tidak mungkin bagi para insinyur Avid untuk membawa AudioSuite, RTAS dan TDM ke dunia 64-bit. Untungnya, ada beberapa sisi ke atas.
Pertama, sejumlah besar perusahaan telah membuat plug-in AAX 32-bit sejak rilis Pro Tools 10, dan, meskipun Pro Tools 11 tidak dapat menjalankan plug-in 32-bit AAX, membuat versi 64-bit yang sudah ada. Plug-in AAX harus relatif tidak menimbulkan rasa sakit untuk pengembang pihak ketiga. Memang, sudah ada banyak, banyak plug-in 64-bit AAX yang tersedia (lihat kotak). Dan juga perlu diingat bahwa, karena Pro Tools 11 dilengkapi dengan lisensi Pro Tools 10 dan pengguna dapat menjalankan Pro Tools 10 pada mesin yang sama (meskipun tidak pada saat yang sama), Anda setidaknya dapat menjalankan AAX 32-bit yang lebih lama, TDM atau pengaya RTAS jika perlu. Ini bukan alur kerja yang ideal, tetapi Anda dapat menggunakan Pro Tools 10 sebagai lingkungan pemrosesan audio, dan kemudian beralih kembali ke Sesi utama Anda di Pro Tools 11.
Mungkin keuntungan terbesar yang diberikan oleh arsitektur AAX adalah fitur yang telah dimimpikan oleh Pengguna Alat Pro untuk waktu yang sangat lama: offline terpental. Ya, jendela Bounce kini menyertakan kotak centang berlabel Offline, yang ketika diaktifkan, akan memberi tahu Pro Tools untuk memantulkan Sesi Anda secepat mungkin, memanfaatkan sebanyak mungkin daya CPU yang Anda miliki - bahkan pada sistem HDX tempat plug AAX DSP -ins sedang digunakan. Cara ini telah diimplementasikan melibatkan beberapa keahlian teknis, dan itu dimungkinkan karena plug-in AAX dapat berisi implementasi asli dan DSP yang kedengarannya identik, karena keduanya menggunakan algoritma floating-point 32-bit. Jadi, ketika Anda melakukan offline bouncing, Pro Tools pada dasarnya menukar plug-in AAX DSP apa pun untuk versi AAX Native, dan kemudian mengubah semuanya kembali setelah Anda selesai. Cukup rapi.
Apa artinya ini adalah Anda hanya dapat melakukan offline bounce jika versi AAX Native plug-in yang Anda gunakan tersedia, meskipun ini seharusnya tidak menjadi masalah besar karena, saat ini, jauh lebih umum untuk melihat AAX Plug-in asli tidak mendukung AAX DSP daripada sebaliknya. Ini juga perlu dicatat bahwa ada beberapa situasi di mana offline terpental mungkin bahkan lebih lambat daripada memantul real-time pada sistem HDX - jika Anda memiliki Sesi besar yang menggunakan sejumlah besar plug-in asli dan berbasis DSP, mencoba menghitung semua itu di sisi asli akan menciptakan sesuatu dari kemacetan. Namun, dalam sebagian besar kasus di dunia nyata, Anda akan menemukan bahwa offline terpental secara signifikan lebih cepat daripada ekspor waktu nyata, terutama jika Anda memiliki sebagian besar Sesi di cache disk. Faktor 10 kali lebih cepat daripada waktu nyata tidak jarang dalam berbagai sesi yang saya coba.
Ada juga ceri pada kue memantul untuk pengguna Pro Tools HD, karena Avid telah menambahkan kemampuan untuk beberapa sumber (hingga 16) untuk dipantulkan secara bersamaan. Ini jelas sangat berguna bagi mereka yang mencetak / merekam batang dari Pro Tools, di mana mereka mungkin ingin memantulkan campuran referensi serta berbagai subkelompok, seperti string, kuningan, perkusi, dan sebagainya. Untuk menambahkan sumber pentalan tambahan, cukup klik tombol plus di samping sumber pentalan pertama dan kemudian siapkan sumber dari bus dan output yang tersedia.
Tuan-tuan, Mulai Mesin Anda!
Pro Tools 11 mengimplementasikan dua mesin under-the-bonnet baru untuk menangani video dan audio. The Avid Video Engine yang baru rupanya diambil dari program pengeditan video unggulan Avid, Media Composer X. Ini sangat berguna bagi mereka yang terlibat dalam pascaproduksi, tetapi ini adalah Mesin Audio Avid baru yang akan memiliki sebagian besar pengguna Pro Tools. Mesin audio baru memiliki dukungan yang jauh lebih baik untuk menangani prosesor dengan beberapa inti, dan ada beberapa petunjuk visual di antarmuka pengguna bahwa sesuatu yang lebih cerdas sedang terjadi. Pertama, daripada CPU meter terpisah untuk memproses tugas-tugas seperti Clip Gain dan Elastis Audio, sekarang ada satu Total meter di jendela System Usage, disertai dengan meter kinerja individu yang mewakili kinerja setiap thread audio. Jadi, pada Mac Pro dual-quad-core saya dengan Hyperthreading, saya sekarang melihat 16 meter. Kedua, di jendela Playback Engine, hilang pengaturan untuk jumlah Prosesor Host yang akan digunakan dan kemampuan untuk mengatur Batas Penggunaan CPU. Ini semua adalah pertanda baik.
Untuk mendapatkan gambaran kasar tentang berapa banyak peningkatan kinerja yang dapat Anda harapkan di PT 11 versus PT 10, saya melakukan tes jumlah-of-reverb yang agak klinis. Sementara ini, diakui, tidak mewakili situasi kata-nyata, itu setidaknya menunjukkan jumlah kekuatan mentah yang dapat diharapkan.
Dimulai dengan Pro Tools 10, saya mulai menumpuk plug-in asli ReVibe II pada satu track audio yang memutar nada tes. Meskipun sistem tampak senang dengan tujuh, menambahkan kedelapan membawa mesin audio ke lututnya, mencapai batas dari apa yang mungkin dengan satu inti. Jadi saya mulai menggandakan trek dengan tujuh sisipan, kemudian harus menimbang kembali ke enam ReVibe II per lagu, dan berakhir dengan delapan trek masing-masing memainkan enam reverb - 48 instance secara total. Menambahkan track audio lain bahkan dengan satu insert tambahan memunculkan teman lama kita, kesalahan -9171: "pemrosesan audio tidak dapat diselesaikan".
Tes ini dilakukan dengan ukuran buffer 256 sampel, delapan prosesor host, dan batas penggunaan CPU 85 persen. Saya kemudian mencoba mengaktifkan 16 prosesor host dengan batas CPU 90 persen dan mampu mendapatkan track tambahan dengan lima plug-in ReVibe II lagi, tetapi tampaknya sangat banyak bahwa saya melewati batas dari apa yang mungkin. Jadi total akhir untuk Pro Tools 10 adalah 53 instance ReVibe II, dengan CPU Total melaporkan sekitar 80 persen penggunaan.
Pindah ke Pro Tools 11, dengan buffer 256-sampel, perbaikan itu segera terlihat. Itu mungkin untuk memiliki semua 10 slot insert pada trek yang ditempati dengan plug-in ReVibe II, dan kemudian duplikat ini 11 kali untuk memiliki 12 track, masing-masing dengan 10 insert, dengan total 120 instance. Ini sangat terasa seperti saya berada di ujung dari apa yang mungkin, dan CPU Total benar hingga 100 persen, tetapi ini jelas merupakan peningkatan yang mengejutkan atas versi sebelumnya.
Jika semua yang dilakukan Avid adalah meningkatkan kinerja seperti yang dijelaskan, itu akan menjadi pencapaian yang luar biasa - tetapi mereka telah menjadi lebih baik. Mesin audio baru Pro Tools 11 juga memiliki fitur yang disebut Dynamic Plug-in Processing, di mana plug-in asli dinonaktifkan untuk sementara jika Pro Tools mendeteksi bahwa mereka sebenarnya tidak memproses sinyal apa pun. Ini berarti bahwa ketika Pro Tools dihentikan dan tidak ada audio yang aktif, penggunaan CPU turun secara efektif; di versi Pro Tools sebelumnya, plug-in akan tetap aktif sepanjang waktu, pada dasarnya memproses keheningan, bahkan ketika mereka tidak diharuskan melakukan apa pun.
Dynamic Plug-in Processing tidak akan begitu berguna jika Anda memiliki sesi dengan audio non-stop di setiap track, tentu saja, tetapi ini jarang bagaimana Session dibangun. Untuk situasi di mana Anda memiliki seperangkat trek dengan persyaratan pemrosesan yang berat di awal Sesi, dan rangkaian trek yang benar-benar berbeda dan pemrosesan di bagian akhir, plug-in yang digunakan untuk memproses audio di awal tidak akan lagi mengambil siklus jauh dari pemrosesan yang terjadi di bagian akhir. Sama halnya, jika Anda membuat Sesi dengan trek penipu, plug-in akan diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai kebutuhan, memberi Anda lebih banyak sumber pemrosesan daripada yang Anda kira tersedia. Dan seharusnya Dynamic Plug-in Processing membodohi Anda hingga titik di mana Sesi Anda tidak akan diputar lagi, Avid telah memungkinkan untuk menonaktifkan mode ini di jendela Playback Engine.
Terakhir, tetapi tidak sedikit, mesin audio baru memiliki buffer ganda, satu untuk trek pemutaran yang "diatur secara dinamis sesuai dengan apa yang dibutuhkan sesi untuk pemutaran yang andal", dan buffer input terpisah untuk trek yang dipantau atau dipantau input. dapat diatur ke nilai yang jauh lebih rendah, memungkinkan pemantauan sinyal latensi rendah melalui plug-in, dan respons langsung saat memutar synths lunak secara langsung.
Dan, berbicara tentang latensi, pengaturan Delay Compensation Engine telah dihapus dari jendela Playback Engine, dan jika kompensasi penundaan diaktifkan, Anda sekarang mendapatkan apa yang sebelumnya merupakan pengaturan maksimum secara default. Ini masuk akal, karena satu-satunya alasan untuk membuatnya bervariasi adalah karena perbedaan perangkat keras antara kartu HD dan HDX, yang sebelumnya tidak lagi didukung.
Ini Satu Lebih Keras
Selain mesin audio baru, Avid juga telah melakukan beberapa peningkatan pada mixer di layar. Level meter sekarang 30 persen lebih besar dari sebelumnya, membuatnya lebih mudah dilihat dari kejauhan, dan dapat dikonfigurasi untuk menunjukkan berbagai jenis balistik metering dan skala. Empat opsi utama adalah Sample Peak default (yang, menurut manual, "menunjukkan semua aktivitas dinamis dari sinyal digital pada setiap saat dalam waktu"), Pro Tools Classic, Venue Peak, dan Venue RMS. Opsi Venue sangat berguna Selain itu digunakan untuk bekerja dengan konsol suara hidup Avid, atau, lebih mungkin, siapa saja yang merekam ke Pro Tools dari konsol Venue.
Pro Tools HD pengguna mendapatkan 13 opsi metering ekstra, termasuk mode Linear diperpanjang yang skala ke-60dB (sebagai lawan -40dB), RMS, VU, Digital VU, dan tiga K-skala meter (K-12, K-14 dan K-20). Ada juga lima PPM (Peak Program Meter) mode yang mencakup berbagai standar siaran: Digital (yang populer di film AS dan digunakan pada konsol Avid System 5), BBC, DIN (digunakan dalam penyiaran Jerman), Nordic (varian Skandinavia pada DIN ) dan EBU (European Broadcasting Union). Anda dapat memilih berbagai opsi pengukuran dengan mengklik kanan pengukur apa pun, baik pada jendela Mix atau Editor, atau Pengukur Output baru yang tersedia di jendela Edit dan Transport; dan, jika ini tidak cukup, ada halaman Metering baru di jendela Preferensi Pro Tools untuk menyempurnakan bagaimana opsi ini ditampilkan.
Kritik saya yang hanya kecil terhadap pengukuran baru adalah fakta bahwa level meter memang sekarang 30 persen lebih besar dari sebelumnya. Meskipun bagus untuk mereka yang ingin melihat pengukuran lebih jelas, itu juga berarti Anda kehilangan beberapa piksel vertikal. Akan sangat menyenangkan jika Avid dapat memungkinkan untuk mengubah ukuran fader dan meter secara vertikal dengan cara yang sama dengan Anda dengan Cubase dan Nuendo, sehingga Anda dapat memutuskan sendiri antara pengukuran yang lebih jelas dan melihat lebih banyak kontrol.
Peningkatan metering menarik lainnya untuk pengguna Pro Tools HD adalah sekarang dimungkinkan untuk menampilkan pengukur Gain Reduction bersama meter level dasar, yang menunjukkan jumlah pengurangan keuntungan yang diterapkan ke saluran tertentu oleh pemrosesan apa pun yang mungkin digunakan. Pengurangan keuntungan muncul jika Anda memiliki 'Tampilkan Jalur Pengurangan Gain Meter' dicentang di menu pop-up meter atau Preferensi Pengukuran, dan Anda memiliki plug-in dinamika yang dimasukkan pada trek tersebut. Anda juga dapat menentukan apakah meter hanya menunjukkan pengurangan gain Compressor / Limiter atau Expander / Gate, apakah itu memprioritaskan satu jenis pengurangan keuntungan di atas yang lain (tergantung pada jenis plug-in yang digunakan di trek), atau jumlah semua pengurangan keuntungan yang terjadi. Sentuhan bagus tambahan adalah bahwa mini-gain-reduksi meter juga ditampilkan pada slot insert individual, tetapi gangguan kecil adalah bahwa menu pop-up meter hanya dapat dibuka dengan mengklik kanan di meteran level, daripada gain- reduksi meter, yang sedikit kontra-intuitif ketika Anda ingin mengubah pengaturan untuk pengukur pengurangan-keuntungan.
Agar meter pengurang gain berfungsi, plug-in harus dapat melaporkan jumlah pengurangan keuntungan ke Pro Tools. Kabar baiknya adalah bahwa hampir semua dinamika plug-in sudah mampu melakukan hal ini: Avid's D-Control dan D-Command surface memiliki pengukur gain-reduksi LED, sehingga untuk mendukung fitur ini, plug-in harus mengimplementasikan gain- pelaporan pengurangan untuk beberapa waktu.
Selain opsi pengukuran baru, kini juga memungkinkan untuk melihat tampilan pengiriman yang diperluas untuk salah satu atau semua dari 10 pengiriman secara bersamaan, yang seharusnya membuat beberapa pengguna senang. Dan, tetap dengan tema metering yang ditingkatkan, sekarang dapat menunjukkan meteran tingkat miniatur (bila tidak diperluas) sehingga Anda dapat melihat sekilas jika ada sinyal yang sedang dikirim. Meter miniatur ini juga terlihat pada jendela Edit tempat pengiriman ditampilkan.
Pergi ke 11
Pro Tools 11 adalah perubahan mesin utama di bawah kap mesin yang keduanya meningkatkan kinerja dan memungkinkan fitur baru seperti offline terpental. Ada banyak yang berharap Avid akan membawa Pro Tools ke alam semesta 64-bit lebih cepat, tetapi jelas bahwa mereka telah melakukan transisi yang signifikan atas versi 9 dan 10 - dan pengenalan perangkat keras HDX - untuk membuat Pro Tools 11 mungkin . Dan, akhirnya, dengan menggunakan versi 10 sebagai sesuatu dari rilis batu loncatan ke Pro Tools 11, Avid mampu menjaga pengguna yang ada didukung sementara juga memperkenalkan teknologi baru seperti HDX dan AAX.
Beberapa pengguna mungkin merasa kecewa karena aplikasi Pro Tools sendiri kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan mesin (masih belum ada cara untuk mengatur trek ke dalam folder, misalnya), tetapi saya pikir sebagian besar mungkin akan setuju bahwa kompatibilitas 64-bit membayangi sebagian besar keinginan lain- daftar item, terutama karena disertai dengan mesin audio baru yang memberikan peningkatan kinerja yang signifikan dan akhirnya membuat offline terpental mungkin. Sebenarnya ada banyak fitur non-judul yang saya tidak memiliki ruang untuk membahas yang mungkin menjawab teriakan banyak pengguna di seluruh papan.
Misalnya, berbagai jendela browser telah dikonsolidasikan menjadi Browser Ruang Kerja baru, dengan DigiBase yang mendasarinya digantikan oleh mesin database modern yang bertujuan untuk meningkatkan penelusuran, penelusuran, dan relinking. Anda sekarang mendapatkan dua kali lebih banyak level Undo (64) dan menggandakan jumlah trek Instrumen, dengan Pro Tools dan Pro Tools HD sekarang menawarkan 128 dan 256 track Instrumen masing-masing. Terakhir, tetapi tidak sedikit, data otomatisasi sekarang di-cap dengan benar, dan mungkin untuk merekam otomatisasi saat berada dalam mode Rekam.
Dalam hal harga, harga sesuai dengan apa yang Avid telah kenakan di masa lalu. Beberapa pengguna mungkin merasa biaya sangat tinggi untuk apa yang sebagian besar merupakan pembaruan mesin dengan beberapa masalah kompatibilitas jangka pendek, tetapi kekuatan ekstra yang Anda dapatkan dengan Pro Tools 11 akan sangat berharga, dan jika Anda mempertimbangkan untuk membeli Satelit atau Video Lisensi Link LE, yang dihargai $ 749 dan $ 250 masing-masing di situs web Avid, harga upgrade mungkin dianggap sesuatu yang murah.
Mengingat kekuatan mesin audio baru, dan sekarang dimungkinkan untuk melakukan banyak hal pada sistem asli atau HD Native, Anda dapat bertanya-tanya apakah kartu HDX masih diperlukan. Ketika saya meninjau HDX pada bulan April 2012 (lihat review di /sos/apr12/articles/avid-hdx.htm ), saya berkomentar bahwa "ada sesuatu yang bermanfaat tentang sifat deterministik sistem DSP perangkat keras versus pendekatan asli sepenuhnya. Dan bahkan meskipun argumen native-vs-DSP jelas menjadi kurang relevan, Pro Tools masih berdiri sebagai salah satu dari beberapa sistem yang dapat menawarkan pengguna yang terbaik dari kedua dunia, terutama ketika diperlukan untuk menangani I / O dalam jumlah besar. ” cara, komentar tersebut masih mewakili pemikiran saya setahun kemudian dengan Pro Tools 11. Memiliki kekuatan lebih besar pada sistem Pro Tools asli memberi Anda lebih banyak pilihan dalam memilih dan menggunakan Pro Tools, dan saya belum pernah bertemu pengguna HD yang mengeluh tentang memiliki terlalu banyak sumber daya yang tersedia!
Siap Untuk AAX
Mengingat bahwa Pro Tools 11 hanya dapat menggunakan plug-in 64-bit AAX, ketersediaan plug-in dalam format ini jelas agak penting. Untungnya, Avid telah memotret hampir seluruh katalog mereka, termasuk Koleksi Kreatif AIR (yang memiliki pemasangnya sendiri). Pengecualian sebagian besar termasuk plug-in yang telah dikembangkan atau didistribusikan bekerja sama dengan pihak ketiga, seperti Dolby's Surround Tools, Amp Amp Line dan Echo Farm, dan plug-in TC Electronic (termasuk Master X3 yang sangat disukai). TL Space (plug-in yang berada di bawah atap Avid setelah akuisisi Trillian Lane Labs pada tahun 2006) juga tampaknya ditinggalkan di masa lalu RTAS / TDM, dan TL Click adalah plug-in lain yang tidak membuatnya ke AAX. Namun, untuk mengisi celah, Avid malah menyediakan versi upgrade dari plug-in Klik mereka sendiri. Klik II baru menyediakan dua klik terpisah, yang independen baik dalam hal ritme dan suara.
Situasi untuk plug-in pihak ketiga bervariasi dari pengembang ke pengembang, meskipun banyak perusahaan telah siap dengan varian AAX 64-bit dari barang mereka pada waktunya untuk rilis Pro Tools 11. McDSP memiliki kompatibilitas asli dan DSP untuk semua produk v5 mereka, kecuali untuk Revolver dan Saluran G, yang tampaknya masih dalam proses porting. Neyrinck SoundCode LtRt Tools dan V-Mon kompatibel, seperti plug-in AAX Wave Arts dan Source Source 'Connect.
Seperti yang disebutkan dalam teks utama, banyak pengembang sudah memiliki pengiriman plug-in AAX 32-bit, dan proses pembuatannya kompatibel dengan 64-bit seharusnya, dalam banyak kasus, relatif mudah. Sonnox sudah memiliki lima plug-in yang tersedia yang mendukung AAX 32-bit, dan mereka mengatakan bahwa "Pembaruan sedang dalam pengembangan tahap akhir untuk digunakan dengan Pro Tools 11." Namun, beberapa perusahaan telah lebih lambat dalam mengadopsi AAX sama sekali. 'Situs web mengatakan bahwa "Dukungan Pro Tools 11 sedang bekerja," dan, pada 22 Juni, Waves merilis sebuah berita yang mengatakan bahwa perusahaan "masih bekerja sama dengan Avid untuk menyiapkan dukungan AAX Native, dan berharap untuk mencapai penuh kompatibilitas segera ”.
Penetapan harga
Alat Pro 11 £ 550.80; upgrade dari Pro Tools 10 £ 238,80; upgrade dari Pro Tools 9 £ 310.80; crossgrade dari Pro Tools Express £ 394.80.
Pro Tools HD 11 upgrade dari Pro Tools HD 10 atau Pro Tools 10 dengan Toolkit Produksi Lengkap £ 478.80; upgrade dari Pro Tools HD 9 atau Pro Tools 9 dengan Toolkit Produksi Lengkap £ 790.80.
Semua harga sudah termasuk PPN.
Alat Pro 11 $ 699; upgrade dari Pro Tools 10 $ 299; upgrade dari Pro Tools 9 $ 399; upgrade dari Pro Tools LE atau M-Powered $ 399.
Pro Tools HD 11 upgrade dari Pro Tools HD 10 $ 599; upgrade dari Pro Tools HD 9 $ 999.
https://www.soundonsound.com/reviews/avid-pro-tools-11

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer