Cinerella Film Creator Editor

Cinelerra

Cinelerra adalah video editing dan compositing paket perangkat lunak . Ini dirancang untuk sistem operasi Linux. Ini diproduksi oleh Heroine Virtual , dan merupakan perangkat lunak bebas yang didistribusikan di bawah GNU General Public License . Cinelerra juga menyertakan mesin pengomposisian video, yang memungkinkan pengguna melakukan operasi komposit lanjutan seperti kunci dan mattes .
Cinelerra pertama kali dirilis pada tanggal 1 Agustus 2002, dan sebagian didasarkan pada Broadcast 2000, yang ditarik oleh Heroine Virtual pada bulan September 2001. [ sumber yang lebih baik diperlukan ] Cinelerra menjadi aplikasi produksi media 64 bit pertama ketika kembali -ditulis agar sesuai dengan AMD Opteron pada bulan Juni 2003 dan dipresentasikan di SIGGRAPH 2004 di San Diego. Versi ini kemudian dirilis oleh Adam Williams dari Heroine Warrior, pengembang utama Cinelerra.
Cinelerra.svg  
Pengembang Heroine Virtual
Peluncuran pertama 1 Agustus 2002 ; 15 tahun yang lalu
Pelepasan stabil
7.0 / 12 Oktober 2017 ; 4 bulan yang lalu
Ditulis di C ++
Sistem operasi Linux
Mengetik Perangkat lunak pengeditan video
Lisensi Lisensi Publik Umum GNU
Situs web cinelerra .org

Fitur penting

Cinelerra memiliki berbagai fitur termasuk dukungan untuk audio dan video dengan kesetiaan tinggi: memproses audio dengan presisi 64 bit, dan dapat bekerja di ruang warna RGBA dan YUVA , menggunakan representasi bilangan bulat floating-point dan 16 bit. , masing-masing. Ini adalah resolusi dan frame rate - independen, yang berarti dapat mendukung video dengan kecepatan dan ukuran apapun.

Antarmuka Cinelerra

Antarmuka Cinelerra mirip dengan sistem pengeditan Non-linear lainnya , seperti Adobe Premiere Pro , Final Cut Pro , dan Avid Media Composer . Namun, karena itu termasuk mesin pengomposisinya, mungkin juga disamakan dengan compositing software seperti Adobe After Effects , Smoke on Linux atau Shake . Pengguna disajikan dengan empat layar:
1. Garis waktu , yang memberi pengguna tampilan berbasis waktu dari semua trek video dan audio dalam proyek, serta data keyframe untuk misalnya gerakan kamera, efek, atau keburaman;
2. penampil , yang memberi pengguna metode "scrubbing" (secara manual memindahkan playhead ke depan atau ke belakang untuk menemukan isyarat atau kata tertentu) melalui rekaman;
3. jendela sumber daya , yang menyajikan pengguna dengan pandangan semua sumber audio dan video dalam proyek ini, serta efek audio dan video yang tersedia dan transisi; dan
4./ kompositor , yang menyajikan pengguna dengan pandangan dari proyek akhir seperti yang akan terlihat saat diberikan. Kompositor bersifat interaktif karena memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan posisi objek video; Ini juga update sebagai tanggapan atas masukan pengguna.
Cinelerra menggunakan toolkit widget sendiri, tidak sesuai dengan pedoman antarmuka manusia desktop Linux utama seperti GNOME dan KDE .

Penggunaan dan penghargaan Cinelerra 

Cinelerra telah mendapatkan keuntungan di antara beberapa penggemar Linux yang mencari sistem pengeditan video asli. Penggunaan profesional sebagian besar dipromosikan oleh Linux Media Arts , yang menjual paket perangkat keras dan perangkat lunak terpadu untuk produksi video yang mencakup Cinelerra.
Pada National Media of Broadcasters '2004 Electronic Media Show, Cinelerra menerima penghargaan "Making the Cut" dari Bob Turner, yang diberikan pada "produk pasca produksi terbaik dan paling menarik yang terlihat di konvensi". 

Cinelerra.Org

Proyek ini mengikuti kepentingan komersial, yang bertujuan untuk menawarkan dukungan profesional kepada penggunanya. Ini diatur untuk menggabungkan semua proyek Cinelerra yang ada sambil juga menyediakan perbaikan dan penyempurnaan tambahan. Sejak awal tahun 2015, Cinelerra telah memiliki gudang Git terbuka di Google Code untuk analisis dan masukan. Tujuan Cinelerra.Org tetap mengembangkan nilai lebih profesional untuk produk pada tahun 2016.
Salah satu pengembang Cinelerra 5.0 meninggalkan Cinelerra.Org pada tahun 2016, terus mengerjakan program ini dengan bantuan tim Cinelerra-CV. 

Cinelerra-HV

Dengan penampilan Cinelerra.Org pada bulan Februari 2014, tidak jelas apakah Adam Williams terus mengerjakan Cinelerra melalui Heroine Virtual atau jika pembangunan akan berlanjut di Cinelerra.Org. Karena tidak ada komunikasi dengan Williams, ini baru bisa diatasi beberapa bulan kemudian, ketika pada bulan Desember 2015, Cinelerra 4.6.1 dirilis. 
Untuk membedakan antara semua varian perangkat lunak yang berbeda, rilis yang dibuat oleh Heroine Virtual disebut juga Cinelerra-HV. 

Versi komunitas

Heroine Virtual menghasilkan rilis baru Cinelerra semi-tahunan, tersedia hanya sebagai kode sumber. Setiap masalah bug dan kegunaan yang ditemukan dan diselesaikan oleh komunitas yang diajukan ke Heroine Virtual sering tidak menghasilkan tanggapan segera, dan tidak sampai ada rilis baru bahwa ada indikasi bahwa Heroine Virtual telah memasukkan perubahan ini. Karena baik latency dalam pengembangan dan sifat khusus pendistribusian, sekelompok pengembang perangkat lunak bebas dan open source membuat Cinelerra versi mereka sendiri yang disebut Cinelerra-CV (tempat CV singkatan dari versi komunitas ).
Cinelerra-CV memungkinkan masyarakat untuk berkontribusi pada repositori terbuka dimana perubahan pada kode dapat diakses oleh semua orang. Mailing list dan kanal IRC ada dimana pengguna dan pengembang yang berpengalaman lebih banyak dapat memberikan dukungan kepada pengguna yang kurang berpengalaman, dan pengembang dapat mengadakan diskusi teknis. Cinelerra-CV juga dikemas untuk rentang distribusi yang lebih luas. Ini juga memiliki sistem kompilasi yang berbeda: perpustakaan sistem digunakan secara ekstensif, dan alat autoconf / automake digunakan untuk mengkonfigurasi sistem kompilasi.
Meskipun Cinelerra-CV secara teknis disebut garpu , hubungan antara Heroine Virtual dan Cinelerra-CV agak ramah. Heroine Virtual terkadang berkontribusi pada diskusi di milis, dan menggabungkan banyak perubahan yang dilakukan dalam repositori. Heroine Virtual memposting pesan berikut di situs mereka yang menjelaskan hubungan tersebut:
" Apa yang akan Anda temukan di sini adalah versi heroinewarrior Cinelerra. Ini adalah versi yang mendukung apa yang perlu kita lakukan di Heroine Virtual Ltd. dan merupakan pohon yang sama yang dimulai pada tahun 1997. Seiring berjalannya waktu dan siswa baru datang dan pergi dari dunia GNU / Linux, garpu baru Cinelerra muncul yang lebih cocok untuk masyarakat tapi tidak apa yang dibutuhkan oleh Heroine Virtual Ltd. Hari ini Anda mungkin akan menemukan garpu cinelerra-cv.org lebih bermanfaat.
Mereka mengizinkan bagian-bagian tertentu dari garpu kami masuk ke garpu mereka sambil menyumbangkan apapun yang mereka inginkan sementara kita membiarkan bagian garpu tertentu masuk ke garpu sambil menyumbang apapun yang kita inginkan ".      "
Sampai Cinelerra 2.1 versi Cinelerra-CV mengikuti Heroine Virtual. Setelah Heroine Virtual mengeluarkan sebuah rilis, Cinelerra-CV memeriksa perubahan yang diperkenalkan oleh versi baru dan menggabungkannya ke dalam versi mereka. CV ditambahkan ke nomor versi akhir untuk menunjukkan versi komunitas. (Misalnya, setelah penggabungan 2.1 versi CV diberi label 2.1CV .) Dimulai dengan rilis 2.2, Cinelerra-CV menggunakan skema versinya sendiri, namun masih menggabungkan kode dari Cinelerra-HV. 
Lumiera menulis ulang 
Pada awal April 2008, komunitas Cinelerra mengumumkan penulisan ulang lengkap versi komunitas saat ini, yang diberi nama Lumiera. Itu lahir sebagai penulisan ulang basis kode Cinelerra yang disebut Cinelerra3 namun segera dipisahkan menjadi proyek independen dengan namanya sendiri. Lumiera telah berada di tahap pra-alpha sejak 2008, namun masih dalam tahap pengembangan aktif, meski tidak ada yang signifikan yang pernah dirilis. Ada biner Debian membangun preview pengembangan yang tersedia. 
Lumiera tidak menggunakan Guicast, perpustakaan widget GUI yang digunakan oleh Cinelerra. Antarmuka asli Lumiera akan ditulis di GTK + , walaupun antarmuka lainnya akan memungkinkan. Pada dasarnya GUI adalah plug-in.

Sejarah 

VersiTanggal rilisPerubahan
7.012 Oktober 2017Dioptimalkan pemutaran video format besar. H.265 decoding Tangkapan layar yang dioptimalkan Pencampuran kamera berbentuk bola. Eyedropper bisa menunjukkan nilai maksimal. Interpolasi gambar CR2 selalu white balance.
6.016 November 2016Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Memperbarui penguraian h264 Tidak ada lagi picons di jendela aset Pelacak gerak mendapat pengoptimalan besar Efek resampling mendapat antarmuka baru Titler dapat memuat file subjudul." 
4.6.19 November 2015Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Memperbarui perpustakaan kompresor x264 Memperbaiki decoding mp3 Penskalaan video sekarang adalah tetangga atau bicubic terdekat, tapi tidak pernah linier. Pengeditan proxy dimulai sebelum menemukan PC modern dapat dengan mudah memecahkan kode 4k." 
2.3CV10 Agustus 2015Dari bagian NEWS website Cinelerra-CV:
"Dukungan UTF-8 penuh; Mesin overlay dan resampel baru yang lengkap; Grafik baru: Tentang panel, beberapa ikon; Plugin baru: GreyCStoration, C41, Bluebanana, color3way, findobject, lens; Beberapa terjemahan telah diperbarui (bahasa Jerman, Italia, Prancis, Norwegia, Portugis); Banyak perbaikan bug kecil; Perubahan dalam membangun sistem " 
5.04 Juli 2015Cinelerra.org merilis versi sentris studio Cinelerra dengan judul 5.0. Cinelerra sekarang terintegrasi sepenuhnya dengan FFMPEG dan mendukung standar bioskop 4K dan 2K yang tidak terkompresi dari produsen kamera seperti AJA, Blackmagic Design, dan Red.
4.68 September 2014Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Split pane editing OpenGL didukung pada Intel HD, perbaikan Titler, Perbaikan Bug." 
4.531 Oktober 2013Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Kecepatan kurva terutama untuk video & kualitas terdegradasi untuk audio Beberapa kontrol atas apakah otomasi mengikuti pengeditan Kemampuan untuk mentransfer bingkai kunci antara trek audio dan video Tempion tempaan disimpan dalam file / tmp / m dan / tmp / r Waktu Ringkas membersihkan akumulator pada keyframes. " 
4.49 Juli 2012Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
Startup dan responsif lebih cepat, osiloskop audio, tema terang baru, dan juga koreksi warna 3 way. " 
2.2CV13 November 2011Dari bagian NEWS website Cinelerra-CV:
"Ini mencakup Bezier Patch dari Hermann Vosseler (otomatisasi bezier untuk memangkas, kamera dan proyektor Cinelerra-CV), pengaturan default yang lebih baik, rentang audio yang diperluas, dukungan untuk label multiline dan komentar klip, autodeteksi OpenGL dalam mengkonfigurasi, mendeteksi v4l2." 
4.36 Agustus 2011"Teks untuk film". Memungkinkan seseorang untuk mengubah naskah menjadi film instan dengan pembaruan dan pencarian langsung. 
4.215 Oktober 2010Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Terutama fitur perbaikan bug & rilis kebutuhan pribadi` Edit-> Align edits`, yang menyelaraskan semua suntingan audio dengan video. Fitur rentang isi Keyframe, di mana menyoroti area dengan generasi keyframe menyebabkan efek tweeks untuk menjangkau semua keyframes. aset sekarang dibuka di subproses sehingga mereka tidak menurunkan keseluruhan program saat mereka mogok. Tidak dapat drag and drop edit clips lagi, fitur dihapus di sini dan versi yang akan datang. " 
4.124 September 2009Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Fitur utama adalah nested sequences. Jendela Viewer tidak menampilkan klip video, Bug tetap pada versi berikutnya dengan mengorbankan fitur lain yang dihapus." 
4.08 Agustus 2008Karena semua versi 2.0 dan seterusnya 10bit (berguna untuk prof. Cinepaint) dan 16bit RGB (A), YUV (A) telah dihapus dan diganti dengan RGB YUV Float.
2.17 September 2006Bergabunglah dengan versi SVN komunitas. (Penggunaan pertama git dan penggabungan multi-orang)
2.12 Juli 2006?
2.029 September 2005Bergabunglah dengan versi SVN komunitas.
2.012 September 2005Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Encoding audio H.264 dan MPEG-4. Impor video MPEG secara langsung." 
1.2.218 Januari 2005Bergabung dengan versi komunitas CVS.
1.2.210 Januari 2005?
1.2.116 Agustus 2004Bergabung dengan versi komunitas CVS. Perangkat tambahan khusus ditambahkan ke versi ini Misalnya H264 Kod. Cineon yang digunakan di NAB di bawah Fedora 1,2 dan BSD 5, ini bisa menangani film 4k 4096x4096 jika memungkinkan kartu grafis. Frame rate cepat melebihi 210 frame per detik pada 720x480 29,97, sekaligus menghadirkan video HD langsung di timeline dari kamera video. driver video4linux chip Zoran
1.2.18 Agustus 2004Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Quicktime 2.0.4 diperbarui Masukkan dunia floating point imaging dalam rilis ini, bukan hanya colorpace yang lebih akurat, ini cara berpikir yang sama sekali baru tentang warna. Akhirnya, Cinelerra secara resmi lebih stabil dalam mode 64 bit dari 32 bit. mode." 
1.2.011 Mei 2004Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Cinelerra memiliki sejumlah besar perubahan kecil. Quicktime akhirnya men-decode Sorenson dan header yang dikompres." 
1.1.917 Februari 2004Bergabunglah dengan versi CVS komunitas.
1.1.911 Februari 2004Dari bagian NEWS website Heroine Virtual:
"Ini adalah tengara karena mungkin pertama kali lebih banyak kode diajukan dari masyarakat daripada di internal." 
1.1.75 Oktober 2003Bergabunglah dengan versi CVS komunitas.
1.1.711 Agustus 2003?
1.1.612 Mei 2003?
1.1.529 April 2003Kode "bercabang" menjadi komunitas CVS versi.
1.1.01 Agustus 2002Peluncuran pertama.
1.0.015 Juni 2000Pendiri proyek Cinelerra. Setelah banyak diskusi antara Adam Williams dan Michael Collins mengenai arah Non-Linear Editing di Linux, Williams mempresentasikan nama dan konsep Cinelerra kepada Business Partner Michael Collins di Sunnyvale, California.
https://id.wikipedia.org/wiki/Cinelerra



Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer