Kesultanan Ihamahu Maluku

SEJARAH KERAJAAN IHA

Kerajaan iha adalah kerajaan yang terletak di sebelah utara pulau saparua, merupakan daerah yang membujur panjang terdiri dari daratan dengan hutan yang subur seppanjang pesisir pantai. kerajaan ini sejak dahulu kala dikenal sebagai kerajaan pandai besi,artinya kerajaan ini mempunyai keahlian khusus dalam membuat benda-benda tajam seperti :kapak,tombak,golok,pisau dan alat senjata lainnya yag dibuat dari besi.juga terkenal sebagai kerajaan yang rakyatnya hampir sebagian besar pandai membuat emas(pandai emas).karena kemahirannya dalam membuat benda-benda tajam sehingga dalam perang melawan VOC,mereka sendiri yang membuat alat-alat perang seperti, tombak,panah,perisai,parang dll.
Sebelum datangnya Portugis dan Belanda petuanan kerajaan Iha meliputi daerah yang luas diantara negeri kulur sampai dengan perbatasan negri Ullath .kerajaan Iha memiliki tujuh buah negri yang letaknya saling berjauahn antara antara satu dengan yang lainnya tetapi mempunyai satu pusat kerajaan yang terletak persis di tengah-tengah jazirah utara pulau saparua (jazirah hatawano) tepat pada sebuah bukit karang diatas puncak gunung AMAIHA-ULUPALU. 
Kurang lebih 90 tahun sebelum masuknya agama katolik di pulau Saparua yang dibawa oleh padri Mascarenhas penduduk kerajaan Iha telah memeluk agama islam dalam tahun 1480.Agama ini disiarkan oleh seorang mubaligh Aceh yang bernama Tengku umar. setalah raja iha masuk islam,dibangunnya sebuah mesjid megah yang arsitekturnya sama dengan masjid baiturahman di aceh sebagai penghormatan bagi Tengku umar karena jasa-jasanya.Menurut namulalita ,kegiatan penginjilan yang dipelopori oleh padri mascarenhas baru dimulai di kepualauan leasepada tahun 1570,itu artinya 90 tahun setelah pendduduk iha memeluk agama islam.

PETA KUNO PULAU SAPARUA


Dalam buku tembaga Kerajaan Iha dikatakan bahwa masyarakat Iha berasal dari Nunusaku(pulau seram) , kemudian berpindah ke pulau saparua. pemindahan orang-orang iha ke pulau saparua ini smpai sekarang masih masih merupakan sumber cerita rakyat turun temurun .menurut Rumphius, raja iha keluar dari sebatang pohon kelapa raja yang berbuah kelapa emas yang sangat lebat terdapat di Ai latu(kupalatu) suatu tempat yang terdapat di dataran rendah dibawah lereng gunung Amaiha.itulah sebabnya lambang kelapa emas merupakan lambang Kerjaan ama iha dan sampai sekarang masih disimpan di rumah raja Iha, di Seram barat.
Raja iha pertama bernama Latu Sapacua yang artinya raja yang sangat dijunjung tinggi. latu mempunyai 8 orag putra. Putra pertama bernama latusali dan dia inilah yang memerintah sebagai raja pengganti ayahnya. Putra kedua bertama latuwaji dan putra ketiga bernama latupikaulan.Turun temurun latusali sekarang masih ada dan memerintah negri iha diseram bagian barat dengan memakai marga Latukaisupy.keturunaan Latuwaji sekarang memerintah negri ihamahu di pulau saparua. sedangkan keturunan putra ketiga Latupikaulan menikah dengan keluarga Amahoru dan sekarang memerinta negri Iha di saparua(sebagai keturunan raja yang memerintah atas putri raja latu pikaulan.namun semenjak tragedi 1999 negri iha diasparua telah berpindah dan membangun negrinya di pulau seram (Maluku tengah) yang letaknya bertetangga dengan negri sepa.

PETA PULAU SAPARUA

Putra raja yang keempat sampai dengan ke delapan mempunyai keturunan-keturunan yang walaupun tidak memerintahtetapi mereka masuk dalam keturunan raja iha dan selalu bergabung dalam suatu soa yang disebut soa raja,dan mereka ini mash ada sampai sekarang serta berdiam di negri iha (pulau seram)di negri ihamahu(pulau saparua) maupun negri iha di pulau saparua yang sudah berpindah ke seram (maluku tengah) semenjak tragedi 1999. mereka ini merupakan satu persekutuan adat dan saling membantu dalam setiap acara adat.karena pada awalnya mereka merupakan saudara namun harus berpisah karena hancurnya kerajaan Iha akibat ulah Portugis dan belanda.
Sebelum datangnya Portugis kerajaan Iha memiliki 7 buah negri yaitu:
1.kulur sekarang tetap kulur
2.Pia sekarang tetap pia(ditempati orang dari sirisori amalatu)
3.Iha sekarang bernama itawaka(ditempati otang dari ullath)
4.Palasula sekarang benama noloth(ditempati orang dari Seram)
5.Mahu sekarang tetap bernama mahu(ditempati orang dari paperu)
6.Matalete sekarag bernama Tuhaha(ditempati otang dari ullath)
7.Malige hukum sekarang bernama Iha(ditempati orang Iha asli yang tetap islam)
.hatala sekarang bernama Ihamahu (orang iha asli yang telah dibaptis)
sumber : Dra.Ha.Maryam R.L Lestaluhu  (Sejarah Perlawanan Masyarakat Islam terhadap Imprialisme di daerah Maluku)
http://rahman-launuru.blogspot.co.id/sejarah-kerajaan-iha.html
Hasil gambar untuk bendera kesultanan iha   Hasil gambar untuk lambang kesultanan iha    
Bendera Ksl. Ihamahu dan Lambang Kuno Ksl. Ihamahu 

Kerajaan Iha

Hasil gambar untuk lambang kesultanan iha
Kerajaan Iha adalah sebuah kerajaan Islam yang terletak di Pulau SaparuaMaluku. Di Pulau Saparua sampai pada masa penjajahan Belanda ada dua kerajaan yang terkenal yaitu Iha dan Honimoa (Siri Sori Islam). Kedua kerajaan Islam yang cukup berpengaruh ini sempat dikenal sebagai sapanolua artinya dua sampan atau dua perahu. Yang dimaksudkan ialah pulau Saparua mempunyai dua jasirah yang besar yang diatasnya berkuasa dua orang raja dengan tanahnya yang sangat luas itu yaitu disebelah utara Raja Iha dengan kerajaannya dan di sebelah tenggara Raja Honimoa (Siri Sori dengan Kerajaannya). Kerajaan Iha terlibat dalam sebuah perlawanan melawan kolonial Belanda yang disebut Perang Iha (1632-1651)] yang mengakibatkan kerajaan ini kehilangan sebagian daerah dan rakyatnya sehingga kemudian mengalami kemunduran.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Iha

Negeri Ihamahu Noraito Amapatti adalah Negeri di Pulau Saparua, kecamatan Saparua, Kab. Maluku Tengah, prov. Maluku.
Ihamahu merupakan negeri kembar dan saudara gandong dengan negeri Iha. Ihamahu mempunyai teung yaitu Noraito Amapatti. Ihamahu memiliki hubungan pela dengan negeri Amahai di selatan pulau Seram.


Wilayah Ksl. Ihamahu 
Sejarah / History Negeri Ihamahu Baru sesudah 1653
Ihamahu baru adalah negeri Ihamahu yang penduduknya adalah sebagian kecil dari rakyat kerajaan yang karena cinta akan tanah tumpah darahnya, terpaksa tetap tinggal menyembunyikan diri di hutan sekitarnya dan tidak mau lari tinggalkan tanah asalnya.
Mereka ini kemudian turun dari gunungdan memeluk agama kristen protestan di tahun 1680, dan mendirikan negeri ihamahu baru di bawah perintah: YEREMIAS DJUMAAT PATIIHA, sebagai pati yang pertama.Ihamahu baru punya soa-soa yang di sebut UKUSIWA, yang berkedudukan di pesisir pantai kota hitu, yang saat ini di katakan negeri RARACHIT.(negeri yang kedudukannya memang sepanjang pesisir pantai).

SEJARAH IHAMAHU

Istana Kesultanan Ihamahu 

1.IHAMAHU SEBELUM TAHUN1653.

Untuk berbicara tentang sejarah ihamahu ini,kita harus tahu dahulu di manakah letaknya dan bagaimana geografinya.
Ihamahu terletak di pulau saparua.
Saparua dalam istilah bahasa daerah : SOPANOLUA.,yang berarti:sampan dua.
hal ini di sebabkan bentuk pulau ini sama benar dengan dua buah sampan yang terletak berdampingan.
sebuah sampan terletak di bagian selatan dan sebuah sampan lagi terletak di bagian utara..sampan pada bagian utara pulau saparua ini,adalah jazirah yang sejak dahulu dengan nama : HATAWANO.
Hatawano adalah daerah hutan lebat yang letaknya rata rata atau mendatar.hatawano adalah suatu nama menurut bahasa setempat yang berarti :DAERAH KERAJAAN IHA.
Kerajaan iha pada waktu itu luas sekali sehingga pulau saparua di katakan :NUSA IHA.
Dari data2 dan fakta sejarah yang ada,maka jazirah hatawano terdiri dari 7 buah negeri atau soa,yang di sebut AMAHITU,yang merupakan satu kesatuan di bawah pemerintahan seorang raja yang bertakhta di atas gunung ULUPALU atau AMAIHAL.
Tujuh buah negeri atau soa itu adalah :
1.IHA (IWA)
2.HATALA (HATALA SOUPAKE)
3.MAHU (AMAHULUN / MAHULUN)
4.MATALETE
5.HATULESI
6.MALIGE
7.HUKOM
Soa malige dan hukom,merupakan negeri2 yang kecil sekali dan tidak berpengaruh,sehinggadua soa kecil ini dilebur pada soa yang pertama yaitu soa iha.
Dengan demikian hanya terkenal lima soa atau negeri.itulah sebabnya di sebut ULILIMAS atau ULILIMA.pada masa sekarang di sebut :NEGERI LIMA atau HATAWANO.
Iha merupakan hulu negeri atau negeri utama soa yang paling besar di antara negeri2 (soa-soa) yang lain,di bawah pemerintahan seorang raja yang mengkoordinir seluruh pemerintahan negeri2 itu.
1.SOA HATALA ,di bawah pemerintahan , PATI.
2.SOA MAHU ,di bawah pemerintahan , ILAHULUN
3.SOA MATALETE ,di bawah pemerintahan , PELEUTULA
4.SOA HATULESI ,di bawah pemerintahan , ORANG KAYA
5.SOA MALIGE ,di bawah pemerintahan ,RAJA IHA
Karena raja iha dalam status pemerintahannya sebagai raja yang memerintah seluruh soa-soa yang ada maka yang meliputi tujuh negeri itu di sebut : KERAJAAN IHA .
Dalam tulisan beberapa sarjana belanda mereka tidak menyebut kerajaan iha,tetapi kerajaan IHAMAHU.
Hal ini dapat kita pahami ,karena selain politik devide et impera mereka,maka kerajaan iha merupakan suatu benteng yang kuat dalam menentang belanda sehingga bagi belanda,rakyat iha di anggap orang2 yang keras kepala yang suka melawan dan tidak dengar2an terhadap belanda.
dengan datangnya portugis dalam tahun 1512,maka mereka di taklukan dengan cara yang lihai oleh GUBERNUR GONSALOS PARERA.
Ia memaksakan mereka harus tunduk dan taat pada portugis serta wajib memeluk agama kristen roma katholik
Tidak beberapa lama sesudahnya masuk juga agama islam di HITU (pulau ambon).Dari sana ia berkembang sampai ke iha dan mempunyai pengaruh yg sangat besar.
Kerajaan iha yang tadinya tidak senang terhadap portugis bangkit bersama-sama hitu melawan portugis yang di bawah pimpinan GUBERNUR ANDREA FORTADO,portugis kalah.
pada waktu belanda datang di bawah pimpinan GUBERNUR GENERAL YAN PIETERSZOON COEN,di usahakan mengalahkan kerajaan iha.tetapi iha melawan dan tidak mau takluk pada belanda.perlawanan ini mengakibatkan :PERANG KAKIALI.(perang 1)..dalam perang ini jatuh bnyk korban pada pihak belanda...
Hal ini terjadi karena :
1.benteng iha teguh
2.lingkungan dan kedududkan strategis
3.penyerangan dan perlawanan rakyat
4.kemampuan bertahannya rakyat
PERANG 2 :PERANG MADJIRAS 13 APRIL1632-1652
Rakyat iha berperang mati2an mempertahankan hak2 azasi dan kehormatan martabat kerajaan dan bangsanya.
Akhirnya iha di lemahkan dengan cara yang keji yang melanggarperaturan agama islam.olehnya semangat tempur rakyat iha di lemahkan dan kerajaan iha runtuh pada tahun 1652.
Konon kabarnya belanda menembak benteng iha dengan daging dan taring2 babi.pusat kerajaan iha di musnahkan sama sekali dan penduduk nya lari tercerai berai.tanah dan hak milik mereka,disita oleh orang2 belanda,dan di bagikan kepada kaki tangan belanda,negeri2yang membantu belanda.terkenal SASOPONE dari TUHAHA.

2.IHA
MAHU BARU SESUDAH1653.
 

Ihamahu baru adalah negeri ihamahuyang penduduknya adalah sebagian kecil dari rakyat kerajaan yang karena cinta akan tanah tumpah darahnya,terpaksa tetap tinggal menyembunyikan diri di hutan sekitarnya dan tidak mau lari tinggalkan tanah asalnya.Mereka ini kemudian turun dari gunungdan memeluk agama kristen protestan di tahun 1680,dan mendirikan negeri ihamahu baru di bawah perintah :YEREMIAS DJUMAAT PATIIHA ,sebagai pati yang pertama.
Ihamahu baru punya soa-soa yang di sebut UKUSIWA,yang berkedudukan di pesisir pantai kota hitu,yang saat ini di katakan negeri RARACHIT.(negeri yang kedudukannya memang sepanjang pesisir pantai)
Soa-soa yang ada pada ihamahu baru itu adalah :
1.SOA IHA
2.SOA MAHU
3.SOA MATALETE
4.SOA SOULIMA
5.SOA HATULESI
6.SOA HATALA
7.SOA PIA
8.SOA KULUR
9.SOA SIRISORI
Masing-masing soa di perintahkan oleh seorang kepala soa yang berada di bawah PATI IHAMAHU.Negeri ini memakai nama NORAITO AMAPATI,,yang artinya : BAPAK DARI RAKYAT IHAMAHU ADALAH PATI.
ULIMAS atau ULILIMA berarti : LIMA ULI
AMAHITU berarti : NEGERI TUJUH
UKASIWA atau UKUSIWA menggambarkan sembilan SOA atau SIWA
MAATITA berarti : PENDUDUK ASLI adalah orang-orang yang berasal dari NUSA INA atau PULAU SERAM.
http://juliansoplanit.blogspot.co.id/sejarah-ihamahu.html



Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer