Kesultanan Ondoafi Papua

Ondoafi merupakan satu dari lima kerajaan konfederasi di kawasan Danau SentaniKab. JayapuraProv. Papua.
Wilayah Ondoafi terdiri dari beberapa desa di sekitar Danau Sentani. Secara umum, desa dapat dikelompokkan dalam lima wilayah, yaitu Asei, Ayapo, Yoka, Waena dan Asei sedikit.
Tata pemerintahan Ondoafi
1) Wilayah
Wilayah Ondoafi terdiri dari beberapa desa di sekitar Danau Sentani. Secara umum, desa dapat dikelompokkan dalam lima wilayah, yaitu Asei, Ayapo, Yoka, Waena dan Asei sedikit.
2) Struktur Pemerintahan
1) Pemerintah Konfederasi:
Hu Ondoafi: kepala pemerintahan konfederasi, yang dibantu beberapa staf kerajaan:
A. Abu Afa: jabatan kerajaan yang memberi nasihat pada Hu Ondoafi. Ada dua Abu Afa di Ondoafi east Sentani Timur, yaitu Ayafo Nolofa sebagai wakil Hu Ondoafi dan Meakhban Nolofa sebagai pengatur keuangan konfederasi
B. Abu Akho: jabatan kerajaan yang mengatur urusan rumah tangga dan juga penyampai perintah Hu Ondoafi pada semua anggota konfederasi.
2) Pemerintahan desa
A. Yo Ondoafi: kepala desa yang dalam menjalankan tugas juga dibantu staf khusus seperti Abu Afa dan Abu Akho sebagaimana di level konfederasi, namun ada tambahan untuk level desa, yaitu Abu Khabam dan Abu Akho Khandin.
B. Dewan Eksekutif Desa
Fungsionaris desa yang juga adalah pemimpin klan di desa, yaitu:
B1.Uwfoi: jabatan desa yang bertanggung jawab untuk menjaga desa, khususnya terkait hal supranatural
B2.Pulo Phalayum: jabatan desa yang bertanggung jawab atas urusan pertahanan dan memimpin peperangan.
B3.Fiyo: village jabatan yang bertugas mengatur urusan nelayan di sekitar desa.
B4.Buyo Kayo: jabatan desa yang bertanggung jawab mengatur pemanfaatan hutan.
B5.Aniyo Erayo: jabatan desa untuk mengatur peternakan.
B6.Yayo: jabatan desa untuk mengatur urusan kesehatan.
B7.Burayo: jabatan desa untuk urusan kelahiran bayi.
B8.Dali ondofolo: jabatan desa untuk mengatur hukum adat.
B9.Wai ondofolo: jabatan desa untuk mengatur hubungan dengan kerajaan di luar.
B10.Yonow: majelis untuk mendiskusikan berbagai hal penting terkait desa. Majelis ini membentuk Yo Ondoafi dan masing-masing kepala klan di desa juga membentuk hal yang sama di pemerintahan desa.

3) Pemerintahan klan
Khoselo: kepala klan (imea). Khoselo dibantu Akhona fafa sebagai bendahara klan dan Abu Akho sebagai penanggung jawab urusan keagamaan.
Struktur Organisasi Kesultanan Ondoafi 
Tata pemerintahan
Tata pemerintahan Ondoafi

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer