Kesultanan Wertuar Papua

KerajaanWertuar(marga Heremba)
       Raja Wetuar ke X yakni Musa Haremba, bahwa Raja pertama Wertuar adalah Vijao. Penduduk meyakini bahwa asal muasal Raja Vijao ini dari cahaya, sedang Raja kedua bernama Ukir. Selanjutnya Raja ketiga bernama Winey yang beristrikan Boko Kopao dari Namatoria. Dari susunan Raja-raja Wertuar, yang dilantik Sultan Tidore adalah Raja ketujuh yakni Lakate pada tahun 1886. Namun pendapat lain mengatakan bahwa yang dilantik adalah Raja Wertuar keenam, yakni Sanempe. Hubungan Lakate dengan Sanempe adalah hubungan saudara dan bukan hubungan bapak anak, yang berarti mereka hidup dalam satu zaman. • Terlepas dari siapa yang dilantik dari kedua raja tersebut, kedua sumber tadi menjelaskan bahwa Raja Wertuar tersebut dilantik oleh Sultan Tidore yang bernama Muhammamd taher Alting pada tahun 1886 di Karek, Sekar Lama. Turut hadir dalam peristiwa pelantikan adalah Raja Rumbati, Abdul Jalil, dan Raja Misool Abdul Majid.
Kerajaan Wertuar adalah kerajaan marga Heremba. Terletak di semenanjung Onin, di Kokas, Teluk Berau, Kab. Fakfakprov. Papua Barat.
Sejarah kerajaan Wertuar

Salah satu pulau kerajaan Papua adalah kerajaan Wertuarterletak di sebelah barat kota Kokassalah satu dari 3 kota-kota utama di wilayahsemenanjung Onindi mana semua 8 kerajaan Papua terletakDaerah inidiperintah oleh dinasti yang berasal di daerah, campuran lokal / luar asalatau awalnya berasal dari Maluku.
Daftar raja Wertuar
…. – 1850:                Heremba
1850 – 1870:             Semempes
1870 – 1886:             Waraburi (not recognized as Raja)
1886 – 1913:             Lakatey Heremba (Raja from 1911)
1913 – 1952:             Paris Heremba
1952 – 1988:             Nazar Heremba (d. 1988)
1988 – …:                  Musa Heremba (b. 1955)

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer