Kesultanan Rumbati Papua

Kerajaan Rumbati(marga Bauw)
       Salah satu raja mantan raja dari kerajaan Rumbati adalah Patipi. Beliau sudah memerintah sejak lama. Beliau dikenal karena keinginannya memperkenalkan dan membawa Islam kepada orang-orang disekitarnya. Keberadaan dinasti raja ini adalah dinasti kedua yang mana pernah memerintah di Patipi
Kerjaan Rumbati adalah kerajaan marga Bauw. Terletak di semenanjung Onin yang membentuk wilayah Kabupaten Fakfakprov. Papua Barat.
Tentang Raja 
Raja baru RumbatiRaja Abubakar Saleh Bauw, adalah putra almarhumRaja Haji Ismail Samali Bauw (meninggal 29-11-2009) dari RumbatiRajabaru Rumbati diproklamasikan setelah 40 hari berkabung umum2009/08/01.
Sejarah / History kerajaan Rumbati

Salah satu raja mantan raja dari kerajaan Rumbati adalah Patipi. Beliau sudah memerintah sejak lama. Beliau dikenal karena keinginannya memperkenalkan dan membawa Islam kepada orang-orang disekitarnya. Keberadaan dinasti raja ini adalah dinasti kedua yang mana pernah memerintah di Patipi.
Raja pertama masih dalam pemerintahan di abad ke-20 bahkan, sempat diperintah olehnya selama dua kali periode raja pada waktu itu, ketika dinasti kedua memerintah. Raja yang memerintah kini adalah sebatas wilayah Raja Bupati, yaitu Raja Patipi ketika Raja Bupati, Ahmad Iba dianggap sebagai penguasa ke-16 kerajaan Patipi.
Ketika saudara kandungnya Raja Usman Iba meninggal, ia menjadi bupati karena anak raja mewariskannya sebagai penerus atau ahli waris (putra raja almarhum) disaat ia masih mempelajari yaitu Raja Muda Atarai Iba. Hal ini tidak diketahui, ketika ahli waris tahta akan dinobatkan sebagai raja baru. Bupati adalah pensiunan pegawai dari departemen perikanan kabupaten Fak Fak.
Daftar raja 1872 
…. – ….           Bauw Berani (Tela Bauw)
…. – ….           Manimomoa Bauw
…. – ….           Gefasami Bauw
…. – ….           Mauda Na-Tiasa Bauw
…. – ….           Ritupun Bauw
…. – ….           Ana-Koda Bauw
…. – ….           Patmaguri Bauw
 …. – c.1851:           Mampati Bauw (d. c.1860)
c.1851 – c.1875:     Nawarisa Bauw
c.1875 – c.1880:    Tajam Bauw (d. c.1880)
c.1880 – ….:           Ismail Bauw I
…. – 1902:              Abduljalil (d. 1902)
1902 – 1903:          Samsli Bauw
1903 – 1913:          Muhammad Sidik Bauw
1913 – 1945:          Abubakar Bauw (b. 1897 – d. 1945)
1946 – 1993:          Ibrahim Bauw (b. 1917 – d. 1993)
1994 – Nov 2009:  Ismail Bauw II
1 Jan 2010 – :        Abdbakar Saleh Bauw

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer