Kesultanan Pattipi Papua

Kerajaan Pattipi
       Masuknya Islam di Papua, khususnya di Teluk Patipi, memiliki keterkaitan dengan masuknya agama Islam di Papua. Masuknya Islam di tanah Papua terdiri dari tujuh versi, yaitu versi orang Papua, Aceh, Arab, Jawa, Banda, Bacan, serta versi Tidore dan Ternate. Masing masing dengan argumentasinya yang berbeda-beda. Menurut orang asli Papua Fakfak, yang masih kuat dengan adat dan legendanya, Islam bukan dibawa dan disebarkan oleh Kerajaan Tidore, Arab, Jawa, atau Sulawesi. Akan tetapi, Islam sudah berada di Pulau Papua sejak pulau ini diciptakan oleh Tuhan.  
Kerajaan Patipi; terletak di semenanjung Onin, di ujung barat Semenanjung Onin, prov. Papua Barat.
Sejarah kerajaan Patipi

Dalam timurdari semenanjung Bomberay di Papua terletak daerahNamatotaatau KowiaiRaja Namaototayang tinggal di ibukota Namatotaadalah sama dengan raja Rumbati raja yang paling penting darisemenanjung.
Salahsatu mantan vasalkerajaan Rumbati adalah PatipiSudah lamapunya penguasa sendiriIni dikenal karena keinginan penguasa merekauntuk membawa islam untuk masyarakat sekitarnyaDinasti raja iniadalah dinasti ke-2yang pernah memerintah PatipiDinasti raja yang pertama masih dalam suasana pemerintahan di abad ke-20 dan bahkan disampaikan 2 raja pada waktu ituketika dinasti ke-2 sudah memerintahRaja sekarang hanya bupati-raja PaitpiBupatiRaja Ahmad Iba dan dianggap sebagai penguasa ke-16 PatipiKetika saudaranya Raja UsmanIba meninggal, ia menjadi bupati, karena putera mahkota (putra rajaalmarhumkemudian masih belajarRaja Muda Atarai IbaTidak diketahuiketika puetra mahkota akan dilantik sebagai raja baruBupatiadalah seorang pejabat pensiunan departemen perikanan kabupaten FakFak.
Daftar raja Patipi
……. – 200?:  Usman Iba (d. 200.)
2003 – …… :  Achmad Iba (b. 1939)

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer