Kesultanan Perak Malaysia

Perak Sultanate (1528–sekarang)
Perak Darul Ridzuan adalah salah satu dari 14 negara bagian Malaysia dan yang terbesar kedua di Semenanjung Malaysia. Nama Perak kemungkinan berasal dari warna perak timah, sumber daya alam Perak dahulu kala. Ibukota Perak terletak di Ipoh sedangkan ibukota kerajaannya berada di Kuala Kangsar.  Kota-kota penting lainnya termasuk Taiping dan Teluk Intan (dahulu bernama Teluk Anson).
http://peutrang.blogspot.co.id/


Sultan Perak

Sultan Perak adalah gelar turun temurun tertua di antara negara-negara Melayu.
Ketika Kesultanan Malaka jatuh ke tangan Portugal pada 1511, Sultan Mahmud Syah I mundur ke Kampar, Sumatra dan meninggal di sana pada tahun 1528. Dia meninggalkan dua pangeran bernama Sultan Alauddin Riayat Shah II dan Sultan Muzaffar Syah. Yang pertama kemudian pergi untuk mendirikan Kesultanan Johor. Sementara itu Muzaffar Syah diundang untuk memerintah Perak dan karenanya, ia menjadi sultan pertama Perak. Sultan Perak saat ini adalah keturunan dari Kesultanan Siak di Sumatera.
Gambar terkait  Hasil gambar untuk bendera kesultanan perak malaysia
Bendera dan Lambang Kesultanan Perak 
https://id.wikipedia.org/wiki/Sultan_Perak

Nazrin Shah dari Perak

Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri SultanDr. Nazrin Muizuddin Shah ibni Al-Marhum Sultan Azlan Muhibbuddin Shah Al-Maghfullah (lahir di Penang, Malaysia, 27 November 1956; umur 60 tahun) adalah Sultan Perak yang naik tahta pada 29 Mei 2014 setelah sang ayah, Sultan Azlan Muhibbudin Shah ibni Almarhum Sultan Yusuff Izzudin Shah Ghafarullahu-lahu wafat.
Memerintah 29 May 2014 – present
Penobatan 6 May 2015
Pendahulu Sultan Azlan Muhibbuddin Shah Al-Maghfur-Lah
Lahir         27 November 1956 (umur 60) George Town, Penang, Penang, Malaya
Pasangan D.Y.M.M Raja Permaisuri Perak Tuanku Zara Salim (m. 2007)
Anak 1. Raja Azlan Muzzaffar Shah 2. Raja Nazira Safya
Nama lengkap D.Y.M.M Paduka Seri Tuanku Sultan Dr. Nazrin Muizzuddin Shah Ibni Almarhum D.Y.M.M Paduka Seri Tuanku Sultan Azlan Muhibbuddin Shah Al-Maghfur-Lah
Ayah Sultan Azlan Muhibbuddin Shah
Ibu Tuanku Bainun
Agama Sunni Islam
https://id.wikipedia.org/wiki/Nazrin_Shah_dari_Perak

Jika ingin lebih lengkap lagi Sejarah Kesultanan Perak silahkan klik di sini 



Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer