lakon tentang Punakawan Semar Mbangun Gedong Kencana

Semar Mbangun Gedong Kencana 
Petruk datang ke kerajaan Amarta ingin meminjam Jamus Kalimasada sebagai sarana Semar harus membangun Karangkadempel. di pihak lain Kresna dan Baladewa (Perubahan wujud dari Dewaningrat dan Dewakahana) juga datang di Kerajaan Amarta untuk meminjam Jamus Kalimasada sebagai sarana membangun Dwarawati. petruk dapat disingkirkan oleh Prabu Baladewa dan Prabu Kresna palsu, sehingga lari ke hutan. 
Di Tengah hutan Petruk bertemu dengan Gandarwa Maya dan dirias menjadi Duryudana, Gareng menjadi Durna, dan Bagong menjadi Sengkuni menuju Astina. Sementara Dewaningrat telah berhasil membawa Kalimasada diserahkan kepada Duryudana palsu, dan akhirnya berubah jadi Petruk. 
Peperangan terjadi saling memperebutkan kalimasada akhirnya Petruk berhasil membawa Jamus Kalimasada ke Karangkadempel untuk sarana Semar membangun Gedong Kencana. 
Sumber Buku Ensiklopedia Wayang Indonesia Jilid 5 

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer