Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.
Contoh sistem operasi modern adalah Unix, Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows, IBM OS/2, FREE BSD, SOLARIS, Chrome OS.

Pendahuluan

Biasanya, istilah sistem operasi sering ditujukan kepada semua perangkat lunak yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi perangkat lunak terinstal. Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.
Secara umum, sistem operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu sistem operasi.
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka sistem operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem operasi menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, di mana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
Sebagian Sistem operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan sistem operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS, contohnya adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya.

Layanan

Seiring dengan berkembangnya sistem operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan jaringan dan koneksi internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.
Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan sistem operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.
Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara program tersebut dengan program yang lain.

Sistem operasi saat ini

Sistem operasi utama yang digunakan komputer umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Sistem Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Dirilis pada Juli 2015)).
sistem operasi windows
2. Sistem Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.)MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
sistem operasi unix
3. Sistem Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.12 (Sierra).
sistem operasi mac os
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Prosesor

Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada saat tertentu tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memori dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.
Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga mengubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).

Status prosesor

Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
1. Ready, yaitu status di mana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
2. Running, yaitu status di mana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
3. Blocked, yaitu status di mana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas

Fungsi

1. Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
2. Sistem operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
3. Sistem operasi yang disusun/diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
sistem operasi google chrome
Sistem Operasi Google Crome 
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
1.Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
2.Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
3.Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
4.Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
5.Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
Sekarang kita akan menilik sejarah dan perkembangan Sistem Operasi.
Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang dapat dibagi ke dalam 4 generasi.

1.Generasi Awal
Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang secara otomatis artinya belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.

2.Generasi Kedua
Di generasi ini sudah diperkenalkannya perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan Batch Proccessing System.

3.Generasi Ketiga
Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System (Multi-Task).

4.Generasi Keempat
Di masa ini, sudah diperkenankannya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/porgram atau piranti lunak.

5.Generasi Selanjutnya
Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah Sistem Operasi berbasikan Website yang berkerja di dalam sebuah Sistem Operasi. Dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Di generasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang bertugas menjadi Server. Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows.
Dewasa ini, hampir seluruh manusia memiliki PC dan Mobile PC. Dikarenakan faktor harga yang selalu berubah dan kebutuhan manusia akan perangkat otomatis seperti : PC, maka manusia menjadikan PC sebagai kebutuhan utama. Seiring dengan perkembangan teknologi PC pun dibuat ringkas agar dapat dijadikan sebagai piranti otomatisasi yang bergerak (Bisa digunakan kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja). Contoh PC bergerak adalah : Laptop, Notebook dan NetBook, ketiga piranti tersebut juga memiliki Sistem Operasi layaknya PC. Dan sekarang saatnya kita bahas Sistem Operasi yang ada di PC.
http://rnunugraha.blogspot.co.id/macam-macam-sistem-operasi-komputer-dan.html

Fungsi Sistem Operasi 
Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat dikatakan sistem operasi memiliki peran yang sangat penting dan vital dalam komputer. Peran dan fungsi sistem operasi adalah sebagai berikut... 
Membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman digunakan 
Memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien 
Disusun atau diprogram untuk sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dengan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.
Tidak hanya itu, fungsi sistem operasi komputer dibagi dalam tiga bagian yaitu sebagai mediator, sebagai wadah, dan sebagai penerjemah.
Fungsi sistem operasi sebagai mediator, adalah sistem operasi komputer menjadi penengah atau penghubung perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak komputer (sofware). 
Fungsi sistem operasi sebagai wadah adalah sistem operasi komputer tempat menginstal suatu aplikasi, dan sebaliknya. 
Fungsi sistem operasi komputer sebagai penerjemah adalah sistem operasi komputer melakukan proses penerjemahan bahasa program untuk ditampilkan ke layar monitar yang berupa kombinasi grafis dan teks. 
Fungsi Umum Sistem Operasi 
1. Resource manager adalah pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memori, cpu, disk drive dan perangkat lainnya.
2. Interface/tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang leibh mudah dipahami dan bersahabat (user friendly).
3. Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan proses secara berurutan.
4. Guardian, ialah menyediakan akses kontrol dengan tugas melindungi file dan mengawasi data dan program
5. Gate Keeper, berfungsi mengendalikan hak akses pengguna dalam mengendalikan yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
6. Optimizer adalah sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunannya.
7. Accountant yang mana berfungsi mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal
8. Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer
Macam-Macam Sistem Operasi dan Contohnya 
a. DOS adalah singkatan dari Disk Operating System, ada beberapa versi dari sistem dos yaitu MS- Dos yang dibuat oleh Microsoft, PC DOS buatan dari IBM dan DR- DOS buatan Digital Research.
sistem operasi dos
b. OS/2 adalah sistem operasi yang dibuat oleh IBM, yang awal mulanya hanya ditujukan untuk pemakaian komputer sendi namun kini telah disebarkan.
c. Sunsoft adalah sistem operasi yang dibaut oleh Sun Microsystem Inc. Sistem yang merupakan versi interaktif UNIX
d. Sistem 6.x/7.x
Sistem Operasi yang dijalankan untuk Macintosh metode dengan menggunakan mode GUI atau Graphical User Interface
e. Windows NT
Sistem yang dikembangkan oleh windows.
f. NextSTEF
NextSTEF adalah sistem operasi yang ditujukan kepada komputer neTX karena kecanggihannya
g. UNIX merupakan sistem operasi yang kini banyak digunakan komputer mini atau mainframe.
h. Sistem Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang umumnya disebut dengan Mac atau Macintosh.
i. Microsoft Windows yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012)).
http://www.artikelsiana.com/

Sistem Operasi Stand Alone
Sesuai namanya, sistem operasi ini merupakan jenis sistem operasi yang dapat berdiri sendiri, dan bisa digunakan baik single user maupun multi user. Sistem operasi Stand Alone ini memiliki fitur – fitur tertentu tiap jenisnya, dan merupakan jenis dari kategori sistem operasi yang digunakan pada komputer – komputer yang biasa kita gunakan hingga saat ini.

Sistem Operasi Jaringan
Sesuai dengan namanya, sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang dapat menggerakkan dan jga mengoperasikan komputer yang dibuat untuk kebutuhan sebuah jaringan. Itu berarti setiap komputer yang memilki sistem operasi jaringan, mampu mengoperasikan komputer sebagai sebuah server jaringan, ataupun sebagai sebuah workstation di dalam jaringan komputer.

Sistem Operasi Embedded
Sistem Operasi Embedded adalah versi dari beberapa jenis sistem operasi compute, terutama komputer desktop, yang diaplikasikan pada sebuah komputer yang lebih kecil lagi ukurannya. Sistem Operasi Embedded sangat erat kaitannya dengan sistem operasi komputer pada sebuah smartphone, baik merupakan pengembangan dari sistem operasi komputer sendiri, ataupun memang sengaja dibuat khusus hanya untuk sartphone saja.

Sistem Operasi Live Cd
Live CD merupakan jenis sistem operasi berikutnya, yang memungkinkan setiap user di dapat mengoperasikan komputernya dengan menggunakan sebuah CD, ataupun perangkan penyipanan kompak lainnya, seperti disket ataupun flash drive. Sistem Operasi Live CD biasanya memiliki kapasitas resources yang ringan, dan juga sangat mudah untuk digunakan, namun biasanya, sistem operasi live CD memiliki fitur – fitur yang terbatas, dan tidak selengkap fitur dari sistem operasi biasa.

Sistem Operasi Stand Alone

Sistem Operasi Amiga
Sistem operasi Amiga atau Amiga OS merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat dan juga dikembangkan untuk kebutuhan komputer Amiga. Amiga meruakan komputer pribadi atau PC yang dikembangkan oleh Commodore International, dengan sistem operasi pertama yang diperkenalkan adalah Amiga 1000. Sistem operasi ini berjalan pada seri Motorola 68 K, dengan menggunakan processor 1 dan juga 32 bit. Amiga OS saat ini hak patennya dipegang oleh Amiga Inc, yang dibantu oleh Hyperion Entertainment dalam pengembangan Amiga OS 4.
Amiga memang merupakan sistem operasi yang kurang populer di kalangan masyarakat umum.
sistem operasi amiga
Garuda OS
Merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan di Negara kita sendiri, yaitu Indonesia. Garuda OS merupakan sistem operasi komputer berbasis Linux, yan g dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam memperoleh sistem operasi yang sifatnya freeware, namun tetap original dan juga memiliiki standar nasional Indonesia, atau SNI. Garuda OS secara spesifik berbasis PC Linux OS Fullmonty Edition, yang memilki banyak kelebihan. Namun sayang, sistem operasi Garuda OS ini juga masih kurang populer di kalangan user di Indonesia, karena penggalangan untuk menggunakan opensource dan juga freeware masih kurang optimal, sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya.
sistem operasi garuda os
Sistem Operasi Be OS
Be OS merupakan sistem operasi untuk sebuah PC atau personal computer yang dikembangkan oleh B Inc. Be OS pada awalnya dibuat untuk berjalan dan befungsi pada perangkat keras keluaran Be, yaitu Be Box, yang mulai dikembangkan pada tahun 1991. Be Box mengandalkan multiptocessing Simetric, dan menggunakan bandwith modulae, serta memilik kemampuan untuk melakukan preemptive multitasking.
sistem operasi be os
Sun Solaris OS
Sun Solaris merupakan siste operasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystem, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Sun Solaris OS ini merupakan sistem operasi berbasis UNIX, yang dikembangkan pada tahun 1992 untuk mendukung sistem operasi sebelumnya, yaitu sistem operasi Sun. Sun Solaris ini terkenal akan kestabilannya, dan juga memiliki pilihan kpemilikan, yaitu lisensi pribadi, ataupun sistem operasi yang sifatnya terbuka atau open source. Untuk sistem operasi yang opensource, bernama open solaris.
sistem operasi sun solaris
Sistem Operasi Blank On
Merupakan sistem operasi berbasis Linux lainnya yang dikembangkan oleh para pecinta Linux di tanah air. Blank On ini dikembangkan oleh YPLI, dan merupakan sistem operasi berabsis Linuc yang sengaja dikembangkan untuk mendukung kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer pada umumnya, terutama dalam bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan. Namun demikian, tetap saja, sistem operasi ini masih kalah pamor dibandingkan dengan siste operasi populer, seperti Windows dan juga Mac OS.
sistem operasi blankon

Contoh Kategori Sistem Operasi jaringan

Novell NetWare
Sistem operasi jaringan yang pertama adalah sistem operasai Novell NetWare. Sesuai dengan namanya, sistem operasi ini memang khusus dibuat dan juga dkembangkan untuk kepentingan Net atau jaringan. Novell NetWare ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh IBM, sebagai salah satu perusahaan teknolog yang sangat besar. Novell Netware ini bekerja dengan menggunakan protokl jaringan dari Xerox XNS. Novell Netware mulai dikembangkan pada era 1983, dimana pada saat ini sisitem jaringna komputer sudah mulai berkembang dan banyak digunakan.

Windows Server
Salah satu sistem operasi yang populer di kalangan user di dunia, yait Microsoft Windows juga mendukung kebutuhan usernya di bidang jaringan komputer. Hal ini dibuktikan dari penggunaan Microsoft Windows Server yang banyak dan juga cukup populer untuk digunakan sebagai salah satu sistem operasi yang menjalankan sebuah koputer server.

Unix, Linux, Sun Solaris, Mac OS Server 

Contoh Sistem Operasi Embedded

Windows Mobile / Windows Phone
Merupakan versi Embedded dari Sistem operasi Windows, yaitu windows mobile, atau yang juga sering kta kenal dengan nama Windows Phone / WP. Windows Phone diikembangkan dengan nama Windows Pocket PC pada tahun 2000 untuk memenuhi kebutuhan para user yang sifatnya mobile, dan sering menggunakan smartphone. Saat ini, sistem operasi Windows Mobile sudah banyak terdapat pada beberapa smartphone yang populer di kalangan masyarakat dunia.
sistem operasi windows phone
Palm OS
Palm merupakan salah satu sistem operasi pada smartphone atau PDA Phone yang hanya booming sebentar saja. Saat ini Palm sudah sangat tidak populer, karena sudah kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya.
Palm dikembangkan oleh Palm, Inc. sebuah perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat, yang mengembangkan smartphone Palm Treo 680.

Embedded Linux
Merupakan sistem operasi versi embedded dari sistem operasi Linux. Sistem opereasi Embedded Linux ini memang kurang populer dan juga penjelasan serta fitur – fitur utama dari sistem operas ini pun masih kurang begitu lengkap.
sistem operasi linux
Sistem Operasi Symbian
Symbian merupakan sistem operasi dari sebuah smartphone, yang pertama kali diperkenalkan pada perangkat mobile milik Nokia. Symbian merupakan sistem operasi yang memungkinkan setiap usernya memiliki sebuah smartphone yang pintar, namun tetap dengan spesifikasi yang standar, dan tidak terlalu besar.

Android OS
Merupakan sistem operasi yang sangat populer saat ini. Android OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh google, dengan modifikasi dan juga pengenmbagan dari sistem operasi LINUX. Saat ini, android sudah menjadi salah satu sistem operasi standar yang banyak digunakan pada berbagai macam smartphone di seluruh dunia.
sistem operasi android
 iOS
Merupakan sistem oeprasi Embedded milik Apple. Sistem operasi ini emrupakan sebuah sistem operasi yang dikhususkan secara ekslusif bagi seluruh smartphone yang dikeliarkan oleh Apple Inc, seperti iPhone, iPod, dan juga iPad. Sistem operasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat Apple, dan juga masih merupakan pengembangan dari sistem operasi Mac OS.

Kategori Sistem Operasi Live CD

Microsoft Windows Mini PE
Merupakan versi Live CD dari sistem operasi Microsoft Windows, yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Saat ini memang sistem operasi Live CD sudah tidak populer, mengingat komputer dengan spesifikasi yang rendah sekalipun sudah mamp untuk menjalakan sistem operasi milik Microsoft Windows.

Ubuntu
Merupakan sistem operasi Live CD yang merupakan pengembangan dari sistem operasi Linux. UBUNTU merupakan sistem operasi yang brbasis Debian Linux, dan meruapakan salah satu sistem operasi Linux yang mungkin banyak dikenal oleh banyak user.

Knoppix
Knoppix juga merupakan salah satu sistem operasi Live CD yang dikembangkan dari modifikasi opensource milik Linux, tepatnya adalah distro Debian – Linux.

Tambahan 
Palm
Palm merupakan salah satu sistem operasi pada smartphone atau PDA Phone yang hanya booming sebentar saja. Saat ini Palm sudah sangat tidak populer, karena sudah kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya. Palm dikembangkan oleh Palm, Inc. sebuah perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat, yang mengembangkan smartphone Palm Treo 680.
Blackberry OS
Merupakan salah satu jenis sistem operasi yang sama seperti sistem operasi Apple, yaitu hanya identic dengan satu jenis smartphone saja. Sistem operasi ini pada awalnya dikembangkan untuk kepentingan bisnis, dengan produk unggulannya adalah Blackberry Messenger. Sistem operasi ini memungkinkan penggunaan smartphone dengan berbagai macam aplikasi dan juga utilitas yang mengarah kepada kepentingan bisnis.
http://dosenit.com/
sistem operasi ios os
Sistem Operasi MACINTOSH MACINTOSH adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computerkhusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel (tidak harmonis untuk digunakan) dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Macintosh : cukup tinggi securitynya, cocok untuk user yang usagenya desain grafis atau user yang mementingkan eye-candy. 
https://kjgeer.wordpress.com

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer