Lakon Bambang Jaganala, dan Lakon Saroja Kusuma Krama

Al kisah Pangeran Saroja Kusuma dari Astina ingin mengawini Dewi Titisari putri dari Dwarawati dengan perantaran Baladewa. namun di sisi lain Dewi Titisari di kedaton sedang merawan Bambang Jaganala yang sedang sakit. 
Dewi Setyaboma dan Raden Samba atas perintah Prabu Kresna mengusir Bambang Jaganala dari kedaton. setelah sampai di hutan, Jaganala memutuskan kembali ke Dwarawati dan tinggal di Wukiretawu. 
Sementara Prabu Baladewa datang dengan membawa Raden Saroja Kusuma putra Duryudana, tetapi mengetahui bahwa Bmbang Jaganala berada di sekitar istana maka diserang. Akhirnya Bambang Jaganala berubah menjadi Irawan dan atas bantuan Bima dapat mengusir para kurawa. 

Al Kisah Raden Saroja Kusuma ingin menikahi putri dari Turilaya, Bernama Dewi Bogawati putri Prabu Bogawati.Prekawinan ini dapat terlaksana dengan bantuan Arjuna.
Dewi Bogawati minta syarat, untuk perkawinan itu sang Lesmana harus membawa senjata pusaka Jungkat Penatas yang dimiliki Resi Wara Bisma. karena permintaan ini, Dewi Banowati pergi ke Pertapaan Talkanda untuk meminta kepada Resi Wara Bisma akan tetapi di pertapaan juga ada Arjuna lalu oleh sang Bisma, busur Jungkat Penatas dibawa Arjuna dan di ikuti Dewi Banowati sampai ke Turilaya dan menyerahkannya kepada Pangeran Saroja Kusuma.Dengan Begitu maka Lesmana berhasil mempersunting Dewi Bogawati. 
Namun, perkawinan itu membuat Aswatama kecewa, karena sebenarnya ia juga mengharapkan akan dapat mempersunting Dewi Bogawati. Peristiwa itu membuatnya lebih dendam pada Dewi Banowati yang dianggap sebagai biang keladi Kegagalanya. 

Sumber Buku Ensiklopedi Wayang Indonesia Jilid 5 

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer