Lakon Begawan Kilat buwana

Kilat Buwana

Prabu Duryudana kedaatangan tamu seorang brahmana yang bernama Kilatbuwana/ Pendeta itu mempunyai keinginan untuk menggagalkan perang Baratayuda antara Pandawa dan Krawa dengan jalan mempersatukan kedua belah pihak.
Sang Brahmana sanggup menyatukan, tetapi ada syarat yang harus dilakukan. Kilatbuwana menghendaki sesaji yang disertai tumbal orang bogasampir yaitu Kyai Semar. Duryudana menyetujui keinginan Kilatbuwana. Selanjutnya, Brahmangkara dan Indrasekti, putera Kilatbuwana diperintahkan untuk mencari dan membunuh Semar.
Sedangkan, Prabu Kresna yang hadir di Astina, menolak keinginan Kilatbuwana, sehingga terjadi perdebatan dan perkelahian.
Prabu Yudhistira yang menerima ajakan Kilatbuawana,, hatinya mangu-mangu. Maka, ia memerintahkan Abimanyu pergi ke Pertapaan Sapta Arga guna meminta nasihat Begawan Abiyasa. Sedangkan Arjuna diperintahkan Kilatbuwana untuk membunuh Semar .
Arjuna kemudian pergi ke Klampisireng. Setibanya disana, ternyata Semar sudah tahu maksud kedatangan Arjuna dan merelakan jiwanya demi majikannya. Arjuna segera membunuh Semar dengan cara dibakar dan abunya dibawa ke Astina.
Di pertapaan Tawangrukmi, ada seorang pendeta yang bernama Begawan Jatiwasesa atau Begawan Tunggulmanik sedang dihadap kedua anaknya, yakni Suryaseti dan Suryamangkara, menerima kedatangan Abimanyu yang ingin mengabdi.
Begawan Jatiwasesa kemudian memerintahkan anaknya, Suryamangkara, untuk menyampaikan surat penantang ke negeri Astina.
Pada waktu itu, Pandawa telah berada di Astina, begitu pula dengan Arjuna yang telah tiba dengan membawa abu jenazah Semar. Datanglah Suryamangkara yang menyampaikan surat tantangan. Kilatbuwana menerima tantangan itu dan segera menyiapkan perlawanan.
Jatiwasesa berhadapan dengan Kilatbuwana. Namun kemudian Kilatbuwana berubah menjadi Batara Guru. Bramangkara dan Indraseti berubah menjadi Brahma dan Indra. Sedangkan Jatiwasesa berubah menjadi Semar, Suryasekti dan Suryamangkara berubah ujud menjadi Gareng dan Petruk.
Batara Guru kemudian kembali ke kahyangan Suralaya. Baratayuda pun nyatanya tidak dapat dicegah dan tetap terjadi.
http://caritawayang.blogspot.co.id/kilat-buwana.html

Kilat Buwana

Prabu Duryudana kedaatangan tamu seorang brahmana yang bernama Kilatbuwana. Pendeta itu mempunyai keinginan untuk menggagalkan perang Baratayuda antara Pandawa dan Kurawa dengan jalan mempersatukan kedua belah pihak.
Sang Brahmana sanggup menyatukan, tetapi ada syarat yang harus dilakukan. Kilatbuwana menghendaki sesaji yang disertai tumbal orang bogasampir yaitu Kyai Semar. Duryudana menyetujui keinginan Kilatbuwana. Selanjutnya, Brahmangkara dan Indrasekti, putera Kilatbuwana diperintahkan untuk mencari dan membunuh Semar.
Sedangkan, Prabu Kresna yang hadir di Astina, menolak keinginan Kilatbuwana, sehingga terjadi perdebatan dan perkelahian.
Prabu Yudhistira yang menerima ajakan Kilatbuawana,, hatinya mangu-mangu. Maka, ia memerintahkan Abimanyu pergi ke Pertapaan Sapta Arga guna meminta nasihat Begawan Abiyasa. Sedangkan Arjuna diperintahkan Kilatbuwana untuk membunuh Semar .
Arjuna kemudian pergi ke Klampisireng. Setibanya disana, ternyata Semar sudah tahu maksud kedatangan Arjuna dan merelakan jiwanya demi majikannya. Arjuna segera membunuh Semar dengan cara dibakar dan abunya dibawa ke Astina.
Di pertapaan Tawangrukmi, ada seorang pendeta yang bernama Begawan Jatiwasesa atau Begawan Tunggulmanik sedang dihadap kedua anaknya, yakni Suryaseti dan Suryamangkara, menerima kedatangan Abimanyu yang ingin mengabdi.
Begawan Jatiwasesa kemudian memerintahkan anaknya, Suryamangkara, untuk menyampaikan surat penantang ke negeri Astina.
Pada waktu itu, Pandawa telah berada di Astina, begitu pula dengan Arjuna yang telah tiba dengan membawa abu jenazah Semar. Datanglah Suryamangkara yang menyampaikan surat tantangan. Kilatbuwana menerima tantangan itu dan segera menyiapkan perlawanan.
Jatiwasesa berhadapan dengan Kilatbuwana. Namun kemudian Kilatbuwana berubah menjadi Batara Guru. Bramangkara dan Indraseti berubah menjadi Brahma dan Indra. Sedangkan Jatiwasesa berubah menjadi Semar, Suryasekti dan Suryamangkara berubah ujud menjadi Gareng dan Petruk.
Batara Guru kemudian kembali ke kahyangan Suralaya. Baratayuda pun nyatanya tidak dapat dicegah dan tetap terjadi.
http://blog.hadisukirno.co.id/kilat-buwana/
BEGAWAN KILAT BUWANA
-sinopsis dening: Immamah Nasiroh XII IPS 4-
            Begawan Kilat Buwana yaiku guru ana ing negara Astina.Begawan Kilat Buwana dadi gurune Pandawa lan Kurawa.Tujuane Begawan Kilat Buwana yaiku murungake perang Baratayudha. Ananging,Prabu Kresna ora sarujuk karo Begawan Kilatbuwana.Begawan Kilatbuwana dadi nesu marang Prabu Kresna. Miturut Prabu Kresna,carane bisa murungake perang Baratayudha yaiku Duryudana ngulungake negara Astina marang para Pandhawa sautuhe.  Banjur Begawan Kilat Buwana ngusir Prabu Kresna.
            Miturut Begawan Kilatbuwana,syarat rukune Pandawa lan Kurawa yaiku patine Prabu Kresna lan Semar Badranaya.Kanggo mateni Semar, Begawan Kilatbuwana ngutus Janaka lan Bramangkara lan ngutus Duryudana kanggo ngoyak  Prabu Kresna. Begawan Kilatbuwana janji marang Indrasekti, yen Indrasekti bakalan di pasangake karo Lesmanawati anake Duryudana.
            Ana ing sawijining panggonan, Abimanyu lan Gatotkaca nemoni Semar. Abimanyu nekakake pesene eyang Abiyasa marang Semar. Pesene eyang Abiyasa yaiku, ngajak para Pandawa supaya bali ana ing negara Amarta lan ora oleh maguru marang Begawan Kilatbuwana amarga Begawan Kilatbuwana mung gawe petaka/karusakan. Banjur Semar nguncalake Abimanyu lan Gatotkaca ana ing taman Kadilengen,Astina tujuane yaiku kanggo ketemu para Pandawa lan nekakake pesene eyang Abiyasa supaya para Pandawa bali ana ing negara Amarta.
            Nalika Semar dewean, sawetara wektu Janaka teko. Janaka nggawa keris Pulanggeni kanggo mateni Semar. Janaka ngomong marang Semar yen Janaka diutus karo Begawan Kilatbuwana supaya mateni Semar. Semar  ngangkon Janaka supaya gawe gni kanggo mateni Semar. Banjur,Janaka gawe geni lan ngobong Semar. Semar dadi awu. Janaka lunga lan gawa awu. Sawise Janaka lunga, Semar malih dadi kesatriya kang aran Begawan Cahyabuwana.
            Ana ing taman Kadilengen, Astina Lesmanawati ngomong-ngomong karo Dewi Banuwati.Sawetara wektu, Abimanyu teko. Abimanyu lan Lesmanawati ditinggal Dewi Banuwati.Indrasekti weruh Abimanyu lan Lesmanawati,Indrasekti nesu marang Abimanyu. Para Pandawa krungu ana suara kang ora penak. Para Pandawa nekoni suara mau.Abimanyu nekakake pesene eyang Abiyasa. Banjur para Pandawa lunga saka Astina lan nemoni Prabu Kresna. Nalika Pandawa lan Prabu Kresna lagi omong-omong,Begawan Cahyabuwana teko. Begawan Cahyabuwana lagi nindakake Tapa Ngrame yaiku wajib menehi pitulungan marang sapa wae kang mbutuhake.
            Begawan Cahyabuwana nemoni Begawan Kilatbuwana. Begawan Kilatbuwana lan Begawan Cahyabuwana dadi perang. Ana ing tengah perang,sawetara wektu Begawan Cahyabuwana malih dadi Semar lan Begawan Kilatbuwana malih dadi Batara Guru.Tujuane Batara Guru yaiku kanggo ngelingake marang takdir yen perang Baratayudha wis dadi pestine amarga iku sarana sirnane angkara murka, timbule kautaman lan ngilengake para pamong Pandawa supaya waspada.
http://ridhani2012.blogspot.co.id/sinopsis-lakon-wayang-begawan-kilat.html
 Hasil gambar untuk pendeta durna   Hasil gambar untuk keratarupa solo
Begawan Cahya buwana (Semar) dan Begawan Kilat buwana (Batara Guru) 

Komentar

Wayang Kulit Gagrak Surakarta

Wayang Kulit Gagrak Surakarta
Jendela Dunianya Ilmu Seni Wayang

Jika Anda Membuang Wayang Kulit

Menerima Buangan Wayang Kulit bekas meski tidak utuh ataupun keriting, Jika anda dalam kota magelang dan kabupaten magelang silahkan mampir kerumah saya di jalan pahlawan no 8 masuk gang lalu gang turun, Jika anda luar kota magelang silahkan kirim jasa pos atau jasa gojek ke alamat sdr Lukman A. H. jalan pahlawan no 8 kampung boton balong rt 2 rw 8 kelurahan magelang kecamatan magelang tengah kota magelang dengan disertai konfirmasi sms dari bapak/ ibu/ sdr siapa dan asal mana serta penjelasan kategori wayang kulit bebas tanpa dibatasi gagrak suatu daerah boleh gaya baru, gaya lama, gaya surakarta, gaya yogyakarta, gaya banyumasan, gaya cirebonan, gaya kedu, gaya jawatimuran, gaya madura, gaya bali, maupun wayang kulit jenis lain seperti sadat, diponegaran, dobel, dakwah, demak, santri, songsong, klitik, krucil, madya dll

Postingan Populer